Sabtu, 05 Agustus 2017

Perangkat Pembelajaran K-13 : Kelas 5 (revisi 2017) Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4

PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

KELAS V SEMESTER 1
TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA
SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN
PEMBELAJARAN 4






Oleh :
NISFUL LAILA
NIM. 14010644045






UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

2017





JARING TEMA
Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia
Subtema 1 Organ Gerak Hewan
Pembelajaran 4







SILABUS
Satuan Pendidikan      : SDN Sumur Welut III/440
Kelas/Semester            : V/I
Tema                           : 1. Organ Gerak Hewan dan Manusia
Subtema                      : 1. Organ Gerak Hewan
Pembelajaran               : 4
Alokasi waktu             : 6x35 menit

Kompetensi Inti
1.             Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.             Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
3.             Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.             Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif,  kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.





Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Pengalaman Belajar
Alokasi Belajar
Penilaian
Alat/Bahan
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Soal
IPS

3.1  Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1  Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

1.   Siswa akan mengamati gambar “Denah Kandang Kelinci” pada buku siswa halaman 31.
2.   Siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati.
-          Apa saja bangunan yang ada pada denah kandang kelinci tersebut?
-          Dimana letak bangunan “Indukan B”?
-          Dimana letak bangunan “Kandang Pembesaran”?
-          Dimana letak bangunan “Tempat Pakan dan Minum”?
-          Bagaimana keadaan letak bangunan-bangunan pada denah kandang kelinci tersebut?
3.            Guru akan menunjuk beberapa siswa untuk mengemukakan jawabannya.
4.            Guru akan menggunakan jawaban-jawaban siswa untuk mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari yakni mengenai letak kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
5.            Siswa dapat menuliskan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia berdasarkan informasi atau sumber dari buku, majalah, surat kabar, internet, maupun artikel di internet
6.            Siswa akan mengerjakan LKPD (bagian 1) :
-          Siswa membuat gambar peta letak wilayah tempat tinggalnya.
7.            Guru akan mengajak melakukan pembahasan LKPD.
1 hari ( 6x 35 menit)
Tes tulis
(uraian)
Lembar evaluasi
1.      Apa nama pulau besar yang diberi nomor 1?
2.      Pulau Kalimantan terletak diantara dua pulau besar lainnya. Apa nama dua pulau tersebut?
3.      Apa yang kamu ketahui tentang pulau besar yang diberi nomor 5?
4.      Gunung Lawu dan gunung BukitTunggul terletak di pulau Jawa yang diberi nomor 2. Apa nama gunung lainnya yang ada di Pulau Jawa?
5.       Manakah pulau besar yang paling luas diantara kelima pulau tersebut?

Ø  Alat tulis
Ø  Buku/
Ø  majalah/
Ø  surat kabar
Ø  teks bacaan
Ø  Buku guru kelas V tema 1 edisi revisi 2017
Ø  Buku siswa kelas V tema 1 edisi revisi 2017
Ø  Lingkungan (sekolah, keluarga, masyarakat/ tempat tinggal siswa)
Ø  Internet

Bahasa Indonesia
3.1  Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1  Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.

8.            Siswa akan membaca teks bacaan yang berjudul “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan” pada buku siswa halaman 37.
9.            Guru akan mengingatkan kembali materi mengenai ide pokok melalui kegiatan tanya jawab.
10.        Siswa akan mencari dan menyebutkan ide pokok dari masing-masing paragraf pada teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
11.        Siswa akan menulis paragraf berdasarkan ide pokok yang ada pada buku siswa halaman 39.
12.        Guru akan berkeliling untuk mengawasi dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
13.        Guru akan menunjuk secara acak beberapa siswa untuk menuliskan hasil paragraf yang dibuatnya di papan tulis.
14.        Siswa akan mengerjakan LKPD (bagian 2) :
-          Siswa menulis paragraf berdasarkan gambar berseri mengenai nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong.
15.        Guru akan mengajak melakukan pembahasan LKPD.

1 hari ( 4x 35 menit)
Tes tulis (Uraian)
LE
1.      Apakah ang dimaksud hewan vertebrata?
2.      Dibagi menjadi berapa golongankah dalam vertebrata dan sebutkan!
3.      Apakah fungsi alat gerak pada hewan vertebrata?
4.      Sebutkan alat gerak pada ikan diatas!
5.      Sebutkan 2 contoh vertebrata lainnya yang ada disekitarmu dan sebutkan pula alat geraknya!

Alat tulis






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM 2013

SEKOLAH                            :SDN SUMUR WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER           : V/1
TEMA                                    : 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA
SUBTEMA                            : 1 ORGAN GERAK HEWAN
PEMBELAJARAN              : 4
ALOKASI WAKTU                        : 6 x 35 menit

A.  KOMPETENSI ISI (KI) :
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

B.  KOMPETENSI DASAR (KD)
IPS
3.1  Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1  Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.



Bahasa Indonesia
3.1  Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1  Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.

C.  INDIKATOR
IPS
3.1.1 Mengidentifikasi informasi mengenai kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia berdasarkan buku, majalah, surat kabar, internet, maupun artikel di internet.
3.1.2 Menyebutkan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
4.1.1 Menuliskan hasil identifikasi mengenai kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
4.1.2 Mempresentasikan hasil identifikasi mengenai kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.

Bahasa Indonesia
3.1.1        Mengidentifikasi ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
3.1.2        Menyebutkan ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
4.1.1        Menuliskan ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
4.1.2        Menulis paragraf berdasarkan ide pokok.
                                                                                           
D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamatigambar peta, siswa dapat mengidentifikasi kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia secara tepat.
2. Dengan membuat informasi, siswa dapat menyebutkan kondisi geografis wilayah Indonesia secara benar.
3. Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok bacaan secara tepat.



4. Dengan mengamati gambar berseri, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi paragraf.

E.       MATERI           
-          IPS : Letak dan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
-          Bahasa Indonesia : Ide pokok.

F.   MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
     Model         : Model Pembelajaran Langsung
     Metode       : Tanya jawab, diskusi, penugasan

G.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
AWAL
1.      Guru menyapasiswadengan mengucapkan salam.
2.      Guru menanyakan kabar kepada siswa.
3.      Guru melakukanpresensi.
4.      Guru bersamasiswaberdoamenurut agama dankepercayaannyamasing-masing.
5.      Guru melakukan ice breaking dengan menyanyi lagu “Ini Mata”
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran
7.      Guru melakukan apersepsi “Apa gambar yang terdapat pada buku halaman 31?” 

20 menit
INTI
8.   Siswa mengamati gambar “Denah Kandang Kelinci” pada buku siswa halaman 31.
9.   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati.
-          Apa saja bangunan yang ada pada denah kandang kelinci tersebut?
-          Dimana letak bangunan “Indukan B”?

-          Dimana letak bangunan “Kandang Pembesaran”?
-          Dimana letak bangunan “Tempat Pakan dan Minum”?
-          Bagaimana keadaan letak bangunan-bangunan pada denah kandang kelinci tersebut?
10.        Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengemukakan jawabannya.
11.        Guru menggunakan jawaban-jawaban siswa untuk mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari yakni mengenai letak dan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
12.        Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai nama-nama pulau besar di Indonesia beserta letaknya.
13.        Guru menginformasikan letak geografis salah satu pulau besar, Pulau Sumatra.
14.        Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai letak geografis pulau besar lainnya.
15.        Siswa dibagi ke dalam kelompok belajar. masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 siswa.
16.        Siswa menuliskan kondisi geografis pulau besar di Indonesia berdasarkan informasi atau sumber dari buku, atlas, peta, majalah, surat kabar, internet, maupun artikel di internet secara berkelompok.
17.        Siswa mengerjakan LKPD (bagian 1) :
-          Siswa membuat gambar peta letak wilayah tempat tinggalnya.
18.        Guru mengajak melakukan pembahasan LKPD.
19.        Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan” pada buku siswa halaman 37.



20.        Guru mengingatkan kembali materi mengenai ide pokok melalui kegiatan tanya jawab.
21.        Siswa mencari dan menyebutkan ide pokok dari masing-masing paragraf pada teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
22.        Siswa menulis paragraf berdasarkan ide pokok yang ada pada buku siswa halaman 39 secara berkelompok.
23.        Guru berkeliling untuk mengawasi dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
24.        Guru menunjuk secara acak beberapa siswa untuk menuliskan hasil paragraf yang dibuatnya di papan tulis.
25.        Siswa mengerjakan LKPD (bagian 2) :
-          Siswa menulis paragraf berdasarkan gambar berseri.
26.        Guru mengajak melakukan pembahasan LKPD.

155 menit
AKHIR
27.        Guru meriview materi yang diajarkan.
28.        Guru membagikan lembar evaluasi.
29.        Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya.
30.        Guru menutup dengan doa dan salam.
35 menit

H.      PENILAIAN
1.      TeknikPenilaian
a.    Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Aspek sikap yang diamati meliputi;                         disiplin(terlampir).
b.   Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar, dengan bentuk soal evaluasi berupa tes tertulis (terlampir).




c.    Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Penilaian keterampilan meliputi:
-          Menulis berdasarkan pengamatan
-          Mencari ide pokok bacaan
-          Menuliskan ide pokok ke dalam paragraf

2.        Instrumen
a.    Lembar Evaluasi                                  : terlampir
b.    LKPD                                                  : terlampir
c.    Lembar Pengamatan Sikap                  : terlampir
d.   Lembar Pengamatan Keterampilan     : terlampir

3.        Pembelajaran Remidial dan Pengayaan         
              a.     Jika pada soal evaluasi siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM yaitu 70, maka siswa dinyatakan belum tuntas dan diberikan remidial. Siswa yang remidial diberikan tambahan jam belajar di luar jam sekolah untuk mengulang materi yang belum dipahami. Kemudian siswa diberikan soal kembali untuk mengukur kemampuannya.
             b.     Sedangkan siswa yang sudah mencapai KKM pada soal evaluasi, maka siswa diberikan soal-soal pengayaan untuk memperdalam materi.

I.         MEDIA/ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.    MEDIA                          :
-          Gambar “Denah Kandang Kelinci.
-          Gambar Peta ButaIndonesia.
-          Teks bacaan berjudul “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
2.    ALAT                             : Alat tulis, buku/majalah/surat kabar di perpustakaan
3.    BAHAN                          : Teks bacaan







4.    SUMBER BELAJAR  
Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 1Organ Gerak Hewan dan Manusia.
Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku Siswa SD/MI SD/MI Kelas V Tema 1Organ Gerak Hewan dan Manusia.



                                                Surabaya, 24 Juli 2017
Guru Kelas V-A                                                                                                     Mahasiswa PPP
                                                                                                                                                                          

SUHARIYAH, S.Pd.                                                                                            NISFUL LAILA
NIP. 196304031999122002                                                                                     NIM. 14010644045

Mengetahui,
Kepala SDN Sumur Welut III


M. JUNIARDI, S.Pd, M.Pd
NIP. 197306211997071001








Lampiran : Materi Pembelajaran

IPS
Letak dan Kondisi Geografis Pulau-pulau Besar di Indonesia
No.
Nama Pulau
Luas
Batas
(Letak Geografis)
Keadaan Alam
Nama Pantai dan Laut
Nama Dataran Rendah
Nama Gunung
1.
Jawa
Pulau terluas ke-13 di dunia.
> sebelah barat  berbatasan dengan Selat Sunda dan Pulau Sumatera.
> sebelah timur berbatasan dengan Selat Bali dan Pulau Bali.
> sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa dan Pulau Kalimantan.
> sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Kepulauan Cocos.
Pantai Anyer

Pantai Balekambang

Pantai Pangandaran

Laut Jawa (disebelah utara pulau Jawa)
Dataran rendah Madiun

Dataran rendah Surakarta
Bromo (Jatim)

Lawu (Jatim)

Kelud (Jatim)

Bukit tunggul (Jabar)


2.


Sumatra


Pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia, dengan luas 473.481 km².


Sebelah Barat : Samudra Hindia
Sebelah Timur : Selat Karimata
Sebelah Selatan : Samudra Hindia
Sebelah Utara : Laut China Selatan dan Negara Malaysia


Pantai Lampuuk

Pantai Sorake

Pantai Rupat

Laut Indonesia (disebelah selatan pulau Sumatra)


Dataran rendah pantai timur Sumatra


Kerinci

Dempo

Marapi
3.
Kalimantan
Pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi.
Sebelah Barat : Selat Karimata
Sebelah Timur : Selat Makassar
Sebelah Selatan : Laut Jawa
Sebelah Utara : Negara Malaysia 
Pantai Kakaban

Pantai Sangalaki

Pantai Maratua
Dataran rendah pantai selatan Kalimantan
Kinabalu

Kerihun

Sarempaka
4.
Sulawesi
Pulau terbesar ke-11 di dunia.
Sebelah Barat : Selat Makassar
Sebelah Timur : Pulau Halmahera dan Laut Arafuru

Sebelah Selatan : Laut Bali dan Laut Jawa
Sebelah Utara : Laut Filipina
Pantai Nirwana

Pantai Lakeba

Pantai Kamali

Laut Sulawesi (disebelah utara Sulawesi)
Maros

Pare-pare

Majene
Awu

Lokon

Klabat
5.
Papua dan Maluku
Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia.
Sebelah Barat : Laut Arafuru dan Laut Banda
Sebelah Timur : Negara Papua Nu Gini
Sebelah Selatan : Samudra Hindia
Sebelah Utara : Laut Filipina 
Pantai Teluk Triton

Pantai Pulau Venue

Pantai Yen Beba
Dataran rendah Papua (disebelah selatan pegunungan Jawa Wijaya.
Puncak Jaya

Puncak Trikora

Puncak Mandala
6.
Bali dan Nusa Tenggara
Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kota provinsi ini adalah Denpasar. Bali juga merupakan salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara.
Secara administratif, Kepulauan Nusa Tenggara termasuk wilayah negara Indonesia, kecuali bagian timur Pulau Timor termasuk wilayah negara Timor Leste.

Pantai Kuta

Pantai Pandawa
Bali utara

Bali Selatan
Agung

Abang

Batok


Bahasa Indonesia
Ide Pokok
-          Pengertian
Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Nama lain ide pokok adalah gagasan utama, gagasan pokok. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok.

Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas. Nama lain untuk kalimat utama adalah kalimat topik. Kalimat penjelas yaitu kalimat yang menjelaskan kalimat utama.

Contoh
Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Menurut data yang beredar bahwa ada satu korban yang meninggal setiap harinya. Keganasan penyakit ini tak hanya menyerang orang tua dan dewasa saja, tetapi remaja bahkan anak – anak bisa menderita penyakit ini. Di Indonesia saja ada ribuan lebih penderita yang sedang berjuang untuk sembuh dari penyakit ini. Penyakit jantung ini dikatakan sebagai pembunuh berbahaya karena penyakit ini menyerang korbannya secara tiba – tiba sehingga jika tidak ditolong sang korban akan kehilangan nyawanya.

Ide pokok pada kalimat ini tertulis secara jelas pada kalimat utamanya yaitu Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Hal ini bisa diperkuat dengan kalimat – kalimat pendukung yang menjelaskan betapa bahayanya penyakit ini di seluruh kalimat.




Mengembangkan Ide Pokok Menjadi Kalimat

Misalkan, menulis tentang gelas menjadi ide pokok :

Gelas adalah sebuah alat yang digunakan sebagai wadah untuk menampung air pada saat kita mau minum.

Kembangkan menjadi satu paragraf:

Gelas adalah sebuah alat yang digunakan sebagai wadah untuk menampung air pada saat kita mau minum. Ada aneka macam bentuk gelas dan yang berada di depan saya ini adalah salah satu contohnya. Warnanya bening, tingginya sekitar 10 cm dan lebarnya 4 cm. Dari ukurannya, gelas ini termasuk kelas jumbo. Biasanya digunakan oleh orang yang memiliki selera minum yang tinggi. Gelas model ini banyak dijumpai di warung kopi atau kedai minum di pinggir jalan. Pemilik warung menyediakan gelas ini khusus untuk pelanggan yang memesan minuman es teh jumbo, soda gembira dan mega mendung.






Lampiran : Media Pembelajaran
Pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 2 Organ Gerak Hewan Pembelajaran 4 menggunakan papan interaktif yang berisi media-media sebagai berikut :
IPS
Gambar “Denah Kandang Kelinci”


Peta Buta Indonesia




Bahasa Indonesia
Teks Bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”






Format Penilaian

1.      Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan.
Lembar Pengamatan Sikap
a.       Disiplin
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Catatan Guru
Datang Tepat Waktu
Menger
jakan Tugas Tepat Waktu
Tertib Dalam Pembela
jaran
Bersera
gam Lengkap
Melaksanakan Piket
Mengembalikan Pinja
man
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB dan PB
1.














2.














3.














4.














5.















b.      Tanggung Jawab
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Catatan Guru
Menyelesaikan tugas belajar
Melaksanakan kebersi
han
Menger
jakan tugas PR
Memberi pemeca
han masalah
Mem
buat laporan
Menye
lesaikan tugas belajar
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB dan PB
1.














2.














3.














4.














5.















c.       Peduli
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Catatan Guru
Perhatian kepada teman
Mem
bantu teman
Ingin tahu kesulitan teman
Men
jenguk teman
Merawat lingkungan
Melerai teman
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB dan PB
1.














2.














3.














4.














5.















d.      Percaya Diri
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Catatan Guru
Berani tampil
Berani mencoba
Berani berpendapat
Berani memim
pin
Menyampaikan kritik
Memper
tahankan pendirian
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB dan PB
1.














2.














3.














4.














5.


















2. Penilaian pengetahuan :
Lembar Evaluasi :

Isian
IPS
Skor  setiap soal 10
Benar semua 5 x 10

Bahasa Indonesia
Soal 1 : 10
Soal 2 : 40

Total IPS + Bahasa Indonesia
           50 + 50 = 100












3. Penilaian keterampilan:
a. Menulis Berdasarkan Pengamatan
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Isi dan pengetahuan
Penggunaan Bahasa Indonesia
Keterampilan penulisan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.













2.













3.













4.













5.





















            Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pengetahuan:
Hasil yang ditulis sesuai dengan kejadian atau
peristiwa yang tampak pada gambar yang
diamati.
Keseluruhan jawaban yang
ditulis siswa sesuai dengan
gambar yang diamati
dan benar mengelompokkan
jawabannya.
Keseluruhan jawaban yang
ditulis siswa sesuai dengan
gambar yang diamati dan
sebagian besar benar dalam
mengelompokkan jawabannya.
Sebagian besar jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawabannya.
Hanya sebagian kecil jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan hanya sebagian
kecil benar dalam mengelompokkan
jawabannya.
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar: Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Digunakan dalam penulisan ringkasan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan
Dengan efisien dan
menarik dalam keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan
Dengan efisien dalam
Keseluruhan penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan
dengan sangat efisien dalam
sebagian besar penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan
dengan sangat efisien dalam sebagian kecil
penulisan.
Keterampilan
Penulisan:
Tulisan hasil
pengamatan
dibuat dengan
benar, sistematis
dan jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Keseluruhan hasil
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas.
Keseluruhan
hasil penulisan
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Sebagian besar
hasil penulisan
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang.
Hanya sebagian
kecil hasil
penulisan
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu terus
ditingkatkan.

b. Mencari ide pokok bacaan
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Ketepatan
Menunjukkan bukti pendukung
Waktu
Keterampilan penulisan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















2.

















3.

















4.

















5.


























Rubrik mencari ide pokok bacaan
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Ketepatan
Menemukan keseluruhan ide pokok dengan
tepat.
Hampir semua ide pokok
Ditemukan dengan tepat.
Ada beberapa ide pokok yang tidak tepat.
Sebagian ide pokok yang
ditemukan  tidak tepat.
Menunjukkan
Bukti Pendukung
Mampu  menunjukkan
bukti pendukung.
Mampu menunjukkan
hampir semua bukti pendukung.

Ada beberapa bukti pendukung yang ditunjukan
tidak tepat.
Sebagian besar bukti pendukung yang ditunjukkan tidak tepat.
Waktu
Keseluruhan ide pokok ditemukan dengan sangat
cepat.
Keseluruhan ide pokok ditemukan dengan cepat.
Keseluruhan ide pokok ditemukan dengan cukup
cepat.
Keseluruhan ide pokok ditemukan dengan sangat
lambat.
Keterampilan
Penulisan:
Ringkasan dibuat dengan
benar, sistematis
dan jelas, yang menunjukkan keterampilan
penulisan yang baik.
Keseluruhan hasil penulisan ringkasan yang
Sistematis dan benar
Menunjukkan keterampilan
penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata
kelas.
Keseluruhan hasil penulisan
ringkasan yang sistematis
dan benar menunjukkan
keterampilan penulisan yang
baik.
Sebagian besar hasil penulisan ringkasan yang
Sistematis dan benar
Menunjukkan keterampilan
Penulisan yang terus
berkembang.
Hanya sebagian kecil hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis dan benar
menunjukkan keterampilan
penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan.


c. Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Rumusan ide pokok
Penggunaan Bahasa Indonesia
Ketepatan
Sikap
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















2.

















3.

















4.

















5.


























Rubrik menuliskan  ide pokok dari bacaan
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Rumusan ide pokok: Ide pokok ditulis dalam bentuk kalimat (Subjek +
Predikat).
Keseluruhan ide pokok ditulis dalam bentuk
kalimat.
Hampir semua ide pokok ditulis dalam bentuk
kalimat.
Sebagian besar ide pokok ditulis dalam bentuk
kalimat.
Hanya sebagian kecil ide pokok ditulis dalam
bentuk kalimat.
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar: Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan ringkasan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan
Dengan efisien dan
menarik dalam keseluruhan penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan
dengan sangat efisien dalam
sebagian besar penulisan.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan
dengan sangat efisien dalam sebagian kecil
penulisan.
Ketepatan: Ide pokok yang ditulis benar dan sesuai dengan bacaan.
Keseluruhan ide pokok yang ditulis benar dan
sesuai dengan bacaan.
Hampir keseluruhan
ide pokok yang ditulis benar dan sesuai dengan bacaan.
Sebagian besar ide pokok yang ditulis benar dan
sesuai dengan bacaan.
Sebagian kecil ide pokok yang ditulis benar dan
sesuai dengan bacaan.
Sikap: Ringkasan dibuat dengan cermat dan teliti,
sesuai dengan tenggat waktu dan batasan
materi yang ditugaskan.
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan
waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan,
disertai juga dengan kreatifitas dalam bekerja
menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji.
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan
waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan
menunjukkan kualitas sikap
yang sangat baik.
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan
waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan
menunjukkan kualitas sikap
yang masih dapat terus
ditingkatkan.
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan
waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan
menunjukkan kualitas sikap yang masih harus
terus diperbaiki.





Kisi-kisi Penilaian Pengetahuan

KI
KD
Indikator
Tujuan
Pembelajaran
Jenis
Penilaian
Dimensi
Proses
Kognitif
No. Soal
Instrumen
Skor
Kunci
Jawaban
3
IPS
3.1  Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

3.1.1 Mengidentifikasi informasi mengenai kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia berdasarkan buku, majalah, surat kabar, internet, maupun artikel di internet.

3.1.2 Menyebutkan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.

1. Dengan mengamati gambar peta, siswa dapat mengidentifikasi kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia secara tepat.

2. Dengan membuat informasi, siswa dapat menyebutkan kondisi geografis wilayah Indonesia secara benar.

Tes tulis
C1
1








2








3











4











5


Apa nama pulau besar yang diberi nomor 1?





Pulau Kalimantan terletak diantara dua pulau besar lainnya. Apa nama dua pulau tersebut?

Apa yang kamu ketahui tentang pulau besar yang diberi nomor 5?






Gunung Lawu dan gunung BukitTunggul terletak di pulau Jawa yang diberi nomor 2. Apa nama gunung lainnya yang ada di Pulau Jawa?

Manakah pulau besar yang paling luas diantara kelima pulau tersebut?

10








10








10











10











10
Pulau Sumatra











Sumatra dan Sulawesi











Pulau Papua, Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia.





Gunung Bromo dan gunung kelud















Pulau Kalimantan

3
Bahasa Indonesia
3.1  Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.

3.1.1        Mengidentifikasi ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
3.1.2        Menyebutkan ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.

3. Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok bacaan secara tepat.

4. Dengan mengamati gambar berseri, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi paragraf.

Tes tulis
C1

Apa ide pokok yang sesuai untuk gambar tersebut?

Kembangkan ide pokok ke dalam paragraf yang terdiri dari 4-5 kalimat.

10




40
-




-

Kisi-kisi Keterampilan

KI
KD
Indikator
Jenis
Penilaian
Kategori
Keterampilan
Instrumen
4
IPS
4.1  Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

4.1.1 Menuliskan hasil identifikasi mengenai kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.

4.1.2 Mempresentasikan hasil identifikasi mengenai kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.

Unjuk kerja
P2
Membuat laporan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia secara tertulis.
4
Bahasa Indonesia
4.1  Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.

4.1.1        Menuliskan ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.

4.1.2        Menulis paragraf berdasarkan ide pokok.

Unjuk kerja
P2
Membuat paragraf berdasarkan ide pokok.







 








H:\4.JPG
  1. Amati gambar-gambar berikut ini.
  2. Buatlah paragraf yang terdiri dari 4-5 kalimat berdasarkan gambar.
Gambar 1 :
          





Gambar 2 :





Nama         :
Nilai
No. Absen  :

Kelas          :    

Kerjakan soal dibawah ini dengan baik dan benar!
Perhatikan gambar peta Indonesia dibawah ini !
  1. Apa nama pulau besar yang diberi nomor 1 yang ada pada media peta buta di papan interaktif?
  2. Pulau Kalimantan terletak diantara dua pulau besar lainnya. Apa nama dua pulau tersebut?
  3. Apa yang kamu ketahui tentang pulau besar yang diberi nomor 5?
  4. Gunung Lawu dan gunung BukitTunggul terletak di pulau Jawa yang diberi nomor 2. Apa nama gunung lainnya yang ada di Pulau Jawa?
  5. Manakah pulau besar yang paling luas diantara kelima pulau tersebut?
Perhatikan gambar berikut !

  • Apa ide pokok yang sesuai untuk gambar tersebut?
  • Kembangkan ide pokok ke dalam paragraf yang terdiri dari 4-5 kalimat.




KUNCI JAWABAN
IPS :
  1. Sumatra
  2. Sumatra dan Sulawesi
  3. Pulau Papua, Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia.
  4. Gunung Bromo dan gunung kelud
  5. Pulau Kalimantan

Bahasa Indonesia :
Ide pokok : -
Paragraf : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...