Selasa, 06 Desember 2016

Pengembangan Langkah Pembelajaran

PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Pengembangan Langkah Pembelajaran pada Kurikulum 2013 Kelas I Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1




Dosen Pengajar : Drs. Mintohari, M.Pd






Disusun Oleh : Nisful Laila (14010644045 / B-2014)


UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2016





Pengembangan Langkah Pembelajaran

Kelas             : I (Satu)
Tema             : 3
Subtema         : 1
Pembelajaran         : 1
Indikator
Kegiatan Pembelajaran pada Buku Guru
Kegiatan Pembelajaran Hasil Analisis
Bahasa Indonesia

3.7.1 Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar

3.7.2 Menyebutkan kosakata tentang kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah

3.7.3 Membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari

4.7.1 Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam

4.7.2 Mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah

4.7.3 Melengkapi kosakata yang hilang dari kalimat sederhana terkait kegiatan pagi hari

Guru mengajak siswa untuk duduk melingkar. Guru meminta semua siswa memejamkan mata. Suasana dikondisikan agar hening. Lalu guru meminta semuanya menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya, diulang beberapa kali. Lalu siswa diminta mendengarkan suara-suara yang ada di sekitar mereka. Sambil membayangkan bagaimana biasanya suasana di pagi hari. (Guru dapat menyetel musik instrumental sebagai musik latar).

Setelah sekitar 5 menit sebelum siswa membuka mata kembali guru bisa menyampaikan motivasi yang dapat mendorong siswa untuk bersyukur pada Tuhan atas karunia pagi hari ini.

Setelah siswa membuka mata kembali guru meminta siswa menyampaikan perasaan masing-masing dan meminta mereka menjelaskan suasana pagi hari yang tadi mereka bayangkan. Guru memberi kesempatan beberapa anak menyampaikannya suasana pagi yang tadi mereka bayangkan.

Kemudian siswa mengamati gambar dan suasana pagi yang ditunjukkan oleh guru (guru dapat menggunakan gambar di buku teks atau gambar yang disiapkan secara khusus sebagai media atau bisa juga video)

Siswa diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait gambar yang mereka amati. Guru memancing sikap kritis siswa dengan mengajukan pertanyaan “adakah yang ingin kamu ketahui dari gambar yang kamu amati?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan?


Guru mengajak siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan di pagi hari baik di rumah maupun di sekolah.

Siswa diminta menyebutkan kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari. Guru menuliskan kata yang disebutkan siswa di papan tulis agar dapat di baca oleh siswa lainnya. Setelah tidak ada lagi siswa yang menyebutkan, guru dapat menambahkan kosa katanya jika diperlukan, dengan cara memberikan pertanyaan yang memancing ingatan siswa.



Guru mengajak siswa untuk membaca secara bersama-sama kosakata tentang kegiatan pagi hari yang sudah ditulis oleh guru di papan tulis. Lalu, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca secara bergantian atau individu.

Untuk memperkuat pemahaman tentang kosa kata yang dipelajarinya, guru melakukan permainan menyusun kartu hurup menjadi kata.

Setelah melakukan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata terkait kegiatan pagi hari, guru mengajak siswa untuk mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan kosakata kegiatan pagi hari di sekolah melalui tanya jawab.

Lalu, guru membuat beberapa kalimat (bisa disampaikan menggunakan media pembelajaran yang menarik) dengan menghilangkan satu kosakata agar siswa melengkapi kosakata yang hilang dari kalimat tersebut. Guru bisa menunjuk dan membimbing salah satu siswa untuk melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.

Setelah itu siswa diminta menyelesaikan lembar kerja tentang pengenalan kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan pagi hari.

Kepada siswa yang masih menemui kesulitan, guru melakukan asistensi dan pengarahan.

Siswa diminta menyebutkan kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari. Guru menuliskan kata yang disebutkan siswa di papan tulis agar dapat di baca oleh siswa lainnya. Setelah tidak ada lagi siswa yang menyebutkan, guru dapat menambahkan kosa katanya jika diperlukan, dengan cara memberikan pertanyaan yang memancing ingatan siswa.

Guru mengajak siswa untuk membaca secara bersama-sama kosakata tentang kegiatan pagi hari yang sudah ditulis oleh guru di papan tulis. Lalu, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca secara bergantian atau individu.

Setelah melakukan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata terkait kegiatan pagi hari, guru mengajak siswa untuk mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan kosakata kegiatan pagi hari di sekolah melalui tanya jawab.

Lalu, guru membuat beberapa kalimat (bisa disampaikan menggunakan media pembelajaran yang menarik) dengan menghilangkan satu kosakata agar siswa melengkapi kosakata yang hilang dari kalimat tersebut. Guru bisa menunjuk dan membimbing salah satu siswa untuk melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.

Menggunakan poster teks Pancasila, guru menunjukkan symbol yang tepat dari setiap sila Pancasila. Setelah itu, guru bisa melakukan tanya jawab agar menambah pemahaman siswa tentang symbol sila-sila Pancasila.

Setelah melafalkan bunyi sila-sila Pancasila, guru menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila. Guru juga memberikan contoh kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Lalu, guru meminta siswa untuk menuliskan kalimat sederhana berisi kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

PPKn

3.1.1 Menyebutkan rumusan bunyi sila-sila Pancasila

3.1.2 Menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila

4.1.1 Melafalkan bunyi sila-sila dalam Pancasila



4.1.2 Menghafal bunyi sila-sila Pancasila

4.1.3 Menuliskan kalimat sederhana berisi kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

Kemudian guru melanjutkan diskusi berkaitan dengan kegiatan pagi hari di sekolah. Salah satu rutininitas di sekolah di pagi hari adalah upacara. Saat pelaksanaan upacara biasanya ada kegiatan pembacaan teks Pancasila.

Lalu guru menggali pengetahuan siswa tentang teks pancasila dengan bertanya dan memberi kesempatan bagi yang sudah hafal untuk melafalkannya di depan teman-temannya.

Menggunakan poster teks Pancasila, guru menunjukkan symbol yang tepat dari setiap sila Pancasila. Setelah itu, guru bisa melakukan tanya jawab agar menambah pemahaman siswa tentang symbol sila-sila Pancasila.

Untuk memperkuat pengetahuan siswa tentang bunyi sila-sila Pancasila guru mendemonsrasikan pembacaan teks Pancasila dengan lafal dan intonasi yang benar. Setelah itu guru menunjukkan poster bertuliskan teks Pancasila dan sekali lagi meminta siswa melafalkannya bersama-sama atau bergantian.

Setelah siswa melafalkan bunyi teks sila-sila Pancasila, guru mengadakan permainan menyusun kata-kata menjadi bunyi teks Pancasila.

Selesai permainan guru meminta siswa sekali lagi melafalkan bunyi teks sila-sila Pancasila.

Setelah melafalkan bunyi sila-sila Pancasila, guru menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila. Guru juga memberikan contoh kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Lalu, guru meminta siswa untuk menuliskan kalimat sederhana berisi kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
SBdP

3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu

3.2.2 Menunjukkan panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”

4.2.1 Memeragakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu

4.2.2 Menemukan panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”

Kemudian guru mengajak siswa mencermati apa saja kegiatan pagi hari di rumah lewat lagu “Bangun Tidur”

Selain mencermati kegiatan pagi hari, guru juga meminta siswa mencermati perbedaan panjang pendek bunyi pada lagu tersebut. Guru menunjukkan bagian syair lagu mana yang dibunyikan pendek dan mana yang dibunyikan panjang.

Guru juga memberi contoh jika lagu tersebut dinyanyikan tanpa ada perbedaan panjang pendek bunyi.

Siswa diminta membedakan rasa saat mendengarkannya.

Dengan menggunakan alat bantu seperti peluit, marakas, dan atau tamborin guru melatih siswa memeragakan bunyi pendek dan bunyi panjang dalam sebuah lagu.

Guru mencontohkan dengan menggunakan peluit, marakas, atau tamborin perbedaan panjang pendek bunyi.

Siswa diminta memeragakan secara mandiri atau berkelompok.


Setelah semua siswa selesai mencoba memeragakan, guru meminta seluruh kelas diminta menyanyikan kembali lagu Bangun Tidur dengan penuh semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...