PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
KELAS V SEMESTER 1
TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA
SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN
PEMBELAJARAN 4
Oleh :
NISFUL LAILA
NIM. 14010644045
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2017
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM
2013
SEKOLAH
:SDN SUMUR
WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER : V/1
TEMA
: 1
ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA
SUBTEMA
: 1 ORGAN GERAK
HEWAN
PEMBELAJARAN : 4
ALOKASI
WAKTU : 6 x 35
menit
A. KOMPETENSI ISI
(KI) :
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangga, dan negara.
3.
Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis,
logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap
perkembangannya.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD)
IPS
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris
serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta
transportasi.
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi.
Bahasa
Indonesia
3.1 Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan,
tulis, dan visual.
C. INDIKATOR
IPS
3.1.1 Mengidentifikasi informasi mengenai kondisi geografis
pulau-pulau besar di Indonesia berdasarkan buku, majalah, surat kabar,
internet, maupun artikel di internet.
3.1.2 Menyebutkan kondisi geografis pulau-pulau
besar di Indonesia.
4.1.1 Menuliskan hasil identifikasi mengenai kondisi
geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
4.1.2 Mempresentasikan hasil identifikasi mengenai
kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
Bahasa
Indonesia
3.1.1
Mengidentifikasi ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal
Dasar Pembangunan”.
3.1.2
Menyebutkan ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar
Pembangunan”.
4.1.1
Menuliskan ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar
Pembangunan”.
4.1.2
Menulis paragraf berdasarkan ide pokok.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamatigambar peta, siswa dapat mengidentifikasi
kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia secara tepat.
2. Dengan membuat informasi, siswa dapat menyebutkan kondisi
geografis wilayah Indonesia secara benar.
3. Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok bacaan secara
tepat.
4. Dengan mengamati gambar berseri, siswa dapat mengembangkan ide
pokok menjadi paragraf.
E.
MATERI
-
IPS : Letak dan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
-
Bahasa
Indonesia : Ide pokok.
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model : Model Pembelajaran Langsung
Metode : Tanya jawab,
diskusi, penugasan
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
AWAL
|
1. Guru
menyapasiswadengan mengucapkan salam.
2. Guru menanyakan kabar kepada siswa.
3. Guru melakukanpresensi.
4. Guru
bersamasiswaberdoamenurut agama dankepercayaannyamasing-masing.
5. Guru melakukan ice breaking dengan menyanyi lagu “Ini
Mata”
6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat
pembelajaran
7. Guru melakukan apersepsi “Apa gambar yang terdapat
pada buku halaman 31?”
|
20
menit
|
INTI
|
8. Siswa mengamati gambar
“Denah Kandang Kelinci” pada buku siswa halaman 31.
9. Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati.
-
Apa saja bangunan yang ada pada denah kandang kelinci tersebut?
-
Dimana letak bangunan “Indukan B”?
-
Dimana letak bangunan “Kandang Pembesaran”?
-
Dimana letak bangunan “Tempat Pakan dan Minum”?
-
Bagaimana keadaan letak bangunan-bangunan pada denah kandang kelinci
tersebut?
10.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengemukakan jawabannya.
11.
Guru menggunakan jawaban-jawaban siswa untuk mengaitkan dengan materi
yang akan dipelajari yakni mengenai letak dan kondisi geografis pulau-pulau
besar di Indonesia.
12.
Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai nama-nama pulau besar di
Indonesia beserta letaknya.
13.
Guru menginformasikan letak geografis salah satu pulau besar, Pulau
Sumatra.
14.
Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai letak geografis pulau
besar lainnya.
15.
Siswa dibagi ke dalam kelompok belajar. masing-masing kelompok terdiri
dari 5-6 siswa.
16.
Siswa menuliskan kondisi geografis pulau besar di Indonesia berdasarkan
informasi atau sumber dari buku, atlas, peta, majalah, surat kabar, internet,
maupun artikel di internet secara berkelompok.
17.
Siswa mengerjakan LKPD (bagian 1) :
-
Siswa membuat gambar peta letak wilayah tempat tinggalnya.
18.
Guru mengajak melakukan pembahasan LKPD.
19.
Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Gotong Royong Modal Dasar
Pembangunan” pada buku siswa halaman 37.
20.
Guru mengingatkan kembali materi mengenai ide pokok melalui kegiatan
tanya jawab.
21.
Siswa mencari dan menyebutkan ide pokok dari masing-masing paragraf
pada teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
22.
Siswa menulis paragraf berdasarkan ide pokok yang ada pada buku siswa
halaman 39 secara berkelompok.
23.
Guru berkeliling untuk mengawasi dan membimbing siswa yang mengalami
kesulitan.
24.
Guru menunjuk secara acak beberapa siswa untuk menuliskan hasil
paragraf yang dibuatnya di papan tulis.
25.
Siswa mengerjakan LKPD (bagian 2) :
-
Siswa menulis paragraf berdasarkan gambar berseri.
26.
Guru mengajak melakukan pembahasan LKPD.
|
155
menit
|
AKHIR
|
27.
Guru meriview
materi yang diajarkan.
28.
Guru
membagikan lembar evaluasi.
29.
Guru
menginformasikan pembelajaran selanjutnya.
30.
Guru menutup
dengan doa dan salam.
|
35
menit
|
H.
PENILAIAN
1.
TeknikPenilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian
yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Aspek sikap yang diamati
meliputi; disiplin(terlampir).
b.
Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar, dengan bentuk soal evaluasi berupa tes
tertulis (terlampir).
c.
Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Penilaian
keterampilan meliputi:
-
Menulis berdasarkan pengamatan
-
Mencari ide pokok bacaan
-
Menuliskan ide pokok ke dalam paragraf
2.
Instrumen
a. Lembar
Evaluasi :
terlampir
b. LKPD :
terlampir
c. Lembar
Pengamatan Sikap :
terlampir
d. Lembar
Pengamatan Keterampilan : terlampir
3.
Pembelajaran
Remidial dan Pengayaan
a. Jika
pada soal evaluasi siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM yaitu 70, maka siswa
dinyatakan belum tuntas dan diberikan remidial. Siswa yang remidial diberikan
tambahan jam belajar di luar jam sekolah untuk mengulang materi yang belum
dipahami. Kemudian siswa diberikan soal kembali untuk mengukur kemampuannya.
b. Sedangkan
siswa yang sudah mencapai KKM pada soal evaluasi, maka siswa diberikan
soal-soal pengayaan untuk memperdalam materi.
I.
MEDIA/ALAT/BAHAN
DAN SUMBER BELAJAR
1. MEDIA :
-
Gambar “Denah
Kandang Kelinci.
-
Gambar Peta ButaIndonesia.
-
Teks bacaan
berjudul “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
2. ALAT : Alat
tulis, buku/majalah/surat kabar di perpustakaan
3. BAHAN : Teks
bacaan
4. SUMBER BELAJAR
Kementerian
pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku
Guru SD/MI Kelas V Tema 1Organ Gerak Hewan dan Manusia.
Kementerian
pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku
Siswa SD/MI SD/MI Kelas V Tema 1Organ Gerak Hewan dan Manusia.
dimana lkpdnya?
BalasHapus