Kelas I Semester I
Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
Bahasa
Indonesia
|
3.4 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera
serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana,
dan atau syair lagu).
4.4 Menjelaskan dengan kosa katan yang tepat tentang anggota
tubuh dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulisan.
|
1.
Menyanyikan
lagu “Dua Mata Saya” secara bersama-sama. (Buku siswa halaman 2)
2.
Menunjuk
bagian-bagian tubuh sesuai dengan teks lagu “Dua Mata Saya”.
3.
Menunjukkan
gambar bagian-bagian tubuh dan menempelnya di papan tulis.
4.
Mengamati
gambar bagian tubuh yang belum ada namanya.
5.
Melakukan
kegiatan tanya jawab mengenai nama bagian tubuh.
6.
Guru
mengapresiasi jawaban siswa dengan meminta siswa tersebut untuk menunjukkan
bagian tubuh sesuai dengan jawabannya.
7.
Guru
memancing siswa lain untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh.
8.
Menunjukkan
satu set kartu yang berisi kata dari nama-nama anggota tubuh.
9.
Guru
menunjukkan salah satu kartu dan membacakannya.
10. Menunjuk salah satu siswa untuk menempelkan kartu nama tersebut di
dekat bagian tubuh yang sesuai.
11. Memperlihatkan kartu yang lain hingga semua kartu nama anggota
tubuh tertempel pada gambar.
12. Mengajak siswa untuk mengecek kesesuaian kartu nama dengan gambar
bagian tubuh.
13. Guru memberikan contoh cara membaca nama anggota tubuh dan siswa
menirukan.
14. Membaca semua nama anggota tubuh bersama-sama.
15. Mengerjakan LKPD (bagian 1)
16. Guru mengkaitkan materi sebelumnya yaitu mengenal nama-nama
anggota tubuh dengan materi berikutnya yaitu cara menjaga supaya tubuh tetap
sehat. Kaitannya, jika siswa sudah mengetahui nama-nama anggota tubuh,
selanjutnya siswa harus mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh.
17. Melakukan kegiatan tanya jawab mengenai cara menjaga kesehatan
tubuh salah satu jawabannya adalah makan.
18. Memberikan pertanyaan mengenai sikap yang harus ditunjukkan saat
hendak, sedang, dan selesai makan.
19. Membentuk kelompok belajar berpasangan untuk menjawab pertanyaan
mengenai sikap yang harus ditunjukkan saat hendak, sedang, dan selesai makan.
20. Berdiskusi secara berpasangan.
21. Guru menunjuk perwakilan siswa untuk menunjukkan tentang sikap
saat makan di rumah.
22. Mengamati teks bacaan di buku siswa pada halaman 40.
23. Mencocokkan kesesuaian jawaban siswa dengan teks bacaan tersebut.
24. Guru merangkum semua jawaban siswa dan menyampaikan informasi
mengenai aturan saat makan.
25. Mengerjakan LKPD (bagian 2).
26. Bersiap-siap melakukan gerak anggota tubuh bersama-sama sesuai
dengan lagu berjudul “Kepala Pundak Lutut Kaki.
27. Guru memberikan instruksi gerak dasar, yaitu :
-
Sikap
berdiri, pandangan ke depan,
-
Kedua tangan
di pinggang,
-
Kedua kaki
dibuka, lutut ditekuk, dan
-
Gerak kepala
tengok kanan dan kiri.
28. Guru memberikan contoh terlebih dahulu kemudian siswa menirukan.
29. Melakukan gerak tubuh sesuai lagu berjudul “Kepala Pundak Lutut
Kaki” bersama-sama.
30. 10 siswa untuk melakukan gerak tubuh sesuai lagu berjudul “Kepala
Pundak Lutut Kaki” secara bergantian.
|
·
Pengamatan (skala sikap)
·
Penilaian Pengetahuan : Tes tulis
·
Penilaian Keterampilan
|
3 X 35 menit
|
·
Kurikulum 2013.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas I Semester
1 .
·
Buku Siswa Tema 1 Kelas I
Semester 1.
·
Lingkungan (sekolah, keluarga, masyarakat/ tempat tinggal siswa)
·
Internet.
|
PPKn
|
3.2 Memahami
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Melakukan
kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
||||
SBdP
|
3.3 Memahami
gerak anggota tubuh melalui tari.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar