PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
KELAS II SEMESTER 1
TEMA 1 HIDUP RUKUN
SUBTEMA 4 HIDUP RUKUN DI MASSYARAKAT
PEMBELAJARAN 6
Oleh :
NISFUL LAILA
NIM. 14010644045
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2017
JARING TEMA
Tema 1 Hidup Rukun
Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran 6
SILABUS
SEKOLAH
:SDN SUMUR
WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER : II/I
TEMA
: 1.
Hidup Rukun
SUBTEMA
: 4. Hidup
Rukun di Masyarakat
PEMBELAJARAN : 6
ALOKASI
WAKTU : 3 X 35
menit
Kompetensi
Inti
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Pengalaman
Belajar
|
Alo
kasi
Bela
jar
|
Penilaian
|
Alat/Bahan
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Soal
|
||||||
Bahasa Indone
sia
|
3.1
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita
atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita
atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.
|
1. Siswa mendengarkan
dongeng yang dibaca guru tentang kisah jerapah yang sombong.
2. Siswa membuat
pertanyaan tentang hal-hal yang ingin diketahui dari cerita tersebut.
3. Siswa saling bertukar
pertanyaan dengan temannya dan saling menjawab pertanyaan.
4. Guru menginformasikan
bahwa didalam dongeng “Jerapah yang Sombong” terdapat contoh kalimat
penolakan.
5. Guru menginformasikan
definisi, ciri-ciri, dan contoh kalimat penolakan.
6. Siswa mencari kalimat
penolakan yang terdapat pada dongeng yang sudah didengarnya.
7. Siswa menuliskan
kalimat penolakan yang terdapat pada dongeng.
|
25 menit
|
Tes tulis
|
Lembar evaluasi
|
1. Kalimat
“Aku tidak mau bermain layang-layang sekarang” merupakan kalimat...
2. Berikut
ini yang merupakan kalimat penolakan adalah...
|
Alat tulis
|
Kementerian
pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku
Guru SD/MI Kelas II Tema 1 Hidup Rukun.
|
PPKn
|
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila
Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan
sila-sila Pancasila.
|
3. Guru melakukan
kegiatan tanya jawab mengenai bunyi dan lambang Pancasila.
4. Guru menginformasikan
makna dari sila keempat dan sila kelima Pancasila.
5. Siswa memasangkan gambar yang sesuai dengan sila keempat dan sila
kelima Pancasila.
6. Siswa mengerjakan LKPD :
-
Siswa
menuliskan penerapan sila keempat Pancasila.
|
25 menit
|
Tes tulis
|
Lembar evaluasi
|
3. Daris
mempunyai 10 permen. Daris memberikan 5 permen pada adiknya agar adil. Daris
dan adiknya sama-sama mempunyai 5 permen. Sikap Daris yaitu...
4. Perilaku
yang sesuai dengan sila keempat Pancasila adalah...
5. Lambang
sila keempat dan sila kelima yaitu...
|
Alat tulis
|
|
Matema
tika
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan
sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.3Menyelesaikan
masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999
dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
|
6.
Guru menginformasikan contoh soal cerita berkaitan dengan
pengurangan dan penjumlahan.
7.
Siswa berlatih membuat soal cerita.
|
20 menit
|
Tes tulis
|
Lembar evaluasi
|
Buatlah soal cerita dari soal penjumlahan
dan pengurangan berikut ini :
1. 221 + 321 – 50 =
2. 820 – 170 + 100 =
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM
2013
SEKOLAH
:SDN SUMUR
WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER : II/I
TEMA
: 1. Hidup
Rukun
SUBTEMA
: 4. Hidup
Rukun di Masyarakat
PEMBELAJARAN : 6
ALOKASI
WAKTU : 3 X 35 menit
A. KOMPETENSI ISI
(KI) :
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD)
Bahasa
Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat
dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
4.1
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu
anak-anak dengan bahasa yang santun.
PPKn
1.1 Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala
banteng, dan padi
kapas dan
sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1
Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam
lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
3.1
Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang
negara Garuda Pancasila.
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada
lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
Matematika
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.3
Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan
bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan.
C. INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.1.1 Mengindentifikasi kalimat penolakan dalam dongeng berjudul “Jerapah
yang Sombong”.
4.1.1 Menulis kalimat penolakan
dalam dongeng berjudul “Jerapah yang Sombong”.
PPKn
3.1.1
Mengidentifikasi gambar yang sesuai dengan makna dan lambang sila keempat dan
sila kelima Pancasila.
3.1.2
Memasangkan gambar dengan makna dan lambang sila keempat dan sila kelima
Pancasila.
4.1.1
Menuliskan contoh pengamalan sila keempat dan sila kelima Pancasila.
Matematika
3.3.1 Mengidentifikasi contoh soal cerita berkaitan dengan penjumlahan
dan pengurangan.
4.3.1 Membuat soal cerita
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun di masyarakat,
siswa dapat menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita
yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
2. Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menuliskan
kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat
sederhana.
3. Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan
contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan
benar.
4. Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan
contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila kelima Pancasila dengan
benar.
5. Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun , siswa dapat menceritakan
pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di masyarakat dengan benar.
6. Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan
pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di masyarakat dengan benar.
7. Dengan diberikan gambar pengamalan sila Pancasila, siswa dapat menghubungkan
gambar pengamalan sila dengan lambang sila yang sesuai.
8. Dengan diberikan penyelesaian soal penjumlahan dan pengurangan, siswa
dapat membuat soal cerita dengan benar.
9. Dengan diberikan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan
dan pengurangan dengan benar.
E.
MATERI
-
Kalimat
penolakan (Bahasa Indonesia)
-
Perilaku
yang sesuai dengan sila keempat dan sila kelima Pancasila (PPKn)
-
Membuat
soal cerita berkaitan dengan pengurangan dan penjumlahan (Matematika)
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
-
Model : Model
Pembelajaran Langsung
-
Metode : Ceramah, tanya
jawab, penugasan
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
AWAL
|
1. Guru memberikan salam dan menanyakan kabar semua siswa.
2. Guru mengajak siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing.
3. Guru mengecek siswa melalui absensi dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
4. Guru mengajak siswa melafalkan “Pancasila”.
5.
Guru mengajak
siswa menyanyikan salah satu lagu wajib yaitu “Garuda Pancasila”
6.
Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari yaitu : Kalimat penolakan,
Sikap
yang sesuai dengan sila keempat dan sila kelima Pancasila, dan
Membuat
soal cerita matematika.
|
15
menit
|
INTI
|
1. Siswa mendengarkan
dongeng yang dibaca guru tentang kisah “Jerapah yang Sombong”.
2. Siswa mengerjakan LKPD
:
-
Siswa membuat pertanyaan tentang hal-hal yang ingin diketahui
dari cerita tersebut.
-
Siswa saling bertukar pertanyaan dengan temannya dan saling
menjawab pertanyaan.
3. Guru menginformasikan
bahwa didalam dongeng “Jerapah yang Sombong” terdapat contoh kalimat
penolakan.
4. Guru menginformasikan ulang
definisi, ciri-ciri, dan contoh kalimat penolakan melalui kegiatan tanya
jawab.
5. Siswa mencari kalimat
penolakan yang terdapat pada dongeng yang sudah didengarnya.
6. Siswa menuliskan
kalimat penolakan yang terdapat pada dongeng.
7. Guru melakukan
kegiatan tanya jawab mengenai bunyi dan lambang Pancasila.
8. Guru menginformasikan
makna dari sila keempat dan sila kelima Pancasila.
9. Siswa memasangkan gambar yang sesuai dengan sila keempat dan sila
kelima Pancasila.
10.
Guru menginformasikan contoh soal cerita berkaitan dengan
pengurangan dan penjumlahan.
11.
Siswa berlatih membuat soal cerita.
|
70
menit
|
AKHIR
|
1.
Guru mengajak
siswa melakukan review mengenai materi-materi yang sudah dipelajari.
2.
Guru membagikan
lembar evaluasi.
3.
Guru mengajak
siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
4.
Guru
memberikan salam.
|
20
menit
|
H.
PENILAIAN
1.
TeknikPenilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian
yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung melalui pengamatan guru (terlampir).
b.
Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar, dengan bentuk soal evaluasi berupa tes
tertulis (terlampir).
c.
Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Penilaian
keterampilan menggunakan lembar kerja peserta didik dengan rubrik penilaian.
2.
Instrumen
a. Lembar
Evaluasi :
terlampir
b. LKPD :
terlampir
c. Lembar
Pengamatan Sikap :
terlampir
d. Lembar
Pengamatan Keterampilan : terlampir
I.
MEDIA/ALAT/BAHAN
DAN SUMBER BELAJAR
1. MEDIA :
Miniatur hutan, kartu tanya, gambar lambang sila keempat dan sila kelima.
2. ALAT : Alat tulis.
3. BAHAN : Teks bacaan.
4. SUMBER BELAJAR
Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas II Tema 1 Hidup Rukun.
Surabaya,
24 Agustus 2017
Guru Kelas II Mahasiswa
PPP
SITI
RAHAYU, S.Pd. NISFUL LAILA
NIM.
14010644045
Mengetahui,
Kepala SDN Sumur
Welut III
M.
JUNIARDI, S.Pd, M.Pd
NIP.
197306211997071001
Lampiran : Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Kalimat Penolakan
Kalimat penolakan
merupakan kalimat yang menunjukkan tidak setuju, kurang setuju, kurang
sependapat, atau membantah dalam suatu hal.
Ciri-ciri :
Menggunakan kata-kata :
tidak mau, tidak setuju, atau kurang setuju yang menyatakan penolakan.
Contoh : Saya kurang setuju dengan pendapat Oca bahwa
penampilan Shienna sangat bagus.
PPKn
Pengalaman
Sila Keempat dan Sila Kelima Pancasila
Sila keempat
pancasila yang berbunyi “ Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
dalam permusyawaratan/perwakilan” memiliki makna nilai kerakyatan yang
berarti kedaulatan berada ditangan rakyat, setiap rakyat berhak memilih
perwakilan mereka, setiap rakyat memiliki kedudukan, hak, dan kewajiban yang
sama, dan musyawarah serta gotong royong merupakan nilai yang terkandung dalam
sila keempat.
Pengamalan :
1.
Mengutamakan kepentingan bersama.
2.
Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
3.
Mengutamakan musyawarah dalam pengambilan
keputusan untuk kepentingan bersama.
4.
Keputusan musyawarah yang diambil harus dapat
dipertanggung jawabkan.
Sila kelima pancasila yang berbunyi “ Keadilan
sosial bagi seluruh rakyat indonesia” didalamnya terkandung nilai keadilan yang
berarti keadilan dalam kehidupan sosial.
Implementasi
nilai keadilan :
1.
Berbuat luhur dan saling membantu dan gotong
royong.
2.
Bersikap adil.
3.
Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
4.
Menghormati hak-hak orang lain.
5.
Suka memberi pertolongan kepada orang lain.
6.
Tidak melakukan perbuatan yang merugikan
kepentingan umum.
Matematika
Soal Cerita Penjumlahan dan
Pengurangan
Contoh
soal cerita :
Contoh
1 :
Jeje
si jerapah mengambil 139 daun. Lalu, Jojo si jerapah memberikan 214 daun untuk
Jeje. Kemudian, Jeje memberikan daun miliknya kepada kakek jerapah sebanyak 100
daun. Berapa sisa daun Jeje si jerapah sekarang?
Contoh
2 :
Very
mempunyai 903 kelereng. Lalu, kelereng Very hilang sebanyak 103 saat Very
bermain kelereng di lapangan. Kemudian, Very membeli kelereng lagi sebanyak 50
kelereng. Berapa jumlah kelereng Very sekarang?
Lampiran : Media Pembelajaran
Bahasa Indonesia
- Panggung Boneka untuk Mendongeng
- Teks Dongeng “Jerapah yang Sombong”
- Kartu Tanya
PPKn
- Gambar yang berkaitan dengan pengamalan sila keempat dan sila kelima Pancasila.
Matematika
- Teks “Contoh Soal Cerita” berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
Contoh 1 :
Jeje si jerapah mengambil 139 daun. Lalu, Jojo si jerapah memberikan 214 daun untuk Jeje. Kemudian, Jeje memberikan daun miliknya kepada kakek jerapah sebanyak 100 daun. Berapa sisa daun Jeje si jerapah sekarang?
Contoh 2 :
Very mempunyai 903 kelereng. Lalu, kelereng Very hilang sebanyak 103 saat Very bermain kelereng di lapangan. Kemudian, Very membeli kelereng lagi sebanyak 50 kelereng. Berapa jumlah kelereng Very sekarang?
Format Penilaian
1.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap
siswa selama kegiatan.
Lembar Pengamatan Sikap
2.
Penilaian pengetahuan :
Lembar Evaluasi
Pilihan Ganda
Jumlah Soal : 5
Skor setiap soal : 10
Benar semua : 50
Isian
Jumlah Soal : 2 (membuat
soal cerita)
Skor setiap soal : 25
Benar semua : 50
Total :
50 + 50 = 100
3.
Penilaian
keterampilan:
Penilaian : Membuat Soal Cerita
No
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Membuat 4 soal cerita dengan benar
|
4
|
2.
|
Membuat 3 soal cerita dengan benar
|
3
|
3.
|
Membuat 2 soal cerita dengan benar
|
2
|
4.
|
Membuat 1 soal cerita dengan benar
|
1
|
- Dengarkan dongeng “Jerapah yang Sombong” yang dibacakan oleh gurumu.
- Buatlah 2 pertanyaan dari dongeng tersebut.
- Tuliskan di kartu tanya.
- Tukarkan kartu tanyamu dengan kartu tanya milik teman sebangkumu.
- Jawablah pertanyaan di kartu tanya milik teman sebangkumu.
Tempelkan kartu tanya milik temanmu pada kotak dibawah ini.
Jawablah pertanyaan pada kartu tanya milik temanmu.
Jawaban :
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
A. Ayo kerjakan soal di bawah ini dengan
memberikan tanda silang (X) pada jawaban yang tepat!
1.
Kalimat “Aku tidak
mau bermain layang-layang sekarang” merupakan kalimat...
a.
Perintah
b.
Penolakan
c.
Permintaan
d.
Penjelasan
2.
Berikut ini yang
merupakan kalimat penolakan adalah...
a.
Kerjakan tugasmu.
b.
Tidak mau, ah. Aku
mau belajar saja.
c.
Tolong ambilkan
buku itu.
d.
Jangan bolos
sekolah.
3.
Daris mempunyai 10
permen. Daris memberikan 5 permen pada adiknya agar adil. Daris dan adiknya
sama-sama mempunyai 5 permen. Sikap Daris yaitu...
a.
Sesuai dengan sila
kelima Pancasila.
b.
Tidak sesuai dengan
sila kelima Pancasila.
c.
Sesuai dengan sila
keempat Pancasila.
d.
Tidak sesuai dengan
sila keempat Pancasila.
4.
Perilaku yang
sesuai dengan sila keempat Pancasila adalah...
a.
Menghargai agama orang
lain
b.
Gotong royong
c.
Berbuat adil
d.
Melakukan diskusi
untuk menyelesaikan masalah
5.
Lambang sila
keempat dan sila kelima yaitu...
a.
Kepala banteng,
padi dan kapas
b.
Kepala banteng dan
bintang
c.
Kepala banteng dan
pohon beringin
d.
Kepala banteng dan
rantai
Buatlah soal cerita dari soal penjumlahan dan pengurangan
berikut ini :
1. 221 + 321 – 50 =
Soal cerita :
...................................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
2. 820 – 170 + 100 =
Soal cerita :
...................................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
Kunci Jawaban Lembar Evaluasi
Pilihan Ganda
1. B
2. B
3. A
4. D
5. A
Isian
1. –
2. –
Tidak ada komentar:
Posting Komentar