Senin, 04 September 2017

RPP Kelas 5 K-13 (Revisi 2017) Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas V Semester 1
Tema 1: Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 1: Organ Gerak Hewan, Pembelajaran 1
Untuk memenuhi tugas mata kuliah Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP)

Dosen Pembimbing Lapangan :
Dra. Asri Susetyo Rukmi, M.Pd


Disusun Oleh
DWI WAHYUNI                                                       140101644162

JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

                                                                 2017




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SDN Sumur Welut III/44O
Kelas/ Semester         : V/ 1
Tema                          : 1. Organ Gerak Hewan dan Manusia
Subtema                     : 1. Organ Gerak Hewan
Pembelajaran                        : 1
Alokasi Waktu           : 2x 35 Menit

A.      Kompetensi Inti (KI)
1.         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.       Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1  Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
3.1.1 Menyebutkan alat gerak pada hewan dan manusia.
3.1.2 Menyebutkan fungsi alat gerak pada hewan dan manusia
3.1.3 Menyebutkan cara memelihara kesehatan alat gerak
4.1  Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
4.1.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1  Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dalam teks yang berjudul “ Organ Gerak Manusia dan Hewan”
3.1.2 Mengidentifikasi kalimat pengembang atau gagasan pendukung dalam teks yang berjudul “ Organ Gerak Manusia dan Hewan”
4.1  Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis dan visual
4.1.1 Mengembangkan hasil identifikasi gagasan pokok dalam teks tulis
4.1.2 Mengkomunikasikan hasil identifikasi gagasan pokok dalam teks tulis secara lisan

C.      Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak pada hewan dan manusia dengan benar
2.      Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan fungsi alat gerak pada hewan dan manusia dengan tepat.
3.      Siswa dapat menyebutkan cara memelihara kesehatan alat gerak
4.      Dengan mengamati gambar tentang alat gerak, siswa dapat membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan dengan kreatif
5.      Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat mengidentifikasi gagasan pokok dalam teks yang berjudul “ Organ Gerak Manusia dan Hewan” dengan tepat
6.      Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat mengidentifikasi kalimat pengembang atau gagasan pendukung dalam teks yang berjudul “ Organ Gerak Manusia dan Hewan”
7.      Dengan mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat mengembangkan hasil identifikasi gagasan pokok dalam teks tulis.
8.      Siswa dapat mengkomunikasikan hasil identifikasi gagasan pokok dalam teks tulis secara lisan.

D.      Materi Pembelajaran
1.         Alat Gerak pada Hewan dan Manusia
2.         Fungsi alat gerak pada hewan dan Manusia
3.         Teks Bacaan “ Organ Hewan dan Manusia”

E.       Model, Metode dan Pendekatan
1.         Model                       : STAD
2.         Metode         : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
3.         Pendekatan   : Saintifik


F.     Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru memberikan salam dan menanyakan kabar semua siswa.
2.    Guru mengajak siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
3.    Guru mengecek siswa melalui absensi dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4.    Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok.
5.    Guru membagikan lembar kerja peserta didik (LKPD) kepada siswa.
6.    Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Organ Gerak Hewan dan Manusia
7.     Guru menyampaikan manfaat dan tujuan dari pembelajaran.
10 Menit
Inti
1.    Siswa diminta untuk mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan
dan manusia yang ada pada LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). (Mengamati)
2.    Setelah mengamati gambar, siswa diminta menyebutkan informasi yang telah didapat dari hasil mengamati gambar tersebut.
3.     Guru mengapresiasi dari hasil mengamati gambar tersebut.
4.    Guru bertanya” Apakah hanya hewan yang yang mempunyai alat gerak?” (Menanya)
5.    Siswa menjawab pertanyaan guru dengan antusias
6.    Guru menjelaskan tentang alat gerak hewan dan Manusia.
7.    Guru bertanya” Apa fungsi dari alat gerak yang dimilki oleh hewan dan manusia?”
8.    Dari pertanyaan tersebut siswa menyebutkan fungsi dari alat gerak yang dimiliki oleh hewan (Menalar)
9.    Guru bertanya “Bagaimana kalau alat gerak pada hewan dan manusia tidak dirawat?”
10.                Siswa menjawab pertanyaan guru
11.  Dari jawaban siswa, guru bertanya “Bagaimana cara memelihara kesehatan alat gerak?”
12.  Siswa merespon pertanyaan dari guru
13.  Setelah mengetahui alat gerak, fungsi dan cara memeliharanya, siswa diminta untuk membuka LKPD yang berisi teks dengan judul “ Organ Gerak Manusia dan Hewan”
14.  Siswa diminta untuk membaca selama 5 menit dengan cara membaca dalam hati.
15.  Setelah membaca teks tersebut siswa diminta untuk mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam teks “Organ Gerak Manusia dan Hewan”
16.  Guru mengulang kembali materi tentang gagasan (ide) pokok dan gagasan pendukung. Guru memberi contoh cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam suatu paragraf.
17.  Setelah mendengarkan penjelasan dari guru siswa diminta untuk mengerjakan Lembar Evaluasi pada halaman 4.
18.  Setelah selesai mengerjakan, siswa diminta untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya.
19.  Siswa diminta untuk membuka Lembar Kerja Peserta Didik halaman 6.
20.  Siswa diminta untuk berdiskusi tentang pengertian ide pokok, fungsi ide pokok dan cara menentukan ide pokok kemudian hasil diskusi tersebut ditulis dalam kolom.
21.  Perwakilan elompok mempresentasikan hasil diskusinya. (mengkomunikasikan)
22.  Setelah selesai, guru membagikan Lembar Evaluasi sebagai Tugas Rumah.
50 Menit
Penutup
1.       Siswa membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
2.       Melaksanakan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
3.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
4.       Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
10    Menit
G.    Media, Alat dan Sumber Belajar
1.    Media                     : Gambar Alat Gerak Hewan dan Manusia dan Wayang-wayangan
2.    Alat                         : Papan tulis dan spidol
3.    Sumber Belajar       :
a.    Buku Tematik Guru Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Kementerian dan Kebudayaan, Edisi Revisi 2017
b.    Buku Tematik Siswa Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Kementerian dan Kebudayaan, Edisi Revisi 2017

H.    PENILAIAN
1.    Prosedur Penilaian
a.    Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.   Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2.    Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap
1)   Disiplin
2)   Tanggung jawab
3)   Peduli
4)   Percaya Diri
b.    Penilaian Pengetahuan
1)   Merangkai gambar alat gerak hewan dan manusia (Ilmu Pengetahuan Alam)
2)   Evaluasi (Pilihan Ganda dan Uraian )
c.    Penilaian Ketrampilan
1)   Menulis berdasarkan pengamatan Gambar
2)   Mencari ide pokok bacaan
3)   Menuliskan ide pokok dari bacaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...