Rabu, 30 Agustus 2017

Perangkat Pembelajaran K-13 : Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6

PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

KELAS III SEMESTER 1
TEMA 1 PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN
SUBTEMA 2 PERKEMBANGBIAKAN HEWAN
PEMBELAJARAN 6






Oleh :
NISFUL LAILA
NIM. 14010644045






UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

2017





JARING TEMA
Tema 1 Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Subtema 2 Perkembangbiakan Tumbuhan
Pembelajaran 6







SILABUS
SEKOLAH                            :SDN SUMUR WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER           : III/I
TEMA                                    : 1. Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
SUBTEMA                            : 2. Perkembangbiakan Tumbuhan
PEMBELAJARAN              : 6
ALOKASI WAKTU                        : 5 X 35 menit

Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan.






Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Pengalaman Belajar
Alo
kasi Bela
jar
Penilaian
Alat/Bahan
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Soal
Bahasa Indonesia
3.2  Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewanm dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2  Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah.
1.      Guru mengajak siswa mengulang materi mengenai cara perkembangbiakkan tumbuhan secara alami yang sebelumnya, yaitu : tunas, umbi, dan biji.
2.      Guru menginformasikan materi mengenai perkembangbiakan secara buatan atau perkembangbiakan yang dibantu oleh manusia yaitu pencangkokan.
3.      Siswa membaca teks tentang proses pencangkokan yang ada pada buku halaman 103, 104, dan 105 secara bergantian dengan satu siswa membaca 2-3 kalimat.
4.      Guru memberikan penguatan mengenai proses pencangkokan menggunakan media “Gambar Pohon Langkah-Langkah Pencangkokan”.
5.      Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya.
6.      Siswa mengidentifikasi kata-kata baru yang ditemukan didalam teks bacaan pada buku halaman 103, 104, dan 105.
7.      Siswa mencari artinya dalam Kamus Bahasa Indonesia.
8.      Guru menginformasikan cara mencari kata dalam Kamus Bahasa Indonesia.
9.      Siswa berlatih terlebih dahulu menentukan kata yang akan lebih dahulu muncul dalam kamus.
10.  Siswa berlatih mencari arti kata yang baru ditemuinya menggunakan kamus.
11.  Siswa berlatih membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemuinya.
50 menit
Tes tulis
Lembar evaluasi
1.      Buatlah kalimat dari kata-kata berikut ini :

Mangga
Pisang 
Lumut

1.    Amati di sekitar tempat tinggalmu. Datalah dan kelompokkan jenis tumbuhan berdasarkan cara perkembangbiakannya. Tuliskan 4 jenis tumbuhan.

Alat tulis
Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 1 Perkembangbiakkan Hewan dan Tumbuhan.

Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku Siswa SD/MI SD/MI Kelas III Tema 1 Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan.

PPKn
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
2.      Siswa membaca teks yang ada pada buku halaman 107 dan 108 secara bergantian dengan satu siswa membaca satu kalimat.
3.      Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks.
4.      Siswa memberikan tanggapan atau pendapat
tentang sebuah situasi.
40 menit
Tes tulis
Lembar evaluasi
1.      Ibu sedang memasak di dapur. Sebaik
nya kamu...

2.      Membantu Ayah di rumah merupa
kan...

Alat tulis
Matematika
3.2 Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
5.      Guru mengulang materi mengenai pengurangan bersusun melalui teks cerita yang ada pada buku halaman 109 dan 110.
6.      Siswa berlatih menyelesaikan soal pengurangan.
7.      Guru menginformasikan cara membuat soal cerita mengenai pengurangan.
8.      Siswa berlatih membuat soal yang berkaitan dengan pengurangan.
50 menit
Tes tulis
Lembar evaluasi
3.      1300 + 2100 = ...

4.      3996 – 1390 = ...


5.      4680 – 2080 = ...

Alat tulis






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM 2013

SEKOLAH                            :SDN SUMUR WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER           : III/I
TEMA                                    : 1. Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
SUBTEMA                            : 2. Perkembangbiakan Tumbuhan
PEMBELAJARAN              : 6
ALOKASI WAKTU                        : 5 X 35 menit

A.  KOMPETENSI ISI (KI) :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan.

B.  KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia :
3.2  Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewanm dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2  Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah.

PPKn :
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
Matematika :
3.1 Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.

C.  INDIKATOR
Bahasa Indonesia :
3.2.1        Mengidentifikasi isi teks tentang cara berkembang biak tumbuhan secara buatan.
3.2.2 Mencari arti di kamus untuk kata-kata baru yang ditemui dari teks arahan yang dibaca.
4.2.1 Membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemui dari teks arahan yang dibaca.
4.2.2 Menulis tahapan-tahapan pencangkokan berkaitan dengan perkembangbiakan secara buatan.

PPKn :
3.2.1 Mengidentifikasi hak sebagai anggota keluarga.
3.2.2 Mengidentifikasi kewajiban sebagai anggota keluarga.
4.2.1 Menyampaikan pendapat tentang kewajiban sebagai anggota keluarga.
4.2.2 Menuliskan kewajiban sebagai anggota keluarga.

Matematika :
3.2.1 Menyelesaikan soal pengurangan.
4.2.1 Merumuskan soal cerita dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi isi teks tentang cara berkembang biak tumbuhan dengan benar.
2. Dengan menggunakan kamus, siswa dapat menemukan kata-kata baru yang ditemui dari teks arahan yang dibaca dengan benar.
3. Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemui dari teks arahan yang dibaca dengan benar.
4. Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi hak sebagai anggota keluarga dengan benar.
5. Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban sebagai anggota keluarga dengan benar.
6. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyampaikan pendapat tentang kewajiban sebagai anggota keluarga dengan benar.
7. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal pengurangan dengan benar.
8. Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan soal cerita dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan.

E.       MATERI           
Menulis kalimat berkaitan perkembangbiakan tumbuhan secara buatan,
Kewajiban sebagai anggota keluarga, dan
Penguranagan bersusun.

F.   MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
-          Model              : Model Pembelajaran Langsung
-          Metode            : Ceramah, tanya jawab, diskusi penugas

G.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
AWAL
1.      Guru memberikan salam dan menanyakan kabar semua siswa.
2.      Guru mengajak siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
3.      Guru mengecek siswa melalui absensi dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4.      Guru mengajak siswa melafalkan “Pancasila”.
5.      Guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan literasi.
6.      Guru mengajak siswa melakukan ice breaking “Pohon Mangga”.
7.      Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari yaitu
Perkembangbiakan tumbuhan secara buatan,
Hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga, dan
Pengurangan bersusun.
20 menit
INTI
8.      Guru mengajak siswa mengulang materi mengenai cara perkembangbiakkan tumbuhan secara alami yang sebelumnya, yaitu : tunas, umbi, dan biji.
9.      Guru menginformasikan materi mengenai perkembangbiakan secara buatan atau perkembangbiakan yang dibantu oleh manusia yaitu pencangkokan.
10.  Siswa membaca teks tentang proses pencangkokan yang ada pada buku halaman 103, 104, dan 105 secara bergantian dengan satu siswa membaca 2-3 kalimat.
11.  Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya.
12.  Guru mengajak siswa keluar kelas dan mempraktikkan cara mencangkok salah satu tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah yaitu pohon mangga.
13.  Guru menginformasikan cara mencangkok pohon mangga.
14.  Siswa mengerjakan LKPD : langkah-langkah mencangkok pohon mangga sesuai gambar.
15.  Siswa mengidentifikasi kata-kata baru yang ditemukan didalam teks bacaan pada buku halaman 103, 104, dan 105.
16.  Siswa mencari artinya dalam Kamus Bahasa Indonesia.
17.  Guru menginformasikan cara mencari kata dalam Kamus Bahasa Indonesia.
18.  Siswa berlatih terlebih dahulu menentukan kata yang akan lebih dahulu muncul dalam kamus.
19.  Siswa berlatih mencari arti kata yang baru ditemuinya menggunakan kamus.
20.  Siswa berlatih membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemuinya.
21.  Siswa membaca teks yang ada pada buku halaman 107 dan 108 secara bergantian dengan satu siswa membaca satu kalimat.
22.  Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks.
23.  Siswa memberikan tanggapan atau pendapat
tentang sebuah situasi.
24.  Guru menunjukkan satu set gambar secara satu persatu berkaitan dengan kewajiban di rumah.
25.  Guru memberikan tugas : menuliskan nama kegiatan berkaitan dengan kewajiban di rumah sesuai gambar pada buku catatan siswa.
26.  Guru mengulang materi mengenai pengurangan bersusun melalui teks cerita yang ada pada buku halaman 109 dan 110.
27.  Siswa berlatih menyelesaikan soal pengurangan.
28.  Guru menginformasikan cara membuat soal cerita mengenai pengurangan.
29.  Siswa berlatih membuat soal yang berkaitan
dengan pengurangan.
155 menit
AKHIR
1.      Guru mengajak siswa melakukan review mengenai materi-materi yang sudah dipelajari.
2.      Guru membagikan lembar evaluasi sebagai tugas untuk dikerjakan di rumah.
3.      Guru mengajak siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
4.      Guru memberikan salam.
35 menit




H.      PENILAIAN
1.      TeknikPenilaian
a.    Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung melalui pengamatan guru (terlampir).
b.   Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar, dengan bentuk soal evaluasi berupa tes tertulis (terlampir).
c.    Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Penilaian keterampilan menggunakan lembar kerja peserta didik dengan rubrik penilaian.
2.        Instrumen
a.    Lembar Evaluasi                                  : terlampir
b.    LKPD                                                  : terlampir
c.    Lembar Pengamatan Sikap                  : terlampir
d.   Lembar Pengamatan Keterampilan     : terlampir

I.         MEDIA/ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.    MEDIA                          :
Bahasa Indonesia
-          Alat dan bahan untuk mencangkok :
Pisau, plastik, tali rafia, tanah, air, ember, botol.
-          Pohon mangga di lingkungan sekolah
-          Kamus bahasa Indonesia
-          Teks bacaan di buku siswa
PPKn
-          Teks bacaan di buku siswa.
-          Papan interaktif berisi satu set gambar tentang kewajiban sebagai anggota keluarga.
Matematika
-          Teks bacaan di buku siswa.
-          Papan interaktif berisi soal pengurangan bersusun dan membuat cerita tentang pengurangan.
2.    ALAT                             : Alat tulis.
3.    BAHAN                          : Teks bacaan.


4.    SUMBER BELAJAR  
Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 1 Perkembangbiakkan Hewan dan Tumbuhan.
Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku Siswa SD/MI SD/MI Kelas III Tema 1 Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan.



                                                Surabaya, 7 Agustus 2017
Guru Kelas III-B                                                                                                    Mahasiswa PPP
                                                                                                                                                                          

PURIYANI, S.Pd.                                                                                                NISFUL LAILA
   NIP. 196003211981122005                                                                      NIM. 14010644045



Mengetahui,
Kepala SDN Sumur Welut III


M. JUNIARDI, S.Pd, M.Pd
NIP. 197306211997071001





Lampiran : Materi Pembelajaran

Bahasa Indonesia
Mencari arti kata sulit berdasarkan teks dan membuat kalimat berdasarkan kata sulit.
Teks bacaan :
Mencangkok Tanaman

Selain perkembangbiakan melalui tunas dan umbi, beberapa jenis tanaman juga bisa dikembangbiakan dengan perkembangbiakan buatan. Perkembangbiakan buatan adalah perkembangbiakan tumbuhan dengan bantuan manusia. Perkembangbiakan buatan di antaranya adalah dengan mencangkok, stek, dan menempel.

Mencangkok tanaman adalah cara paling murah dan mudah untuk mengembangbiakan tanaman. Keuntungan mencangkok adalah tanaman tumbuh lebih cepat dari biasanya dan mutunya lebih baik dari tanaman induknya. Kekurangan mencangkok tanaman adalah lebih mudah roboh jika dibandingkan dengan tanaman yang berasal dari perkembangbiakan dengan biji. Akar tanaman hasil mencangkok lebih rapuh.

Alat-alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah: pisau, sabut kelapa/plastik, tali, dan sedikit tanah yang dicampur pupuk kandang. Langkah-langkah untuk melakukan pencangkokan adalah :

1)      Pilih cabang/dahan pohon dengan ukuran sedang.
2)      Kupas dahan hingga bersih dari kulit dan lendir kira-kira sepanjang 5-9 cm.
3)      Tutup luka dengan tanah subur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.
4)      Kemudian bungkus tanah dengan sabut kelapa/ plastik, lalu diikat dengan tali.
5)      Siram cangkokan setiap pagi dan sore.
6)      Setelah akarnya tumbuh banyak, potong cabang dari induknya dan tanam di tempat yang teduh.
7)      Biasanya akar akan tumbuh dalam waktu sekitar 1-2 bulan.


Misalkan :
NO.
KATA SULIT
ARTI
KALIMAT
1.
Tunas


2.
Umbi


3.
Mencangkok


4.
Stek


5.
Mutu


6.
Lendir


7.
Teduh


8.
Induk


9.
Pupuk


10.
Sabut kelapa



Menuliskan tahapan-tahapan mencangkok sesuai gambar
Cara Mencangkok Tanaman
Alat-alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah : pisau, sabut kelapa/plastik, tali, dan sedikit tanah
yang dicampur pupuk kandang.

Langkah-langkah untuk melakukan pencangkokan adalah:
·         Pilih cabang/dahan pohon dengan ukuran sedang.
·         Kupas dahan hingga bersih dari kulit dan lendir kira-kira sepanjang 5-9 cm.
·         Tutup luka dengan tanah subur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.
·         Kemudian bungkus tanah dengan sabut kelapa/plastik, lalu diikat dengan tali.
·         Siram cangkokan setiap pagi dan sore.
·         Setelah akarnya tumbuh banyak, potong cabang dari induknya dan tanam di tempat yang teduh.
·         Biasanya akar akan tumbuh dalam waktu sekitar 1-2 bulan.
PPKn
Kewajiban sebagai Anggota Keluarga
Kewajiban menurut KBBI adalah sesuatu yang diwajibkan, sesuatu yang harus dilaksankan, keharusan, sesuatu yang harus dilaksanakan, atau juga tugas, dan hak tugas menurut hukum.
Kewajiban sebagai anak :
1. Membantu orang tua (membersihkan rumah, dsb)
2. Menghormati orang tua (berpamitan sebelum ke sekolah)
3. menaati peraturan orang tua (tidak terlambat pulang ke rumah)
4. Menyayangi adik atau kakak
5. Menghormati kakak
6. Menyayangi semua anggota keluarga
7. Mengerjakan tugas di rumah (Mengerjakan PR dan belajar)
8. Tidak menyakiti orang tua
9. Tidak merusak barang di rumah
10. Membereskan kamar
Matematika
Pengurangan Bersusun
Pak Hasan, tetangga Udin, memiliki perkebunan mangga di dua tempat yang berbeda. Pak Hasan menanam mangga di kedua perkebunan tersebut dengan cara yang berbeda pula. Di kebun petama, Pak Hasan menanam 3350 pohon mangga dari bijinya. Sedangkan di kebun yang kedua menanam 1.100 pohon dari cangkokan pohon mangga. Bisakah kamu membantu Pak Hasan menghitung
berapa selisih pohon mangga yang ditanam di kedua tempat tersebut?

Contoh cara menyelesaikan soal pengurangan :






Lampiran : Media Pembelajaran
Bahasa Indonesia
-          Alat dan bahan untuk mencangkok :
Pisau, plastik, tali rafia, tanah, air, ember, botol.
-          Pohon mangga di lingkungan sekolah
-          Kamus bahasa Indonesia
-          Teks bacaan di buku siswa
PPKn
-          Teks bacaan di buku siswa.
-          Papan interaktif berisi satu set gambar tentang kewajiban sebagai anggota keluarga.
Matematika
-          Teks bacaan di buku siswa.
-          Papan interaktif berisi soal pengurangan bersusun dan membuat cerita tentang pengurangan.





Format Penilaian

1.      Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan.
Lembar Pengamatan Sikap

2. Penilaian pengetahuan :
Lembar Evaluasi :
PILIHAN GANDA
Jumlah soal 5
Skor setiap soal 10
Benar semua 5 X 10
ISIAN
Membuat Kalimat
Jumlah soal 3
Skor setiap soal 10
Benar semua 3 X 10
Soal pencangkokan
Jumlah soal 4
Skor setiap soal 5
Benar semua 4 X 5

Total :
50     30 + 20 = 100

3.      Penilaian keterampilan:
Penilaian : Kemampuan Menggunakan Kamus
No.
Nama Siswa
Kemampuan Menggunakan Kamus
Terlihat
Belum Terlihat
1.



2.



3.









G:\SDN Sumur Welut III Surabaya\GAMBAR\39a862dce6da516c0c281066be4a76cc.jpg G:\SDN Sumur Welut III Surabaya\GAMBAR\39a862dce6da516c0c281066be4a76cc.jpg

  • Kamu sudah belajar tentang tahapan mencangkok.
  • Sekarang, tuliskan tahapan-tahapan mencangkok sesuai dengan gambar.

Tahapan 1 :
Tahapan 2 :
Tahapan 3 :
Tahapan 4 :


































A.  Ayo kerjakan soal di bawah ini dengan memberikan tanda silang (X)  pada jawaban yang tepat!


1.    Ibu sedang memasak di dapur. Sebaiknya kamu...
a.    Membiarkan
b.   Membantu
c.   Melihat
d.   Menonton

2.    Membantu Ayah di rumah merupakan...
a.    Hak
b.   Kewajiban
c.   Perintah
d.   Nasihat

3.    1300 + 2100 = ...
a.    3400
b.   4400
c.   5400
d.   6400

4.    3996 – 1390 = ...
a.    2660
b.   2666
c.   2600
d.   2606

5.    4680 – 2080 = ...
a.    3600
b.   3006
c.   3060
d.   3660



Selesaikan soal-soal dibawah ini!

1.    Buatlah kalimat dari kata-kata berikut ini :

Mangga       =        ....................................................................................

Pisang         =        ....................................................................................

Lumut         =        ....................................................................................



2.    A. Perkembangbiakan buatan adalah ......................................................

..................................................................................................................

B.   Salah satu perkembangbiakan secara buatan yaitu ............................

C.  Tahapan pertama dalam mencangkok adalah.......................................

..............................................................................................................

D.  Tuliskan nama tumbuhan yang bisa berkembangbiak dengan

pencangkokan : ....................................................................................

















Kunci Jawaban Lembar Evaluasi

Pilihan Ganda
1.    B
2.    B
3.    A
4.    D
5.    A

Isian

1.   
2.    A. Perkembangbiakan dengan bantuan manusia.
B. Pencangkokan
C. Pilih cabang/dahan pohon dengan ukuran sedang. Lalu, upas dahan hingga bersih dari kulit dan lendir kira-kira sepanjang 5-9 cm.
D. Mangga,jambu, kamboja, dll.




1 komentar:

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...