Rabu, 15 November 2017

Bahan Ajar IPA K-13 Kelas IV



Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

INDIKATOR :
3.6.5        Menjelaskan sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap.
4.6.5        Membuat peta pikiran tentang sifat bunyi memantul dan menyerap.

TUJUAN :
1.      Dengan percobaan, siswa mampu menjelaskan sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap dengan tepat.
2.      Setelah percobaan, siswa mampu membuat peta pikiran tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan lengkap.

URAIAN MATERI :
Pemantulan dan Penyerapan Bunyi
Bunyi mempunyai sifat dapat dipantulkan dan diserap. Bunyi akan dipantulkan bila mengenai benda yang permukaannya keras. Sebaliknya, bunyi akan diserap jika mengenai benda yang permukaannya lunak.
Benda yang permukaannya lunak dapat dijadikan sebagai peredam suara, misalnya kapas, karpet, wol, kertas, spon, busa, kain, dan karet. Benda tersebut dapat digunakan untuk menghindari terjadinya gaung. Peredam bunyi biasanya digunakan pada gedung bioskop, studio rekaman, dan gedung pertemuan agar pantulan bunyi yang dihasilkan tidak mengganggu bunyi aslinya. Pemantulan gelombang bunyi memenuhi Hukum Pemantulan yang menyatakan sebagai berikut.
    Bunyi datang, garis normal, dan bunyi pantul terletak pada satu bidang datar.
    Sudut bunyi datang sama dengan sudut bunyi pantul.
Macam-Macam Bunyi Pantul
Bunyi Pantul yang Memperkuat Bunyi Asli Bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli terjadi jika jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul berdekatan. Hal inilah yang menyebabkan suara seseorang di dalam ruangan kecil terdengar lebih jelas.
Gaung atau Kerdam Gaung adalah bunyi yang diperoleh dari hasil pemantulan oleh sumber bunyi yang jaraknya dengan dinding pemantul agak jauh sehingga sebagian dari bunyi pantul terdengar bersamaan .
Gema Gema adalah bunyi yang diperoleh dari pemantulan dimana jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul sangat jauh sehingga keseluruhan bunyi pantul dapat terdengar setelah bunyi asli. Misalnya, bunyi pantul orang yang berteriak di lereng bukit.

LATIHAN SOAL :
1. Apa yang terjadi dengan gelombang bunyi pada tabung kedua jika kamu meletakkan piring kaca. Suara arloji lebih keras.
2. Ketika piring kaca diganti dengan gabus yang empuk, apa yang terjadi? Jelaskan. Suara menjadi lebih pelan.
3. Apa yang terjadi pada gelombang bunyi pada tabung pertama? Bunyi lebih keras karena bunyi dipantulkan oleh piring.

DAFTAR PUSTAKA :
Raden Gino. 2016. Laporan Percobaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi, (online), https://tematiku.blogspot.co.id/2016/10/laporan-kegiatan-percobaan-pemantulan.html, (Diakses 13 November 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...