Kelas II Semester I
Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
Bahasa
Indonesia
|
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
|
1. Mengamati gambar tentang anak yang sedang
bermain sepeda.
2. Mendeskripsikan gambar yang diamati.
3. Membaca teks percakapan tentang bermain
dalam kerukunan dengan memperhatikan EYD.
4. Membuat pertanyaan dari teks percakapan.
5. Mengajukan pertanyaan di depan kelas.
6. Menjawab pertanyaan yang diajukan temannya.
7. Mengamati gambar tentang anak yang menolong
temannya jatuh dari sepeda.
8. Membaca balon percakapan berdasarkan gambar
yang diamati.
9. Menulis isi cerita berdasarkan balon
percakapan yang dibaca.
10. Mengarahkan siswa agar menulis dengan ejaan
yang benar.
11. Membaca tulisan yang telah dibuat.
12. Menjelaskan manfaat hidup rukun ketika
bermain di sekitar rumah teman.
13. Menjelaskan akibat tidak bersikap rukun
ketika bermain di sektar rumah teman.
14. Menceritakan pengalaman pribadi tentang
kerukunan ketika bermain dengan bahasa yang santun secara tulis.
15. Mengerjakan LKPD.
(bagian 1)
16. Menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana
Senang” sesuai dengan teks, tempo,
dan irama lagu.
17. Guru membimbing siswa agar dapat menyanyi
dengan percaya diri dan semangat.
18. Menulis syair lagu tentang hidup rukun
berdasarkan irama lagu “Di Sini Senag di Sana Senang”. (LKPD bagian 2)
19. Guru memberikan contoh syair lagu apabila
siswa mengalami kesulitan.
20. Menyanyikan syair lagu yang telah dibuat.
21. Mengerjakan LKPD.
(bagian 2)
22. Membaca teks bacaan yang memuat nomor rumah.
23. Mengamati gambardua rumah yang ada nomor
rumahnya.
24. Membaca lambang bilangan yang diamati.
25. Menulis lambang bilangan dari soal yang ada
pada buku.
26. Menulis bacaan lambang bilangan dengan
tulisan tegak bersambung pada lembar kerja yang ada di buku.
27. Mengamati pola barisan bilangan.
28. Membuat pola-pola bilangan sederhana.
29. Mengerjakan LKPD
(bagian 3)
30. engajukan pertanyaan mengenai materi yang
belum dipahami.
|
·
Pengamatan (skala sikap)
·
Penilaian Pengetahuan : Tes tulis
·
Penilaian Keterampilan
|
3 X 35 menit
|
Buku guru kelas II Tema 1.
Buku siswa kelas II Tema 1.
|
PPKn
|
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
|
||||
SBdP
|
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.7 Menyanyikan lagu anakanak sederhana dengan
membuat kata-kata sendiri yang bermakna.
|
||||
Matematika
|
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok Dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilanganbilangan yang kurang dari 100.
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar