Kamis, 06 Juli 2017

Silabus : Kelas 3 Tema 1 “Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan” SUBTEMA 2 “Perkembangbiakan Tumbuhan” Pembelajaran 1



SILABUS PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran
KompetensiDasar
Pembelajaran
Penilaian
AlokasiWaktu
SumberBelajar
Bahasa Indonesia
3.2     Menguraikanteksarahan/petunjuktentangperawatanhewandantumbuhan, sertadaurhiduphewandanpengembangbiakantanamandenganbantuan guru atautemandalambahasa Indonesia lisandantulis yang dapatdiisidengankosakatabahasadaerahuntukmembantupemahaman.
4.2     Menerangkandanmempraktikkanteksarahan/petunjuktentangperawatanhewandantumbuhansertadaurhiduphewandanpengembangbiakantanamansecaramandiridalambahasa Indonesia lisandantulis yang dapatdiisidengankosakatabahasadaerahuntukmembantupenyajian.

·      Membacateks yang ada di bukumengenaicaraperkembangbiakantumbuhan.
·      Mengamaticontohgambartumbuhandanmengidentifikasicaraperkembangbiakantumbuhantersebut.
·      Menuliskantahapanperkembangbiakantumbuhan, mulaidaribiji, kecambah, tumbuhankecil, sampaitumbuhandewasa.
·      Melakukanwawancarakepada 5 temanmengenainamatumbuhan yang ada di sekitarrumahnyadancaraberkembangbiaknya.
·      Menyampaikanhasilwawancaradanmembandingkandenganteks yang sudahdibaca.
·      Mengamatigambarberbagaitumbuhanyang berkembangbiakdenganbiji, diantaranyasemangka, taoge, danjagung.
·      Berdiskusitentangwarnadanbentukbiji-bijianyang berbeda.
·      Bertanyajawabtentangberbagaijenisbijiyang pernahdiamatinya, lalumenyampaikanperbedaanwarnadanbentuk yang dimilikibiji-bijiantersebut.
·      Menyimapenjelasantentangmanfaatdaribiji-bijiansalahsatunyamembuathiasanmozaik.
·      Mengamaticontohgambarmozaikdancarapembuatannya.
·      Membuatgambarmozaiksederhanadenganbiji-bijian yang telahdisiapkan guru.
·      Mengidentifikasialatdanbahan yang digunakanuntukmembuatmozaik.
·      Mendengarkanpenjelasan guru tentangberbagaitumbuhan yang berkembangbiakdenganbiji. Buah-buahan paling banyakberkembangbiakdenganbiji.
·      Mengamaticontohpenyelesaiansoalpenjumlahanmenggunakantekniksusun, lalumencobabersama-sama.
·      Berlatihsoalpenjumlahan.
·      Pengamatan (skalasikap)
·      Performance (menyampaikanhasilwawancara)
·      Testulis
·      PenilaianProduk (hasilkaryadekoratif)

· BukuTeks K13
· Bacaantentangperkembangbiakantumbuhan
· Gambartumbuhandanperkembangbiakannya
· Gambardekoratif (mozaik)
SBDP
3.1     Mengenalkaryasenigayadekoratif.
4.1     Menggambardekoratifdenganmengolahperpaduangaris, warna,bentukdanteksturberdasarkanhasilpengamatan di lingkungansekitar.

Matematika
3.1      Memahamisifat-sifatoperasihitungbilanganaslimelaluipengamatanpolapenjumlahandanperkalian.
4.1      Merumuskandengankalimatsendiri, membuat model matematika, danmemilihstrategi yang efektifdalammemecahkanmasalahnyatasehari-hari yang berkaitandenganpenjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagianbilanganbulat, waktu, panjang, beratbenda, danuang, sertamemeriksakebenaranjawabnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...