PERENCANAAN PEMBELAJARAN
“Laporan Analisis Kesesuaian Antara Proses Pembelajaran dengan RPP Kelas IV SDN Dukuhsari 1 Jabon”
Dosen Pengajar : Drs. Mintohari, M.Pd
Disusun Oleh : Nisful Laila (14010644045 / B-2014)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2016
Tabel Pelaksanaan Pembelajaran IPS Kelas IV Semester 1 di SDN Dukuhsari 1 Jabon - Sidoarjo
No
|
Langkah Pembelajaran
|
Dilakukan
|
Catatan
| |
Ya
|
Tidak
| |||
Kegiatan Awal
| ||||
1.
|
Salam pembuka, menanyakan kabar siswa, absensi, berdoa bersama, menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa.
| |||
2.
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
| |||
3.
|
Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran hari ini
|
Guru tidak melakukan langkah tersebut dengan alasan terbiasa setelah menjelaskan tujuan pembalajaran langsung memperkenalkan materi pembelajaran.
| ||
Kegiatan Inti
| ||||
4.
|
Guru memperkenalkan materi pembelajaran melalui kegiatan tanya jawab
| |||
5.
|
Guru menjelaskan materi pembelajaran menggunakan media gambar
| |||
6.
|
Guru memberikan kesempatan bertanya pada siswa
| |||
7.
|
Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok
|
Guru tidak melakukan kegiatan pembagian kelompok karena pada pembelajaran IPS sebelumnya sudah dibentuk kelompok.
| ||
8.
|
Guru memberikan tugas menulis nama-nama rumah adat beserta asalnya
| |||
9.
|
Guru membimbing siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan
| |||
10.
|
Guru mengajak dan menunjuk salah satu siswa untuk menjadi perwakilan kelompok masing-masing melakukan presentasi hasil kerja siswa
| |||
Kegiatan Penutup
| ||||
11.
|
Guru memberikan penghargaan kepada seluruh siswa atas hasil kerja dan presentasi
| |||
12.
|
Guru mengajak seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari
| |||
13.
|
Guru meminta seluruh siswa mengumpulkan tugas
| |||
14.
|
Salam penutup
|
Berdasarkan hasil observasi di SDN Dukuhsari 1 Jabon – Sidoarjo, proses pembelajaran diatas dilaksanakan berdasarkan RPP yang sudah disusun dari Kecamatan. Proses pembelajaran tersebut hampir seluruhnya sudah sesuai dengan RPP yang telah disusun. Namun, narasumber, yaitu Bapak Tri Andi Susanto, tidak selalu menggunakan RPP dari Kecamatan untuk melaksanakan proses pembelajaran. Beliau juga membuat RPP sendiri yaitu RPP dari internet atau Kecamatan yang beliau modifikasi sendiri. Misalkan, menambahkan media untuk mempermudah siswa dalam memahami materi.
LAMPIRAN
(RPP dari Kecamatan) (Suasana proses pembelajaran di kelas IV – SDN Dukuhsari 1 Jabon)
(Proses pembelajaran menggunakan media gambar) (Bapak Tri Andi Susanto)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar