Senin, 04 September 2017

RPP Kelas 5 K-13 (Revisi 2017) Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas V semester  I
Tema 1 : Organ gerak hewan dan manusia. Subtema : organ gerak hewan. Pembelajaran : 2

Disusun untuk memenuhi salahsatu tugas  mata kuliah Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP)
Dosen Pembimbing Lapangan :
Dra. Asri Susetyo Rukmi, M.Pd

Disusun oleh :
Novita Mila Suryana               : 14010644076

JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2017





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN Sumur Welut III/440
Kelas/Semester            : V/I
Tema                           : 1.
Subtema                      : 1.
Pembelajaran               : 2
Alokasi waktu             : 4x35 menit

A.     Kompetensi Inti
1.             Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.             Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
3.             Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.             Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif,  kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B.       Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
BAHASA INDONESIA
3.1  Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis
3.1.1        Memahami teks bacaan cerita ilustrasi “ Gerak Ikan dalam Air “
3.1.2        Menemukan pokok pikiran dari masing-masing paragraf pada teks bacaan “ Gerak Ikan dalam Air”
3.1.3        Menemukan kalimat pengembang yang ada dalam teks bacaan “ Gerak Ikan dalam Air” setiap paragraf.
4.1  Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dam visual.
4.1.1        Membuat karangan ilustrasi sederhana dari pokok pikiran yang telah ditemukan menggunakan bahasa sendiri.
4.1.2        Mempresentasikan hasil karangan didepan kelas dengan lafal dan intonasi yang jelas.
IPA
3.1.   Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
3.1.1.      Memahami alat gerak pada hewan vertebrata melalui gambar
3.1.2.      Menyebutkan fungsi alat gerak pada hewan vertebrata
4.1.   Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
4.1.1.      Membuat model sederhana alat gerak hewan vertebrata yang ada dilingkungan sekitar.
SBdP
3.1  Memahami Gambar cerita.
3.1.1        Mengamati gambar cerita ilustrasi
4.1  Membuat gambar cerita
4.1.1        Membuat contoh sederhana gambar cerita

C.     Tujuan Pembelajaran
1.    Disajikan teks bacaan cerita ilustrasi “ Gerak Ikan dalam Air “, siswa dapat memahami isi bacaan.
2.    Disjikan bacaan cerita ilustrasi “ Gerak Ikan dalam Air “, siswa dapat menemukan pokok pikiran pada setiap paragraf.
3.    Disajikan bacaan cerita ilustrasi “ Gerak Ikan dalam Air “, siswa dapat menemukan kalimat pengemban dalam teks bacaan.
4.    Disajikan pokok pikiran suatu cerita ilustrasi, siswa dapat mengembangkannya menjadi sebuah cerita sederhana dengan menggunakan bahasanya sendiri.
5.    Disajikan teks bacaan cerita ilustrasi karangan siswa, siswa dapat mempresentasikan didepan kelas dengan lafal dan intonasi yang jelas.
6.    Disajikan gambar beberapa gambar hewan vertebrata, siswa dapat memahami alat gerak pada hewan vertebrata.
7.    Disajikan gambar beberapa gambar hewan vertebrata, siswa dapat menyebutkan fungsi dari alat gerak pada hewan vertebrata.
8.    Disajikan gambar beberapa gambar hewan vertebrata, siswa dapat membuat model sederhana alat gerak hewan vertebrata yang ada dilingkungan sekitar.
9.    Disajikan gambar cerita ilustrasi tentang hewan vertebrata, siswa dapat memahami cerita tersebut.
10.                        Disajikan gambar cerita ilustrasi tentang hewan vertebrata, siswa dapat membuat contoh sederhana gambar cerita ilustrasi.

D.     Materi Pembelajaran
1.         Pokok pikiran
2.         Kalimat pengembang dalam paragraf
3.         Alat gerak hewan vertebrata
4.         Fungsi alat gerak hewan vertebrata
5.         Gambar cerita ilustrasi
E.      Model, metode, dan Pendekatan
1.      Model                       : STAD
2.      Metode                     : Ceramah, tanya awab, dan diskusi
3.      Pendekatan               : Saintifik



F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru menyapa siswa dengan mengucapkan salam
2.      Guru menanyakan kabar kepada siswa
3.      Guru bersama siswa berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.
4.      Guru melakukan presensi
5.      Guru melakukan ice breaking dengan menyanyi lagu “Ini mata....”
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran
7.      Guru melakukan apersepsi “ anak-anak apakah alat gerak pada hewan vertebrata?” 
15 menit
Inti
1.      Guru memberikan siswa suatu teks ilustrasi yang berudul “ Gerak Ikan dalam Air “.
2.      Kemudian siswa diminta untuk membaca dan memahami apa isi teks tersebut.
3.      Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 6 siswa.
4.      Guru meminta siswa untuk menemukan pokok pikiran serta kalimat pengembang dari setiap paragraf.
5.      Guru meminta siswa membuat karangan dengan menggunakan bahasa sendiri dari setiap pokok pikiran yang ditemukan secara kelompok.
6.      Salah satu siswa mempresentasikan hasil karangannya.
7.      Guru bersama siswa membahas hasil diskusi serta guru memberikan ulasan materi.
8.      Guru membagikan LKPD kepada siswa.
9.      Guru membimbing siswa dalam pengerajaan LKPD
10.  Guru menampilkan media berupa papan interaktif
11.  Guru meminta siswa untuk membuat model sederhana alat gerak hewan vertebrata.
12.  Salah satu siswa mempresentasikan hasil yang telah dibuat.
13.  Guru membahas LKPD
14.  Guru menampilkan media berupa gambar cerita
15.  Guru meminta siswa untuk mengamati gambar
16.  Guru meminta siswa untuk menyampaikan isi cerita yang ada pada gambar.
17.  Guru meminta siswa membuat gambar cerita secara sederhana.
18.  Salah satu siswa mempresentasikan hasilnya didepan kelas.
19.  Guru membagikan lembar evaluasi
20.  Guru meriview materi yang diajarkan.
80 menit
Penutup
1.      Guru memberikan tugas berupa PR kepada siswa
2.      Guru memberikan motivasi kepada siswa
3.      Guru menutup dengan doa
4.      Salam
15 menit




G.      Media, alat dan sumber belajar
1.         Media :
Ø  Teks bacaan
Ø  Papan interaktif
Ø  Gambar cerita
Ø  Gambar alat gerak hewan vertebrata
2.         Alat   :
Ø  Papan tulis
Ø  Spidol
Ø  Gunting
Ø  Karton
3.         Sumber belajar          :
Ø  Buku guru kelas V tema 1 edisi revisi 2017
Ø  Buku siswa kelas V tema 1 edisi revisi 2017
Ø  Lingkungan (sekolah, keluarga, masyarakat/ tempat tinggal siswa)
Ø  Internet
H.      Penilaian Pembelajaran :
a.       Teknik Penilaian
·         Tes  : soal uraian dan pilihan ganda
b.      Bentuk Instrumen
1.      Lembar Pengamatan Sikap Spiritual
2.      Lembar Pengamatan Sikap Sosial
3.      Tes Tulis (kognitif)
4.      Unjuk Kerja 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...