LAPORAN STUDY WISATA
Ke Jawa Timur Park1
Disusun oleh :
1.
Setyaji Laksono (29)
2.
Sofi Maulidina (30)
3.
Nurul Maslakah (23)
4.
Rachmad
Romadoni (25)
5.
Sari Wulan Dari (28)
Kelas VIII-F
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 JABON
Jalan Dukuhsari No. 01 Jabon - Sidoarjo
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga kami dapat menyelesaikan
Hasil Laporan Study Wisata di Jawa Timur Park 1 Malang.
Dengan tersusunya laporan ini semua berkat
kerja sama antara teman-teman serta tak lepas dari bimbingan bapak atau ibu
guru dan semua pihak yang telanh membantu terlaksananya pembutan laporan ini.
Kami menyadari bahwa meskipun kami
telah bekerja secara maksimal, namun masih banyakyang diperbaiki, untuk itu
kami mengharapkan saran dan kritik Bapak/Ibu guru.
Serta semua pembaca demikian
perbaikan laporan ini sangat kami butuhkan. Kemudian kepada semua pihak yang
telah membantu di dalam penyusunan laporan ini kami mengucapkan banyak terima
kasih
Jabon,16 Maret 2015
Penulis
Daftar Isi
Kata
Pengantar........................................................................................................................i
Daftar Isi.................................................................................................................................ii
Bab 1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang...........................................................................................................1
B.
Tujuan........................................................................................................................1
C.
Rancangan
Kegiatan..................................................................................................1
Bab 2
PEMABAHASAN
A.
LKS/Soal
1.
IPA......................................................................................................................2
2.
IPS.......................................................................................................................6
3.
MTK....................................................................................................................8
B.
Perjalanan
berangkat sampai pulang “Cerita”...........................................................9
Bab 3 PENUTUPAN
A.
Saran.........................................................................................................................10
B.
Kesimpulan...............................................................................................................10
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Kota
Malang adalah kota yang kaya akan tempat
wisata. Dikota itu banyak terdapat berbagai tempat wisata, baik wisata ilmu
pengetahuan, wisata rekreasi, dan wisata belanja.SMPN 1 JABON menyelenggarakan
kegiatan study wisata yang diikuti oleh semua siswa-siswi kelas VIII.
Kunjungan ini dilaksanakan pada
tanggal 11 Maret 2015. Tempat wisata yang kami kunjungi yaitu Jawa Timur Park 1
dan belanja di Pasar Brawijaya. Selain itu, kegiatan Study Wisata ini
dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta pengalaman terhadap
segala kemajuan ilmu pengetahuan dan arena rekreasi.
B.
TUJUAN
1)
Menambah
wawasan para siswa terhadap lingkungan.
2)
Siswa dapat
mengetahui pengetahuan tentang sejarah suatu tempat.
3)
Siswa dapat
mengetahui manfaat telah dibangunya suatu tempat.
4)
Melakukan
pengamatan secara langsung dalam suatu objek yang dikunjungi.
5)
Memberikan
suasana baru bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran sehingga mampu
membangkitkan motivasi untuk meningkatkan kinerja mereka.
C.
RANCANGAN
KEGIATAN
No
|
Pukul
|
Kegiatan
|
Ket
|
1
|
06.30-07.00
|
Persiapan pemberangkatan di lapangan SMPN 1JABON
|
Panitia
|
2
|
07.00-07.30
|
Pengarahan kepala SMPN 1 JABON
|
Kepala sekolah
|
3
|
07.30-09.30
|
Perjalanan ke Jatim Park 1 Batu
|
Panitia
|
4
|
09.45-10.00
|
Cek in peserta masuk Jatim Park 1
|
Panitia
|
5
|
10.00-12.00
|
Materi study wisata Jatim Park 1
|
Tim jatim park
|
6
|
12.00-13.00
|
ISOMA, di Jatim Park 1 Batu
|
Panitia
|
7
|
13.00-16.00
|
Kegiatan wisata di Jatim Park 1
|
Tim jatim park
|
8
|
16.00-19.00
|
Pulang, makan sore, di warung gunung Batu Malang.
|
Panitia
|
BAB 2
PEMBAHASAN
A.
LKS
SOAL : ILMU
PENGETAHUAN ALAM(IPA)
KD. Mendeskripsikan anatom dan partikel penyusunannya, ion dan
molekul, serta hubungannya dengann karakteristik bahan/ material yang digunakan
dalam kehidupan sehari-hari
KD. Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan dan fungsinya,
serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktru
tersebut
KD.Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan
fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknolgi yang terilhami oleh
tersebut
1.
Kita bisa
mengetahui apa itu ipa (Fisika, Kimia, dan Biologi) karena jasa para ilmuwan
atau tokoh-tokoh yang berjasa dalam bidang IPA
Tuliskan
nama tokoh-tokoh yang berjasa dalam bidang IPA beserta asumsinya.
No
|
Nama Tokoh
|
Asumsinya
|
1
|
Tokoh Fisika
Albert Einstein
|
Albert
Einstein (14 Maret 1879–18 April 1955) adalah seorang ilmuwan fisika teoretis
yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dia
mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan
mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi.
|
2
|
Tokoh Kimia
Jhon Dalton
|
Pencetus teori
atom modern yang menyatakan bahwa materi terdiri atas atom yang tidak dapat
dibagi lagi. Tiap – tiap unsur terdiri atas atom-atom dengan sifat dan massa
identik, dan senyawa terbentuk jika atom dari berbagai unsur bergabung dalam
komposisi yang tetap
|
3
|
Tokoh Biologi
Antony van Leeuwenhoek
|
Ia adalah orang
pertama yang mengamati dan mendeskripsikan organisme bersel satu.
|
2.
Sebutkan
macam-macam alat indra manusia yang ada di jatimpark 1 dan beri gambar/foto.
No
|
Nama alat
indra
|
Gambar
|
1
|
Mata
|
|
2
|
Telinga
|
|
3
|
Kulit
|
|
4
|
Lidah
|
|
5
|
hidung
|
|
3.
Sebutkan
nama-nama tanaman yang dikategorikan tanaman toga dan fungsinya
No
|
Nama tanaman
Toga
|
Fungsinya
|
1
|
Tumbuhan Kudu
|
-
Untuk dibuat
jamui penyakit
-
Mengendalikan
tekanan darah
-
Melancarkan
pencernaan
|
2
|
Tumbuhan Kunyit
|
-
Untuk dibuat
jamu(Sinom)
-
Untuk
mengobati penyakit lambung
-
Sebagai
pewarna alami
|
3
|
Lidah Buaya
|
-
Untuk
melebatkan rambut
-
Mempercepat
proses penyembuhan luka
-
Mengurangi
rasa gatal pada kulit
|
4
|
Jambu Merah
|
-
Untuk
mengobati penyakit DBD
-
Menjaga kesehatan
fungsi ota dan saraf
-
Sebagai
pengokoh kekebalan tubuh
|
5
|
Binahong
|
-
Untuk
mengobat penyakit gatal-gatal
-
Dapat
mengobati luka berdarah
-
Dapat
digunakan untuk pengobatan luar
|
4.
Perhatikan
macam-macam tumbuhan yang kamu jumpai di lingkungan jatim park.
Kelompokan
macam-macam tumbuhan Monokotil dan Dikotil beserta ciri-cirinya
No
|
Nama Tumbuhan
|
Ciri-ciri
tumbuhan
|
Kelompok
|
|
Monokotil
|
Dikotil
|
|||
1
|
Mangga
|
-
Batang
bercabang
-
Memiliki
kembium
-
Memiliki akar
tunggang yang panjang
-
Kulit batang
tebal dan keras
|
|
ü
|
2
|
Belimbing
|
-
Akarnya
tunggang
-
Daun sejajar
-
Bijinya kecil
-
|
ü
|
|
3
|
Jambu
|
-
Batangnya
bercabang
-
Dapat di
cangkok
-
Pangkal daun
membentuk sudut
-
Tangkai daun
berbentuk seilindris
|
|
ü
|
4
|
Strawbery
|
-
Tidak dapat
di cangkok
-
Tidak
memiliki kambium
-
Mempunyai
akar yang berbentuk serabut
|
ü
|
|
5
|
Apel
|
-
Daun
berbentuk bulat telur
-
Dihiasi
grigi-grigi kecil di tepinya
-
Tinggi batang
pohon biasanya mencapai 7-10 m
|
ü
|
|
5.
Sebutkan
faktor-faktor Internal dan Eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan pada
tumbuhan itu?
No
|
Internal
|
Eksternal
|
1
|
Gen
|
Air
|
2
|
Hormon
|
Tanah
|
3
|
Lingkungan
|
Sinar matahari
|
4
|
Nutrisi
|
Suhu
|
SOAL
: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KD 3.4 Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Indikator : 3.4.1 Menjelaskan factor-factor yang membedakan antar suku bangsa
3.4.2 Memberikan contoh 5 (lima) macam rumah adat di Indonesia.
3.4.3 Memberi contoh nama pakaian adat dan senjata tradisional di Indonesia.
1. Bangsa
Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku bangsa. Hal-hal apa saja yang
membedakan suku bangsa yang satu dengan suku bangsa yang lainnya?
Jawab :
-
Rumah Adat - Lagu
daerah
-
Pakaian yang dipakai - Makanan Khas
-
Senjata Tradisional - Tradisi
-
Bahasa -
Alat musik
2. Rumah
adat merupakan salah satu bentuk tempat tinggal penduduk di daerah tertentu.
Berilah 5 (lima) macam contoh rumah adat yang kamu kenal di daerahmu atau
didaerah lain di Indonesia, dengan melengkapi tabel berikut!
No
|
Nama
Rumah Adat
|
Daerah
Asal
|
Ciri
|
1.
|
Joglo
|
Jawa Timur
|
-
Atapnya berbentuk segitiga
|
2.
|
Honai
|
Papua
|
-
Atapnya terbuat dari jerami
|
3.
|
Bolon
|
Sumatra utara
|
-
Atap berbentuk trapesium, tetapi agak
condong ke depan
|
4.
|
Gadang
|
Sumatra Barat
|
-
Berbentuk empat persegi panjang
|
5.
|
Panjang
|
Kalimantan Barat
|
-
Rumahnya luas dan panjang
|
3. Indonesia
memiliki beraneka ragam pakaian adat dan senjata tradisional. Isilah tabel
tentang pakaian ada dan senjata tradisional berikut ini dan lengkapi dengan
gambar atau foto!
No
|
Nama Pakaian
Adat
|
Senjata
Tradisional
|
Daerah Asal
|
1
|
Ulee Balong
|
Rencong
|
Aceh
|
2
|
Aesan Gede
|
Keris
|
Sumatera Selatan
|
3
|
Ulos
|
Piso Gajah Dompak
|
Sumatera Utara
|
SOAL:
MATEMATIKA
KD. Menentukan luas permukaan dan volume keubus, balok prisma
dan limas.
Menaksir dan menghitung luas permukaan dan volume
bangun ruang yang tidak beraturan
dengan menerapkan geometri dasarnya.
1.
Sebutkan 3 nama
tokoh yang berjasa di bidang Matematika beserta rumusnya
a.
Diophantus
b.
Zu Chongzhi
c.
Phytagoras
2.
Tuliskan
bentuk-bentuk bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung yang ada di jatim park.
-
Sisi Lengkung :
Kerucur dan Tabung
-
Sisi datar :
Balok dan Kubus
B.
Perjalanan
berangkat sampai pulang “Cerita”
Pada
jam 07.00 kami semua berkumpul di lapangan belakang sekolah sesuai no busnya.
Kemudian diberi pengarahan oleh Bapak Kepala sekolah dan Bapak Romi. Selesai
pengarahan kami semua bersiap-siap untuk menuju bus yang sesuia no busnya dan
sebelum berangkat kita semua diabsen oleh Bapak atau ibu guru pendamping
setelah itu kita berdo’a dulu dan
meminta kepada tuhan atas keselamatan. Kami berangkat dari sekolah ke jatim
park1 Pukul 07.41 WIB. Jam 07.50 WIB kita sudah Sampai di jalan bundaran tol.
Setelah melewati perjalanan yang panjang
sekitar jam 08.05 kami sampai di
pandaan. Saya melihat-lihat pemandangan yang sangat indah waktu perjalanan itu.
melihat mobil yang berjalan kesana-kemari tanpa henti. Sekitar jam 08.12 kami
sampai di Taman Dayu Pandaan.
Saat didalam bus anak-nak sangat
ramai, ada yang main HP, ada yang makan jajan, bahkan ada juga yang
menyanyi(Karaoke). Melihat truk-truk yang bermuatan batu, pasir, dll.
Melihat-lihat gunung, sungai yang airnya mengalir dengan sangat deras. Lama
sekali menelusuri jalanan yang panas dan tak disangka kami sudah sampai di
pasar lawang Malang sekitar jam 08.42 . sekitar jam 09.13 hampir sampai di
tujuan kami semua yaitu jatim park1 Malang. Disana udaranya sangat dingin dan
segar. Detik demi detik waktu pun berlalu dan sampailah di jatim park 1 pada
pukul 09.36.
Setelah tiba pukul 09.36, kami semua
menunggu untuk mendapatkan tiket gelang yang diberikan oleh Bapak atau Ibu
guru. Setelah mendapatkan tiket gelang, kami masuk ke jatim park pukul 10.00.
setelah itu masuk keruangan bagian-bagian tubuh manusia. Pertama kami masuk ke
bagian telinga, kemudian masuk kebagian hidung, lalu menuju ke zona otak, zona
mata, zona darah, zona paru-paru, zona usus, dan zona ginjal. Setelah memasuki
zona-zona tersebut kita mendapatkan banyak sekali ilmu dan wawasan. Setelah
selesia pelajaran kami kembali lagi ke tempat parkir bus sekitar pukul 12.00.
disana kami melaksanakan sholat dhuhur dan ada juga yang makan siang. Sekitar
jam 13.00 kami kembali lagi ke pintu masuk jatim park. Kami berjalan-jalan
menuju permainan yang kami tunggu-tunggu. Setelah bermain sepuas-puasnya kami
bersiap-siap untuk pulang sekitar jam 16.10.
Sekitar jam 16.20 kami harus masuk
ke bus. Sebelum masuk ke bus kami foto bersama satu kelas bersama wali kelas,
lalu pulang jam 16.49 berhenti di pasar oleh-oleh untuk membeli makanan dan
barang-barang lainnya. Jam 17.30 pulang dari pasar oleh-oleh tersebut. Waktu
itu hari mulai gelap, melihat lampu-lampu yang menempel dipohon, di
gedung-gedung itu sangat indah. Menginjak jam 18.29 anak-anak sudah mulai
tidur. Karena kecape’an seharian bermain-main, foto-foto, dan bagi-bagi
pelajaran yang belum kami dapatkan. Pada sekitar jam 19.03 kami tiba di
pandaan. Kami berhenti di masjid Cheng Ho untuk melaksanakan sholat isya’.
Setelah sholat di masjid Cheng Ho kami pulang dari masjid itu pukul 20.00 dan
semua kembali kekekuluarganya masing-masing.
BAB 3
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari
penulisan laporan ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa objek-objek wisata di
Indonesia beraneka ragam. Salah satunya adalah
Jatim Park 1 di Malang, di dalam Jatim Park 1 terdapat bermacam-macam
tempat untuk menimbah ilmu, seperti zona Tubuh manusia wahana permainan, Tempat
sejarah, dan lain-lain. Sebagai warga negara yang baik, kita harus menjaganya agar tetap lestari dan
wisatawan domestik maupun manca negara betah di Indonesia. Sehingga bisa
meningkatkan devisa negara.
B.
Saran
Penulis menyadari bahwa dalam
penulisan dan penguraian isi makalah ini masih jauh dari nilai kesempurnaan
sebuah makalah, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan adanya kritik dan
saran dari pembaca yang sifatnya membangun atau memotivasi penulis guna untuk
penyempurnaan penyusunan makalah selanjutnya yang lebih baik lagi.
Penulis juga berharap agar
makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada
umumnya. Amin
misi mbak stoplah nge wibu
BalasHapusKurang mendetail aja
BalasHapus