“Hakikat, Tujuan, Landasan, dan Ruang Lingkup IPS”
Dosen Pengampu : Ganes Gunansyah, M.Pd
Disusun Oleh :
Nisful Laila (14010644045)
Lusyi Dwi Oktafianti (14010644054)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015
·
Hakikat IPS
Hakikat IPS adalah mata pelajaran sosial yang bersumber
dari disiplin ilmu-ilmu Sosial, (seperti sosiologi, sejarah, ekonomi,geografi,
antropologi, ilmu politik dan pemerintahan) yang mempelajari manusia dalam
aspek kehidupan dan interaksi dalam masyarakat.
·
Tujuan IPS
1.Membentukwargangara
yang baik (good citizen) dalammasyarakatdemokrasi.
2.
Meberikanpendidikannilai (etika) sertailmu-ilmukemanusiaan (humaniora).
3. Untuk memberikan keterampilan-keterampilan dasar yang
terdiri dari keterampilan berpikir, keterampilan melaksanakan penyelidikan
dalam ilmu-ilmu sosial, keterampilan akademik serta keterampilan sosial.
4.
Memperkenalkansisiwakepadapengetahuantentangkehidupanmasyarakatmanusiasecarasistemasis.
5. Untuk mendidik siswa mengembangkan pengetahuan, sikap,
dan keterampilan agar dapat mengambil bagiansecara aktif dalam
kehidupannyakelak sebagai anggota masyarakat dan warga Negara yang baik.
·
Landasan IPS
Pendidikan IPS sebagai mata pelajaran dan pendidikan
disiplin ilmu seyogianya memiliki landasan dalam pengembangan, baik sebagai
mata pelajaran maupun pendidikan disiplin ilmu. Landasan pendidikan IPS, yaitu:
1.
Landasan filosofis
memberikan gagasan pemikiran mendasar yang di gunakan untuk menentukan objek
kajian atau domain yang menjadi kajian pokok dan dimensi pengembangan
pendidikan IPS.
2.
Landasan ideologis
dimaksudkan sebagai sistem gagasan mendasar untuk memberi pertimbangan dan
menjawab pertanyaan seperti: bagaimana keterkaitanantara teori-teori pendidikan
dengan hakikat dan praktis etika, moral, politik dan norma-norma perilaku dalam
membangun dan mengembangkan pendidikan IPS.
3.
Landasan sosiologis
memberikan sistem gagasan mendasar untuk menentukan cita-cita, kebutuhan,
kepentingan, kekuatan, aspirasi sertapola kehidupan masa depan melalui
interaksi sosial.
4.
Landasan
antropologis memberikan sistem gagasan mendasar dalam menentukan pola, sistem
dan stuktur pendidikan disiplin ilmu sehingga relevan dengan pola, sistem dan
stuktur kebuayaan dan perilaku manusia yang kompleks.
5. Landasankemanusiaanmemberikansistemgagasanmendasaruntukmenentukankarakteristik
ideal manusiasebagaisasaran proses pendidikan.
6. Landasanpolitismemberikansisitemgagasanmendasaruntukmenentukanarahdangariskebijakandalampolitikpendidikan
IPS.
7.
Landasan psikologis
memberikan sistem gagasan mendasar untuk menentukan cara-cara IPS membangun
stuktur tubuh disiplin pengetahuannya.
8.
Landasan religius
memberikan sistem gagasan mendasar tentang nilai-nilai, norma, etika, dan moral
yang menjadi jiwa (roh) yang melandasi keseluruan bangunan pendidikan IPS.
·
RuangLingkup IPS
Ruang lingkup IPS sebagai pengetahuan,sebagai pokoknya
adalah kehidupan manusia di masyarakat atau manusia dalam konteks sosialnya. Ditinjaudariaspek-aspeknyaruanglingkuptersebutmeliputihubungan
social, budaya, sejarah,
geografidanaspekpolitikdariruanglingkupkelompoknyameliputikeluarga,
rukuntetangga, rukunkampung, wargadesa, organisasimasyarakatsampaiketingkatbangsa.
Ditinjaudariruangnyameliputitingkatlokal, regional sampaiketingkat
global.Sedangkandari proses
interaksisosialnyameliputiinteraksidalambidangkebudayaan, politikdanekonomi.
Sumber :
Siradjudin, Suhanadji, 2012, Pendidikan IPS, Surabaya: Unesa
University Press
Suhanadji, CiptoWaspodo, 2003, Pendidikan IPS, Surabaya:
PercetakanInsanCendekia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar