RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas V semester
I
Tema 1 : Organ gerak hewan dan manusia. Subtema :
organ gerak hewan. Pembelajaran : 2
Disusun untuk memenuhi salahsatu
tugas mata kuliah Program Pengelolaan
Pembelajaran (PPP)
Dosen
Pembimbing Lapangan :
Dra.
Asri Susetyo Rukmi, M.Pd
Disusun
oleh :
Novita
Mila Suryana : 14010644076
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
2017
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN Sumur Welut III/440
Kelas/Semester : V/I
Tema : 1.
Subtema :
1.
Pembelajaran : 2
Alokasi
waktu : 4x35 menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
3.
Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menunjukkan keterampilan
berfikir dan bertindak kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai
dengan tahap perkembangannya.
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
BAHASA INDONESIA
3.1 Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis
3.1.1
Memahami teks
bacaan cerita ilustrasi “ Gerak Ikan dalam Air “
3.1.2
Menemukan pokok
pikiran dari masing-masing paragraf pada teks bacaan “ Gerak Ikan dalam Air”
3.1.3
Menemukan
kalimat pengembang yang ada dalam teks bacaan “ Gerak Ikan dalam Air” setiap
paragraf.
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan,
tulis, dam visual.
4.1.1
Membuat karangan
ilustrasi sederhana dari pokok pikiran yang telah ditemukan menggunakan bahasa
sendiri.
4.1.2
Mempresentasikan
hasil karangan didepan kelas dengan lafal dan intonasi yang jelas.
IPA
3.1. Menjelaskan
alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan
alat gerak manusia.
3.1.1. Memahami
alat gerak pada hewan vertebrata melalui gambar
3.1.2. Menyebutkan
fungsi alat gerak pada hewan vertebrata
4.1. Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
4.1.1. Membuat
model sederhana alat gerak hewan vertebrata yang ada dilingkungan sekitar.
SBdP
3.1 Memahami
Gambar cerita.
3.1.1
Mengamati gambar
cerita ilustrasi
4.1 Membuat
gambar cerita
4.1.1
Membuat contoh
sederhana gambar cerita
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Disajikan teks
bacaan cerita ilustrasi “ Gerak Ikan dalam Air “, siswa dapat memahami isi
bacaan.
2. Disjikan
bacaan cerita ilustrasi “ Gerak Ikan dalam Air “, siswa dapat menemukan pokok pikiran
pada setiap paragraf.
3. Disajikan
bacaan cerita ilustrasi “ Gerak Ikan dalam Air “, siswa dapat menemukan kalimat
pengemban dalam teks bacaan.
4. Disajikan
pokok pikiran suatu cerita ilustrasi, siswa dapat mengembangkannya menjadi
sebuah cerita sederhana dengan menggunakan bahasanya sendiri.
5. Disajikan
teks bacaan cerita ilustrasi karangan siswa, siswa dapat mempresentasikan
didepan kelas dengan lafal dan intonasi yang jelas.
6. Disajikan
gambar beberapa gambar hewan vertebrata, siswa dapat memahami alat gerak pada hewan
vertebrata.
7. Disajikan
gambar beberapa gambar hewan vertebrata, siswa dapat menyebutkan fungsi dari
alat gerak pada hewan vertebrata.
8. Disajikan
gambar beberapa gambar hewan vertebrata, siswa dapat membuat model sederhana
alat gerak hewan vertebrata yang ada dilingkungan sekitar.
9. Disajikan
gambar cerita ilustrasi tentang hewan vertebrata, siswa dapat memahami cerita
tersebut.
10.
Disajikan gambar
cerita ilustrasi tentang hewan vertebrata, siswa dapat membuat contoh sederhana
gambar cerita ilustrasi.
D. Materi
Pembelajaran
1.
Pokok pikiran
2.
Kalimat
pengembang dalam paragraf
3.
Alat gerak hewan
vertebrata
4.
Fungsi alat
gerak hewan vertebrata
5.
Gambar cerita
ilustrasi
E. Model,
metode, dan Pendekatan
1. Model : STAD
2. Metode : Ceramah, tanya awab, dan
diskusi
3. Pendekatan : Saintifik
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru menyapa siswa dengan mengucapkan
salam
2. Guru menanyakan kabar kepada siswa
3. Guru bersama siswa berdoa menurut agama
dan kepercayaannya masing-masing.
4. Guru melakukan presensi
5. Guru melakukan ice breaking dengan menyanyi lagu
“Ini mata....”
6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat
pembelajaran
7. Guru melakukan apersepsi “ anak-anak apakah alat
gerak pada hewan vertebrata?”
|
15
menit
|
Inti
|
1. Guru memberikan siswa suatu teks ilustrasi yang berudul “
Gerak Ikan dalam Air “.
2. Kemudian siswa diminta untuk membaca dan memahami apa isi teks
tersebut.
3. Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok
terdiri dari 6 siswa.
4. Guru meminta siswa untuk menemukan pokok pikiran serta kalimat
pengembang dari setiap paragraf.
5. Guru meminta siswa membuat karangan dengan menggunakan bahasa
sendiri dari setiap pokok pikiran yang ditemukan secara kelompok.
6. Salah satu siswa mempresentasikan hasil karangannya.
7. Guru bersama siswa membahas hasil diskusi serta guru memberikan
ulasan materi.
8. Guru membagikan LKPD kepada siswa.
9. Guru membimbing siswa dalam pengerajaan LKPD
10. Guru menampilkan media berupa papan interaktif
11. Guru meminta siswa untuk membuat model sederhana alat gerak hewan
vertebrata.
12. Salah satu siswa mempresentasikan hasil yang telah dibuat.
13. Guru membahas LKPD
14. Guru menampilkan media berupa gambar cerita
15. Guru meminta siswa untuk mengamati gambar
16. Guru meminta siswa untuk menyampaikan isi cerita yang ada pada
gambar.
17. Guru meminta siswa membuat gambar cerita secara sederhana.
18. Salah satu siswa mempresentasikan hasilnya didepan kelas.
19. Guru membagikan lembar evaluasi
20. Guru meriview materi yang diajarkan.
|
80
menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan tugas berupa
PR kepada siswa
2.
Guru memberikan motivasi
kepada siswa
3.
Guru menutup dengan doa
4.
Salam
|
15
menit
|
G. Media,
alat dan sumber belajar
1.
Media :
Ø Teks
bacaan
Ø Papan
interaktif
Ø Gambar
cerita
Ø Gambar
alat gerak hewan vertebrata
2.
Alat :
Ø Papan
tulis
Ø Spidol
Ø Gunting
Ø Karton
3.
Sumber belajar :
Ø Buku
guru kelas V tema 1 edisi revisi 2017
Ø Buku
siswa kelas V tema 1 edisi revisi 2017
Ø Lingkungan (sekolah, keluarga,
masyarakat/ tempat tinggal siswa)
Ø Internet
H. Penilaian
Pembelajaran :
a. Teknik
Penilaian
·
Tes : soal
uraian dan pilihan ganda
b. Bentuk
Instrumen
1. Lembar
Pengamatan Sikap Spiritual
2. Lembar Pengamatan
Sikap Sosial
3. Tes Tulis
(kognitif)
4. Unjuk Kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar