RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas V, Tema 1, Subtema 1, Pembelajaran 3
Disusun untuk memenuhi tugas
praktek Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP)
Di
SDN Sumur welut III
Disusun
oleh :
RAFI
ADZIMUL HAYA :
14010644048
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2017
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN Sumur Welut III/440
Kelas/Semester : V/I
Tema : 1. Organ Gerak hewan dan manusia
Subtema :
1. Organ gerak hewan
Pembelajaran : 3
Alokasi
waktu : 6x35 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
3.
Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menunjukkan
keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.
Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang
mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B.
Kompetensi
Dasar (KD)
PPKn
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai
pancasila dalam kehidupan sehari-hari
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim
dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi karakteristik geografis indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi
Bahasa
Indonesia
3.1 Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan dan tulisan
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok
pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan tulis dan visual
C.
Indikator
PPKn
3.1.1
Melafalkan
sila-sila pancasila
3.1.2 Menjelaskan nilai-nilai yang
terkandung dari sila - sila pancasila
3.1.3 Menunjukkan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai
pancasila di lingkungan sekolah
3.1.4 Menyebutkan
contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang
mencerminkan nilai-nilai pancasila
3.1.1 Menuliskan perilaku dalam kehidupan
sehari-hari yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila
4.1.2 Mengelompokkan gambar-gambar yang sesuai
dengan nilai-nilai pancasila
4.1.3 Menempelkan gambar-gambar yang telah di
kelompokkan pada papan interaktif
4.1.5
Menuliskan sikap atau perilaku di
lingkungan sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila secara singkat pada
kertas yang telah dibagikan
IPS
3.1.1 Menjelaskan letak geografis indonesia
3.1.2 Mengamati cerita singkat “kelinci yang
tersesat”
3.1.3 Menyebutkan lokasi terkait cerita yang diamati
4.1.1 Merancang denah tempat tinggal
4.1.2 Menggambar denah rumah ke sekolah
4.1.3
Mempresentasikan denah tempat tinggal di
depan kelas
Bahasa
Indonesia
3.1.1 Memahami teks cerita “adi dan kucing
peliharaannya ”
3.1.2 Menemukan pokok pikiran yang terdapat di
setiap paragraf
4.1.1 Menuliskan pokok pikiran dan
kalimat pengembang yang telah di temukan
4.1.2
Mempresentasikan hasil tulisan di depan kelas
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan penjelasan
guru, siswa dapat memahami nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila
pancasila dengan baik.
2. Dengan
diberikan pertanyaan, siswa dapat menyebutkan sikap di lingkungan sekolah yang
sesuai dengan nilai-nilai pancasila dengan benar.
3. Dengan
berdiskusi, siswa dapat menuliskan perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang
sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila dengan tepat.
4. Dengan
di sajikan gambar, siswa dapat mengelompokkan gambar dengan tepat.
5. Dengan
di sajikan papan interaktif, siswa dapat menempelkan gambar dengan tepat.
6. Dengan
di sajikan kertas warna, siswa dapat menuliskan secara singkat sikap yang
pernah di lakukan di lingkungan sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai
pancasila dengan percaya diri.
7. Dengan
penjelasan guru, siswa dapat memahami letak geografis indonesia dengan baik.
8. Dengan
mendengarkan cerita guru, siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan tepat
9. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat merancang denah dengan tepat.
10.
Dengan disajikan
sebuah kertas, siswa dapat menggambar denah rumah ke sekolah dengan tepat
11. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat menceritakan gambar yang telah di buat dengan
percaya diri.
12. Dengan
membaca, siswa dapat memahami cerita dengan baik
13.
Dengan diskusi,
siswa dapat menemukan pokok pikiran dan kalimat pengembang dengan tepat
14.
Dengan bimbingan
guru, siswa dapat menuliskan pokok pikiran dan kalimat pengembang yang telah
ditemukan dengan tepat
15.
Dengan bimbingan
guru, siswa dapat mempresentasikan hasil kerjanya dengan percaya diri
E.
Materi
Pembelajaran
1.
PPKn
Ø Nilai-nilai
yang terkandung pada sila-sila pancasila
Ø Sikap
yang mencerminkan nilai-nilai pancasila
2.
IPS
Ø Letak
Geografis Indonesia
Ø Denah
3.
Bahasa Indonesia
Ø Pengertian
pokok pikiran
Ø Pengertian
kalimat pengembang
Ø Contoh
Paragraf
F.
Model,
metode, dan Pendekatan
1. Model : STAD
2. Metode : Ceramah, tanya awab, dan
diskusi
3. Pendekatan : Saintifik
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru menyapa siswa dengan mengucapkan
salam
2. Guru menanyakan kabar kepada siswa
3. Guru bersama siswa berdoa menurut agama
dan kepercayaannya masing-masing.
4. Guru melakukan presensi
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat
pembelajaran
6. Guru melakukan apersepsi “ apa yang kalian ketahui
tentang burung garuda”....
7. Guru mengajak siswa menyanyi garuda pancasila
|
15
menit
|
Inti
|
1. Guru mengajak siswa melafalkan bunyi sila-sila pancasila.
2. Guru menjelaskan tentang nilai-nilai yang terkandung pada
pancasila
3. Guru bertanya kepada siswa sikap atau perilaku di lingkungan
sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila
4. Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok. setiap kelompok terdiri
dari 4-5 siswa
5. Guru membagikan LKPD 01
6. Guru meminta siswa untuk menyebutkan perilaku dalam kehidupan
sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila
7. Guru meminta siswa untuk menuliskan perilaku yang sesuai dan
tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila
8. Guru memberikan beberapa gambar
9. Siswa diminta untuk mengelompokkan gambar yang sesuai dengan
nilai-nilai pancasila
10. Siswa diminta untuk menempelkannya di papan interaktif yang telah
disediakan guru
11. Guru bersama siswa membahas hasil diskusi yang
telah dilakukan
12. Setiap siswa diberi sebuah kertas warna
13. Siswa diminta menuliskan secara singkat perilaku
di lingkungan sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang pernah di
lakukan.
14. Siswa diminta menuliskan di kertas warna yang
telah di bagikan
15. Guru melanjutkan materi selanjutnya
16. Guru menunjukkan sebuah gambar peta
17. Guru menjelaskan letak geografis indonesia
18. Guru memberikan cerita singkat kepada siswa
19. Guru membagikan LKPD 02
20. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang diberikan
21. Guru meminta siswa untuk merancang gambar rumah,
masjid, sekolahan dll.
22. Guru meminta siswa untuk menggambar denah rumah
siswa ke sekolah
23. Guru meminta siswa untuk menceritakan gambar yang
telah di buat
24. Guru melanjutkan materi selanjutnya
25. Guru membagikan LKPD 03
26. Siswa diminta untuk memahami teks bacaan
27. Siswa diminta berdiskusi untuk menemukan pokok
pikiran dan kalimat pengembang yang terdapat pada setiap paragraf
28. Siswa diminta untuk mempresentasikannya di depan
kelas
29. Guru membahas bersama siswa hasil diskusi yang
telah dilakukan
30. Guru membagikan lembar evaluasi
|
180
menit
|
Penutup
|
1. Guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan
2.
Guru
merefleksi pembelajaran yang telah dilakukan
3.
Guru
menginformasikan kegiatan pembelajaran pertemuan selanjutnya
4.
Penutup
5.
Do’a
|
15
menit
|
H.
Media,
alat dan sumber belajar
1.
Media :
Ø Teks
bacaan
Ø Papan
interaktif
Ø Gambar
peta dan denah
Ø Kertas
warna
2.
Alat :
Ø Papan
tulis
Ø Spidol
3.
Sumber belajar :
Ø Buku
guru kelas V tema 1 edisi revisi 2017
Ø Buku
siswa kelas V tema 1 edisi revisi 2017
Ø Lingkungan (sekolah, keluarga,
masyarakat/ tempat tinggal siswa)
Ø Internet
I.
Penilaian
Pembelajaran :
a. Teknik
Penilaian
·
Tes : soal uraian dan pilihan ganda
b. Bentuk
Instrumen
1. Lembar
Pengamatan Sikap Spiritual
2. Lembar
Pengamatan Sikap Sosial
3. Tes
Tulis (kognitif)
4. Unjuk
Kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar