Rabu, 30 Agustus 2017

Perangkat Pembelajaran K-13 : Kelas 4 (revisi 2016) Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4

PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

KELAS IV SEMESTER 1
TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN
SUBTEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN
PEMBELAJARAN 4






Oleh :
NISFUL LAILA
NIM. 14010644045






UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

2017





JARING TEMA
Tema 1 Indahnya Kebersamaan
Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran 4





SILABUS
SEKOLAH                            :SDN SUMUR WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER           : IV/I
TEMA                                    : 1. Indahnya Kebersamaan
SUBTEMA                            : 2. Kebersamaan Dalam Keberagaman
PEMBELAJARAN              : 4
ALOKASI WAKTU                        : 4 X 35 menit

Kompetensi Inti
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.






Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Pengalaman Belajar
Alokasi Belajar
Penilaian
Alat/Bahan
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Soal
Bahasa Indonesia
3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
1.      Guru mengingatkan kembali materi mengenai gagasan pokok dan gagasan pendukung melalui kegiatan tanya jawab.
2.      Guru menuliskan jawaban yang paling sesuai di papan tulis.
3.      Siswa membaca teks bacaan berjudul “Perbedaan Bukanlah Penghalang” yang ada di buku siswa halaman 110.
4.      Siswa membaca teks dengan membaca berantai.
5.      Guru menunjuk satu siswa dan siswa lain mendengarkan kemudian melanjutkan bacaan sebelumnya.
6.      Siswa mencari gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks bacaan tersebut.
7.      Siswa menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa halaman 111.
8.      Guru mengajak melakukan kegiatan pembahasan hasil kerja menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
9.      Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
10.  Siswa menyampaikan jawabannya.
11.  Guru memberikan penguatan mengenai cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

50 menit
Tes Tulis
Lembar Evaluasi
a.       Apa gagasan pokok dari paragraf 1?
b.      Apa gagasan penjelas dari paragraf 1?
c.       Apa gagasan pokok dari paragraf 2?
d.      Apa gagasan penjelas dari paragraf 2?

Alat tulis
Teks bacaan
Ø  Buku guru kelas IV tema 1 edisi revisi 2016
Ø  Buku siswa kelas IV tema 1 edisi revisi 2016
Ø  Lingkungan (sekolah, keluarga, masyarakat/ tempat tinggal siswa

PPKn
1.4 Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

12.  Guru mengaitkan materi sebelumnya (teks bacaan) dengan materi berikutnya yaitu kebiasaan bekerjasama. Kaitannya, teks tersebut berisi tentang contoh kebiasaan kerjasama.
13.  Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai kebiasaan kerjasama menggunakan media gambar yang menunjukkan kebiasaan kerjasama dan bukan kebiasaan kerjasama.
14.  Guru membagi siswa dalam kelompok belajar yang terdiri dari 4-5 siswa.
15.  Guru memberikan tugas mencari informasi mengenai kebiasaan kerjasama berdasarkan teks bacaan.
16.  Siswa berdiskusi dan menulis hasil temuannya di buku siswa halaman 113.
17.  Siswa mempresentasikan hasil diskusinya.
18.  Guru memberikan penguatan tentang kerjasama.

50 menit
Penga
matan guru

Tes tulis
Lembar pengama
tan

Lembar evaluasi




1.      Bentuk kerjasama dalam keberagaman anggota keluarga adalah …
2.      Manfaat dari kerjasama adalah …
3.       Gemma dan Haza membantu Ayah dan Ibu membersihkan rumah. Gemma menyapu halaman depan. Sedangkan, Haza menyiram bunga-bunga di taman di depan rumah. Manfaat dari sikap kerjasama Gemma dan Haza adalah …

Alat tulis
Matemati
ka
3.12.1 Mengidentifikasi ukuran sudut pada bangun datar “Segitiga”
3.12.2 Menjelaskan ukuran sudut pada bangun datar “Segitiga”.
4.12.1 Mengukur sudut pada bangun datar “Segitiga”.
4.12.2 Mempresentasikan hasil pengukuran sudut pada bangun datar “Segitiga”

19.  Guru menginformasikan materi berikutnya menggunakan gambar tentang kebiasaan kerjasama yang terdapat gambar salah satu sudut didalamnya.
20.  Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai sudut.
21.  Siswa mengamati gambar jam gadang yang ada di buku halaman 114.
22.  Siswa mengamati sudut-sudut yang ada di jam gadang dengan melingkari dan memberikan nomor.
23.  Siswa memprediksi besar sudut.
24.  Siswa membuktikan dengan mengukur menggunakan busur.
25.  Guru berkeliling dan memastikan bahwa setiap siswa sudah mengukur dengan cara yang benar dan mendampingi siswa yang masih kesulitan.
26.  Siswa menuliskan hasil pembuktian di buku halaman 114.
27.  Siswa mempresentasikam hasil kerjanya.
50 menit
Tes tulis
Lembar evaluasi
1.      Sudut dengan ukuran 90 derajat, yaitu …
2.      Sudut dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran sudut siku-siku
adalah …
3.      Sudut dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran sudut siku-siku
adalah …

Alat tulis





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM 2013

SEKOLAH                            :SDN SUMUR WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER           : IV/I
TEMA                                    : 1. Indahnya Kebersamaan
SUBTEMA                            : 2. Kebersamaan Dalam Keberagaman
PEMBELAJARAN              : 4
ALOKASI WAKTU                        : 6 X 35 menit

A.  KOMPETENSI ISI (KI) :
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.

PPKn
1.4 Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

Matematika
3.12 Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.
4.12 Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.

C.  INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.2.1 Menjelaskan definisi gagasan pokok dan gagasan penjelas.
3.2.2 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks bacaan berjudul “Perbedaan Bukanlah Penghalang”.
4.2.1 Menuliskan gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks bacaan berjudul “Perbedaan Bukanlah Penghalang”.

PPKn
3.4.1 Menyebutkan contoh kerjasama dalam keberagaman berdasarkan gambar.
3.4.2 Mengidentifikasi contoh kerjasama dalam keberagaman berdasarkan teks bacaan.
4.4.1 Menuliskan contoh kerjasama dalam keberagaman berdasarkan teks bacaan.

Matematika
3.12.1 Mengidentifikasi ukuran sudut pada bangun datar “Segitiga”
3.12.2 Menjelaskan ukuran sudut pada bangun datar “Segitiga”.
4.12.1 Mengukur sudut pada bangun datar “Segitiga”.
4.12.2 Mempresentasikan hasil pengukuran sudut pada bangun datar “Segitiga”

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan benar.
2. Setelah membaca teks siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung ke dalam grafik yang sudah disiapkan dengan sistematis.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan benar.
4. Setelah mencari informasi, siswa mampu mempresentasikan contoh-contoh kerjasama dalam keberagaman (kerja bakti, siskamling, gotongroyong, dll.).
5. Setelah mengamati, siswa mampu menentukan banyak sudut pada bangun datar dengan benar.
6. Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengukur besar sudut pada bangun datar dengan benar.

E.       MATERI           
-          Gagasan pokok dan gagasan pendukung.
-          Kebiasaan bekerjasama.
-          Sudut.

F.   MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
-          Model              : Model Pembelajaran Langsung
-          Metode            : Ceramah, tanya jawab, diskusi penugasan

G.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
AWAL
1.      Guru memberikan salam dan menanyakan kabar semua siswa.
2.      Guru mengajak siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
3.      Guru mengecek siswa melalui absensi dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4.      Guru mengajak siswa melafalkan “Pancasila”.
5.      Guru mengajak siswa untuk melakukan hafalan perkalian.
6.      Guru mengajak siswa melakukan ice breaking “Ini Mata”.
7.      Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari yaitu
Gagasan pokok dan gagasan pendukung.
Kebiasaan bekerjasama.
Sudut.
35 menit
INTI
8.      Guru mengingatkan kembali materi mengenai gagasan pokok dan gagasan pendukung melalui kegiatan tanya jawab.
9.      Guru menuliskan jawaban yang paling sesuai di papan tulis.
10.  Siswa membaca teks bacaan berjudul “Perbedaan Bukanlah Penghalang” yang ada di buku siswa halaman 110.
11.  Siswa membaca teks dengan membaca berantai.
12.  Guru menunjuk satu siswa dan siswa lain mendengarkan kemudian melanjutkan bacaan sebelumnya.
13.  Siswa mencari gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks bacaan tersebut.
14.  Siswa menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa halaman 111.
15.  Guru mengajak melakukan kegiatan pembahasan hasil kerja menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
16.  Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
17.  Siswa menyampaikan jawabannya.
18.  Guru memberikan penguatan mengenai cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
19.  Guru mengaitkan materi sebelumnya (teks bacaan) dengan materi berikutnya yaitu kebiasaan bekerjasama. Kaitannya, teks tersebut berisi tentang contoh kebiasaan kerjasama.
20.  Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai kebiasaan kerjasama menggunakan media gambar yang menunjukkan kebiasaan kerjasama dan bukan kebiasaan kerjasama.
21.  Guru membagi siswa dalam kelompok belajar yang terdiri dari 4-5 siswa.
22.  Guru memberikan tugas mencari informasi mengenai kebiasaan kerjasama berdasarkan teks bacaan.
23.  Siswa berdiskusi dan menulis hasil temuannya di buku siswa halaman 113.
24.  Siswa mempresentasikan hasil diskusinya.
25.  Guru memberikan penguatan tentang kerjasama.
26.  Guru menginformasikan materi berikutnya menggunakan gambar tentang kebiasaan kerjasama yang terdapat gambar salah satu sudut didalamnya.
27.  Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai sudut.
28.  Siswa mengamati gambar jam gadang yang ada di buku halaman 114.
29.  Siswa mengamati sudut-sudut yang ada di jam gadang dengan melingkari dan memberikan nomor.
30.  Siswa memprediksi besar sudut.
31.  Siswa membuktikan dengan mengukur menggunakan busur.
32.  Guru berkeliling dan memastikan bahwa setiap siswa sudah mengukur dengan cara yang benar dan mendampingi siswa yang masih kesulitan.
33.  Siswa menuliskan hasil pembuktian di buku halaman 114.
34.  Siswa mempresentasikam hasil kerjanya.
140 menit
AKHIR
35.  Guru mengajak siswa melakukan review mengenai materi-materi yang sudah dipelajari.
36.  Siswa mengerjakan LKPD secara berkelompok.
37.  Guru membagikan lembar evaluasi sebagai tugas untuk dikerjakan di rumah.
38.  Guru mengajak siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
39.  Guru memberikan salam.
35 menit

H.      PENILAIAN
1.      TeknikPenilaian
a.    Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung melalui pengamatan guru (terlampir).
b.   Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar, dengan bentuk soal evaluasi berupa tes tertulis (terlampir).
c.    Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Penilaian keterampilan menggunakan lembar kerja peserta didik dengan rubrik penilaian.
2.        Instrumen
a.    Lembar Evaluasi                                  : terlampir
b.    LKPD                                                  : terlampir
c.    Lembar Pengamatan Sikap                  : terlampir
d.   Lembar Pengamatan Keterampilan     : terlampir
3.        Pembelajaran Remidial dan Pengayaan         
              a.     Jika pada soal evaluasi siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM yaitu 70, maka siswa dinyatakan belum tuntas dan diberikan remidial. Siswa yang remidial diberikan tambahan jam belajar di luar jam sekolah untuk mengulang materi yang belum dipahami. Kemudian siswa diberikan soal kembali untuk mengukur kemampuannya.
             b.     Sedangkan siswa yang sudah mencapai KKM pada soal evaluasi, maka siswa diberikan soal-soal pengayaan untuk memperdalam materi.

I.         MEDIA/ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.    MEDIA                          : Teks bacaan, gambar kerjasama, bangun datar (segitiga).
2.    ALAT                             : Alat tulis.
3.    BAHAN                          : Teks bacaan.
4.    SUMBER BELAJAR  
Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan.
Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku Siswa SD/MI SD/MI Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan.



                                                Surabaya, 24 Juli 2017
Guru Kelas IV-B                                                                                                    Mahasiswa PPP
                                                                                                                                                                          

DEEMI WAHYUNI, S.Pd.                                                                     NISFUL LAILA
   NIP. 196112061982012011                                                                      NIM. 14010644045

Mengetahui,
Kepala SDN Sumur Welut III


M. JUNIARDI, S.Pd, M.Pd
NIP. 197306211997071001







Lampiran : Materi Pembelajaran

Bahasa Indonesia
Gagasan Pokok dan Gagasan Penjelas
Gagasan pokok adalah gagasan yang terdapat di dalam kalimat utama, yang diperjelas oleh gagasan penjelas, dan yang menjadi inti/pokok pembahasan suatu paragraf. Oleh karena itu, gagasan pokok itu sama dengan ide pokok paragraf, pokok pikiran paragraf, atau pikiran utama paragraf.
Gagasan penjelas adalah gagasan yang terdapat di dalam kalimat penjelas yang berfungsi memperjelas gagasan utama, dan tidak menjadi inti/pokok pembahasan suatu paragraf. Gagasan penjelas bisa berupa contoh-contoh, bukti-bukti, data-data, fakta-fakta, penjabaran, detail, dan lain sebagainya yang digunakan untuk memperjelas gagasan utama.

Contoh
Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia. Hampir di semua negara diadakan pertandingan-pertandingan sepak bola untuk mencari atlet-atlet yang andal dalam olahraga ini. Berbagai peristiwa akbar olahraga sepak bola seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Piala Asia, serta liga tingkat nasional di berbagai negara merupakan salah satu bukti bahwa olahraga ini memang sangat digemari.

Gagasan pokok :
Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia.

Gagasan penjelas :
Hampir di semua negara diadakan pertandingan-pertandingan sepak bola untuk mencari atlet-atlet yang andal dalam olahraga ini. Berbagai peristiwa akbar olahraga sepak bola seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Piala Asia, serta liga tingkat nasional di berbagai negara merupakan salah satu bukti bahwa olahraga ini memang sangat digemari.


PPKn
Keberagaman Kerjasama
Definisi Kerjasama
Melakukan tindakan atau pekerjaan bersama orang lain disebut kerja sama. Kerja sama itu sangat penting karena manusia tidak bisa hidup sendiri. Manusia membutuhkan bantuan orang lain.
Contoh Kerjasama dalam Keberagaman
  • Kerja bakti rumah/keluarga, misalnya menyapu, mengepel, membersihkan tempat tidur dan sebagainya.
  • Tugas piket kelas.
  • Kerjasama untuk lomba kebersihan kelas.
  • Belajar kelompok.
  • Bekerja sama dalam olaraga.
  • Membersihkan lingkungan.
  • Menjaga keamanan lingkungan.
  • Memperingati hari-hari besar Nasional.

Manfaat Kerjasama
1.      Pekerjaan yang berat menjadi lebih ringan.
2.      Pekerjaan akan lebih cepat selesai.
3.      Hasil pekerjaan akan memuaskan.
4.      Tercipta rasa kebersamaan dan aman.
5.      Lingkungan menjadi bersih dan nyaman.




Matematika
Sudut
Dua sinar garis yang memiliki titik pangkal yang sama akan membentuk suatu sudut. Titik pangkal yang sama itu disebut titik sudut, sedangkan dua sinar garis disebut kaki sudut.

Jenis-jenis Sudut
1. Sudut Siku-Siku
Suatu sudut disebut sudut siku-siku jika kaki-kaki sudutnya tegak lurus, yaitu ukurannya adalah 90 derajat.

Cara menentukan sudut agar dapat dikatakan siku-siku :

2. Sudut Lancip
Suatu sudut disebut sudut lancip jika ukuran sudutnya lebih kecil dari sudut siku-siku, yaitu antara 0 dan 90 derajat (00 < sudut lancip < 900).

Cara menentukan sudut agar dapat dikatakan lancip :


3. Sudut Tumpul
Suatu sudut disebut sudut tumpul jika ukuran sudutnya lebih besar dari sudut siku-siku, yaitu antara 90 dan 180 derajat (900 < sudut tumpul < 1800). Sudut-sudut berikut adalah sudut tumpul.

Cara menentukan sudut agar dapat dikatakan tumpul :


Cara menggunakan busur untuk menentukan sudut :
Misalkan :

Kita menggunakan skala bagian dalam untuk menentukan ukuran sudut ABC. Kita lihat bahwa sudut tersebut berukuran 60º. Kita tuliskan besar sudut ini sebagai berikut: ∠ABC = 60o Untuk Menentukan besar sudut PQR, letakkan busur seperti semula dan gunakan skala dari luar. Lihatlah bahwa sudut PQR adalah 1200. Kita tuliskan sudut ini sebagai berikut: ∠PQR = 120o





Lampiran : Media Pembelajaran

Bahasa Indonesia
Teks Bacaan Berjudul “Perbedaan Bukanlah Penghalang”
Perbedaan Bukanlah Penghalang

Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.

Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
PPKn
Gambar-gambar  tentang Bekerjasama dalam Keberagaman
G:\SDN Sumur Welut III Surabaya\GAMBAR\kebe.jpg
G:\SDN Sumur Welut III Surabaya\2.JPG

Matematika
Bangun Datar “Segitiga”





Format Penilaian

1.      Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan.
Lembar Pengamatan Sikap
a.       Disiplin
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Catatan Guru
Datang Tepat Waktu
Menger
jakan Tugas Tepat Waktu
Tertib Dalam Pembela
jaran
Bersera
gam Lengkap
Melaksanakan Piket
Mengembalikan Pinja
man
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB dan PB
1.














2.














3.














4.














5.















b.      Tanggung Jawab
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Catatan Guru
Menyelesaikan tugas belajar
Melaksanakan kebersi
han
Menger
jakan tugas PR
Memberi pemeca
han masalah
Mem
buat laporan
Menye
lesaikan tugas belajar
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB dan PB
1.














2.














3.














4.














5.















c.       Peduli
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Catatan Guru
Perhatian kepada teman
Mem
bantu teman
Ingin tahu kesulitan teman
Men
jenguk teman
Merawat lingkungan
Melerai teman
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB dan PB
1.














2.














3.














4.














5.















d.      Percaya Diri
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Catatan Guru
Berani tampil
Berani mencoba
Berani berpendapat
Berani memim
pin
Menyampaikan kritik
Memper
tahankan pendirian
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB dan PB
1.














2.














3.














4.














5.


















2. Penilaian pengetahuan :
Lembar Evaluasi :

Isian
Berisi 10 soal.
Skor  setiap soal 10
Benar semua 10 x 10 = 100

3. Penilaian keterampilan:
a. Bahasa Indonesia : gagasan pokok
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Mengidentifikasi gagasan pokok
Mengidentifikasi gagasan pendukung
Mengkomunikasikan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.













2.













3.













4.













5.


















            Rubrik Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan penjelas

b. PPKn : Diskusi pada saat membahas kerjasama di lingkungan
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Mendengarkan
Komunikasi Non Verbal
Partisipasi
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.













2.













3.













4.













5.

























Rubrik diskusi pada saat membahas kerjasama di lingkungan
c. Matematika : Teknik Mengukur Sudut
No.
Nama Siswa
Kriteria
Ya
Tidak
1.

Memegang busur dengan benar


Meletakkan busur pada sudut dengan tepat


Membaca hasil pengukuran dengan benar


Menuliskan nama sudut dan hasil pengukuran dengan benar


2.

Memegang busur dengan benar


Meletakkan busur pada sudut dengan tepat


Membaca hasil pengukuran dengan benar


Menuliskan nama sudut dan hasil pengukuran dengan benar


3.

Memegang busur dengan benar


Meletakkan busur pada sudut dengan tepat


Membaca hasil pengukuran dengan benar


Menuliskan nama sudut dan hasil pengukuran dengan benar


4.

Memegang busur dengan benar


Meletakkan busur pada sudut dengan tepat


Membaca hasil pengukuran dengan benar


Menuliskan nama sudut dan hasil pengukuran dengan benar


5.

Memegang busur dengan benar


Meletakkan busur pada sudut dengan tepat


Membaca hasil pengukuran dengan benar


Menuliskan nama sudut dan hasil pengukuran dengan benar








G:\SDN Sumur Welut III Surabaya\GAMBAR\39a862dce6da516c0c281066be4a76cc.jpgG:\SDN Sumur Welut III Surabaya\GAMBAR\39a862dce6da516c0c281066be4a76cc.jpg

H:\PPP 2017\Kelas 4\REVISI\Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1\2.JPG


  1. Bacalah paragraf berikut ini
Keluarga Pak Wiryo adalah keluarga yang rukun. Mereka saling membantu dalam bekerja. Hari ini keluarga Pak Wiryo pergi ke sawah. Mereka akan menanam padi. Pak Wiryo dibantu Bu Wiryo dan kedua anaknya, yaitu Lina dan Teguh.
  1. Tentukan gagasam utamanya dan gagasan pendukungnya.
  2. Tuliskan pada diagram dibawah ini.







LEMBAR EVALUASI

Nama                          :
Kelas / No. Absen      :

A.  Isilah titik-titik dengan jawaban yang benar.

1.      Bentuk kerjasama dalam keberagaman anggota keluarga adalah
2.      Manfaat dari kerjasama adalah …
3.       Gemma dan Haza membantu Ayah dan Ibu membersihkan rumah. Gemma menyapu halaman depan. Sedangkan, Haza menyiram bunga-bunga di taman di depan rumah. Manfaat dari sikap kerjasama Gemma dan Haza adalah …
4.      Sudut dengan ukuran 90 derajat, yaitu …
5.      Sudut dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran sudut siku-siku
adalah …
6.      Sudut dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran sudut siku-siku
adalah
7.      Bacalah teks berikut ini.
      Keluarga Pak Wiryo adalah keluarga yang rukun. Mereka saling membantu dalam bekerja. Hari ini keluarga Pak Wiryo pergi ke sawah. Mereka akan menanam padi. Pak Wiryo dibantu Bu Wiryo dan kedua anaknya, yaitu Lina dan Teguh.
      Pak Wiryo dan Bu Wiryo menyiapkan benih yang akan ditanam. Mereka mencabuti benih yang telah disemaikan. Agar akarnya tidak putus mereka mencabuti dengan hati-hati. Benih yang sudah dicabuti dibawa Teguh ke petak sawah yang akan ditanami. Setiap petak mendapat sejumlah tumpukan benih.
a.       Apa gagasan pokok dari paragraf 1?
b.      Apa gagasan penjelas dari paragraf 1?
c.       Apa gagasan pokok dari paragraf 2?
d.      Apa gagasan penjelas dari paragraf 2?
KUNJI JAWABAN LEMBAR EVALUASI

1.      Kerja bakti rumah/keluarga, misalnya menyapu, mengepel, membersihkan tempat tidur dan sebagainya.
2.      Pekerjaan yang berat menjadi lebih ringan, pekerjaan akan lebih cepat selesai, dan asil pekerjaan akan memuaskan.
3.      Tercipta rasa kebersamaan dan aman dan lingkungan menjadi bersih dan nyaman.
4.      Siku-siku.
5.      Lancip.
6.      Tumpul.
7.      Gagasan pokok : Keluarga Pak Wiryo adalah keluarga yang rukun.
Gagasan penjelas : Mereka saling membantu dalam bekerja. Hari ini keluarga Pak Wiryo pergi ke sawah. Mereka akan menanam padi. Pak Wiryo dibantu Bu Wiryo dan kedua anaknya, yaitu Lina dan Teguh.
Gagasan pokok : Pak Wiryo dan Bu Wiryo menyiapkan benih yang akan ditanam.
Gagasan penjelas : Mereka mencabuti benih yang telah disemaikan. Agar akarnya tidak putus mereka mencabuti dengan hati-hati. Benih yang sudah dicabuti dibawa Teguh ke petak sawah yang akan ditanami. Setiap petak mendapat sejumlah tumpukan benih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...