Laporan Hasil Analisis Buku Guru SD Kelas 6
Tema 8 Bumiku
Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
Pembelajaran 1
Dosen pengampu : Drs. Siradjuddin, M.Pd
Disusun oleh : Nisful Laila (14010644045 / B-2014)
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
2016
Hasil Analisis Buku Pegangan Guru SD Kelas 6
Hasil Analisis Indikator :
- Tema 8 Bumiku
- Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
- Pembelajaran 1
Kompetensi Dasar
|
Indikator pada Buku
|
Indikator Hasil Analisis
|
PPKn
3.6 Memahami saling
ketergantungan dalam
membangun kehidupan
kebangsaan.
4.6 Menyajikan realita
keberagaman untuk
mendorong saling
ketergantungan dalam
membangun dan
mengokohkan kehidupan
kebangsaan.
|
• Siswa mampu menjelaskan
makna saling ketergantungan.
• Siswa mampu memberikan
contoh saling ketergantungan
dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa mampu menceritakan pengalaman saling ketergantungan dalam perbedaan di lingkungan keluarga.
|
Siswa mampu menceritakan pengalaman saling ketergantungan dalam perbedaan di lingkungan keluarga.
|
IPS
3.1 Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan
konektivitas antar
ruang,waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial,ekonomi, pendidikan, dan budaya dalammasyarakat
Indonesia.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan
terhadap keragaman
aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang,
waktu,perubahan dan
keberlanjutan kehidupan
manusia dalam aspek sosial, ekonomi,pendidikan, dan
budaya dalam masyarakat
Indonesia dalam bentuk
cerita,tulisan atau media
lainnya.
|
• Menjelaskan keragaman di
Indonesia dikaitan dengan
perbedaan waktu.
• Menyimpulkan hubungan
perbedaan waktu dengan
kegiatan yang dilakukan di suatu wilayah di Indonesia.
Menjelaskan pembagian daerah waktu yang berbeda-beda di wilayah Indonesia.
|
Menjelaskan pembagian daerah waktu yang berbeda-beda di wilayah Indonesia.
|
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks
penjelasan (eksplanasi)
ilmiah tentang penyebab
perubahan dan sifat benda,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang
penyebab perubahan dan
sifat benda, hantaran
panas, energi listrik dan
perubahannya, serta tata
surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
|
• Menjelaskan isi teks eksplanasi tentang pengaruh rotasi Bumi.
• Menjelaskan secara lisan
pengaruh rotasi Bumi dengan
menggunakan bahasa yang
santun.
Menjelaskan secara tertulis pembagian wilayah waktu di dunia menggunakan kalimat efektif dan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
Menjelaskan secara tertulis pembagian wilayah waktu di dunia menggunakan kalimat efektif dan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
Hasil Analisis Tujuan Pembelajaran :
- Tema 8 Bumiku
- Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
- Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran pada Buku
|
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
|
1. Setelah kegiatan mengamati peta, siswa mampu mengemukakan dasar
perbedaan waktu di dunia dengan benar.
2. Setelah kegiatan membaca dan menganalisis peta waktu, siswa mampu
menyimpulkan hubungan perbedaan waktu dengan kegiatan yang dilakukan di suatu wilayah di Indonesia dengan menggunakan kata baku dan kalimat efektif.
3. Setelah membaca teks eksplanasi, siswa mampu menjelaskan pengaruh rotasi Bumi pada perbedaan waktu di Bumi dengan benar.
4. Setelah kegiatan membaca, siswa mampu mempresentasikan pengaruh
rotasi pada perbedaan waktu dengan bahasa yang santun.
5. Setelah kegiatan membaca cerita, siswa mampu menjelaskan makna saling ketergantungan dengan benar.
6. Setelah kegiatan berdiskusi, siswa mampu menyajikan contoh saling
ketergantungan yang pernah ia alami dengan benar.
|
Setelah kegiatan mengamati peta, siswa mampu menjelaskan pembagian daerah waktu yang berbeda-beda di wilayah Indonesia.
Setelah kegiatan membaca, siswa mampu menjelaskan secara tertulis pembagian wilayah waktu di dunia menggunakan kalimat efektif dan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Melalui kegiatan diskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman saling ketergantungan dalam perbedaan di lingkungan keluarga.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar