Sabtu, 27 Mei 2017

RPP Webbed Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN WEBBED
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah: Pembelajaran Terpadu
Dosen pengampu:
 Drs. Asri Susetyo Rukmi, M.Pd
Drs. Heru Subrata, M.Si
Drs. Suprayitno, M.Si



Disusun oleh :
Julaika                         (14010644043)
Ucha Ayu Junia          (14010644044)
Nisful Laila                 (14010644045)

Kelas B-2014

JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2017




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    : SDN Ngadiboyo 1
Kelas/Semester          : IV (Empat)/ 1
Tema                          : 1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                   : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran                        : 1
Alokasi Waktu           : 3 x 35 Menit

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2  : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4  : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yangdijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
IPS
Kompetensi Dasar (KD):
3.2  Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, getnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi dan menuliskan keragaman budaya, etnis, dan agama  bangsa Indonesia.
3.2.2. Menjelaskan sikap yang seharusnya ditunjukkan terhadap perbedaan yang ada.
3.3.3. Menyebutkan 3 contoh sikap menghargai keberagaman.
3.3.4. Menyebutkan 3 contoh sikap tidak menghargai keberagaman.
4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis,  atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.

Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
3.1.2 Menjelaskan perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
IPA
Kompetensi Dasar (KD):
3.6  Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6  Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.1  Menjelaskan cara menghasilkan bunyi.
3.6.2. Menjelaskan mengapa bunyi dari benda-benda yang dihasilkan enak didengar.
4.6.1  Menulis laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.  Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama bangsa Indonesia dengan tepat.
2.  Dengan diskusi, siswa dapat menjelaskan sikap yang seharusnya ditunjukkan terhadap perbedaan yang ada dengan tepat.
3.  Dengan mengidentifikasi keberagaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas, siswa dapat menyebutkan 3 contoh sikap menghargai keberagaman dengan benar.
4.  Dengan mengidentifikasi keberagaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas, siswa dapat menyebutkan 3 contoh sikap tidak menghargai keberagaman dengan tepat.
5.  Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
6.  Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
7.  Dengan memahami contoh, siswa dapat menjelaskan perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan tepat.
8.  Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalambentuk peta pikiran dengan tepat.
9.  Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
10.   Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan mengapa bunyi dari benda-benda yang dihasilkan enak didengar dengaan tepat.
11.   Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.      Keberagaman bangsa Indonesiaa
2.      Sikap menghargai keberagaman
3.      Gagasan pokok dan gagasan pendukung
4.      Bunyi
E. METODE PEMBELAJARAN
Ø Pendekatan        : Saintifik
Ø Model                : Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD
Ø Metode              : Tanya Jawab, Penugasan, Diskusi
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru memberikan salam.
2.    Guru menanyakan kabar siswa.
3.    Guru mengecek kesiapan diri  siswa dengan mengisi lembar kehadiran (presensi) dan memeriksa kerapian pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4.    Guru dan siswa berdoa bersama.
5.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
6.    Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi/ penegetahuan yang akan dipelajari.
7.    Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
15 Menit
Inti
1.    Guru menampilkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali.
2.    Guru mengajukan pertanyaan pembuka:
-  suku apa anak pada gambar di depan?
-  siapa di antara kalian yang berasal dari suku Sunda, suku Jawa, suku Minang, dan seterusnya.
-  bagaimana pakaian adat, rumah tradisional dan makanannya?
3.    Guru menyampaikan kepada siswa bahwa Indonesia memiliki beragam budaya.
4.    Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk menghitung 1 sampai 4 secara berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untuk membentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang sama.
5.    Guru membagikan LKPD siswa, siswa disuruh memeperhatikan LKPD bagian pertama.
6.    Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaan yang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman budaya yang ada pada LKPD dan berdiskusi dengan kelompoknya mengerjakan LKPD sesuai langkah-langkah kegiatan.
7.    Setiap kelompok kemudian diminta untuk membacakan hasil diskusi mereka di depan kelompok yang lain. Siswa dari kelompok lain diminta untuk memberikan masukan. Setiap siswa diminta mencatat masukan dan komentar sebagai bahan untuk perbaikan dari hasil diskusi mereka dan untuk untuk mendapatkan jawaban yang tepat.
8.    Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/ pokok pikiran, dari suatu paragraf.
9.    Siswa masih dalam kelompok diminta untuk memperhatikan LKPD bagian 2.
10.    Guru mengajukan pertanyaan terbuka:Bagaimana sikap kalian kepada teman yang berasal dari suku yang berbeda, dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda?
11.    Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi dan menuliskan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman sekelompok.
12.    Siswa diminta untuk berdiskusi menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling menghargai pada LKPD.
13.    Setiap kelompok kemudian diminta untuk membacakan hasil diskusi mereka di depan kelompok yang lain. Siswa dari kelompok lain diminta untuk memberikan masukan. Setiap siswa diminta mencatat masukan dan komentar sebagai bahan untuk perbaikan dari hasil diskusi mereka dan untuk untuk mendapatkan jawaban yang tepat.
14.    Guru memberikan penguatan tentang pentingnya sikap saling menghargai dalam keragaman budaya, suku,dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia.
15.    Guru menampilkan satu alat musik (seruling dan gendang)
16.    Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka:Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga dapat menghasilkan bunyi?
17.    Siswa diminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas, kemudian siswa diminta untuk menjelaskan tentang cara alat musik tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb.)
18.    Siswa secara berkelompok kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya.
19.    Setiap kelompok diminta mengambil lima benda yang ada di kelas dan sekitarnya. Siswa diingatkan untuk memilih benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara yang berbeda.
20.    Siswa diminta untuk membunyikan benda-benda tersebut dengan cara yang berbeda.
21.    Kemudian siswa diminta berdiskusi dengan kelompoknya untuk mengisi tabel yang tersedia dan pertanyaan pada LKPD  berdasarkan hasil eksplorasi.
22.    Guru memberikan penguatan materi.
23.    Siswa dibagi dalam kelompok besar,  dua kelompok kecil dijadikan satu kelompok.
24.    Setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari beragam benda.
25.    Setiap kelompok dapat menampilkan hasil karya ansambel bunyi mereka secara bergantian.
26.    Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
70 Menit
Penutup
1.    Guru memberikan lembar soal penilaian kepada siswa dan siswa diminta untuk mengerjakannya dengan jujur dan benar.
2.    Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang pembelajaran hari ini.
3.    Guru melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan. Guru bertanya kepada siswa apakah pembelajaran hari ini menyenangkan dan adakah kesulitan saat mengikuti proses pembelajaran.
4.    Guru memberi tugas di rumah untuk siswa
5.    Guru menginformasikan kegiatan pertemuan berikutnya.
6.    Guru menyampaikan pesan/moral bahwa kita harus saling menghargai dan menghormati meskipun berbeda agama, suku, dan budaya.
7.    Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin berdoa.
8.    Guru memberikan salam penutup.
20  Menit

g. media pembelajaran
1.    Gambar pakaian adat dan rumah adat Bali
2.    Alat musik tradisional (seruling/kendang)
3.    Beragam benda di kelas dan sekitarnya.
h. sumber belajar
1.      Kurikulum 2013
2.      Buku Pedoman Guru Tema 1 Indahnya kebersamaan Kelas IV Semester 1 dan Buku Siswa Tema 1 Indahnya kebersamaan Kelas IV Semester 1
3.       Lingkungan (sekolah, keluarga, masyarakat/ tempat tinggal siswa)
4.      Internet


I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
a.    Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dengan teknik pengamatan (non tes) menggunakan instrumen lembar pengamatan sikap (terlampir). Aspek sikap yang diamati meliputi; aspek spritual (bersyukur, tidak mengeluh) dan aspek sosial (jujur, santun, peduli, tanggung jawab, kerja sama dan percaya diri).
b.   Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Penilaian pengetahuan dilakukan menggunakan teknik tes dengan instrumen penilaian lembar evaluasi berupa tes tertulis uraian singkat (terlampir)
c.    Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik unjuk kerja menggunakan lembar pengamatan keterampilan (terlampir). Unjuk kerja yang dinilai: keterampilaan berdiskusi, mengidentifikasi budaya, etnis dan agama melalui wawancara teman di kelas, serta keterampilan menulis laporan pengamatan.
Text Box: ......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1



( _________________ )
NIP ...............................
Text Box: Mengetahui
Kepala Sekolah,



( _________________ )
NIP................................








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...