Senin, 04 September 2017

RPP Kelas 5 K-13 (Revisi 2017) Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS 5 TEMA 1 SUBTEMA 1
PEMBELAJARAN  5
 










Disusun Oleh :
Febriarsita Eka Sasmita
14010644203

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2017





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SDN Sumurwelut III
Kelas/Semester            :  V / I
Tema/Subtema            :  1 / Organ gerak hewan dan manusia
Subtema                      :  1./ Organ gerak hewan.
Pembelajaran               :  5
Alokasi Waktu            :  1 x Pertemuan (4 x 35 Menit)

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya   diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga dan negara.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
5.      Menyajikan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembanganya.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
BAHASA INDONESIA
3.1. Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1. Menyajikan hasil identfikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis dan visual.
SBdp
3.1. Memahami gambar bercerita.
4.1. Membuat gambar bercerita


IPA
3.1. Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1. Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.

C.    Indikator
Bahasa Indonesia
3.1.1  Mencari  pokok pikiran dari bacaan.
3.1.2. Menggali informasi  masing-masing paragraph dari bacaan
4.1.1   Menuliskan ide pokok masing-masing paragraf dalam bacaan.
.

SBdP
3.1.1   Memahami corak gambar ilustrasi atau gambar bercerita
4.1.1   Membuat  sebuah gambar dengan corak yang telah ditunjukan

IPA
3.1.1. Menyebutkan dan membedakan alat gerak hewan vertebrata dan avertebrata 
3.1.2. Mengidentifikasi organ gerak avertebrata beserta fungsinya.
4.1.1   Membuat miniature sederhana organ gerak hewan avertebrata.
.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati gambar , siswa dapat merangkai sebuah cerita dengan percaya diri.
2.       Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui ciri-ciri hewan vertebrata dan avertebrata.
3.       Dengan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok dari masing paragraf dengan tanggung jawab.
4.      Dengan membaca teks berjudul “ Siput bukanlah hewan lemah “, siswa dapat mencari ide pokok dalam bacaan dengan tepat.
5.      Dengan membaca teks berjudul “ siput bukanlah hewan lemah”. Siswa dapat menggali informasi masing-masing paragraph dari bacaan.
6.      Dengan mengeksplorasi gambar hewan vertebrata dan avertebrata siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan tersebut beserta fungsinya.
7.      Dengan melakukan diskusi siswa dapat mengidentifikasi organ gerak hewan avertebrata beserta fungsinya.
8.      Dengan penjelasan guru, siswa dapat memahami corak gambar ilustrasi atau gambar bercerita dengan baik.
9.      Dengan percaya diri, siswa dapat menuliskan ide pokok masing-masing pargraph dalam bacaan dengan baik.
10.  Dengan percaya diri dan tanggung jawab siswa dapat membuat miniature sederhana hewan avertebrata beserta organ geraknya.
11.  Dengan percaya diri, siswa dapat membuat sebuah gambar dengan corak yang telah ditunjukan.


E.     Materi Pembelajaran
1.      Karakteristik hewan vertebrata dan hewan avertebrata.
2.      Rangka organ gerak hewan avertebrata beserta fungsinya.
3.      Ide pokok bacaan.
4.      Gambar ilustrasi atau gambar bercerita.

F.     Metode Pembelajaran
1.         Metode                     : Ceramah, tanya jawab, diskusi, Outdoor learning
2.         Pendekatan               :  Saintifik
(mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan)

G.    Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                         :
ü  Gambar hewan vertebrata.
ü  Gambar hewan avertebrata
ü  Video avertebrata
ü  Gambar corak gambar ilustrasi
2.      Alat                            : Proyektor/LCD        
3.      Sumber Belajar           :
a.       Buku Siswa Kelas V Tema IOrgan Gerak Hewan & Manusia”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/.
b.      Buku Guru Kelas V Tema IOrgan Gerak Hewan & Manusia”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

H.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan

Langkah –langkah Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam untuk memulai pembelajaran
2.      Salah satu siswa memimpin berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing di depan kelas
3.      Guru menanyakan kabar siswa pada hari ini
4.      Guru menanyakan siswa yang tidak masuk pada pembelajaran hari ini
5.      Menyanyikan lagu “Head, Shoulders, Knees, and Claps ”
6.      Menginformasikan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari serta manfaat yang akan didapatkan siswa.

10 menit


Inti

1.      Pada awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk mencermati sebuah gambar ilustrasi yang ditampilkan melalui proyektor.(Mengamati)
2.      Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan komentar atau tanggapan  terhadap gambar yang diamati.(Menanggapi)
3.      Setelah semua siswa memberikan tanggapan, guru memberikan penguatan dan penjelasan gambar dan kaitanya dengan materi yang akan dipelajari.(Mengkomunikasikan)
4.      Setelah siswa memahami apa yang dimaksudkan dengan guru,siswa kembali mengamati gambar untuk kemudian dibandingkan.
5.      Siswa memerhatikan gambar kelinci yang merupakan hewan vertebrata dan siput yang merupakan hewan avertebrata. (Mengamati)
6.      Guru menambahkan gambar hewan lain melalui proyektor untuk memberikan penjelasan lebih terhadap siswa.
7.      Selesai mengamati gambar, siswa menuliskan perbandingan karakteristik kelinci dengan siput.
8.      Beberapa siswa menyampaikan hasil pengamatan dan eksplorasi terhadap gambar hewan-hewan didepan kelas.
9.      Siswa mendapatkan apresiasi atas keberanian dan tanggung jawan menyelesaikan tugas dengan baik.
10.  Siswa kembali mengamati dan mengeksplorasi gambar rangka organ gerak hewan avertebrata secara teliti dan seksama (Mengamati)
11.  Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan avertebrata dengan fungsinya.
12.  Kegiatan identifikasi dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan diskusi untuk melatih kemampuan siswa dalam bekerja sama, diskusi dilakukan secara berkelompok. Bentuk kelompok terdiri kurang lebih 4 siswa per kelompok. Setiap kelompok diminta mendiskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut dan menuliskan hasilnya. Selanjutnya jawaban dari tiap kelompok didiskusikan bersama kelompok lain. Guru dapat bertindak sebagai moderator atau menunjuk salah satu siswa menjadi moderator.
13.  Masing-masing perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
14.  Jawanban siswa akan diapresiasi oleh guru.
15.  Anggota kelompok yang lain menanggapi hasil jawaban siswa. (Mengomentari)
16.  Setelah siswa memahami organ gerak hewan avertebrata setelah kegiatan berdiskusi, siswa diminta untuk membuat miniature atau gambar hewan tersebut ( kegiatan dilakukan diluar kelas, agar anak tidak bosan).
17.   Beberapa  siswa ditunjuk secara acak untuk menceritakan karya yang telah dibuat.
18.  Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca sebuah cerita tentang seekor siput yang berjudul “ Siput Bukanlah Hewan Lemah”.
19.  Selesai membaca, siswa diminta untuk menuliskan ide-ide pokok masing-masing paragraph dari bacaan secara mandiri.
20.  Guru memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
21.  Guru memberikan apresiasi terhadap tulisan siswa yang sudah  selesai.
22.  Siswa mempelajarai beberapa hal mengenai beragam gaya gambar dan ilustrasi.
23.  Siswa diminta untuk membuat gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi dan informasi bacaan berjudul “ Siput Bukanlah Hewan Lemah” dengan gaya atau corak yang telah dipelajari.
24.  Siswa dapat melanjutkan dirumah apabila gambar belum selesai.
25.  Tak lupa siswa diberikan apersepsi atas kejujuran dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
190 menit























Penutup
1.      Siswa diminta untuk mengingat kegiatan pembelajaran hari ini dan kembali mengaitkan dengan tema yang sedang mereka pelajari. Siswa diminta menggambar organ gerak salah satu hewan avertebrata.
2.      Siswa diminta untuk merefleksikan penguasaan mereka tentang pembelajaran untuk kemudian di berikan catatan dan  komentar orang tua.
3.      Pada aktivitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
4.        Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
5.      Doa penutup
10 menit




I.        Penilaian

  1. Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap
percaya diri, , tanggung jawab, kerjasama, Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis
b.      Penilaian Keterampilan
Unjuk kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...