Kamis, 06 Juli 2017

RPP : Kelas 3 Tema 1 “Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan” SUBTEMA 2 “Perkembangbiakan Tumbuhan” Pembelajaran 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan
:

Kelas/Semester
:
III (Tiga) / 1 (Ganjil)
Tema
:
1. Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub tema
:
2. Perkembangbiakan Tumbuhan
Pembelajaran
:
1
AlokasiWaktu
:



A.      Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Matematika
3.1 Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.

SBdP
3.1 Mengenal karya seni gaya dekoratif.
4.1 Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.


C.      Indikator
Bahasa Indonesia
3.2.1 Mengidentifisikasi isi teks tentang perkembangbiakkan tumbuhan.
3.2.2 Menjelaskan cara perkembangbiakkan 5 tumbuhan yang ada disekitar rumah melalui kegiatan mewawancara teman.
4.1.1 Menuliskan tahapan perkembangbiakkan tumbuhan.
4.2.2 Mempresentasikan tahapan perkembangbiakkan tumbuhan.

Matematika
3.1.1 Mengidentifikasi cara penyelesaian soal penjumlahan menggunakan teknik susun ke bawah.

4.2.1 Menyelesaikan soal penjumlahan.
4.2.2 Merumuskan soal cerita dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.

SBdP
3.1.1 Mengidentifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya hiasan mozaik berkaitan dengan berbagai hewan tumbuhan yang berkembangbiak dengan biji.
4.1.1 Membuat karya hiasan mozaik berkaitan dengan berbagai hewan tumbuhan yang berkembangbiak dengan biji hasil rancangan sendiri.

D.      Tujuan Pembelajaran
1)      Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi isi teks tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan benar.
2)      Dengan membaca, siswa dapat menjelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan sesuai teks yang dibaca melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan benar.
3)      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan tahapan perkembangbiakan tumbuhan dengan menggunakan ejaan yang benar.
4)      Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dengan benar.
5)      Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan benar.
6)      Dengan mengamati contoh gambar dekoratif, siswa dapat mengidentifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif dengan benar.
7)    Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat karya montase hasil rancangan sendiri dengan rapi.





E.       Materi Ajar
-          Tahapan perkembangbiakan tumbuhan.
-          Hiasan Mozaik.
-          Penjumlahan.

F.       Model dan Metode Pembelajaran
Model           : Kooperatif (TPS)
Metode         : Diskusi

G.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

Kegiatan Awal
1.    Kegiatan pembelajaran diawali dengan salam dan menanyakan kabar siswa.
2.    Mengajak siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
3.    Presensi kehadiran siswa.
4.    Guru mengajak siswa melakukan ice breaking dengan menyanyikan lagu “Pohon Mangga” agar siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran hari ini.
5.    Guru menginformasikan materi yang akan dibelajarkan yaitu tentang



Inti

Kegiatan Inti
1.      Siswa membaca teks yang ada di buku mengenai cara perkembangbiakkan tumbuhan secara bergilirian sehingga setiap siswa akan membaca masing-masing satu kalimat.
2.      Siswa melakukan kegiatan mewawancara teman mengenai nama tumbuhan yang ada disekitar rumahnya berserta cara perkembangbiakkannya dan menulis laporan hasil wawancara di buku siswa halaman 65.
3.      Siswa mempresentasikan hasil wawancara.
4.      Siswa berdiskusi tentang salah satu tahapan perkembangbiakkan tumbuhan secara berpasangan.
5.      Siswa menuliskan (boleh diseratai gambar)  tahapan perkembangbiakkan tumbuhan, mulai dari biji, kecambah, tumbuhan kecil, dan tumbuhan dewasa.
6.      Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
7.      Siswa mengerjakan LKPD (bagian 1) bersamaan dengan saat kegiatan mempresentasikan hasil wawancara tentang 5 nama tumbuhan dan cara perkembangbiakan.
8.      Siswa mengamati gambar berbagai tumbuhan yang berkembiak dengan biji.
9.      Guru menginformasikan salah satu manfaat dari biji tumbuhan ialah untuk membuat hiasan mozaik.
10.  Guru menginformasikan tahapan membuat hiasan mozaik berkaitan dengan hewan dan tumbuhan.
11.  Siswa mempresentasikan hiasan mozaik yang sudah dibuat berkaitan dengan nama hewan atau tumbuhan hiasan mozaik dan alasan pemilihan.
12.  Siswa mengerjakan LKPD (bagian 2) bersamaan dengan kegiatan mempresentasikan hiasan mozaik yang sudah dibuat.
13.  Guru mengaitkan materi menggunakan teks bacaan yang ada pada buku siswa halaman 69.
14.  Siswa mengamati contoh penyelesaian soal penjumlahan menggunakan teknik penjumlahan susun ke bawah.
15.  Siswa membuat soal penjumlahan menggunakan teknik penjumlahan susun ke bawah dan menukarkan soal pada teman sebangku.
16.  Siswa berlatih soal penjumlahan. (LKPD bagian 3)






Penutup

Kegiatan Penutup
1.       Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.       Siswa mengerjakan lembar evaluasi secara individu.
3.       Pembelajaran selesai diakhiri dengan berdo’a.













































































           H.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Penilaian Sikap (terlampir)
2.      Penilaian Pengetahuan (terlampir)
3.      Penilaian Keterampilan (terlampir)

I.       Media, Alat/ bahan, dan Sumber Belajar
1.         Media

-          Teks bacaan.
-          Buku perpustakaan sekolah mengenai tahapan perkembangbiakan tumbuhan.
-          Gambar tumbuhan dan cara berkembangbiak.
-          Gambar berbagai tumbuhan yang berkembangbiak dengan biji.
-          Gambar hiasan mozaik.
2.         Alat/ Bahan
-           Alat dan media untuk membuat karya hiasan mozaik.
3.         Sumber Belajar
-          Buku siswa
-          Buku guru
-          Internet

             

Mengetahui,
KepalaSekolah



...................................................

Surabaya,
Guru Kelas III



………………...................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...