Senin, 14 Desember 2015

Manajemen Pendidikan : Kemanajerialan di SDN Dukuhsari 1 Jabon - Sidoarjo



Manajemen Pendidikan
“Kemanajerialan di SDN Dukuhsari 1 Jabon - Sidoarjo”



Dosen Pengampu : Dra. Mulyani, M.Pd

Disusun Oleh: Nisful Laila     14010644045 / B-2014






UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015






Kemanajerialan di SDN Dukuhsari 1 Jabon - Sidoarjo
Narasumber : Tri Andy Susanto, S.Pd

Manajemen Pendidikan di SDN Dukuhsari 1 Jabon - Sidoarjo

1.      PERENCANAAN

Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak Tri Andi Susanto, S.Pd selaku bendahara sekolah dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo, bentuk dari perencanaan di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo adalah Program Tahunan dan Program Semester. Program Tahunan berisi seluruh kegiatan yang akan dilakukan untuk masa 1 tahun dan disusun oleh Kepala Sekolah yaitu Bapak Mokh. Faujan S.Pd beserta seluruh guru di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo. Sedangkan, untuk Program Semester disusun oleh setiap guru atau masing-masing guru membuat Program Semester.

2.      PENGORGANISASIAN

Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak Tri Andi Susanto, S.Pd selaku bendahara sekolah dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo, bentuk dari pengorganisasian di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo adalah pembagian tugas untuk guru-guru. Berikut rincian pembagian tugas, yaitu :

Erli Ningsih, S.Pd SD yaitu wali kelas dari kelas 1
Siti Maisaroh, S.Pd yaitu wali kelas dari kelas 2
Ratih Diah Ningrum, S.Pd SD yaitu wali kelas dari kelas 3
Drs. Suroso yaitu wali kelas dari kelas 4
Buadi, Ama Pd yaitu wali kelas dari kelas 5
Artiningsih, S.Pd M.Si yaitu wali kelas dari kelas 6

Setiap wali kelas mengajar seluruh mata pelajaran kecuali mata pelajaran PAI, TIK, Pendidikan Jasmani dan Rohani, dan Bahasa Inggris.

3.      PELAKSANAAN

Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak Tri Andi Susanto, S.Pd selaku bendahara sekolah dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo, bentuk dari pelaksanaan di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo adalah melaksanakan atau menjalankan kegiatan yang sudah disusun berdasarkan perencanaan yaitu Program Tahunan dan Program Semester. Program Tahunan dan Program Semester di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo sudah berjalan dengan baik sesuai perencanaan.

4.      PENGEVALUASIAN

Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak Tri Andi Susanto, Sp.d selaku bendahara sekolah dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo, bentuk dari pengevaluasian di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo adalah pemantauan dan penilaian yang dilakukan oleh pihak dari Kabupaten. Pihak dari Kabupaten akan datang ke Sekolah Dasar dan melakukan pemantauan terhadap Program Tahunan dan Program Semester. Bahkan, pihak Kabupaten juga akan memantau manajemen keuangan di SDN Dukuhsari1 Jabon – Sidoarjo.

      Manajemen Kurikulum di SDN Dukuhsari 1 Jabon - Sidoarjo

Manajemen  kurikulummerupakan  bagian yang terpenting dalam sebuah manajemen sekolah karena kurikulum dan pembelajaran adalah dasar dari sebuah pendidikan.

Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak Tri Andy Susanto, S.Pd selaku bendahara sekolah dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler SDN Dukuhsari 1 Jabon- Sidoarjo, di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo diterapkan  Kurikulum Tingkat satuan pendidikan (KTSP).

Manajemen Peserta Didik di SDN Dukuhsari 1 Jabon - Sidoarjo

Manajemen Peserta Didik juga dapat diartikan sebagai usaha pengaturan terhadap peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak Tri Andy Susanto, S.Pd selaku bendahara sekolah dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo di SDN Dukuhsari 1 Jabon –Sidoarjoterdapat 6 kelas yaitu kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 serta setiap kelas terdiri dari 23 siswa (kelas 1), 40 siswa (kelas 2), 35 siswa (kelas 3), 36 siswa (kelas 4), 34 siswa (kelas 5), dan 30 siswa (kelas 6).

Selain itu, bentuk manajemen peserta didik di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo adalah pembinaan dan pengembangan peserta didik di yang dilakukan melalui kegiatan kurikuler dan kegiatan ekstra kurikuler.  Kegiatan kurikuler adalah semua kegiatan yang telah ditentukan dalam kurikulum yang pelaksanaannya dilakukan pada jam-jam pelajaran. Sedangkan kegiatan ekstra kurikuler merupakan kegiatan peserta didik yang dilaksanakan di luar ketentuan yang telah ada di dalam kurikulum. Kegiatan ekstra kurikuler di SDN Dukuhsari 1 Jabon yaitu pramuka.

Manajemen Sarana dan Prasarana di SDN Dukuhsari 1 Jabon

Sarana pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah, seperti: ruang, buku, perpustakaan, labolatorium dan sebagainya. Sedangkan, prasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang proses pendidikan di sekolah. Dalam pendidikan misalnnya lokasi atau tempat, bangunan sekolah, lapangan olahraga, ruang dan sebagainya.

Berikut ini sarana dan prasarana yang dimiliki oleh SDN Dukuhsari 1 Jabon
– Sidoarjo berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak Tri Andy Susanto, S.Pd  selaku bendahara sekolah dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo :

Sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran di SDN Dukuhsari 1 Jabon - Sidoarjo, meliputi :

  1. Ruang kelas
  2. Ruang perpustakaan
  3. Ruang komputer
  4. Ruang pimpinan dan ruang guru
  5. Ruang UKS
  6. Tempat beribadah
  7. Jamban / WC / Kamar mandi
  8. Gudang
  9. Tempat berolahraga / Lapangan / Tempat bermain
  10. Tempat parkir
  11. Kantin

Peralatan pendidikan seperti papan tulis, kapur tulis, spidol, penghapus, dan lain-lain.

Buku yaitu BSE dan LKS. BSE berasal dari pemerintah dan LKS berasal dari Kecamatan dimana Kecamatan memesan terlebih dahulu lalu diberikan ke Sekolah Dasar.

Sumber belajar lainnya (sumber informasi dalam bentuk selain buku meliputi peta, majalah, surat kabar, poster, dan situs (website).

Manajemen Keuangan di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo

Manajemen keuangan merupakan salah satu substansi manajamen sekolah yang akan turut menentukan berjalannya kegiatan pendidikan di sekolah.

Berikut hasil wawancara penulis dengan Bapak Tri Andy Susanto, S.Pd selaku bendahara sekolah dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler SDN Dukuhsari 1 Jabon- Sidoarjo mengenai manajemen keuangan di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo :

1.      Pengurus Manajemen Keuangan di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo

Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak Tri Andy Susanto, S.Pd selaku bendahara sekolah dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo mengenai manajemen keuangan di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo, pengurus keuangan di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo adalah Bapak Tri Andi Susanto, S.Pd dan Ibu Erli Ningsih, S.Pd SD selaku Bendahara Sekolah dan Ibu Siti Maisaroh, S.Pd selaku Bendahara BOS.

2.      Sumber Keuangan SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo

Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak Tri Andy Susanto, S.Pd selaku bendahara sekolah dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo mengenai manajemen keuangan di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo, sumber keuangan SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo berasal dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari Pemerintah.

3.      Pengelolaan Keuangan SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo

Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak Tri Andy Susanto, S.Pd selaku bendahara sekolah dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo mengenai manajemen keuangan di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo, pengelolaan keuangan SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo sebagai berikut :

Sumber keuangan yaitu Dana BOS dari pemerintah digunakan untuk keperluan sekolah seperti memperbaiki atap dan ubin yang rusak, memperbaiki tempat parkir sepeda siswa, dan memperbaiki ruang kelas yang rusak.

Kesimpulan

Kesimpulan dari hasil wawancara penulis dengan Bapak Tri Andi Susanto, S.Pd selaku bendahara kelas dan pengurus kegiatan ekstrakurikuler SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo mengenai “Kemanajerialan di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo” sebagai berikut :

Manajemen pendidikan di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo sudah berjalan dengan baik dilihat dari bentuk kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengevaluasian yang dilaksanakan dengan baik. Selain itu, SDN Dukuhsari 1 Jabon - Sidoarjo juga melakukan manajemen pendidikan dalam beberapa bidang, yaitu :
1.         Manajemen Kurikulum
2.         Manajemen Peserta Didik
3.         Manajemen Sarana dan Prasarana
4.         Manajemen Keuangan





Daftar Pustaka :

Laili, Cahaya. 2011. Konsep Dasar Manajemen Sekolah Dasar, (online), http://cahayalaili.blogspot.co.id/2011/05/konsep-dasar-manajemen-sekolah-dasar.html, (Diakses 1 Desember 2015)

Aribowo, Titis. 2011. Manajemen Peserta Didik, (online), http://titis-aribowo.blogspot.co.id/2011/06/manajemen-peserta-didik.html, (Diakses 1 Desember 2015)

Rahayu, Tri. 2013. Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan, (online), http://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/12/31/manajemen-sarana-prasarana-pendidikan/, (Diakses 1 Desember 2015)

Rastavara, Djoened. 2013. Manajemen Keuangan Sekolah, (online), http://raja-jempol.blogspot.co.id/2013/05/manajemen-keuangan-sekolah.html, (Diakses 1 Desember 2015)





Sekian postingan Rairapedia pada kesempatan kali ini. Penulis ucapkan terimakasih kepada :

1.      Dra. Hj. Mulyani, M.pd selaku dosen pengampu mata kuliah Manajemen Pendidikan yang sudah membimbing selama penyusunan tugas “Kemanajerialan di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo”.
2.      Tri Andy Susanto, S.Pd selaku Bendahara Kelas dan Pengurus Kegiatan Ekstrakurikuler SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo yang sudah bersedia menjadi narasumber.
3.      Teman-teman dari kelompok presentasi “Kemanajerialan di Sekolah Dasar” B-2014 PGSD FIP UNESA yang sudah menyelesaikan presentasi tersebut dengan baik sehingga penulis bisa menyelesaikan penyusunan tugas “Kemanajerialan di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo”.
4.      Ayah, Ibu, dan Adik tercinta yang sudah mau membantu menghubungi narasumber yaitu Bapak Tri Andy Susanto, S.Pd.
5.      Teman-teman dari dunia blog atas postingannya mengenai “Manajemen Pendidikan”.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...