Selasa, 06 Desember 2016

Pengembangan Indikator dan Tujuan Pembelajaran

PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Pengembangan Indikator dan Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1




Dosen Pengajar : Drs. Mintohari, M.Pd






Disusun Oleh : Nisful Laila (14010644045 / B-2014)


UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2016
Pengembangan Indikator dan Tujuan Pembelajaran

Kelas             : I (Satu)
Tema             : 3
Subtema         : 1
Pembelajaran         : 1
Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Bahasa Indonesia

3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)






4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar


3.7.1 Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar

3.7.2 Menyebutkan kosakata tentang kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah

3.7.3 Membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari

4.7.1 Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam

4.7.2 Mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah

4.7.3 Melengkapi kosakata yang hilang dari kalimat sederhana terkait kegiatan pagi hari
  1. Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosakata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.

  1. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.



  1. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan kosakata terkait kegiatan pagi hari.

  1. Dengan mengikuti contoh guru, siswa dapat membaca kosakata terkait kegiatan pagi hari.

  1. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah.

  1. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat melengkapi kosakata yang hilang dalam sebuah kalimat sederhana.
PPKn

3.1 Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila






4.1 Melakukan kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”


3.1.1 Menyebutkan rumusan bunyi sila-sila Pancasila


3.1.2 Menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila


4.1.1 Melafalkan bunyi sila-sila dalam Pancasila

4.1.2 Menghafal bunyi sila-sila Pancasila

4.1.3 Menuliskan kalimat sederhana berisi kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila


  1. Melalui penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi bunyi sila-sila Pancasila.


  1. Melalui penjelasan guru, siswa mampu menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila.

  1. Dengan mengikuti petunjuk (contoh) guru, siswa mampu melafalkan bunyi sila-sila Pancasila dengan tepat.

  1. Dengan melafalkan bunyi sila-sila Pancasila secara bersama-sama, siswa mampu menghafal bunyi sila-sila Pancasila.



  1. Melalui contoh dari guru, siswa mampu menuliskan kalimat sederhana berisi kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
SBdP

3.2 Memahami elemen musik melalui lagu






4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu


3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu

3.2.2 Menunjukkan panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”


4.2.1 Memeragakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu

4.2.2 Menemukan panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”

  1. Dengan menyimak lagu dan peragaan guru, siswa mampu membedakan panjang pendek bunyi dengan tepat.

  1. Melalui kegiatan menyanyikan lagu “Bangun Tidur” secara bersama-sama, siswa mampu menunjukkan panjang pendek bunyi dari lagu tersebut.


  1. Dengan mengikuti petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi dengan suara atau dengan alat bantu seperti peluit, marakas, dan sejenisnya.

  1. Dengan menyimak lagu “Bangun Tidur” bersama, siswa mampu menemukan panjang pendek bunyi dari lagu tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...