PERENCANAAN PEMBELAJARAN
“Analisis Kesesuain Indikator dengan Langkah Pembelajaran dan Media Pembelajaran pada Kurikulum 2013 Kelas I Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1”
Dosen Pengajar : Drs. Mintohari, M.Pd
Disusun Oleh : Nisful Laila (14010644045 / B-2014)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2016
Analisis Kesesuain Indikator dengan Langkah Pembelajaran pada Kurikulum 2013
Kelas : I (Satu)
Tema : 3
Subtema : 1
Pembelajaran : 1
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Bahasa Indonesia
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)
4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
|
3.7.1 Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
3.7.2 Menyebutkan kosakata tentang kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
3.7.3 Membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari
4.7.1 Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam
4.7.2 Mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
4.7.3 Melengkapi kosakata yang hilang dari kalimat sederhana terkait kegiatan pagi hari
|
Guru mengajak siswa untuk duduk melingkar. Guru meminta semua siswa memejamkan mata. Suasana dikondisikan agar hening. Lalu guru meminta semuanya menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya, diulang beberapa kali. Lalu siswa diminta mendengarkan suara-suara yang ada di sekitar mereka. Sambil membayangkan bagaimana biasanya suasana di pagi hari. (Guru dapat menyetel musik instrumental sebagai musik latar).
Setelah sekitar 5 menit sebelum siswa membuka mata kembali guru bisa menyampaikan motivasi yang dapat mendorong siswa untuk bersyukur pada Tuhan atas karunia pagi hari ini.
Setelah siswa membuka mata kembali guru meminta siswa menyampaikan perasaan masing-masing dan meminta mereka menjelaskan suasana pagi hari yang tadi mereka bayangkan. Guru memberi kesempatan beberapa anak menyampaikannya suasana pagi yang tadi mereka bayangkan.
Kemudian siswa mengamati gambar dan suasana pagi yang ditunjukkan oleh guru (guru dapat menggunakan gambar di buku teks atau gambar yang disiapkan secara khusus sebagai media atau bisa juga video)
Siswa diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait gambar yang mereka amati. Guru memancing sikap kritis siswa dengan mengajukan pertanyaan “adakah yang ingin kamu ketahui dari gambar yang kamu amati?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan?
Guru mengajak siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan di pagi hari baik di rumah maupun di sekolah.
Siswa diminta menyebutkan kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari. Guru menuliskan kata yang disebutkan siswa di papan tulis agar dapat di baca oleh siswa lainnya. Setelah tidak ada lagi siswa yang menyebutkan, guru dapat menambahkan kosa katanya jika diperlukan, dengan cara memberikan pertanyaan yang memancing ingatan siswa.
Untuk memperkuat pemahaman tentang kosa kata yang dipelajarinya, guru melakukan permainan menyusun kartu hurup menjadi kata.
Setelah itu siswa diminta menyelesaikan lembar kerja tentang pengenalan kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan pagi hari.
Kepada siswa yang masih menemui kesulitan, guru melakukan asistensi dan pengarahan.
|
PPKn
3.1 Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Melakukan kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
3.1.1 Menyebutkan rumusan bunyi sila-sila Pancasila
3.1.2 Menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila
4.1.1 Melafalkan bunyi sila-sila dalam Pancasila
4.1.2 Menghafal bunyi sila-sila Pancasila
4.1.3 Menuliskan kalimat sederhana berisi kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
|
Kemudian guru melanjutkan diskusi berkaitan dengan kegiatan pagi hari di sekolah. Salah satu rutininitas di sekolah di pagi hari adalah upacara. Saat pelaksanaan upacara biasanya ada kegiatan pembacaan teks Pancasila.
Lalu guru menggali pengetahuan siswa tentang teks pancasila dengan bertanya dan memberi kesempatan bagi yang sudah hafal untuk melafalkannya di depan teman-temannya.
Untuk memperkuat pengetahuan siswa tentang bunyi sila-sila Pancasila guru mendemonsrasikan pembacaan teks Pancasila dengan lafal dan intonasi yang benar. Setelah itu guru menunjukkan poster bertuliskan teks Pancasila dan sekali lagi meminta siswa melafalkannya bersama-sama atau bergantian.
Setelah siswa melafalkan bunyi teks sila-sila Pancasila, guru mengadakan permainan menyusun kata-kata menjadi bunyi teks Pancasila.
Selesai permainan guru meminta siswa sekali lagi melafalkan bunyi teks sila-sila Pancasila.
|
SBdP
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
|
3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu
3.2.2 Menunjukkan panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”
4.2.1 Memeragakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu
4.2.2 Menemukan panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”
|
Kemudian guru mengajak siswa mencermati apa saja kegiatan pagi hari di rumah lewat lagu “Bangun Tidur”
Selain mencermati kegiatan pagi hari, guru juga meminta siswa mencermati perbedaan panjang pendek bunyi pada lagu tersebut. Guru menunjukkan bagian syair lagu mana yang dibunyikan pendek dan mana yang dibunyikan panjang.
Guru juga memberi contoh jika lagu tersebut dinyanyikan tanpa ada perbedaan panjang pendek bunyi.
Siswa diminta membedakan rasa saat mendengarkannya.
Dengan menggunakan alat bantu seperti peluit, marakas, dan atau tamborin guru melatih siswa memeragakan bunyi pendek dan bunyi panjang dalam sebuah lagu.
Guru mencontohkan dengan menggunakan peluit, marakas, atau tamborin perbedaan panjang pendek bunyi.
Siswa diminta memeragakan secara mandiri atau berkelompok.
Setelah semua siswa selesai mencoba memeragakan, guru meminta seluruh kelas diminta menyanyikan kembali lagu Bangun Tidur dengan penuh semangat.
|
Dari tabel diatas, dapat diketahui kesesuaian antara indikator dengan langkah pembelajarannya. Diuraikan sebagai berikut :
Bahasa Indonesia
Indikator 3.7.1 Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar dan indikator 4.7.1 Menuliskan kosakata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam sesuai dengan langkah pembelajaran, yaitu :
- Siswa mengamati gambar dan suasana pagi yang ditunjukkan oleh guru (guru dapat menggunakan gambar di buku teks atau gambar yang disiapkan secara khusus sebagai media atau bisa juga video).
- Siswa diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait gambar yang mereka amati. Guru memancing sikap kritis siswa dengan mengajukan pertanyaan “adakah yang ingin kamu ketahui dari gambar yang kamu amati?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan?
- Guru mengajak siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan di pagi hari baik di rumah maupun di sekolah.
Karena melalui kegiatan mengamati gambar yang menggambarkan suasana pagi dengan berbagai macam kegiatan pagi hari serta mengajak siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan di pagi hari baik di rumah maupun di sekolah, siswa dapat menunjukkan dan menuliskan kosakata tentang kegiatan pagi hari sesuai gambar.
PPKn
Indikator 3.1.1 Menyebutkan rumusan bunyi sila-sila Pancasila dan indikator 4.1.1 Melafalkan bunyi sila-sila dalam Pancasila sesuai dengan langkah pembelajaran, yaitu :
- Guru menggali pengetahuan siswa tentang teks pancasila dengan bertanya dan memberi kesempatan bagi yang sudah hafal untuk melafalkannya di depan teman-temannya.
- Untuk memperkuat pengetahuan siswa tentang bunyi sila-sila Pancasila guru mendemonsrasikan pembacaan teks Pancasila dengan lafal dan intonasi yang benar. Setelah itu guru menunjukkan poster bertuliskan teks Pancasila dan sekali lagi meminta siswa melafalkannya bersama-sama atau bergantian.
Karena melalui kegiatan tanya jawab untuk menggali pengetahuan siswa tentang teks Pancasila, siswa dapat menyebutkan rumusan bunyi sila-sila Pancasila. Misalkan, pertanyaan yang bisa digunakan agar siswa dapat menyebutkan rumusan bunyi sila-sila Pancasila, yaitu :
Siapa yang tahu bunyi sila-sila dari Pancasila?
Siapa yang tahu bunyi sila pertama dari Pancasila?
Dan seterusnya. Lalu, melalui kegiatan guru mendemonstrasikan dan menunjukkan poster bertuliskan teks Pancasila, siswa dapat melafalkan bunyi sila-sila dalam Pancasila secara bersama-sama atau bergantian.
SBdp
Indikator 3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dan indikator 4.2.1 Memeragakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu sesuai dengan langkah pembelajaran, yaitu :
- Selain mencermati kegiatan pagi hari, guru juga meminta siswa mencermati perbedaan panjang pendek bunyi pada lagu tersebut. Guru menunjukkan bagian syair lagu mana yang dibunyikan pendek dan mana yang dibunyikan panjang.
- Guru juga memberi contoh jika lagu tersebut dinyanyikan tanpa ada perbedaan panjang pendek bunyi.
- Siswa diminta membedakan rasa saat mendengarkannya.
- Dengan menggunakan alat bantu seperti peluit, marakas, dan atau tamborin guru melatih siswa memeragakan bunyi pendek dan bunyi panjang dalam sebuah lagu.
Karena melalui kegiatan mencermati perbedaan panjang pendek bunyi pada lagu “Bangun Tidur” dan guru memberi contoh jika lagu tersebut dinyanyikan tanpa ada perbedaan panjang pendek bunyi, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu. Sedangkan, melalui kegiatan guru melatih siswa menyanyikan lagu “Bangun Tidur” menggunakan alat bantu seperti peluit, maracas, dan atau tamborin, siswa dapat memeragakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu.
Analisis Media dan Alat Pembelajaran pada Kurikulum 2013
Kelas : I (Satu)
Tema : 3
Subtema : 1
Pembelajaran : 1
Mata Pelajaran
|
Media dan Alat Pembelajaran pada Buku
|
Media dan Alat Pembelajaran Hasil Analisis
|
Bahasa Indonesia
|
|
Teks kalimat kegiatan pagi hari
|
PPKn
|
|
Gambar simbol sila-sila Pancasila
|
SBdP
|
sejenisnya)
|
Berdasarkan hasil analisis, media dan alat pembelajaran yang digunakan sudah cukup baik dan sesuai dengan materi. Hanya perlu ditambahkan media berupa “teks kalimat kegiatan pagi hari” dan “gambar simbol sila-sila Pncasila”. Media berupa “teks kalimat kegiatan pagi hari” digunakan untuk kegiatan melengkapi kalimat pada saat pembelajaran tentang kosakata dan media “gambar symbol sila-sila Pancasila” digunakan pada saat kegiatan pembelajaran mencocokkan simbol dengan bunyi sila-sila Pancasila.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar