Assalamualaikum wr. wb.
Pada bulan kemarin (Februari), Rairapedia sudah berbagi postingan “Perangkat Pembelajaran” untuk “Kelas I Semester II Tema 5 Subtema 1”. Mulai dari pembelajaran 1 hingga pembelajaran 6. Nah, sekarang Rairapedia ingin berbagi postingan lagi, nih. Masih mengenai perangkat pembelajaran kelas I semester II. Lebih tepatnya untuk tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 hingga pembelajaran 6.
Pertama-tama, ini postingan untuk “Perangkat Pembelajaran Kelas I Semester II Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1”.
Kedua, berikut merupakan contoh RPPnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : 5. Pengalamanku
Sub Tema : 2. Pengalaman Bersama Teman
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPKn, SBDP,
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
- KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.8
|
Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata daerah.
|
4.8
|
Mempraktikkan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
|
Muatan: PPKn
No
|
Kompetensi Dasar
|
1.2
2.2
|
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
3.2
|
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4.2
|
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.3
|
Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.
|
4.3
|
Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari.
|
- INDKATOR
Bahasa Indonesia
No
|
Indikator
|
3.8.1
|
Menjelaskan ungkapan permintaan maaf lisan dengan tepat.
|
4.8.1
|
Menulis ungkapan permintaan maaf dengan tepat.
|
PPKn
No
|
Indikator
|
3.2.1
|
Menggali informasi tentang aturan bermain bersama teman di rumah.
|
4.2.1
|
Menyampaikan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan bermain bersama teman dengan tepat.
|
SBdP
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.3.1
|
Mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak tumbuhan dengan tepat.
|
4.3.1
|
Memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak tumbuhan dalam suatu tarian dengan percaya diri.
|
- TUJUAN
- Dengan mengamati teks, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak tumbuhan dengan tepat.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak tumbuhan dalam suatu tarian dengan percaya diri.
- Dengan menyimak teks dan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan ungkapan permintaan maaf lisan dengan tepat.
- Setelah menyimak teks dan berdiskusi, siswa dapat menulis ungkapan permintaan maaf dengan tepat.
- Melalui teks, siswa dapat menggali informasi tentang aturan bermain bersama teman di rumah.
- Setelah berdiskusi dan membaca teks, siswa dapat menyampaikan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan bermain bersama teman dengan tepat.
- MATERI
- Bahasa Indonesia : Ungkapan permintaan maaf.
- PPKn : Aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
- SBdP : Gerak anggota tubuh menirukan gerak tumbuhan.
- PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Model : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
SBdP : Gerakan-gerakan Tumbuhan
Bahasa Indonesia : Ungkapan Permintaan Maaf
PPKn : Aturan dalam Bermain dengan Teman
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
|
15
menit
|
- SUMBER DAN MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
- Gambar dari Google.com
- Video dari youtobe.com.
- Buku siswa.
- Video gerakan tumbuhan di alam (jika kondisi alam sekitar tidak memungkinkan siswa untuk mengamati gerakan tumbuhan secara langsung).
- PENILAIAN
- Pengamatan Sikap
- Lembar Observasi Penilaian Sikap Spiritual (terlampir)
- Lembar Observasi Penilaian Sikap Sosial (terlampir)
- Penilaian Pengetahuan :
- Tes Tulis : Aturan bermain dengan teman di rumah (terlampir)
- Penilaian Keterampilan:
- Unjuk kerja memeragakan gerakan tumbuhan (terlampir)
- Unjuk kerja menuliskan ungkapan permintaan maaf (terlampir)
Catatan Guru
1. Masalah : .............................................................................................................
2. Ide Baru : .............................................................................................................
3. Momen Spesial : .............................................................................................................
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
Sidoarjo, Januari 2019
Guru Kelas 1,
Nisful Laila, S.Pd
|
Dan ketiga, teman-teman bisa download “Perangkat Pembelajaran Kelas I Semester II Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1” pada link dibawah ini.
Download di sini :
Sekian postingan dari Rairapedia dan semoga bermanfaat, ya..
Dont forget to give me a good comment ^_^
Oh ya, Raira lupa. Satu lagi nih, terima kasih kepada “Mustika Purnamasari” dari SMKN 8 Bekasi ya kalau tidak salah? Terima kasih atas video animasi yang berjudul “Saling Maaf-Memaafkan” sudah bermanfaat bagi saya untuk kegiatan literasi dalam perangkat pembelajaran yang saya buat. ^_^
Waalaikumsalam wr. wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar