Kamis, 24 September 2015

Hakikat, Tujuan, Landasan, dan Ruang Lingkup IPS



Tugas Pendidikan IPS
“Hakikat, Tujuan, Landasan, dan Ruang Lingkup IPS”


Dosen Pengampu : Ganes Gunansyah, M.Pd

Disusun Oleh  :
Nisful Laila (14010644045)
Lusyi Dwi Oktafianti (14010644054)



UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015



·      Hakikat IPS

Hakikat IPS adalah mata pelajaran sosial yang bersumber dari disiplin ilmu-ilmu Sosial, (seperti sosiologi, sejarah, ekonomi,geografi, antropologi, ilmu politik dan pemerintahan) yang mempelajari manusia dalam aspek kehidupan dan interaksi dalam masyarakat.

·         Tujuan IPS

1.Membentukwargangara yang baik (good citizen) dalammasyarakatdemokrasi.

2. Meberikanpendidikannilai (etika) sertailmu-ilmukemanusiaan (humaniora).

3. Untuk memberikan keterampilan-keterampilan dasar yang terdiri dari keterampilan berpikir, keterampilan melaksanakan penyelidikan dalam ilmu-ilmu sosial, keterampilan akademik serta keterampilan sosial.

4. Memperkenalkansisiwakepadapengetahuantentangkehidupanmasyarakatmanusiasecarasistemasis.

5. Untuk mendidik siswa mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan agar dapat mengambil bagiansecara aktif dalam kehidupannyakelak sebagai anggota masyarakat dan warga Negara yang baik.

·      Landasan IPS

Pendidikan IPS sebagai mata pelajaran dan pendidikan disiplin ilmu seyogianya memiliki landasan dalam pengembangan, baik sebagai mata pelajaran maupun pendidikan disiplin ilmu. Landasan pendidikan IPS, yaitu: 

1.      Landasan filosofis memberikan gagasan pemikiran mendasar yang di gunakan untuk menentukan objek kajian atau domain yang menjadi kajian pokok dan dimensi pengembangan pendidikan IPS.

2.      Landasan ideologis dimaksudkan sebagai sistem gagasan mendasar untuk memberi pertimbangan dan menjawab pertanyaan seperti: bagaimana keterkaitanantara teori-teori pendidikan dengan hakikat dan praktis etika, moral, politik dan norma-norma perilaku dalam membangun dan mengembangkan pendidikan IPS.

3.      Landasan sosiologis memberikan sistem gagasan mendasar untuk menentukan cita-cita, kebutuhan, kepentingan, kekuatan, aspirasi sertapola kehidupan masa depan melalui interaksi sosial.

4.      Landasan antropologis memberikan sistem gagasan mendasar dalam menentukan pola, sistem dan stuktur pendidikan disiplin ilmu sehingga relevan dengan pola, sistem dan stuktur kebuayaan dan perilaku manusia yang kompleks.

5.      Landasankemanusiaanmemberikansistemgagasanmendasaruntukmenentukankarakteristik ideal manusiasebagaisasaran proses pendidikan.

6.      Landasanpolitismemberikansisitemgagasanmendasaruntukmenentukanarahdangariskebijakandalampolitikpendidikan IPS.

7.      Landasan psikologis memberikan sistem gagasan mendasar untuk menentukan cara-cara IPS membangun stuktur tubuh disiplin pengetahuannya.

8.      Landasan religius memberikan sistem gagasan mendasar tentang nilai-nilai, norma, etika, dan moral yang menjadi jiwa (roh) yang melandasi keseluruan bangunan pendidikan IPS.


·      RuangLingkup IPS

Ruang lingkup IPS sebagai pengetahuan,sebagai pokoknya adalah kehidupan manusia di masyarakat atau manusia dalam konteks sosialnya. Ditinjaudariaspek-aspeknyaruanglingkuptersebutmeliputihubungan social, budaya, sejarah, geografidanaspekpolitikdariruanglingkupkelompoknyameliputikeluarga, rukuntetangga, rukunkampung, wargadesa, organisasimasyarakatsampaiketingkatbangsa. Ditinjaudariruangnyameliputitingkatlokal, regional sampaiketingkat global.Sedangkandari proses interaksisosialnyameliputiinteraksidalambidangkebudayaan, politikdanekonomi.



Sumber :

Siradjudin, Suhanadji, 2012, Pendidikan IPS, Surabaya: Unesa University Press

Suhanadji, CiptoWaspodo, 2003, Pendidikan IPS, Surabaya: PercetakanInsanCendekia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...