PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
KELAS III SEMESTER 1
TEMA 1 PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN
TUMBUHAN
SUBTEMA 2 PERKEMBANGBIAKAN HEWAN
PEMBELAJARAN 6
Oleh :
NISFUL LAILA
NIM. 14010644045
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2017
JARING TEMA
Tema 1 Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Subtema 2 Perkembangbiakan Tumbuhan
Pembelajaran 6
SILABUS
SEKOLAH
:SDN SUMUR
WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER : III/I
TEMA
: 1.
Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
SUBTEMA
: 2.
Perkembangbiakan Tumbuhan
PEMBELAJARAN : 6
ALOKASI
WAKTU : 5 X 35
menit
Kompetensi
Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan.
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Pengalaman
Belajar
|
Alo
kasi
Bela
jar
|
Penilaian
|
Alat/Bahan
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Soal
|
||||||
Bahasa Indonesia
|
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk
tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewanm dan
pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
4.2
Menerangkan
dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan
serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah.
|
1. Guru mengajak siswa
mengulang materi mengenai cara perkembangbiakkan tumbuhan secara alami yang
sebelumnya, yaitu : tunas, umbi, dan biji.
2. Guru menginformasikan
materi mengenai perkembangbiakan secara buatan atau perkembangbiakan yang
dibantu oleh manusia yaitu pencangkokan.
3.
Siswa membaca teks tentang
proses pencangkokan yang ada pada buku halaman 103, 104, dan 105 secara
bergantian dengan satu siswa membaca 2-3 kalimat.
4.
Guru memberikan penguatan mengenai proses
pencangkokan menggunakan media “Gambar Pohon Langkah-Langkah Pencangkokan”.
5.
Siswa menjawab pertanyaan
sesuai teks yang dibacanya.
6.
Siswa mengidentifikasi
kata-kata baru yang ditemukan didalam teks bacaan pada buku halaman 103, 104,
dan 105.
7.
Siswa mencari artinya dalam
Kamus Bahasa Indonesia.
8.
Guru menginformasikan cara
mencari kata dalam Kamus Bahasa Indonesia.
9. Siswa berlatih terlebih dahulu
menentukan kata yang akan lebih dahulu muncul dalam kamus.
10. Siswa berlatih mencari arti kata
yang baru ditemuinya menggunakan kamus.
11.
Siswa
berlatih membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemuinya.
|
50 menit
|
Tes tulis
|
Lembar evaluasi
|
1. Buatlah kalimat dari kata-kata berikut ini :
Mangga
Pisang
Lumut
1.
Amati
di sekitar tempat tinggalmu. Datalah dan kelompokkan jenis tumbuhan
berdasarkan cara perkembangbiakannya. Tuliskan 4 jenis tumbuhan.
|
Alat tulis
|
Kementerian
pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku
Guru SD/MI Kelas III Tema 1 Perkembangbiakkan Hewan dan Tumbuhan.
Kementerian
pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku
Siswa SD/MI SD/MI Kelas III Tema 1 Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan.
|
PPKn
|
3.2 Mengetahui
hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah.
|
2.
Siswa membaca teks yang ada
pada buku halaman 107 dan 108 secara bergantian dengan satu siswa membaca
satu kalimat.
3.
Siswa
berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks.
4.
Siswa
memberikan tanggapan atau pendapat
tentang
sebuah situasi.
|
40 menit
|
Tes tulis
|
Lembar evaluasi
|
1. Ibu sedang memasak di dapur. Sebaik
nya kamu...
2. Membantu Ayah di rumah merupa
kan...
|
Alat tulis
|
|
Matematika
|
3.2 Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan
dan perkalian.
4.2.
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih
strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan
dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
|
5.
Guru
mengulang materi mengenai pengurangan bersusun melalui teks cerita yang ada
pada buku halaman 109 dan 110.
6.
Siswa
berlatih menyelesaikan soal pengurangan.
7.
Guru
menginformasikan cara membuat soal cerita mengenai pengurangan.
8.
Siswa
berlatih membuat soal yang berkaitan dengan pengurangan.
|
50 menit
|
Tes tulis
|
Lembar evaluasi
|
3. 1300 + 2100 = ...
4. 3996 – 1390 = ...
5. 4680 – 2080 = ...
|
Alat tulis
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM
2013
SEKOLAH
:SDN SUMUR
WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER : III/I
TEMA
: 1.
Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
SUBTEMA
: 2.
Perkembangbiakan Tumbuhan
PEMBELAJARAN : 6
ALOKASI
WAKTU : 5 X 35
menit
A. KOMPETENSI ISI
(KI) :
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD)
Bahasa Indonesia :
3.2
Menguraikan
teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup
hewanm dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2
Menerangkan
dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan
serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah.
PPKn :
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari
di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah.
Matematika :
3.1 Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui
pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2. Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan
memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat,
waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
C. INDIKATOR
Bahasa Indonesia :
3.2.1
Mengidentifikasi
isi teks tentang cara berkembang biak tumbuhan secara buatan.
3.2.2 Mencari arti di kamus untuk kata-kata baru yang ditemui dari
teks arahan yang dibaca.
4.2.1 Membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemui dari teks
arahan yang dibaca.
4.2.2 Menulis tahapan-tahapan pencangkokan berkaitan dengan
perkembangbiakan secara buatan.
PPKn :
3.2.1 Mengidentifikasi hak sebagai anggota keluarga.
3.2.2 Mengidentifikasi kewajiban sebagai anggota keluarga.
4.2.1 Menyampaikan pendapat tentang kewajiban sebagai anggota
keluarga.
4.2.2 Menuliskan kewajiban sebagai anggota keluarga.
Matematika :
3.2.1 Menyelesaikan soal pengurangan.
4.2.1 Merumuskan soal cerita dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan pengurangan.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi isi teks tentang cara berkembang
biak tumbuhan dengan benar.
2.
Dengan menggunakan kamus, siswa dapat menemukan kata-kata baru yang ditemui dari
teks arahan yang dibaca dengan benar.
3.
Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat kalimat dari kata-kata baru yang
ditemui dari teks arahan yang dibaca dengan benar.
4.
Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi hak sebagai anggota keluarga dengan
benar.
5.
Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban sebagai anggota keluarga
dengan benar.
6.
Dengan berdiskusi, siswa dapat menyampaikan pendapat tentang kewajiban sebagai
anggota keluarga dengan benar.
7.
Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal pengurangan dengan
benar.
8.
Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan soal cerita dalam menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan.
E.
MATERI
Menulis
kalimat berkaitan perkembangbiakan tumbuhan secara buatan,
Kewajiban
sebagai anggota keluarga, dan
Penguranagan bersusun.
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
-
Model : Model
Pembelajaran Langsung
-
Metode : Ceramah, tanya
jawab, diskusi penugas
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
AWAL
|
1. Guru memberikan salam dan menanyakan kabar semua siswa.
2. Guru mengajak siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing.
3. Guru mengecek siswa melalui absensi dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
4. Guru mengajak siswa melafalkan “Pancasila”.
5. Guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan literasi.
6.
Guru mengajak
siswa melakukan ice breaking “Pohon Mangga”.
7.
Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari yaitu
Perkembangbiakan
tumbuhan secara buatan,
Hak
dan kewajiban sebagai anggota keluarga, dan
Pengurangan
bersusun.
|
20
menit
|
INTI
|
8. Guru mengajak siswa
mengulang materi mengenai cara perkembangbiakkan tumbuhan secara alami yang
sebelumnya, yaitu : tunas, umbi, dan biji.
9. Guru menginformasikan
materi mengenai perkembangbiakan secara buatan atau perkembangbiakan yang
dibantu oleh manusia yaitu pencangkokan.
10. Siswa membaca teks tentang proses pencangkokan yang ada pada buku
halaman 103, 104, dan 105 secara bergantian dengan satu siswa membaca 2-3
kalimat.
11. Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya.
12. Guru mengajak siswa keluar kelas dan mempraktikkan cara mencangkok
salah satu tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah yaitu pohon mangga.
13. Guru menginformasikan cara mencangkok pohon mangga.
14. Siswa mengerjakan LKPD : langkah-langkah mencangkok pohon mangga sesuai
gambar.
15. Siswa mengidentifikasi kata-kata baru yang ditemukan didalam teks
bacaan pada buku halaman 103, 104, dan 105.
16. Siswa mencari artinya dalam Kamus Bahasa Indonesia.
17. Guru menginformasikan cara mencari kata dalam Kamus Bahasa Indonesia.
18.
Siswa
berlatih terlebih dahulu menentukan kata yang akan lebih dahulu muncul dalam
kamus.
19.
Siswa
berlatih mencari arti kata yang baru ditemuinya menggunakan kamus.
20.
Siswa
berlatih membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemuinya.
21. Siswa membaca teks yang ada pada buku halaman 107 dan 108 secara
bergantian dengan satu siswa membaca satu kalimat.
22. Siswa berlatih menjawab pertanyaan
sesuai teks.
23. Siswa memberikan tanggapan atau
pendapat
tentang
sebuah situasi.
24. Guru
menunjukkan satu set gambar secara satu persatu berkaitan dengan kewajiban di
rumah.
25. Guru
memberikan tugas : menuliskan nama kegiatan berkaitan dengan kewajiban di
rumah sesuai gambar pada buku catatan siswa.
26.
Guru
mengulang materi mengenai pengurangan bersusun melalui teks cerita yang ada
pada buku halaman 109 dan 110.
27.
Siswa
berlatih menyelesaikan soal pengurangan.
28.
Guru
menginformasikan cara membuat soal cerita mengenai pengurangan.
29.
Siswa
berlatih membuat soal yang berkaitan
dengan
pengurangan.
|
155
menit
|
AKHIR
|
1.
Guru mengajak
siswa melakukan review mengenai materi-materi yang sudah dipelajari.
2.
Guru
membagikan lembar evaluasi sebagai tugas untuk dikerjakan di rumah.
3.
Guru mengajak
siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
4.
Guru memberikan
salam.
|
35
menit
|
H.
PENILAIAN
1.
TeknikPenilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian
yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung melalui pengamatan guru (terlampir).
b.
Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar, dengan bentuk soal evaluasi berupa tes
tertulis (terlampir).
c.
Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Penilaian
keterampilan menggunakan lembar kerja peserta didik dengan rubrik penilaian.
2.
Instrumen
a. Lembar
Evaluasi :
terlampir
b. LKPD :
terlampir
c. Lembar
Pengamatan Sikap :
terlampir
d. Lembar
Pengamatan Keterampilan : terlampir
I.
MEDIA/ALAT/BAHAN
DAN SUMBER BELAJAR
1. MEDIA :
Bahasa
Indonesia
-
Alat
dan bahan untuk mencangkok :
Pisau, plastik, tali rafia, tanah, air, ember, botol.
-
Pohon
mangga di lingkungan sekolah
-
Kamus
bahasa Indonesia
-
Teks
bacaan di buku siswa
PPKn
-
Teks
bacaan di buku siswa.
-
Papan
interaktif berisi satu set gambar tentang kewajiban sebagai anggota keluarga.
Matematika
-
Teks
bacaan di buku siswa.
-
Papan
interaktif berisi soal pengurangan bersusun dan membuat cerita tentang
pengurangan.
2. ALAT : Alat tulis.
3. BAHAN : Teks bacaan.
4. SUMBER BELAJAR
Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 1
Perkembangbiakkan Hewan dan Tumbuhan.
Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku Siswa SD/MI SD/MI Kelas III Tema 1
Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan.
Surabaya,
7 Agustus 2017
Guru Kelas III-B Mahasiswa
PPP
PURIYANI,
S.Pd. NISFUL LAILA
NIP. 196003211981122005 NIM.
14010644045
Mengetahui,
Kepala SDN Sumur
Welut III
M.
JUNIARDI, S.Pd, M.Pd
NIP.
197306211997071001
Lampiran : Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Mencari
arti kata sulit berdasarkan teks dan membuat kalimat berdasarkan kata sulit.
Teks bacaan :
Mencangkok Tanaman
Selain
perkembangbiakan melalui tunas dan umbi, beberapa jenis tanaman juga bisa dikembangbiakan
dengan perkembangbiakan buatan. Perkembangbiakan buatan adalah perkembangbiakan
tumbuhan dengan bantuan manusia. Perkembangbiakan buatan di antaranya adalah
dengan mencangkok, stek, dan menempel.
Mencangkok
tanaman adalah cara paling murah dan mudah untuk mengembangbiakan tanaman.
Keuntungan mencangkok adalah tanaman tumbuh lebih cepat dari biasanya dan
mutunya lebih baik dari tanaman induknya. Kekurangan mencangkok tanaman adalah
lebih mudah roboh jika dibandingkan dengan tanaman yang berasal dari
perkembangbiakan dengan biji. Akar tanaman hasil mencangkok lebih rapuh.
Alat-alat dan
bahan yang perlu disiapkan adalah: pisau, sabut kelapa/plastik, tali, dan
sedikit tanah yang dicampur pupuk kandang. Langkah-langkah untuk melakukan
pencangkokan adalah :
1)
Pilih
cabang/dahan pohon dengan ukuran sedang.
2)
Kupas
dahan hingga bersih dari kulit dan lendir kira-kira sepanjang 5-9 cm.
3)
Tutup
luka dengan tanah subur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.
4)
Kemudian
bungkus tanah dengan sabut kelapa/ plastik, lalu diikat dengan tali.
5)
Siram
cangkokan setiap pagi dan sore.
6)
Setelah
akarnya tumbuh banyak, potong cabang dari induknya dan tanam di tempat yang
teduh.
7)
Biasanya
akar akan tumbuh dalam waktu sekitar 1-2 bulan.
Misalkan
:
NO.
|
KATA
SULIT
|
ARTI
|
KALIMAT
|
1.
|
Tunas
|
|
|
2.
|
Umbi
|
|
|
3.
|
Mencangkok
|
|
|
4.
|
Stek
|
|
|
5.
|
Mutu
|
|
|
6.
|
Lendir
|
|
|
7.
|
Teduh
|
|
|
8.
|
Induk
|
|
|
9.
|
Pupuk
|
|
|
10.
|
Sabut kelapa
|
|
|
Menuliskan
tahapan-tahapan mencangkok sesuai gambar
Cara
Mencangkok Tanaman
Alat-alat
dan bahan yang perlu disiapkan adalah : pisau, sabut kelapa/plastik, tali, dan
sedikit tanah
yang
dicampur pupuk kandang.
Langkah-langkah
untuk melakukan pencangkokan adalah:
·
Pilih cabang/dahan pohon dengan ukuran sedang.
·
Kupas dahan hingga bersih dari kulit dan lendir kira-kira sepanjang
5-9 cm.
·
Tutup luka dengan tanah subur yang sudah dicampur dengan pupuk
kandang.
·
Kemudian bungkus tanah dengan sabut kelapa/plastik, lalu diikat
dengan tali.
·
Siram cangkokan setiap pagi dan sore.
·
Setelah akarnya tumbuh banyak, potong cabang dari induknya dan
tanam di tempat yang teduh.
·
Biasanya akar akan tumbuh dalam waktu sekitar 1-2 bulan.
PPKn
Kewajiban
sebagai Anggota Keluarga
Kewajiban menurut KBBI adalah sesuatu yang diwajibkan,
sesuatu yang harus dilaksankan, keharusan, sesuatu yang harus dilaksanakan,
atau juga tugas, dan hak tugas menurut hukum.
Kewajiban
sebagai anak :
1. Membantu orang tua
(membersihkan rumah, dsb)
2. Menghormati orang tua (berpamitan sebelum ke sekolah)
3. menaati peraturan orang tua (tidak terlambat pulang ke rumah)
4. Menyayangi adik atau kakak
5. Menghormati kakak
6. Menyayangi semua anggota keluarga
7. Mengerjakan tugas di rumah (Mengerjakan PR dan belajar)
8. Tidak menyakiti orang tua
9. Tidak merusak barang di rumah
10. Membereskan kamar
2. Menghormati orang tua (berpamitan sebelum ke sekolah)
3. menaati peraturan orang tua (tidak terlambat pulang ke rumah)
4. Menyayangi adik atau kakak
5. Menghormati kakak
6. Menyayangi semua anggota keluarga
7. Mengerjakan tugas di rumah (Mengerjakan PR dan belajar)
8. Tidak menyakiti orang tua
9. Tidak merusak barang di rumah
10. Membereskan kamar
Matematika
Pengurangan Bersusun
Pak Hasan,
tetangga Udin, memiliki perkebunan mangga di dua tempat yang berbeda. Pak Hasan
menanam mangga di kedua perkebunan tersebut dengan cara yang berbeda pula. Di
kebun petama, Pak Hasan menanam 3350 pohon mangga dari bijinya. Sedangkan di
kebun yang kedua menanam 1.100 pohon dari cangkokan pohon mangga. Bisakah kamu
membantu Pak Hasan menghitung
berapa selisih
pohon mangga yang ditanam di kedua tempat tersebut?
Contoh cara menyelesaikan soal
pengurangan :
Lampiran : Media Pembelajaran
Bahasa
Indonesia
-
Alat
dan bahan untuk mencangkok :
Pisau, plastik,
tali rafia, tanah, air, ember, botol.
-
Pohon
mangga di lingkungan sekolah
-
Kamus
bahasa Indonesia
-
Teks
bacaan di buku siswa
PPKn
-
Teks
bacaan di buku siswa.
-
Papan
interaktif berisi satu set gambar tentang kewajiban sebagai anggota keluarga.
Matematika
-
Teks
bacaan di buku siswa.
-
Papan
interaktif berisi soal pengurangan bersusun dan membuat cerita tentang
pengurangan.
Format Penilaian
1.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap
siswa selama kegiatan.
Lembar Pengamatan Sikap
2. Penilaian pengetahuan :
Lembar Evaluasi :
PILIHAN GANDA
Jumlah soal 5
Skor setiap soal 10
Benar semua 5 X 10
ISIAN
Membuat Kalimat
Jumlah soal 3
Skor setiap soal 10
Benar semua 3 X 10
Soal pencangkokan
Jumlah soal 4
Skor setiap soal 5
Benar semua 4 X 5
Total :
50
30 + 20 = 100
3.
Penilaian
keterampilan:
Penilaian : Kemampuan Menggunakan Kamus
No.
|
Nama
Siswa
|
Kemampuan
Menggunakan Kamus
|
|
Terlihat
|
Belum
Terlihat
|
||
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
- Kamu sudah belajar tentang tahapan mencangkok.
- Sekarang, tuliskan tahapan-tahapan mencangkok sesuai dengan gambar.
Tahapan 1 :
Tahapan 2 :
Tahapan 3 :
Tahapan 4 :
A. Ayo kerjakan soal di bawah ini dengan
memberikan tanda silang (X) pada jawaban yang tepat!
1.
Ibu sedang memasak
di dapur. Sebaiknya kamu...
a.
Membiarkan
b.
Membantu
c.
Melihat
d.
Menonton
2.
Membantu Ayah di
rumah merupakan...
a.
Hak
b.
Kewajiban
c.
Perintah
d.
Nasihat
3.
1300 + 2100 = ...
a.
3400
b.
4400
c.
5400
d.
6400
4.
3996 – 1390 = ...
a.
2660
b.
2666
c.
2600
d.
2606
5.
4680 – 2080 = ...
a.
3600
b.
3006
c.
3060
d.
3660
Selesaikan soal-soal dibawah ini!
1. Buatlah kalimat dari kata-kata
berikut ini :
Mangga = ....................................................................................
Pisang = ....................................................................................
Lumut = ....................................................................................
2. A. Perkembangbiakan buatan
adalah ......................................................
..................................................................................................................
B. Salah satu perkembangbiakan secara
buatan yaitu ............................
C. Tahapan pertama dalam mencangkok
adalah.......................................
..............................................................................................................
D. Tuliskan nama tumbuhan yang bisa
berkembangbiak dengan
pencangkokan :
....................................................................................
Kunci Jawaban Lembar Evaluasi
Pilihan Ganda
1. B
2. B
3. A
4. D
5. A
Isian
1. –
2. A. Perkembangbiakan dengan bantuan
manusia.
B. Pencangkokan
C. Pilih cabang/dahan pohon dengan ukuran
sedang. Lalu, upas dahan hingga bersih dari kulit dan lendir kira-kira
sepanjang 5-9 cm.
D. Mangga,jambu, kamboja, dll.
bagaimana cara mendownload tulisan ini?
BalasHapus