PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
KELAS V SEMESTER 1
TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA
SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN
PEMBELAJARAN 4
Oleh :
NISFUL LAILA
NIM. 14010644045
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2017
JARING TEMA
Tema 1 Organ Gerak
Hewan dan Manusia
Subtema 1 Organ Gerak
Hewan
Pembelajaran 4
SILABUS
Satuan
Pendidikan : SDN Sumur Welut III/440
Kelas/Semester : V/I
Tema : 1. Organ Gerak
Hewan dan Manusia
Subtema :
1. Organ Gerak Hewan
Pembelajaran : 4
Alokasi
waktu : 6x35 menit
Kompetensi
Inti
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
3.
Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menunjukkan
keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang
mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Belajar
|
Penilaian
|
Alat/Bahan
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Soal
|
||||||
IPS
|
3.1
Mengidentifikasi
karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan
agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi.
4.1
Menyajikan
hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi.
|
1. Siswa akan mengamati
gambar “Denah Kandang Kelinci” pada buku siswa halaman 31.
2. Siswa dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati.
-
Apa saja bangunan yang ada pada denah kandang kelinci tersebut?
-
Dimana letak bangunan “Indukan B”?
-
Dimana letak bangunan “Kandang Pembesaran”?
-
Dimana letak bangunan “Tempat Pakan dan Minum”?
-
Bagaimana keadaan letak bangunan-bangunan pada denah kandang kelinci
tersebut?
3.
Guru akan menunjuk beberapa siswa untuk mengemukakan jawabannya.
4.
Guru akan menggunakan jawaban-jawaban siswa untuk mengaitkan dengan
materi yang akan dipelajari yakni mengenai letak kondisi geografis
pulau-pulau besar di Indonesia.
5.
Siswa dapat menuliskan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia
berdasarkan informasi atau sumber dari buku, majalah, surat kabar, internet,
maupun artikel di internet
6.
Siswa akan mengerjakan LKPD (bagian 1) :
-
Siswa membuat gambar peta letak wilayah tempat tinggalnya.
7.
Guru akan mengajak melakukan pembahasan LKPD.
|
1
hari ( 6x 35 menit)
|
Tes
tulis
(uraian)
|
Lembar
evaluasi
|
1. Apa nama pulau besar
yang diberi nomor 1?
2. Pulau Kalimantan
terletak diantara dua pulau besar lainnya. Apa nama dua pulau tersebut?
3. Apa yang kamu ketahui
tentang pulau besar yang diberi nomor 5?
4. Gunung Lawu dan gunung
BukitTunggul terletak di pulau Jawa yang diberi nomor 2. Apa nama gunung
lainnya yang ada di Pulau Jawa?
5. Manakah pulau besar yang paling luas
diantara kelima pulau tersebut?
|
Ø Alat tulis
Ø Buku/
Ø majalah/
Ø surat kabar
Ø teks bacaan
|
Ø Buku guru kelas V tema 1 edisi revisi 2017
Ø Buku siswa kelas V tema 1 edisi revisi 2017
Ø Lingkungan
(sekolah, keluarga, masyarakat/ tempat tinggal siswa)
Ø Internet
|
Bahasa
Indonesia
|
3.1
Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1
Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan,
tulis, dan visual.
|
8.
Siswa akan membaca teks bacaan yang berjudul “Gotong Royong Modal Dasar
Pembangunan” pada buku siswa halaman 37.
9.
Guru akan mengingatkan kembali materi mengenai ide pokok melalui
kegiatan tanya jawab.
10.
Siswa akan mencari dan menyebutkan ide pokok dari masing-masing
paragraf pada teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
11.
Siswa akan menulis paragraf berdasarkan ide pokok yang ada pada buku
siswa halaman 39.
12.
Guru akan berkeliling untuk mengawasi dan membimbing siswa yang
mengalami kesulitan.
13.
Guru akan menunjuk secara acak beberapa siswa untuk menuliskan hasil
paragraf yang dibuatnya di papan tulis.
14.
Siswa akan mengerjakan LKPD (bagian 2) :
-
Siswa menulis paragraf berdasarkan gambar berseri mengenai nilai-nilai
Pancasila seperti gotong royong.
15.
Guru akan mengajak melakukan pembahasan LKPD.
|
1
hari ( 4x 35 menit)
|
Tes
tulis (Uraian)
|
LE
|
1.
Apakah ang dimaksud hewan vertebrata?
2.
Dibagi menjadi berapa
golongankah dalam vertebrata dan sebutkan!
3.
Apakah fungsi alat gerak pada
hewan vertebrata?
4.
Sebutkan alat gerak pada ikan
diatas!
5.
Sebutkan 2 contoh vertebrata
lainnya yang ada disekitarmu dan sebutkan pula alat geraknya!
|
Alat
tulis
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM
2013
SEKOLAH
:SDN SUMUR
WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER : V/1
TEMA
: 1
ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA
SUBTEMA
: 1 ORGAN GERAK
HEWAN
PEMBELAJARAN : 4
ALOKASI
WAKTU : 6 x 35
menit
A. KOMPETENSI ISI
(KI) :
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangga, dan negara.
3.
Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis,
logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap
perkembangannya.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD)
IPS
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris
serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta
transportasi.
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi.
Bahasa
Indonesia
3.1 Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan,
tulis, dan visual.
C. INDIKATOR
IPS
3.1.1 Mengidentifikasi informasi mengenai kondisi geografis
pulau-pulau besar di Indonesia berdasarkan buku, majalah, surat kabar,
internet, maupun artikel di internet.
3.1.2 Menyebutkan kondisi geografis pulau-pulau
besar di Indonesia.
4.1.1 Menuliskan hasil identifikasi mengenai kondisi
geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
4.1.2 Mempresentasikan hasil identifikasi mengenai
kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
Bahasa
Indonesia
3.1.1
Mengidentifikasi ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal
Dasar Pembangunan”.
3.1.2
Menyebutkan ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar
Pembangunan”.
4.1.1
Menuliskan ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar
Pembangunan”.
4.1.2
Menulis paragraf berdasarkan ide pokok.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamatigambar peta, siswa dapat mengidentifikasi
kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia secara tepat.
2. Dengan membuat informasi, siswa dapat menyebutkan kondisi
geografis wilayah Indonesia secara benar.
3. Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok bacaan secara
tepat.
4. Dengan mengamati gambar berseri, siswa dapat mengembangkan ide
pokok menjadi paragraf.
E.
MATERI
-
IPS : Letak dan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
-
Bahasa
Indonesia : Ide pokok.
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model : Model Pembelajaran Langsung
Metode : Tanya jawab,
diskusi, penugasan
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
AWAL
|
1. Guru
menyapasiswadengan mengucapkan salam.
2. Guru menanyakan kabar kepada siswa.
3. Guru melakukanpresensi.
4. Guru
bersamasiswaberdoamenurut agama dankepercayaannyamasing-masing.
5. Guru melakukan ice breaking dengan menyanyi lagu “Ini
Mata”
6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat
pembelajaran
7. Guru melakukan apersepsi “Apa gambar yang terdapat
pada buku halaman 31?”
|
20
menit
|
INTI
|
8. Siswa mengamati gambar
“Denah Kandang Kelinci” pada buku siswa halaman 31.
9. Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati.
-
Apa saja bangunan yang ada pada denah kandang kelinci tersebut?
-
Dimana letak bangunan “Indukan B”?
-
Dimana letak bangunan “Kandang Pembesaran”?
-
Dimana letak bangunan “Tempat Pakan dan Minum”?
-
Bagaimana keadaan letak bangunan-bangunan pada denah kandang kelinci
tersebut?
10.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengemukakan jawabannya.
11.
Guru menggunakan jawaban-jawaban siswa untuk mengaitkan dengan materi
yang akan dipelajari yakni mengenai letak dan kondisi geografis pulau-pulau
besar di Indonesia.
12.
Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai nama-nama pulau besar di
Indonesia beserta letaknya.
13.
Guru menginformasikan letak geografis salah satu pulau besar, Pulau
Sumatra.
14.
Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai letak geografis pulau
besar lainnya.
15.
Siswa dibagi ke dalam kelompok belajar. masing-masing kelompok terdiri
dari 5-6 siswa.
16.
Siswa menuliskan kondisi geografis pulau besar di Indonesia berdasarkan
informasi atau sumber dari buku, atlas, peta, majalah, surat kabar, internet,
maupun artikel di internet secara berkelompok.
17.
Siswa mengerjakan LKPD (bagian 1) :
-
Siswa membuat gambar peta letak wilayah tempat tinggalnya.
18.
Guru mengajak melakukan pembahasan LKPD.
19.
Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Gotong Royong Modal Dasar
Pembangunan” pada buku siswa halaman 37.
20.
Guru mengingatkan kembali materi mengenai ide pokok melalui kegiatan
tanya jawab.
21.
Siswa mencari dan menyebutkan ide pokok dari masing-masing paragraf
pada teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
22.
Siswa menulis paragraf berdasarkan ide pokok yang ada pada buku siswa
halaman 39 secara berkelompok.
23.
Guru berkeliling untuk mengawasi dan membimbing siswa yang mengalami
kesulitan.
24.
Guru menunjuk secara acak beberapa siswa untuk menuliskan hasil
paragraf yang dibuatnya di papan tulis.
25.
Siswa mengerjakan LKPD (bagian 2) :
-
Siswa menulis paragraf berdasarkan gambar berseri.
26.
Guru mengajak melakukan pembahasan LKPD.
|
155
menit
|
AKHIR
|
27.
Guru meriview
materi yang diajarkan.
28.
Guru
membagikan lembar evaluasi.
29.
Guru
menginformasikan pembelajaran selanjutnya.
30.
Guru menutup
dengan doa dan salam.
|
35
menit
|
H.
PENILAIAN
1.
TeknikPenilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian
yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Aspek sikap yang diamati
meliputi; disiplin(terlampir).
b.
Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar, dengan bentuk soal evaluasi berupa tes
tertulis (terlampir).
c.
Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Penilaian
keterampilan meliputi:
-
Menulis berdasarkan pengamatan
-
Mencari ide pokok bacaan
-
Menuliskan ide pokok ke dalam paragraf
2.
Instrumen
a. Lembar
Evaluasi :
terlampir
b. LKPD :
terlampir
c. Lembar
Pengamatan Sikap :
terlampir
d. Lembar
Pengamatan Keterampilan : terlampir
3.
Pembelajaran
Remidial dan Pengayaan
a. Jika
pada soal evaluasi siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM yaitu 70, maka siswa
dinyatakan belum tuntas dan diberikan remidial. Siswa yang remidial diberikan
tambahan jam belajar di luar jam sekolah untuk mengulang materi yang belum
dipahami. Kemudian siswa diberikan soal kembali untuk mengukur kemampuannya.
b. Sedangkan
siswa yang sudah mencapai KKM pada soal evaluasi, maka siswa diberikan
soal-soal pengayaan untuk memperdalam materi.
I.
MEDIA/ALAT/BAHAN
DAN SUMBER BELAJAR
1. MEDIA :
-
Gambar “Denah
Kandang Kelinci.
-
Gambar Peta ButaIndonesia.
-
Teks bacaan
berjudul “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
2. ALAT : Alat
tulis, buku/majalah/surat kabar di perpustakaan
3. BAHAN : Teks
bacaan
4. SUMBER BELAJAR
Kementerian
pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku
Guru SD/MI Kelas V Tema 1Organ Gerak Hewan dan Manusia.
Kementerian
pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku
Siswa SD/MI SD/MI Kelas V Tema 1Organ Gerak Hewan dan Manusia.
Surabaya,
24 Juli 2017
Guru Kelas V-A Mahasiswa
PPP
SUHARIYAH,
S.Pd. NISFUL LAILA
NIP. 196304031999122002 NIM.
14010644045
Mengetahui,
Kepala SDN Sumur
Welut III
M.
JUNIARDI, S.Pd, M.Pd
NIP.
197306211997071001
Lampiran : Materi
Pembelajaran
IPS
Letak
dan Kondisi Geografis Pulau-pulau Besar di Indonesia
No.
|
Nama Pulau
|
Luas
|
Batas
(Letak Geografis)
|
Keadaan Alam
|
||
Nama Pantai dan Laut
|
Nama Dataran Rendah
|
Nama Gunung
|
||||
1.
|
Jawa
|
>
sebelah barat berbatasan dengan Selat Sunda dan Pulau Sumatera.
> sebelah timur berbatasan dengan Selat Bali dan Pulau Bali. > sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa dan Pulau Kalimantan. > sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Kepulauan Cocos. |
Pantai
Anyer
Pantai
Balekambang
Pantai
Pangandaran
Laut
Jawa (disebelah utara pulau Jawa)
|
Dataran
rendah Madiun
Dataran
rendah Surakarta
|
Bromo
(Jatim)
Lawu
(Jatim)
Kelud
(Jatim)
Bukit
tunggul (Jabar)
|
|
2.
|
Sumatra
|
Sebelah
Barat : Samudra Hindia
Sebelah Timur : Selat Karimata Sebelah Selatan : Samudra Hindia Sebelah Utara : Laut China Selatan dan Negara Malaysia |
Pantai
Lampuuk
Pantai
Sorake
Pantai
Rupat
Laut
Indonesia (disebelah selatan pulau Sumatra)
|
Dataran
rendah pantai timur Sumatra
|
Kerinci
Dempo
Marapi
|
|
3.
|
Kalimantan
|
Pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah
barat Pulau
Sulawesi.
|
Sebelah Barat : Selat Karimata
Sebelah Timur : Selat Makassar Sebelah Selatan : Laut Jawa Sebelah Utara : Negara Malaysia |
Pantai Kakaban
Pantai Sangalaki
Pantai Maratua
|
Dataran rendah pantai selatan Kalimantan
|
Kinabalu
Kerihun
Sarempaka
|
4.
|
Sulawesi
|
Pulau
terbesar ke-11 di dunia.
|
Sebelah
Barat : Selat Makassar
Sebelah Timur : Pulau Halmahera dan Laut Arafuru
Sebelah
Selatan : Laut Bali dan Laut Jawa
Sebelah Utara : Laut Filipina |
Pantai
Nirwana
Pantai
Lakeba
Pantai
Kamali
Laut
Sulawesi (disebelah utara Sulawesi)
|
Maros
Pare-pare
Majene
|
Awu
Lokon
Klabat
|
5.
|
Papua dan Maluku
|
Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak
di bagian tengah Pulau
Papua atau bagian paling timur wilayah
Papua milik Indonesia.
|
Sebelah Barat : Laut Arafuru dan Laut
Banda
Sebelah Timur : Negara Papua Nu Gini Sebelah Selatan : Samudra Hindia Sebelah Utara : Laut Filipina |
Pantai Teluk Triton
Pantai Pulau Venue
Pantai Yen Beba
|
Dataran rendah Papua (disebelah selatan
pegunungan Jawa Wijaya.
|
Puncak Jaya
Puncak Trikora
Puncak Mandala
|
6.
|
Bali dan Nusa Tenggara
|
Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kota
provinsi ini adalah Denpasar.
Bali juga merupakan salah satu pulau di Kepulauan
Nusa Tenggara.
|
Secara
administratif, Kepulauan Nusa Tenggara termasuk wilayah negara Indonesia,
kecuali bagian timur Pulau Timor termasuk wilayah negara Timor Leste.
|
Pantai Kuta
Pantai Pandawa
|
Bali utara
Bali Selatan
|
Agung
Abang
Batok
|
Bahasa
Indonesia
Ide
Pokok
-
Pengertian
Ide
pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok
ini terdapat dalam kalimat utama. Nama lain ide pokok adalah gagasan utama,
gagasan pokok. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok.
Kalimat utama adalah
kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama ini
dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut
dengan kalimat penjelas. Nama lain untuk kalimat utama adalah kalimat topik. Kalimat
penjelas yaitu kalimat yang menjelaskan kalimat utama.
Contoh
Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu
di Indonesia. Menurut data yang beredar bahwa ada satu korban yang meninggal
setiap harinya. Keganasan penyakit ini tak hanya menyerang orang tua dan dewasa
saja, tetapi remaja bahkan anak – anak bisa menderita penyakit ini. Di
Indonesia saja ada ribuan lebih penderita yang sedang berjuang untuk sembuh
dari penyakit ini. Penyakit jantung ini dikatakan sebagai pembunuh berbahaya
karena penyakit ini menyerang korbannya secara tiba – tiba sehingga jika tidak
ditolong sang korban akan kehilangan nyawanya.
Ide pokok pada kalimat ini tertulis secara jelas pada kalimat utamanya yaitu Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Hal ini bisa diperkuat dengan kalimat – kalimat pendukung yang menjelaskan betapa bahayanya penyakit ini di seluruh kalimat.
Ide pokok pada kalimat ini tertulis secara jelas pada kalimat utamanya yaitu Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Hal ini bisa diperkuat dengan kalimat – kalimat pendukung yang menjelaskan betapa bahayanya penyakit ini di seluruh kalimat.
Mengembangkan Ide Pokok Menjadi Kalimat
Misalkan, menulis tentang gelas menjadi ide pokok :
Gelas
adalah sebuah alat yang digunakan sebagai wadah untuk menampung air pada saat
kita mau minum.
Kembangkan menjadi satu paragraf:
Gelas
adalah sebuah alat yang digunakan sebagai wadah untuk menampung air pada saat
kita mau minum. Ada aneka macam bentuk gelas dan yang berada di depan saya ini
adalah salah satu contohnya. Warnanya bening, tingginya sekitar 10 cm dan
lebarnya 4 cm. Dari ukurannya, gelas ini termasuk kelas jumbo. Biasanya
digunakan oleh orang yang memiliki selera minum yang tinggi. Gelas model ini
banyak dijumpai di warung kopi atau kedai minum di pinggir jalan. Pemilik
warung menyediakan gelas ini khusus untuk pelanggan yang memesan minuman es teh
jumbo, soda gembira dan mega mendung.
Lampiran : Media Pembelajaran
Pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 2 Organ Gerak
Hewan Pembelajaran 4 menggunakan papan interaktif yang berisi media-media
sebagai berikut :
IPS
Gambar “Denah
Kandang Kelinci”
Peta Buta
Indonesia
Bahasa
Indonesia
Teks Bacaan
“Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”
Format Penilaian
1.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap
siswa selama kegiatan.
Lembar Pengamatan Sikap
a. Disiplin
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Catatan Guru
|
|||||||||||
Datang Tepat Waktu
|
Menger
jakan Tugas Tepat Waktu
|
Tertib Dalam Pembela
jaran
|
Bersera
gam Lengkap
|
Melaksanakan Piket
|
Mengembalikan Pinja
man
|
|||||||||
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
Banyaknya SB dan PB
|
||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
b. Tanggung Jawab
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Catatan Guru
|
|||||||||||
Menyelesaikan tugas belajar
|
Melaksanakan kebersi
han
|
Menger
jakan tugas PR
|
Memberi pemeca
han masalah
|
Mem
buat laporan
|
Menye
lesaikan tugas belajar
|
|||||||||
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
Banyaknya SB dan PB
|
||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
c. Peduli
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Catatan Guru
|
|||||||||||
Perhatian kepada teman
|
Mem
bantu teman
|
Ingin tahu kesulitan teman
|
Men
jenguk teman
|
Merawat lingkungan
|
Melerai teman
|
|||||||||
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
Banyaknya SB dan PB
|
||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
d. Percaya Diri
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Catatan Guru
|
|||||||||||
Berani tampil
|
Berani mencoba
|
Berani berpendapat
|
Berani memim
pin
|
Menyampaikan kritik
|
Memper
tahankan pendirian
|
|||||||||
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
Banyaknya SB dan PB
|
||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
2. Penilaian pengetahuan :
Lembar Evaluasi :
Isian
IPS
Skor setiap soal 10
Benar semua 5 x 10
Bahasa Indonesia
Soal 1 : 10
Soal 2 : 40
Total IPS + Bahasa Indonesia
50 + 50 = 100
3.
Penilaian keterampilan:
a. Menulis
Berdasarkan Pengamatan
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
yang Dinilai
|
|||||||||||
Isi
dan pengetahuan
|
Penggunaan
Bahasa Indonesia
|
Keterampilan
penulisan
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
|||||||||||||
4.
|
|||||||||||||
5.
|
Rubrik Menulis Berdasarkan
Pengamatan
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi
dan Pengetahuan:
Hasil
yang ditulis sesuai dengan kejadian atau
peristiwa
yang tampak pada gambar yang
diamati.
|
Keseluruhan
jawaban yang
ditulis
siswa sesuai dengan
gambar
yang diamati
dan
benar mengelompokkan
jawabannya.
|
Keseluruhan
jawaban yang
ditulis
siswa sesuai dengan
gambar
yang diamati dan
sebagian
besar benar dalam
mengelompokkan
jawabannya.
|
Sebagian
besar jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian
besar benar dalam mengelompokkan jawabannya.
|
Hanya
sebagian kecil jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati
dan hanya sebagian
kecil
benar dalam mengelompokkan
jawabannya.
|
Penggunaan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar: Bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Digunakan
dalam penulisan ringkasan.
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan
Dengan
efisien dan
menarik
dalam keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan
Dengan
efisien dalam
Keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan
dengan
sangat efisien dalam
sebagian
besar penulisan.
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan
dengan
sangat efisien dalam sebagian kecil
penulisan.
|
Keterampilan
Penulisan:
Tulisan
hasil
pengamatan
dibuat
dengan
benar,
sistematis
dan
jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
baik.
|
Keseluruhan
hasil
penulisan
hasil
pengamatan
yang
sistematis
dan
benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
sangat
baik, di
atas
rata-rata
kelas.
|
Keseluruhan
hasil
penulisan
penulisan
hasil
pengamatan
yang
sistematis
dan
benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
baik.
|
Sebagian
besar
hasil
penulisan
penulisan
hasil
pengamatan
yang
sistematis
dan
benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
terus
berkembang.
|
Hanya
sebagian
kecil
hasil
penulisan
penulisan
hasil
pengamatan
yang
sistematis
dan
benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang
masih
perlu terus
ditingkatkan.
|
b. Mencari ide
pokok bacaan
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
|||||||||||||||
Ketepatan
|
Menunjukkan bukti
pendukung
|
Waktu
|
Keterampilan
penulisan
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||
5.
|
Rubrik mencari
ide pokok bacaan
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Ketepatan
|
Menemukan
keseluruhan ide pokok dengan
tepat.
|
Hampir
semua ide pokok
Ditemukan
dengan tepat.
|
Ada
beberapa ide pokok yang tidak tepat.
|
Sebagian
ide pokok yang
ditemukan
tidak tepat.
|
Menunjukkan
Bukti Pendukung
|
Mampu menunjukkan
bukti pendukung.
|
Mampu
menunjukkan
hampir
semua bukti pendukung.
|
Ada
beberapa bukti pendukung yang ditunjukan
tidak
tepat.
|
Sebagian
besar bukti pendukung yang ditunjukkan tidak tepat.
|
Waktu
|
Keseluruhan
ide pokok ditemukan dengan sangat
cepat.
|
Keseluruhan
ide pokok ditemukan dengan cepat.
|
Keseluruhan
ide pokok ditemukan dengan cukup
cepat.
|
Keseluruhan
ide pokok ditemukan dengan sangat
lambat.
|
Keterampilan
Penulisan:
Ringkasan
dibuat dengan
benar,
sistematis
dan
jelas, yang menunjukkan keterampilan
penulisan
yang baik.
|
Keseluruhan
hasil penulisan ringkasan yang
Sistematis
dan benar
Menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang sangat baik, di atas rata-rata
kelas.
|
Keseluruhan
hasil penulisan
ringkasan
yang sistematis
dan
benar menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
|
Sebagian
besar hasil penulisan ringkasan yang
Sistematis
dan benar
Menunjukkan
keterampilan
Penulisan
yang terus
berkembang.
|
Hanya
sebagian kecil hasil penulisan
ringkasan
yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang masih perlu terus ditingkatkan.
|
c. Menuliskan
Ide Pokok dari Bacaan
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
|||||||||||||||
Rumusan ide pokok
|
Penggunaan Bahasa
Indonesia
|
Ketepatan
|
Sikap
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||
5.
|
Rubrik
menuliskan ide pokok dari bacaan
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Rumusan ide pokok: Ide pokok
ditulis dalam bentuk kalimat (Subjek +
Predikat).
|
Keseluruhan ide pokok
ditulis dalam bentuk
kalimat.
|
Hampir semua ide
pokok ditulis dalam bentuk
kalimat.
|
Sebagian besar ide
pokok ditulis dalam bentuk
kalimat.
|
Hanya sebagian kecil
ide pokok ditulis dalam
bentuk kalimat.
|
Penggunaan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar: Bahasa Indonesia yang baik
dan benar digunakan dalam penulisan ringkasan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan
benar digunakan
Dengan efisien dan
menarik dalam keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan
benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat efisien dalam
sebagian besar penulisan.
|
Bahasa Indonesia yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat efisien dalam
sebagian kecil
penulisan.
|
Ketepatan: Ide pokok yang
ditulis benar dan sesuai dengan bacaan.
|
Keseluruhan ide pokok
yang ditulis benar dan
sesuai dengan bacaan.
|
Hampir keseluruhan
ide pokok yang ditulis
benar dan sesuai dengan bacaan.
|
Sebagian besar ide
pokok yang ditulis benar dan
sesuai dengan bacaan.
|
Sebagian kecil ide
pokok yang ditulis benar dan
sesuai dengan bacaan.
|
Sikap: Ringkasan dibuat
dengan cermat dan teliti,
sesuai dengan tenggat
waktu dan batasan
materi yang ditugaskan.
|
Kecermatan, ketelitian
bekerja, dan ketepatan
waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan,
disertai juga dengan
kreatifitas dalam bekerja
menunjukkan kualitas
sikap yang sangat baik dan terpuji.
|
Kecermatan, ketelitian
bekerja, dan ketepatan
waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan
menunjukkan kualitas
sikap
yang sangat baik.
|
Kecermatan, ketelitian
bekerja, dan ketepatan
waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan
menunjukkan kualitas
sikap
yang masih dapat
terus
ditingkatkan.
|
Kecermatan, ketelitian
bekerja, dan ketepatan
waktu dalam pemenuhan
tugas yang diberikan
menunjukkan kualitas
sikap yang masih harus
terus diperbaiki.
|
Kisi-kisi Penilaian
Pengetahuan
KI
|
KD
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Jenis
Penilaian
|
Dimensi
Proses
Kognitif
|
No. Soal
|
Instrumen
|
Skor
|
Kunci
Jawaban
|
3
|
IPS
3.1
Mengidentifikasi
karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan
agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi.
|
3.1.1 Mengidentifikasi informasi mengenai kondisi
geografis pulau-pulau besar di Indonesia berdasarkan buku, majalah, surat
kabar, internet, maupun artikel di internet.
3.1.2 Menyebutkan kondisi geografis pulau-pulau
besar di Indonesia.
|
1. Dengan mengamati gambar peta, siswa dapat mengidentifikasi
kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia secara tepat.
2. Dengan membuat informasi, siswa dapat menyebutkan kondisi
geografis wilayah Indonesia secara benar.
|
Tes tulis
|
C1
|
1
2
3
4
5
|
Apa nama pulau besar yang diberi nomor 1?
Pulau Kalimantan terletak diantara dua pulau
besar lainnya. Apa nama dua pulau tersebut?
Apa yang kamu ketahui tentang pulau besar yang
diberi nomor 5?
Gunung Lawu dan gunung BukitTunggul terletak di
pulau Jawa yang diberi nomor 2. Apa nama gunung lainnya yang ada di Pulau
Jawa?
Manakah pulau besar yang paling luas diantara
kelima pulau tersebut?
|
10
10
10
10
10
|
Pulau
Sumatra
Sumatra
dan Sulawesi
Pulau Papua, Papua adalah sebuah
provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau
Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia.
Gunung
Bromo dan gunung kelud
Pulau
Kalimantan
|
3
|
Bahasa
Indonesia
3.1
Menentukan
pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
|
3.1.1
Mengidentifikasi ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal
Dasar Pembangunan”.
3.1.2
Menyebutkan ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal
Dasar Pembangunan”.
|
3. Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok bacaan secara
tepat.
4. Dengan mengamati gambar berseri, siswa dapat mengembangkan
ide pokok menjadi paragraf.
|
Tes tulis
|
C1
|
Apa
ide pokok yang sesuai untuk gambar tersebut?
Kembangkan
ide pokok ke dalam paragraf yang terdiri dari 4-5 kalimat.
|
10
40
|
-
-
|
Kisi-kisi
Keterampilan
KI
|
KD
|
Indikator
|
Jenis
Penilaian
|
Kategori
Keterampilan
|
Instrumen
|
4
|
IPS
4.1
Menyajikan
hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi.
|
4.1.1 Menuliskan hasil identifikasi mengenai
kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
4.1.2 Mempresentasikan hasil identifikasi mengenai
kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
|
Unjuk kerja
|
P2
|
Membuat
laporan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia secara tertulis.
|
4
|
Bahasa
Indonesia
4.1
Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan,
tulis, dan visual.
|
4.1.1
Menuliskan ide pokok berdasarkan teks bacaan “Gotong Royong Modal Dasar
Pembangunan”.
4.1.2
Menulis paragraf berdasarkan ide pokok.
|
Unjuk kerja
|
P2
|
Membuat
paragraf berdasarkan ide pokok.
|
- Amati gambar-gambar berikut ini.
- Buatlah paragraf yang terdiri dari 4-5 kalimat berdasarkan gambar.
Gambar 1 :
Gambar 2 :
Nama :
|
Nilai
|
No. Absen :
| |
Kelas :
|
Kerjakan soal dibawah ini dengan baik dan benar!
Perhatikan gambar peta Indonesia dibawah ini !
- Apa nama pulau besar yang diberi nomor 1 yang ada pada media peta buta di papan interaktif?
- Pulau Kalimantan terletak diantara dua pulau besar lainnya. Apa nama dua pulau tersebut?
- Apa yang kamu ketahui tentang pulau besar yang diberi nomor 5?
- Gunung Lawu dan gunung BukitTunggul terletak di pulau Jawa yang diberi nomor 2. Apa nama gunung lainnya yang ada di Pulau Jawa?
- Manakah pulau besar yang paling luas diantara kelima pulau tersebut?
Perhatikan gambar berikut !
- Apa ide pokok yang sesuai untuk gambar tersebut?
- Kembangkan ide pokok ke dalam paragraf yang terdiri dari 4-5 kalimat.
KUNCI JAWABAN
IPS :
- Sumatra
- Sumatra dan Sulawesi
- Pulau Papua, Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia.
- Gunung Bromo dan gunung kelud
- Pulau Kalimantan
Bahasa Indonesia :
Ide pokok : -
Paragraf : -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar