Sabtu, 08 Juli 2017

RPP : KELAS II TEMA 1 HIDUP RUKUN SUBTEMA 2 HIDUP RUKUN DENGAN TEMAN BERMAIN PEMBELAJARAN 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP ) Satuan Pendidikan                :
Kelas / Semester                     : II (dua) / 1 (satu)

Tema                                      : 3. Tugasku Sehari-hari
Sub tema                                : 1. Tugasku Sehari-hari di Rumah
Pembelajaran                        : 4
Alokasi Waktu                       : 3 x 35 menit
   
A.      Kompetensi Inti
1)      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2)      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3)      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4)      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalamtindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

B.       Kompetensi Dasar
 Bahasa Indonesia

3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. 

PPKn

3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.

4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.  

SBdP

3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.

4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna. 

Matematika

3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok Dienes (kubus satuan).

4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan bilangan yang kurang dari 100. 

C.      Indikator

 Bahasa Indonesia

3.5.1 Membaca teks percakapan dalam balon percakapan berkaitan dengan hidup rukun.

4.5.1 Menulis cerita tentang sikap hidup rukun berdasarkan gambar dan balon percakapan. 

PPKn

3.3.1 Mengidentifikasi sikap hidup rukun dengan teman bermain dalam teks bacaan.

3.3.2 Mengidentifikasi sikap hidup rukun dengan teman bermain dalam teks percakapan.

3.3.3 Menyebutkan manfaat hidup rukun.

3.3.4 Menyebutkan akibat apabila tidak hidup rukun.

4.3.1 Menceritakan pengalaman pribadi berkaitan dengan hidup rukun di sekitar rumah. 

SBdP

3.2.1 Mengidentifikasi syair, tempo, dan irama lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”.

4.7.1 Menyanyikan lagu anak berjudul “Di Sini Senang di Sana Senang”.4.7.2 Menulis lagu anak sederhana tentang kerukunan sesuai dengan irama lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” dengan kata-kata sendiri yang bermakna.4.7.3 Menyanyikan lagu anak sederhana dengan kata-kata sendiri.  

Matematika

3.1.1 Mengidentifikasi lambang bilangan sampai 500.

3.1.2 Membaca lambang bilangan sampai 500.

4.1.1 Menulis lambang bilngan sampai 500.

4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100. 

D.      Tujuan Pembelajaran 1. Dengan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.2. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman dengan teliti.3. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman teman bermain di sekitar rumah berdasarkan kegemaran dengan teliti.4. Dengan kegiatan menulis cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan perilaku rukun dengan teman bermain di sekitar rumah dengan bahasa yang santun.5. Dengan memperhatikan demonstrasi guru tentang pola irama lagu, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis dengan teliti.6. Dengan bimbingan guru dan mengamati contoh syair lagu, siswa dapat membuat lagu anak-anak sederhana menggunakan kata-kata sendiri yang bermakna dengan percaya diri.7. Dengan lagu yang dibuat, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna dengan percaya diri.8. Dengan mengamati beberapa lambang bilangan yang ada pada gambar, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan percaya diri.9. Dengan penugasan, siswa dapat menulis lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.10. Dengan mengamati contoh deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.    

E.  Materi Ajar

·         Kerukunan

·         Lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”

·         Bilangan 

F.   Model dan Metode Pembelajaran

Model         : Kooperatif (TPS)

Metode       : Diskusi dan Penugasan  

G. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

Kegiatan Awal
1.    Kegiatan pembelajaran diawali dengan salam dan menanyakan kabar siswa.
2.    Mengajak siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing untuk mengawali kegiatan pembelajaran
3.    Presensi kehadiran siswa.
4.    Mengajak semua siswa melakukan permainan tepuk warna sebelum memulai pembelajaran agar siswa termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran..
5.    Guru menginformasikan materi pertama yang akan dibelajarkan yaitu tentang kerukunan.


±15   menit
Inti

1.      Siswa mengamati gambar tentang anak yang sedang bermain sepeda.
2.      Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati.
3.      Siswa membaca teks percakapan tentang bermain dalam kerukunan dengan memperhatikan EYD.
4.      Siswa membuat pertanyaan dari teks percakapan.
5.      Siswa mengajukan pertanyaan di depan kelas.
6.      Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan temannya.
7.      Siswa mengamati gambar tentang anak yang menolong temannya jatuh dari sepeda.

8.      Siswa membaca balon percakapan berdasarkan gambar yang diamati.
9.      Siswa menulis isi cerita berdasarkan balon percakapan yang dibaca.
10.  Guru mengarahkan siswa agar menulis dengan ejaan yang benar.
11.  Siswa membaca tulisan yang telah dibuat.
12.  Siswa menjelaskan manfaat hidup rukun ketika bermain di sekitar rumah teman.
13.  Siswa menjelaskan akibat tidak bersikap rukun ketika bermain di sektar rumah teman.
14.  Siswa menceritakan pengalaman pribadi tentang kerukunan ketika bermain dengan bahasa yang santun secara tulis.
15.  Siswa mengerjakan LKPD. (bagian 1)
16.  Siswa menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” sesuai dengan teks, tempo, dan irama lagu.
17.  Guru membimbing siswa agar dapat menyanyi dengan percaya diri dan semangat.
18.  Siswa diarahkan untuk menulis syair lagu tentang hidup rukun berdasarkan irama lagu “Di Sini Senag di Sana Senang”. (LKPD bagian 2)
19.  Guru memberikan contoh syair lagu apabila siswa mengalami kesulitan.
20.  Siswa menyanyikan syair lagu yang telah dibuat.
21.  Siswa mengerjakan LKPD. (bagian 2)
22.  Siswa membaca teks bacaan yang memuat nomor rumah.
23.  Siswa mengamati gambardua rumah yang ada nomor rumahnya.
24.  Siswa membaca lambang bilangan yang diamati.


25.  Siswa menulis lambang bilangan dari soal yang ada pada buku.
26.  Siswa menulis bacaan lambang bilangan dengan tulisan tegak bersambung pada lembar kerja yang ada di buku.
27.  Siswa mengamati pola barisan bilangan.
28.  Siswa membuat pola-pola bilangan sederhana.
29.  Siswa mengerjakan LKPD (bagian 3)
30.  Siswa mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum dipahami.


±70 menit






















Penutup

Kegiatan Penutup
1.       Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.       Masing-masing siswa mengerjakan Lembar Evaluasi.
3.       Pembahasan singkat tentang Lembar Evaluasi.
4.       Pembelajaran selesai diakhiri dengan berdo’a sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing kemudian salam.


±20 menit





  H.  Penilaian                   

1. Penilaian Sikap (terlampir)                   

2. Penilaian pengetahuan (terlampir)                   

3. Penilaian Keterampilan (terlampir) 

I.          Media, Alat/ bahan, dan Sumber Belajar
1.         Media
·         Gambar Anak Bermain Sepeda
·         Teks Percakapan tentang Bermain dalam Kerukunan
·         Gambar Anak Menolong Teman
·         Teks Lagu “Di Sini Senag di Sana Senang”
·         Teks Bacaan yang Memuat Nomor Rumah.
·         Gambar Dua Rumah yang Memiliki Nomor.
2.         Alat/ Bahan
·         Alat tulis.
3.         Sumber Belajar
1.      Buku guru kelas II Tema 1.
2.      Buku siswa kelas II Tema 1.

                                                                                                     Surabaya,
    Mengetahui,                                                                                       
Guru Kelas II,                                                                                     Guru Praktik,                                                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...