PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
KELAS IV SEMESTER 1
TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN
SUBTEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM
KEBERAGAMAN
PEMBELAJARAN 4
Oleh :
NISFUL LAILA
NIM. 14010644045
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2017
JARING TEMA
Tema 1 Indahnya
Kebersamaan
Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran 4
SILABUS
SEKOLAH
:SDN SUMUR
WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER : IV/I
TEMA
: 1.
Indahnya Kebersamaan
SUBTEMA
: 2.
Kebersamaan Dalam Keberagaman
PEMBELAJARAN : 4
ALOKASI
WAKTU : 4 X 35
menit
Kompetensi
Inti
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Belajar
|
Penilaian
|
Alat/Bahan
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Soal
|
||||||
Bahasa Indonesia
|
3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks
lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan
antargagasan ke dalam tulisan.
|
1.
Guru mengingatkan kembali
materi mengenai gagasan pokok dan gagasan pendukung melalui kegiatan tanya
jawab.
2.
Guru menuliskan jawaban yang
paling sesuai di papan tulis.
3. Siswa membaca teks
bacaan berjudul “Perbedaan Bukanlah Penghalang” yang ada di buku siswa
halaman 110.
4. Siswa membaca teks dengan
membaca berantai.
5. Guru menunjuk satu siswa
dan siswa lain mendengarkan kemudian melanjutkan bacaan sebelumnya.
6. Siswa mencari gagasan
pokok dan gagasan pendukung dari teks bacaan tersebut.
7. Siswa menuliskan gagasan
pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa halaman
111.
8. Guru mengajak melakukan
kegiatan pembahasan hasil kerja menuliskan gagasan pokok dan gagasan
pendukung.
9. Guru melakukan kegiatan
tanya jawab mengenai cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
10. Siswa menyampaikan
jawabannya.
11. Guru memberikan
penguatan mengenai cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
|
50
menit
|
Tes
Tulis
|
Lembar Evaluasi
|
a.
Apa gagasan pokok dari paragraf 1?
b.
Apa gagasan penjelas dari paragraf
1?
c.
Apa gagasan pokok dari paragraf 2?
d.
Apa gagasan penjelas dari paragraf
2?
|
Alat
tulis
Teks
bacaan
|
Ø Buku guru kelas IV tema 1 edisi revisi 2016
Ø Buku siswa kelas IV tema 1 edisi revisi 2016
Ø Lingkungan
(sekolah, keluarga, masyarakat/ tempat tinggal siswa
|
PPKn
|
1.4 Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial,
dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa.
2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk
keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan.
3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
|
12. Guru mengaitkan materi sebelumnya (teks bacaan) dengan materi
berikutnya yaitu kebiasaan bekerjasama. Kaitannya, teks tersebut berisi
tentang contoh kebiasaan kerjasama.
13. Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai kebiasaan kerjasama
menggunakan media gambar yang menunjukkan kebiasaan kerjasama dan bukan
kebiasaan kerjasama.
14. Guru membagi siswa dalam
kelompok belajar yang terdiri dari 4-5 siswa.
15. Guru memberikan tugas
mencari informasi mengenai kebiasaan kerjasama berdasarkan teks bacaan.
16. Siswa berdiskusi dan
menulis hasil temuannya di buku siswa halaman 113.
17. Siswa mempresentasikan
hasil diskusinya.
18. Guru memberikan
penguatan tentang kerjasama.
|
50 menit
|
Penga
matan guru
Tes tulis
|
Lembar pengama
tan
Lembar evaluasi
|
1. Bentuk kerjasama dalam keberagaman anggota
keluarga adalah …
2. Manfaat dari kerjasama adalah …
3. Gemma dan
Haza membantu Ayah dan Ibu membersihkan rumah. Gemma menyapu halaman depan.
Sedangkan, Haza menyiram bunga-bunga di taman di depan rumah. Manfaat dari
sikap kerjasama Gemma dan Haza adalah …
|
Alat tulis
|
|
Matemati
ka
|
3.12.1 Mengidentifikasi ukuran sudut
pada bangun datar “Segitiga”
3.12.2 Menjelaskan ukuran sudut pada
bangun datar “Segitiga”.
4.12.1 Mengukur sudut pada bangun datar
“Segitiga”.
4.12.2 Mempresentasikan hasil
pengukuran sudut pada bangun datar “Segitiga”
|
19. Guru menginformasikan materi berikutnya menggunakan gambar tentang
kebiasaan kerjasama yang terdapat gambar salah satu sudut didalamnya.
20. Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai sudut.
21. Siswa mengamati gambar
jam gadang yang ada di buku halaman 114.
22. Siswa mengamati
sudut-sudut yang ada di jam gadang dengan melingkari dan memberikan nomor.
23. Siswa memprediksi besar
sudut.
24. Siswa membuktikan dengan
mengukur menggunakan busur.
25. Guru berkeliling dan
memastikan bahwa setiap siswa sudah mengukur dengan cara yang benar dan
mendampingi siswa yang masih kesulitan.
26. Siswa menuliskan hasil
pembuktian di buku halaman 114.
27. Siswa mempresentasikam
hasil kerjanya.
|
50 menit
|
Tes tulis
|
Lembar evaluasi
|
1. Sudut dengan ukuran 90 derajat, yaitu …
2. Sudut dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran
sudut siku-siku
adalah …
3. Sudut dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran
sudut siku-siku
adalah …
|
Alat tulis
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM
2013
SEKOLAH
:SDN SUMUR
WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER : IV/I
TEMA
: 1.
Indahnya Kebersamaan
SUBTEMA
: 2.
Kebersamaan Dalam Keberagaman
PEMBELAJARAN : 4
ALOKASI
WAKTU : 6 X 35
menit
A. KOMPETENSI ISI
(KI) :
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD)
Bahasa
Indonesia
3.2
Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau
visual.
4.2
Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam
tulisan.
PPKn
1.4
Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa.
2.4
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4
Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4
Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Matematika
3.12
Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku
dengan menggunakan busur derajat.
4.12
Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur
derajat.
C. INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.2.1 Menjelaskan definisi
gagasan pokok dan gagasan penjelas.
3.2.2 Mengidentifikasi
gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks bacaan berjudul “Perbedaan
Bukanlah Penghalang”.
4.2.1 Menuliskan gagasan
pokok dan gagasan penjelas dalam teks bacaan berjudul “Perbedaan Bukanlah
Penghalang”.
PPKn
3.4.1 Menyebutkan contoh
kerjasama dalam keberagaman berdasarkan gambar.
3.4.2 Mengidentifikasi
contoh kerjasama dalam keberagaman berdasarkan teks bacaan.
4.4.1 Menuliskan contoh
kerjasama dalam keberagaman berdasarkan teks bacaan.
Matematika
3.12.1 Mengidentifikasi ukuran sudut pada bangun
datar “Segitiga”
3.12.2 Menjelaskan ukuran sudut pada bangun datar
“Segitiga”.
4.12.1 Mengukur sudut pada bangun datar “Segitiga”.
4.12.2 Mempresentasikan hasil pengukuran sudut pada
bangun datar “Segitiga”
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan
pendukung dengan benar.
2.
Setelah membaca teks siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung
ke dalam grafik yang sudah disiapkan dengan sistematis.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama dalam
keberagaman dengan benar.
4.
Setelah mencari informasi, siswa mampu mempresentasikan contoh-contoh kerjasama
dalam keberagaman (kerja bakti, siskamling, gotongroyong, dll.).
5.
Setelah mengamati, siswa mampu menentukan banyak sudut pada bangun datar dengan
benar.
6.
Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengukur besar sudut pada bangun datar
dengan benar.
E.
MATERI
-
Gagasan
pokok dan gagasan pendukung.
-
Kebiasaan
bekerjasama.
-
Sudut.
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
-
Model : Model
Pembelajaran Langsung
-
Metode : Ceramah, tanya
jawab, diskusi penugasan
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
AWAL
|
1. Guru memberikan salam dan menanyakan kabar semua siswa.
2. Guru mengajak siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing.
3. Guru mengecek siswa melalui absensi dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
4. Guru mengajak siswa melafalkan “Pancasila”.
5. Guru mengajak siswa untuk melakukan hafalan perkalian.
6.
Guru mengajak
siswa melakukan ice breaking “Ini Mata”.
7.
Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari yaitu
Gagasan
pokok dan gagasan pendukung.
Kebiasaan
bekerjasama.
Sudut.
|
35
menit
|
INTI
|
8.
Guru mengingatkan kembali
materi mengenai gagasan pokok dan gagasan pendukung melalui kegiatan tanya
jawab.
9.
Guru menuliskan jawaban yang
paling sesuai di papan tulis.
10. Siswa membaca teks
bacaan berjudul “Perbedaan Bukanlah Penghalang” yang ada di buku siswa halaman
110.
11. Siswa membaca teks
dengan membaca berantai.
12. Guru menunjuk satu siswa
dan siswa lain mendengarkan kemudian melanjutkan bacaan sebelumnya.
13. Siswa mencari gagasan
pokok dan gagasan pendukung dari teks bacaan tersebut.
14. Siswa menuliskan gagasan
pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa halaman
111.
15. Guru mengajak melakukan
kegiatan pembahasan hasil kerja menuliskan gagasan pokok dan gagasan
pendukung.
16. Guru melakukan kegiatan
tanya jawab mengenai cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
17. Siswa menyampaikan
jawabannya.
18. Guru memberikan
penguatan mengenai cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
19. Guru mengaitkan materi sebelumnya (teks bacaan) dengan materi
berikutnya yaitu kebiasaan bekerjasama. Kaitannya, teks tersebut berisi
tentang contoh kebiasaan kerjasama.
20. Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai kebiasaan kerjasama
menggunakan media gambar yang menunjukkan kebiasaan kerjasama dan bukan
kebiasaan kerjasama.
21. Guru membagi siswa dalam
kelompok belajar yang terdiri dari 4-5 siswa.
22. Guru memberikan tugas
mencari informasi mengenai kebiasaan kerjasama berdasarkan teks bacaan.
23. Siswa berdiskusi dan
menulis hasil temuannya di buku siswa halaman 113.
24. Siswa mempresentasikan
hasil diskusinya.
25. Guru memberikan
penguatan tentang kerjasama.
26. Guru menginformasikan materi berikutnya menggunakan gambar tentang
kebiasaan kerjasama yang terdapat gambar salah satu sudut didalamnya.
27. Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai sudut.
28. Siswa mengamati gambar
jam gadang yang ada di buku halaman 114.
29. Siswa mengamati
sudut-sudut yang ada di jam gadang dengan melingkari dan memberikan nomor.
30. Siswa memprediksi besar
sudut.
31. Siswa membuktikan dengan
mengukur menggunakan busur.
32. Guru berkeliling dan
memastikan bahwa setiap siswa sudah mengukur dengan cara yang benar dan
mendampingi siswa yang masih kesulitan.
33. Siswa menuliskan hasil
pembuktian di buku halaman 114.
34. Siswa mempresentasikam
hasil kerjanya.
|
140
menit
|
AKHIR
|
35.
Guru mengajak
siswa melakukan review mengenai materi-materi yang sudah dipelajari.
36.
Siswa
mengerjakan LKPD secara berkelompok.
37.
Guru
membagikan lembar evaluasi sebagai tugas untuk dikerjakan di rumah.
38.
Guru mengajak
siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
39.
Guru
memberikan salam.
|
35
menit
|
H.
PENILAIAN
1.
TeknikPenilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian
yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung melalui pengamatan guru (terlampir).
b.
Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar, dengan bentuk soal evaluasi berupa tes
tertulis (terlampir).
c.
Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Penilaian
keterampilan menggunakan lembar kerja peserta didik dengan rubrik penilaian.
2.
Instrumen
a. Lembar
Evaluasi :
terlampir
b. LKPD :
terlampir
c. Lembar
Pengamatan Sikap :
terlampir
d. Lembar
Pengamatan Keterampilan : terlampir
3.
Pembelajaran
Remidial dan Pengayaan
a. Jika
pada soal evaluasi siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM yaitu 70, maka siswa
dinyatakan belum tuntas dan diberikan remidial. Siswa yang remidial diberikan
tambahan jam belajar di luar jam sekolah untuk mengulang materi yang belum
dipahami. Kemudian siswa diberikan soal kembali untuk mengukur kemampuannya.
b. Sedangkan
siswa yang sudah mencapai KKM pada soal evaluasi, maka siswa diberikan
soal-soal pengayaan untuk memperdalam materi.
I.
MEDIA/ALAT/BAHAN
DAN SUMBER BELAJAR
1. MEDIA :
Teks bacaan, gambar kerjasama, bangun datar (segitiga).
2. ALAT : Alat tulis.
3. BAHAN : Teks bacaan.
4. SUMBER BELAJAR
Kementerian
pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku
Guru SD/MI Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan.
Kementerian
pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku
Siswa SD/MI SD/MI Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan.
Surabaya,
24 Juli 2017
Guru Kelas IV-B Mahasiswa
PPP
DEEMI
WAHYUNI, S.Pd. NISFUL
LAILA
NIP. 196112061982012011 NIM.
14010644045
Mengetahui,
Kepala SDN Sumur
Welut III
M.
JUNIARDI, S.Pd, M.Pd
NIP.
197306211997071001
Lampiran : Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Gagasan Pokok dan Gagasan Penjelas
Gagasan pokok adalah gagasan yang terdapat di dalam kalimat utama, yang diperjelas oleh gagasan penjelas, dan yang menjadi inti/pokok pembahasan suatu paragraf. Oleh karena itu, gagasan pokok itu sama dengan ide pokok paragraf, pokok pikiran paragraf, atau pikiran utama paragraf.
Gagasan penjelas adalah gagasan yang terdapat di dalam kalimat penjelas yang berfungsi memperjelas gagasan utama, dan tidak menjadi inti/pokok pembahasan suatu paragraf. Gagasan penjelas bisa berupa contoh-contoh, bukti-bukti, data-data, fakta-fakta, penjabaran, detail, dan lain sebagainya yang digunakan untuk memperjelas gagasan utama.
Contoh
Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia. Hampir di semua negara diadakan pertandingan-pertandingan sepak bola untuk mencari atlet-atlet yang andal dalam olahraga ini. Berbagai peristiwa akbar olahraga sepak bola seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Piala Asia, serta liga tingkat nasional di berbagai negara merupakan salah satu bukti bahwa olahraga ini memang sangat digemari.
Gagasan pokok :
Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia.
Gagasan penjelas :
Hampir di semua negara diadakan pertandingan-pertandingan sepak bola untuk mencari atlet-atlet yang andal dalam olahraga ini. Berbagai peristiwa akbar olahraga sepak bola seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Piala Asia, serta liga tingkat nasional di berbagai negara merupakan salah satu bukti bahwa olahraga ini memang sangat digemari.
PPKn
Keberagaman Kerjasama
Definisi Kerjasama
Melakukan tindakan atau pekerjaan bersama orang lain disebut kerja sama. Kerja sama itu sangat penting karena manusia tidak bisa hidup sendiri. Manusia membutuhkan bantuan orang lain.
Contoh Kerjasama dalam Keberagaman
- Kerja bakti rumah/keluarga, misalnya menyapu, mengepel, membersihkan tempat tidur dan sebagainya.
- Tugas piket kelas.
- Kerjasama untuk lomba kebersihan kelas.
- Belajar kelompok.
- Bekerja sama dalam olaraga.
- Membersihkan lingkungan.
- Menjaga keamanan lingkungan.
- Memperingati hari-hari besar Nasional.
Manfaat Kerjasama
1. Pekerjaan yang berat menjadi lebih ringan.
2. Pekerjaan akan lebih cepat selesai.
3. Hasil pekerjaan akan memuaskan.
4. Tercipta rasa kebersamaan dan aman.
5. Lingkungan menjadi bersih dan nyaman.
Matematika
Sudut
Dua sinar garis yang memiliki titik pangkal yang sama akan membentuk suatu sudut. Titik pangkal yang sama itu disebut titik sudut, sedangkan dua sinar garis disebut kaki sudut.
Jenis-jenis Sudut
1. Sudut Siku-Siku
Suatu sudut disebut sudut siku-siku jika kaki-kaki sudutnya tegak lurus, yaitu ukurannya adalah 90 derajat.
Cara menentukan sudut agar dapat dikatakan siku-siku :
2. Sudut Lancip
Suatu sudut disebut sudut lancip jika ukuran sudutnya lebih kecil dari sudut siku-siku, yaitu antara 0 dan 90 derajat (00 < sudut lancip < 900).
Cara menentukan sudut agar dapat dikatakan lancip :
3. Sudut Tumpul
Suatu sudut disebut sudut tumpul jika ukuran sudutnya lebih besar dari sudut siku-siku, yaitu antara 90 dan 180 derajat (900 < sudut tumpul < 1800). Sudut-sudut berikut adalah sudut tumpul.
Cara menentukan sudut agar dapat dikatakan tumpul :
Cara menggunakan busur untuk menentukan sudut :
Misalkan :
Kita menggunakan skala bagian dalam untuk menentukan ukuran sudut ABC. Kita lihat bahwa sudut tersebut berukuran 60º. Kita tuliskan besar sudut ini sebagai berikut: ∠ABC = 60o Untuk Menentukan besar sudut PQR, letakkan busur seperti semula dan gunakan skala dari luar. Lihatlah bahwa sudut PQR adalah 1200. Kita tuliskan sudut ini sebagai berikut: ∠PQR = 120o
Lampiran : Media Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Teks Bacaan Berjudul “Perbedaan Bukanlah Penghalang”
Perbedaan Bukanlah Penghalang
Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.
Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.
Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
PPKn
Gambar-gambar tentang Bekerjasama dalam Keberagaman
Matematika
Bangun Datar “Segitiga”
Format Penilaian
1.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap
siswa selama kegiatan.
Lembar Pengamatan Sikap
a. Disiplin
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Catatan Guru
|
|||||||||||
Datang Tepat Waktu
|
Menger
jakan Tugas Tepat Waktu
|
Tertib Dalam Pembela
jaran
|
Bersera
gam Lengkap
|
Melaksanakan Piket
|
Mengembalikan Pinja
man
|
|||||||||
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
Banyaknya SB dan PB
|
||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
b. Tanggung Jawab
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Catatan Guru
|
|||||||||||
Menyelesaikan tugas belajar
|
Melaksanakan kebersi
han
|
Menger
jakan tugas PR
|
Memberi pemeca
han masalah
|
Mem
buat laporan
|
Menye
lesaikan tugas belajar
|
|||||||||
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
Banyaknya SB dan PB
|
||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
c. Peduli
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Catatan Guru
|
|||||||||||
Perhatian kepada teman
|
Mem
bantu teman
|
Ingin tahu kesulitan teman
|
Men
jenguk teman
|
Merawat lingkungan
|
Melerai teman
|
|||||||||
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
Banyaknya SB dan PB
|
||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
d. Percaya Diri
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Catatan Guru
|
|||||||||||
Berani tampil
|
Berani mencoba
|
Berani berpendapat
|
Berani memim
pin
|
Menyampaikan kritik
|
Memper
tahankan pendirian
|
|||||||||
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
Banyaknya SB dan PB
|
||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
2. Penilaian pengetahuan :
Lembar Evaluasi :
Isian
Berisi 10 soal.
Skor setiap soal 10
Benar semua 10 x 10 = 100
3.
Penilaian keterampilan:
a. Bahasa
Indonesia : gagasan pokok
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
yang Dinilai
|
|||||||||||
Mengidentifikasi
gagasan pokok
|
Mengidentifikasi
gagasan pendukung
|
Mengkomunikasikan
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
|||||||||||||
4.
|
|||||||||||||
5.
|
Rubrik Mengidentifikasi gagasan
pokok dan gagasan penjelas
b. PPKn :
Diskusi pada saat membahas kerjasama di lingkungan
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
yang Dinilai
|
|||||||||||
Mendengarkan
|
Komunikasi
Non Verbal
|
Partisipasi
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
|||||||||||||
4.
|
|||||||||||||
5.
|
Rubrik diskusi
pada saat membahas kerjasama di lingkungan
c. Matematika :
Teknik Mengukur Sudut
No.
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Memegang busur dengan benar
|
|||
Meletakkan busur pada sudut dengan tepat
|
||||
Membaca hasil pengukuran dengan benar
|
||||
Menuliskan nama sudut dan hasil pengukuran dengan benar
|
||||
2.
|
Memegang busur dengan benar
|
|||
Meletakkan busur pada sudut dengan tepat
|
||||
Membaca hasil pengukuran dengan benar
|
||||
Menuliskan nama sudut dan hasil pengukuran dengan benar
|
||||
3.
|
Memegang busur dengan benar
|
|||
Meletakkan busur pada sudut dengan tepat
|
||||
Membaca hasil pengukuran dengan benar
|
||||
Menuliskan nama sudut dan hasil pengukuran dengan benar
|
||||
4.
|
Memegang busur dengan benar
|
|||
Meletakkan busur pada sudut dengan tepat
|
||||
Membaca hasil pengukuran dengan benar
|
||||
Menuliskan nama sudut dan hasil pengukuran dengan benar
|
||||
5.
|
Memegang busur dengan benar
|
|||
Meletakkan busur pada sudut dengan tepat
|
||||
Membaca hasil pengukuran dengan benar
|
||||
Menuliskan nama sudut dan hasil pengukuran dengan benar
|
- Bacalah paragraf berikut ini
Keluarga Pak Wiryo adalah keluarga yang rukun. Mereka saling membantu dalam bekerja. Hari ini keluarga Pak Wiryo pergi ke sawah. Mereka akan menanam padi. Pak Wiryo dibantu Bu Wiryo dan kedua anaknya, yaitu Lina dan Teguh.
- Tentukan gagasam utamanya dan gagasan pendukungnya.
- Tuliskan pada diagram dibawah ini.
LEMBAR EVALUASI
Nama :
Kelas / No. Absen :
A.
Isilah titik-titik dengan jawaban yang benar.
1. Bentuk kerjasama dalam keberagaman anggota keluarga
adalah …
2. Manfaat dari kerjasama
adalah …
3.
Gemma
dan Haza membantu Ayah dan Ibu membersihkan rumah. Gemma menyapu halaman depan.
Sedangkan, Haza menyiram bunga-bunga di taman di depan rumah. Manfaat dari
sikap kerjasama Gemma dan Haza adalah …
4.
Sudut dengan ukuran 90 derajat, yaitu …
5. Sudut dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran sudut
siku-siku
adalah …
6. Sudut dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran sudut
siku-siku
adalah
…
7.
Bacalah teks berikut ini.
Keluarga Pak
Wiryo adalah keluarga yang rukun. Mereka saling membantu dalam bekerja. Hari
ini keluarga Pak Wiryo pergi ke sawah. Mereka akan menanam padi. Pak Wiryo
dibantu Bu Wiryo dan kedua anaknya, yaitu Lina dan Teguh.
Pak Wiryo dan
Bu Wiryo menyiapkan benih yang akan ditanam. Mereka mencabuti benih yang telah
disemaikan. Agar akarnya tidak putus mereka mencabuti dengan hati-hati. Benih
yang sudah dicabuti dibawa Teguh ke petak sawah yang akan ditanami. Setiap
petak mendapat sejumlah tumpukan benih.
a. Apa gagasan pokok dari paragraf 1?
b. Apa gagasan penjelas dari paragraf 1?
c. Apa gagasan pokok dari paragraf 2?
d. Apa gagasan penjelas dari paragraf 2?
KUNJI JAWABAN LEMBAR EVALUASI
1.
Kerja bakti
rumah/keluarga, misalnya menyapu,
mengepel, membersihkan tempat tidur dan sebagainya.
2.
Pekerjaan yang berat menjadi lebih ringan, pekerjaan akan lebih cepat
selesai, dan asil pekerjaan akan memuaskan.
3.
Tercipta rasa kebersamaan dan aman dan lingkungan menjadi bersih dan nyaman.
4.
Siku-siku.
5.
Lancip.
6.
Tumpul.
7. Gagasan pokok : Keluarga Pak Wiryo
adalah keluarga yang rukun.
Gagasan penjelas : Mereka saling membantu dalam bekerja. Hari ini
keluarga Pak Wiryo pergi ke sawah. Mereka akan menanam padi. Pak Wiryo dibantu
Bu Wiryo dan kedua anaknya, yaitu Lina dan Teguh.
Gagasan pokok : Pak Wiryo dan Bu Wiryo menyiapkan benih yang
akan ditanam.
Gagasan penjelas : Mereka mencabuti benih yang telah disemaikan.
Agar akarnya tidak putus mereka mencabuti dengan hati-hati. Benih yang sudah
dicabuti dibawa Teguh ke petak sawah yang akan ditanami. Setiap petak mendapat
sejumlah tumpukan benih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar