RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas
V Semester 1
Tema 1: Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 1: Organ Gerak Hewan, Pembelajaran 1
Untuk memenuhi tugas mata kuliah Program
Pengelolaan Pembelajaran (PPP)
Dosen Pembimbing Lapangan :
Dra. Asri Susetyo Rukmi,
M.Pd
Disusun Oleh
DWI WAHYUNI 140101644162
JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2017
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN Sumur Welut III/44O
Kelas/ Semester : V/ 1
Tema : 1. Organ Gerak Hewan dan Manusia
Subtema : 1. Organ Gerak Hewan
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 2x 35 Menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
IPA
(Ilmu Pengetahuan Alam)
|
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada
hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
|
3.1.1
Menyebutkan alat gerak pada hewan dan manusia.
3.1.2
Menyebutkan fungsi alat gerak pada hewan dan manusia
3.1.3
Menyebutkan cara memelihara kesehatan alat gerak
|
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia
dan hewan.
|
4.1.1
Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
Bahasa
Indonesia
|
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
|
3.1.1
Mengidentifikasi gagasan pokok dalam teks yang berjudul “ Organ Gerak Manusia
dan Hewan”
3.1.2
Mengidentifikasi kalimat pengembang atau gagasan pendukung dalam teks yang
berjudul “ Organ Gerak Manusia dan Hewan”
|
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan
secara lisan, tulis dan visual
|
4.1.1
Mengembangkan hasil identifikasi gagasan pokok dalam teks tulis
4.1.2
Mengkomunikasikan hasil identifikasi gagasan pokok dalam teks tulis secara
lisan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan membaca teks tentang organ
gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan
alat gerak pada hewan dan manusia dengan benar
2.
Dengan membaca teks tentang organ
gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan
fungsi alat gerak pada hewan dan manusia dengan tepat.
3.
Siswa dapat menyebutkan
cara memelihara kesehatan alat gerak
4.
Dengan mengamati gambar tentang alat gerak, siswa dapat membuat model
sederhana alat gerak manusia dan hewan dengan
kreatif
5.
Dengan membaca teks tentang organ
gerak hewan dan manusia, siswa dapat mengidentifikasi
gagasan pokok dalam teks yang berjudul “ Organ Gerak Manusia dan Hewan” dengan tepat
6.
Dengan membaca teks tentang organ
gerak hewan dan manusia, siswa dapat mengidentifikasi
kalimat pengembang atau gagasan pendukung dalam teks yang berjudul “ Organ
Gerak Manusia dan Hewan”
7.
Dengan mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks
tentang organ
gerak hewan dan manusia, siswa dapat mengembangkan
hasil
identifikasi gagasan pokok dalam teks tulis.
8.
Siswa dapat mengkomunikasikan
hasil identifikasi gagasan pokok dalam teks tulis secara lisan.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Alat Gerak pada Hewan dan Manusia
2.
Fungsi alat gerak pada hewan dan Manusia
3.
Teks Bacaan “ Organ Hewan dan Manusia”
E. Model, Metode
dan Pendekatan
1.
Model : STAD
2.
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
3.
Pendekatan :
Saintifik
F. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberikan salam dan menanyakan kabar semua
siswa.
2. Guru mengajak
siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing.
3. Guru mengecek siswa melalui absensi dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi
dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4. Guru membagi
siswa menjadi 6 kelompok.
5. Guru membagikan lembar
kerja peserta didik (LKPD) kepada siswa.
6. Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Organ Gerak Hewan dan Manusia”
7. Guru menyampaikan manfaat dan tujuan dari
pembelajaran.
|
10
Menit
|
Inti
|
1.
Siswa diminta untuk mengamati gambar dan percakapan
tentang organ gerak hewan
dan manusia yang ada pada LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). (Mengamati)
2.
Setelah mengamati gambar, siswa diminta menyebutkan
informasi yang telah didapat dari hasil mengamati gambar tersebut.
3.
Guru
mengapresiasi dari hasil mengamati gambar tersebut.
4.
Guru bertanya” Apakah hanya hewan yang yang
mempunyai alat gerak?” (Menanya)
5.
Siswa menjawab pertanyaan guru dengan antusias
6.
Guru menjelaskan tentang alat gerak hewan dan
Manusia.
7.
Guru bertanya” Apa fungsi dari alat gerak yang
dimilki oleh hewan dan manusia?”
8.
Dari pertanyaan tersebut siswa menyebutkan fungsi
dari alat gerak yang dimiliki oleh hewan (Menalar)
9.
Guru bertanya “Bagaimana kalau alat gerak pada hewan
dan manusia tidak dirawat?”
10.
Siswa menjawab pertanyaan guru
11. Dari jawaban
siswa, guru bertanya “Bagaimana cara memelihara kesehatan alat gerak?”
12. Siswa merespon
pertanyaan dari guru
13. Setelah
mengetahui alat gerak, fungsi dan cara memeliharanya, siswa diminta untuk
membuka LKPD yang berisi teks dengan judul “ Organ Gerak Manusia dan Hewan”
14. Siswa diminta
untuk membaca selama 5 menit dengan cara membaca dalam hati.
15. Setelah
membaca teks tersebut siswa diminta untuk mengidentifikasi gagasan pokok dan
gagasan pendukung dalam teks “Organ Gerak Manusia dan Hewan”
16. Guru mengulang
kembali materi tentang gagasan (ide) pokok dan gagasan pendukung. Guru
memberi contoh cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam suatu
paragraf.
17. Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru siswa diminta untuk mengerjakan Lembar
Evaluasi pada halaman 4.
18. Setelah
selesai mengerjakan, siswa diminta untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya.
19. Siswa diminta
untuk membuka Lembar Kerja Peserta Didik halaman 6.
20. Siswa diminta
untuk berdiskusi tentang pengertian ide pokok, fungsi ide pokok dan cara
menentukan ide pokok kemudian hasil diskusi tersebut ditulis dalam kolom.
21. Perwakilan
elompok mempresentasikan hasil diskusinya. (mengkomunikasikan)
22. Setelah
selesai, guru membagikan Lembar Evaluasi sebagai Tugas Rumah.
|
50 Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
2.
Melaksanakan
refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari
kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah
selanjutnya.
3.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
4.
Menutup
pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10
Menit
|
G.
Media, Alat dan Sumber Belajar
1.
Media :
Gambar Alat Gerak Hewan dan Manusia dan Wayang-wayangan
2.
Alat :
Papan tulis dan spidol
3.
Sumber Belajar :
a.
Buku Tematik Guru Tema 1 Organ Gerak Hewan
dan Manusia Kementerian dan Kebudayaan, Edisi Revisi 2017
b.
Buku Tematik Siswa Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Kementerian dan Kebudayaan,
Edisi Revisi 2017
H.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil
belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a.
Penilaian
Sikap
1)
Disiplin
2)
Tanggung
jawab
3)
Peduli
4)
Percaya Diri
b.
Penilaian Pengetahuan
1) Merangkai gambar alat gerak hewan dan manusia (Ilmu
Pengetahuan Alam)
2) Evaluasi (Pilihan Ganda dan Uraian )
c. Penilaian Ketrampilan
1) Menulis berdasarkan pengamatan Gambar
2) Mencari ide pokok bacaan
3) Menuliskan ide pokok dari bacaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar