Laporan Hasil Analisis
Buku Guru SD Kelas 6 Kurikulum 2013
Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan
Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan
Pembelajaran 1
Dosen pengampu : Drs. Siradjuddin, M.Pd
Disusun oleh : Nisful Laila (14010644045 / B-2014)
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
2016
Hasil Analisis Buku Guru SD Kelas 6 Kurikulum 2013
Hasil Analisis Indikator :
- Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan
- Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan
- Pembelajaran 1
Kompetensi Dasar
|
Indikator pada Buku
|
Indikator Hasil Analisis
|
IPA
3.7 Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan
lingkungan.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk hidup yang ditemui di lingkungan sekitar.
|
Mengidentifikasi cara tumbuhan
menyesuaikan diri melalui
kegiatan petualangan.
Menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang cara
tumbuhan menyesuaikan diri.
Mempresentasikan laporan hasil pengamatan tentang cara tumbuhan menyesuaikan diri.
|
Mempresentasikan laporan hasil pengamatan tentang cara tumbuhan menyesuaikan diri.
|
IPS
3.2 Menunjukkan pemahaman sebab
dan akibat terjadinya perubahan
masyarakat Indonesia dari
Masa Pergerakan Kemerdekaan
sampai dengan awal Reformasi
dalam kehidupan berpolitik,
berkebangsaan, dan bernegara.
4.2 Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat
Indonesia dari Masa Pergerakan Kemerdekaan sampai dengan awal Reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan
bernegara dalam bentuk tulisan.
|
Menjelaskan melalui lini masa tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari masa persiapan proklamasi
kemerdekaan.
Menyajikan secara lisan dan tulisan sebab akibat terjadinya perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari
masa persiapan proklamasi
kemerdekaan.
Menggali informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari masa persiapan proklamasi
kemerdekaan.
|
Menggali informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari masa persiapan proklamasi
kemerdekaan.
|
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri
khusus makhluk hidup dan
lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
|
Menjelaskan informasi penting tentang ciri khusus tumbuhan setelah melakukan kegiatan petualangan.
Menyajikan teks laporan setelah melakukan kegiatan petualangan di sekitar sekolah.
Mempresentasikan laporan tentang ciri khusus tumbuhan setelah melakukan kegiatan petualangan menggunakan bahasa yang runtut dan kosakata baku.
|
Mempresentasikan laporan tentang ciri khusus tumbuhan setelah melakukan kegiatan petualangan menggunakan bahasa yang runtut dan kosakata baku.
|
PKn
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan
Kemerdekaan.
4.5 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional
dan Kemerdekaan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan tentang hidup
rukun sebagai landasan untuk
persatuan.
Menceritakan tentang
pengalaman hidup rukun
sebagai landasan untuk
persatuan.
Menceritakan tentang hidup rukun dalam perbedaan pada masa perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan Indonesia sebagai landasan untuk persatuan.
|
Menceritakan tentang hidup rukun dalam perbedaan pada masa perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan Indonesia sebagai landasan untuk persatuan.
|
Hasil Analisis Tujuan Pembelajaran :
- Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan
- Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan
- Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran pada Buku
|
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
|
1. Dengan mengamati gambar, membaca, dan menanya, siswa mampu
menceritakan manfaat hidup rukun dalam perbedaan sebagai landasan
persatuan dengan percaya diri.
2. Melalui presentasi, siswa mampu menceritakan pengalaman mereka
tentang hidup rukun dalam perbedaan sebagai landasan terciptanya
persatuan dengan percaya diri.
3. Dengan menggali dan mengolah informasi, siswa mampu menjelaskan
melalui lini masa tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia
dari masa persiapan proklamasi kemerdekaan dengan penanaman sikap
peduli.
4. Dengan mencari dan mengolah informasi, siswa mampu menjelaskan
secara lisan dan tulisan sebab akibat terjadinya perubahan kehidupan
masyarakat Indonesia dari Masa Persiapan Proklamasi Kemerdekaan,
dengan penanaman sikap peduli.
5. Dengan observasi dan mengumpulkan informasi, siswa mampu mengidentifikasi
adaptasi tumbuhan penanaman sikap ingin tahu dengan tepat.
6. Dengan presentasi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan
tentang adaptasi tumbuhan di lingkungan sekitar dengan akurat.
7. Setelah melakukan kegiatan petualangan, siswa mampu mengidentifikasi cara tumbuhan beradaptasi dengan bahasa yang runtut dan kosakata baku.
8. Setelah melakukan kegiatan petualangan, siswa mampu menulis laporan tentang cara tumbuhan beradaptasi dengan bahasa yang runtut dan
kosakata baku.
9. Setelah mencari informasi, siswa mampu menceritakan tentang hidup rukun dalam perbedaan pada masa perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan Indonesia sebagai landasan untuk persatuan dengan percaya diri.
10. Dengan observasi dan mengumpulkan informasi melalui kegiatan petualangan, siswa mampu mempresentasikan laporan hasil pengamatan tentang cara tumbuhan menyesuaikan diri.
11. Dengan membuat lini masa, siswa mampu mempresentasikan tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia
dari masa persiapan proklamasi kemerdekaan dengan penanaman sikap
peduli.
12. Melalui kegiatan menulis laporan, siswa mampu mempresentasikan laporan tentang ciri khusus tumbuhan setelah melakukan kegiatan petualangan menggunakan bahasa yang runtut dan kosakata baku.
|
Setelah mencari informasi, siswa mampu menceritakan tentang hidup rukun dalam perbedaan pada masa perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan Indonesia sebagai landasan untuk persatuan dengan percaya diri.
Dengan membuat lini masa, siswa mampu mempresentasikan tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari masa persiapan proklamasi kemerdekaan dengan penanaman sikap peduli.
Dengan observasi dan mengumpulkan informasi melalui kegiatan petualangan, siswa mampu mempresentasikan laporan hasil pengamatan tentang cara tumbuhan menyesuaikan diri.
Melalui kegiatan menulis laporan, siswa mampu mempresentasikan laporan tentang ciri khusus tumbuhan setelah melakukan kegiatan petualangan menggunakan bahasa yang runtut dan kosakata baku.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar