Senin, 04 September 2017

RPP Kelas 5 K-13 (Revisi 2017) Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4

PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

KELAS V SEMESTER 1
TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA
SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN
PEMBELAJARAN 4






Oleh :
NISFUL LAILA
NIM. 14010644045






UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

2017





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM 2013

SEKOLAH                            :SDN SUMUR WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER           : V/1
TEMA                                    : 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA
SUBTEMA                            : 1 ORGAN GERAK HEWAN
PEMBELAJARAN              : 4
ALOKASI WAKTU                        : 6 x 35 menit

A.  KOMPETENSI ISI (KI) :
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

B.  KOMPETENSI DASAR (KD)
IPS
3.1  Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1  Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.



Bahasa Indonesia
3.1  Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1  Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.

C.  INDIKATOR
IPS
3.1.1 Mengidentifikasi informasi mengenai kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia berdasarkan buku, majalah, surat kabar, internet, maupun artikel di internet.
3.1.2 Menyebutkan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
4.1.1 Menuliskan hasil identifikasi mengenai kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
4.1.2 Mempresentasikan hasil identifikasi mengenai kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.

Bahasa Indonesia
3.1.1        Mengidentifikasi ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
3.1.2        Menyebutkan ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
4.1.1        Menuliskan ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
4.1.2        Menulis paragraf berdasarkan ide pokok.
                                                                                           
D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamatigambar peta, siswa dapat mengidentifikasi kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia secara tepat.
2. Dengan membuat informasi, siswa dapat menyebutkan kondisi geografis wilayah Indonesia secara benar.
3. Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok bacaan secara tepat.



4. Dengan mengamati gambar berseri, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi paragraf.

E.       MATERI           
-          IPS : Letak dan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
-          Bahasa Indonesia : Ide pokok.

F.   MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
     Model         : Model Pembelajaran Langsung
     Metode       : Tanya jawab, diskusi, penugasan

G.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
AWAL
1.      Guru menyapasiswadengan mengucapkan salam.
2.      Guru menanyakan kabar kepada siswa.
3.      Guru melakukanpresensi.
4.      Guru bersamasiswaberdoamenurut agama dankepercayaannyamasing-masing.
5.      Guru melakukan ice breaking dengan menyanyi lagu “Ini Mata”
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran
7.      Guru melakukan apersepsi “Apa gambar yang terdapat pada buku halaman 31?” 

20 menit
INTI
8.   Siswa mengamati gambar “Denah Kandang Kelinci” pada buku siswa halaman 31.
9.   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati.
-          Apa saja bangunan yang ada pada denah kandang kelinci tersebut?
-          Dimana letak bangunan “Indukan B”?

-          Dimana letak bangunan “Kandang Pembesaran”?
-          Dimana letak bangunan “Tempat Pakan dan Minum”?
-          Bagaimana keadaan letak bangunan-bangunan pada denah kandang kelinci tersebut?
10.        Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengemukakan jawabannya.
11.        Guru menggunakan jawaban-jawaban siswa untuk mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari yakni mengenai letak dan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
12.        Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai nama-nama pulau besar di Indonesia beserta letaknya.
13.        Guru menginformasikan letak geografis salah satu pulau besar, Pulau Sumatra.
14.        Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai letak geografis pulau besar lainnya.
15.        Siswa dibagi ke dalam kelompok belajar. masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 siswa.
16.        Siswa menuliskan kondisi geografis pulau besar di Indonesia berdasarkan informasi atau sumber dari buku, atlas, peta, majalah, surat kabar, internet, maupun artikel di internet secara berkelompok.
17.        Siswa mengerjakan LKPD (bagian 1) :
-          Siswa membuat gambar peta letak wilayah tempat tinggalnya.
18.        Guru mengajak melakukan pembahasan LKPD.
19.        Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan” pada buku siswa halaman 37.



20.        Guru mengingatkan kembali materi mengenai ide pokok melalui kegiatan tanya jawab.
21.        Siswa mencari dan menyebutkan ide pokok dari masing-masing paragraf pada teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
22.        Siswa menulis paragraf berdasarkan ide pokok yang ada pada buku siswa halaman 39 secara berkelompok.
23.        Guru berkeliling untuk mengawasi dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
24.        Guru menunjuk secara acak beberapa siswa untuk menuliskan hasil paragraf yang dibuatnya di papan tulis.
25.        Siswa mengerjakan LKPD (bagian 2) :
-          Siswa menulis paragraf berdasarkan gambar berseri.
26.        Guru mengajak melakukan pembahasan LKPD.

155 menit
AKHIR
27.        Guru meriview materi yang diajarkan.
28.        Guru membagikan lembar evaluasi.
29.        Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya.
30.        Guru menutup dengan doa dan salam.
35 menit

H.      PENILAIAN
1.      TeknikPenilaian
a.    Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Aspek sikap yang diamati meliputi;                         disiplin(terlampir).
b.   Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar, dengan bentuk soal evaluasi berupa tes tertulis (terlampir).




c.    Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Penilaian keterampilan meliputi:
-          Menulis berdasarkan pengamatan
-          Mencari ide pokok bacaan
-          Menuliskan ide pokok ke dalam paragraf

2.        Instrumen
a.    Lembar Evaluasi                                  : terlampir
b.    LKPD                                                  : terlampir
c.    Lembar Pengamatan Sikap                  : terlampir
d.   Lembar Pengamatan Keterampilan     : terlampir

3.        Pembelajaran Remidial dan Pengayaan         
              a.     Jika pada soal evaluasi siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM yaitu 70, maka siswa dinyatakan belum tuntas dan diberikan remidial. Siswa yang remidial diberikan tambahan jam belajar di luar jam sekolah untuk mengulang materi yang belum dipahami. Kemudian siswa diberikan soal kembali untuk mengukur kemampuannya.
             b.     Sedangkan siswa yang sudah mencapai KKM pada soal evaluasi, maka siswa diberikan soal-soal pengayaan untuk memperdalam materi.

I.         MEDIA/ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.    MEDIA                          :
-          Gambar “Denah Kandang Kelinci.
-          Gambar Peta ButaIndonesia.
-          Teks bacaan berjudul “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
2.    ALAT                             : Alat tulis, buku/majalah/surat kabar di perpustakaan
3.    BAHAN                          : Teks bacaan







4.    SUMBER BELAJAR  
Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 1Organ Gerak Hewan dan Manusia.
Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku Siswa SD/MI SD/MI Kelas V Tema 1Organ Gerak Hewan dan Manusia.





1 komentar:

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...