Senin, 01 Januari 2018

Es Mie Bubbles : Laporan Pemasaran

KEWIRAUSAHAAN
“LAPORAN PEMASARAN PRODUK ES MIE BUBBLES”
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan.
Dosen pengampu :Putri Rachmadayanti, S.Pd., M.Pd
Disusun oleh :
` Nisful Laila 14010644045
Rima Anggraini 14010644052
Lusyi Dwi Oktafianti 14010644054
Lilik Minarsih 14010644061
B-2014

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2017
KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr.Wb
Puji dan syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT. atas berkah, rahmat, taufik, dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan penjualan produk es mie bubbles untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan ini dengan baik. Shalawat serta salam tak lupa penyusun haturkan kepada Nabi Muhammad SAW. Yang menuntun umat dari alam gelap gulita menuju alam terang benderang.
Penyusun sangat berterima kasih kepada Dosen Pembimbing mata kuliah ini yakni Ibu Putri Rachmadayanti, S.Pd., M.Pd, karena telah mempercayakan penyusun untuk melakukan praktik penjualan produk es mie bubbles sehingga dapat menambah pengetahuan dalam hal kewirausahaan. Adapunisidarilaporan yang penyusun buat ini merupakan hasil dari kegiatan sebelum, selama, dan sesudah praktik yang telah dilakukan. Namun, penyusun sangat menyadari bahwa laporan ini masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari laporani ni. Mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum, Wr.Wb



Surabaya, 04 Desember 2017


Tim Penyusun

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR   i
DAFTAR ISI  ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Judul 1
B. LatarBelakang 1
C. RumusanMasalah. 1
D. Tujuan 2
BAB II DESKRIPSI USAHA
A. Gambaran Usaha/ Gambaran Produk 3
B. Harga 4
C. Lokasi. 4
D. Manfaat 4
E. Segmentasi Pasar. 5
F. Analisis Kompetitor. 5
G. Strategi Pemasaran. 5
H. Promosi. 6
BAB III METODE
A. Metode Pelaksanaan Program 7
B. Manajemen Organisasi 7
C. Rincian Biaya. 8
D. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan 10
BAB IV PENJUALAN DAN PEMBAHASAN
A. Penjualan I 12
B. Penjualan II 12
C. Penjualan III. 12
D. Penjualan IV 13
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan 14
B. Saran. 14
LAMPIRAN 15
BAB I
PENDAHULUAN

    1. Judul
Es Mie Bubbles

    1. Latar Belakang
Dalam menghadapi tantangan bisnis termasuk menghadapi costumer, maka sebagai mahasiswa kita juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas untuk memenuhi matakuliah kewirausahaan ini, kami mencoba melakukan sebuah usaha sederhana untuk mendapatkan pembelajaran menjadi seorang wirausahawan. Usaha yang kami jalankan merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi kami untukmasa yang akan datang. Saat ini usaha yang kami jalankan adalah mencoba menawarkan produk minuman yakni es mie bubbles.

    1. RumusanMasalah
        1. Bagaimana gambaran usaha/ produk es mie bubbles?
        2. Bagaimana harga penjualan es mie bubbles?
        3. Bagaimana lokasi penjualan penjualan es mie bubbles?
        4. Bagaimana segmentasi pasar penjualan es mie bubbles?
        5. Bagaimana analisis kompetitor penjualan es mie bubbles?
        6. Bagaimana strategi pemasaran es mie bubbles?
        7. Bagaimana promosi penjualan es mie bubbles?


    1. Tujuan
        1. Untuk memberitahukan gambaran usaha/produk es mie bubbles.
        2. Untuk memberitahukan harga penjualan es mie bubbles.
        3. Untuk memberitahukan lokasi penjualan penjualan es mie bubbles.
        4. Untuk memberitahukan segmentasi pasar penjualan es mie bubbles.
        5. Untuk memberitahukan analisis kompetitor penjualan es mie bubbles.
        6. Untuk memberitahukan strategi pemasaran es mie bubbles.
        7. Untuk memberitahukan promosi penjualan es mie bubbles.















BAB II
DESKRIPSI USAHA

  1. Gambaran Usaha/ GambaranProduk
Jenis usaha : Minuman
Logo :
Analisis SWOT :
  1. Faktor Kekuatan (Strength)
  • Menyediakan produk berupa minuman ringan sebagai minuman yang higienis, sehat dan nikmat.
  • Harga terjangkau sesuai dengan target pasar saya yaitu kalangan mahasiswa juga masyarakat pada umumnya dari semua kalangan.
  • Bahan baku mudah didapat.
  1. Faktor Kelemahan (Weakness)
  • Pemasaran untuk saat ini belum terlalu meluas dan masih dalam lingkup kecil.
  • Promosi hanya dari mulut ke mulut dan sosial media.
  1. Faktor Peluang (Oppurtunity)
  • Di daerah sekitar masih sedikit yang memiliki usaha serupa, sehingga kami masih memiliki peluang usaha.
  • Biaya produksi yang cukup murah.
  • Lokasi yang sangat strategis
  1. Ancaman (Treath)
  • Perubahan selera masyarakat yang membuat saya harus selalu memunculkan inovasi baru dalam pembuatan minuman Milkshake.

  1. Harga
Kami menjual produk minuman kami yakni es mie bubbles dengan harga Rp. 3.000/gelas.
  1. Lokasi
Lokasi penjualan produk es mie bubbles yakni kampus PGSD, kampus FIP, dan tempat kos dari ketua kegiatan penjualan es mie bubbles yakni kos Aba Tunggal gang III Surabaya.
  1. Segmentasi pasar
        1. Segmentasi Pasar berdasarkan Demografi
Pada segmentasi ini pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi, dan tingkat pendidikan.
Berdasarkan pengertian tersebut, es mie bubbles dapat dikonsumi oleh pembeli berdasarkan usia (anak-anak, remaja, orang dewasa, dan orang tua), jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), tingkat ekonomi (rendah, menengah, atas), dan tingkat pendidikan (SD, SMP, SMA, dan kuliah).
        1. Segmentasi Pasar berdasarkan Situasi Penggunaan
Kesempatan atau situasi bisa menentukan apakah konsumen akan membeli atau mengkonsumsi. Segmentasi ini dibuat untuk membantu perusahaan memperluas penggunaan produk.
Berdasarkan pengertian tersebut, penjualan es mie bubbles juga memperhatikan situasi penggunaan/penjulan. Mengingat pada saat penjualan ketika memasuki musim hujan. Kami melakukan penjualan dengan memproduksi es mie bubbles tidak terlalu banyak. Paling sedikit kami membuat 10 gelas untuk dijual dalam sehari. Namun, memproduksi menjadi tiga kali lipat ketika penjualan di bazar kampus.
        1. Segmentasi Pasar berdasarkan Tingkah Laku

Segmentasi ini dikelompokkan berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan, atau reaksi pembeli terhadap suatu produk.
Berdasarkan pengertian tersebut, menurut kelompok kami, produk es mie bubbles merupakan produk minuman yang masih jarang diperjualbelikan. Sehingga, kami memilih untuk memproduksi dan menjual es mie bubbles dengan harapan orang-orang akan mudah tertarik untuk membeli karena terdengar unik.

  1. AnalisisKompetitor
Berdasarkan pengamatan, penjualan es mie bubbles tidak memiliki banyak kompetitor dikarenakan lebih banyaknya produk makanan, barang jadi dan jasa.
  1. StrategiPemasaran
Untuk strategi pemasaran es mie bubbles yakni, sebagai berikut :
  • Kampus FIP
Kami melakukan pemasaran es mie bubbles dengan cara berkeliling menawarkan es mie bubbles kepada mahasiswa/mahasiswi yang ada di lingkungan kampus. Kami melakukan pemasaran kepada mahasiswa/mahasiswi yang terlihat sedang makan siang atau beristirahat.

  • Kos
Untuk pemasaran di kos, ketua melakukan promosi lewat pembicaraan dan sosial media (whatsapp). Lalu, pembeli bisa memesan.

  • Bazar PGSD
Untuk bazar PGSD, kami membuat daftar menu pilihan rasa untuk memperkenalkan es mie bubbles pada pengunjung bazar yang berkunjung ke stan kami.

  1. Promosi
Untuk promosi dari es mie bubbles dilakukan secara langsung yakni dengan menawarkan langsung produk es mie bubbles kepada pembeli.

BAB III
METODE

  1. Metode Pelaksanaan Program
Praproduksi
Pada tahap ini, kami mencoba membuat bubbles yang terbuat dari nutrijel. Serta mencoba membuat minuman agar menemukan takaran yang pas agar minuman tidak terlalu hambar atau terlalu manis.
Produksi
Pada tahap ini, kami sudah berhasil membuat bubbles dan minuman dalam berbagai rasa dengan baik. Serta sudah menentukan takaran es untuk setiap gelas.
Pascaproduksi
Pada tahap ini, kami menjual Es Mie Bubbles di kampus.

  1. Manajemen Organisasi
  • Nisful Laila sebagai Ketua Kelompok sekaligus bagian bendahara.
  • Rima Anggraini sebagai anggota kelompok sekaligus bagian produksi.
  • Lusyi Dwi Oktafianti sebagai anggota kelompok bertugas di bagian penjualan produk.
  • Lilik Minarsih sebagai anggota kelompok bertugas di bagian penjualan produk.



  1. Rincian Biaya

  • Penjualan I (Kampus FIP)
Modal yang dikeluarkan :
No.
Bahan
Banyak Bahan
Harga
1.
Jelly mie
1 bungkus
Rp. 5.000
2.
Jelly bubbles
1 bungkus
Rp. 4.000
3.
Pop Ice
1 renteng
Rp. 5.000
4.
Gelas plastik
10 gelas
RP. 3.000
5.
Es batu
4 bungkus
Rp. 2.000
6.
Sedotan
1 bungkus
Rp. 2.000
Jumlah
Rp. 21.000

-         Harga produk
Kami menjual produk kami dengan harga Rp. 3.000/gelas.
  • Penjualan II (Kampus FIP)
Modal yang dikeluarkan :
No.
Bahan
Banyak Bahan
Harga
1.
Jelly mie
1 bungkus
Rp. 5.000
2.
Jelly bubbles
1 bungkus
Rp. 4.000
3.
Pop Ice
1 renteng
Rp. 5.000
4.
Gelas plastik
10 gelas
RP. 3.000
5.
Es batu
4 bungkus
Rp. 2.000
6.
Sedotan


Jumlah
Rp. 19.000

-         Harga produk
Kami menjual produk kami dengan harga Rp. 3.000/gelas.
  • Penjualan III (Bazar Kewirausahaan PGSD)
Modal yang dikeluarkan :
No.
Bahan
Banyak Bahan
Harga
1.
Jelly mie
2 bungkus
Rp. 10.000
2.
Jelly bubbles
2 bungkus
Rp. 8.000
3.
Pop Ice
4 bungkus (rasa mangga)

4 bungkus (rasa stroberi)

4 bungkus (rasa coklat susu)

4 (rasa durian cappucino)
Rp. 20.000
4.
Gelas plastik
30 gelas
RP. 9.000
5.
Es batu
1 bungkus
Rp. 6.000
6.
Sedotan
1 bungkus
Rp. 2.000
Jumlah
Rp. 55.000

-         Harga produk
Kami menjual produk kami dengan harga Rp. 3.000/gelas





  • Penjualan IV (Kampus FIP)
Modal yang dikeluarkan :
No.
Bahan
Banyak Bahan
Harga
1.
Jelly mie
1 bungkus
Rp. 5.000
2.
Jelly bubbles
1 bungkus
Rp. 4.000
3.
Pop Ice
1 renteng
Rp. 5.000
4.
Gelas plastik
10 gelas
RP. 3.000
5.
Es batu
4 bungkus
Rp. 2.000
6.
Sedotan
1 bungkus
Rp. 2.000
Jumlah
Rp. 21.000

-         Harga produk
Kami menjual produk kami dengan harga Rp. 3.000/gelas.

  1. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

  • Penjualan I
Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan disatu tempat dalam waktu 1 hari, yaitu :
  • Hari/tanggal : Rabu, 8 November 2017.
  • Waktu : 12.00 – selesai.
  • Tempat : Sekitar Kampus FIP.




  • Penjualan II
Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan disatu tempat dalam waktu 1 hari,
yaitu :
  • Hari/tanggal : Rabu, 15 November 2017.
  • Waktu : 12.00 – selesai.
  • Tempat : Sekitar Kampus FIP.

  • Penjualan III
Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan disatu tempat dalam waktu 1 hari,
yaitu :
  • Hari/tanggal : Selasa, 21 November 2017.
  • Waktu : 08.00 – 12.00
  • Tempat : kampus PGSD

  • Penjualan IV
Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan disatu tempat dalam waktu 1 hari,
yaitu :
  • Hari/tanggal : Rabu, 29 November 2017.
  • Waktu : 12.00 – selesai.
  • Tempat : PGSD (Kelas B-2014).

Catatan : Pada penjualan IV ini, kami juga menjual produk di tempat kos dikarenakan ada teman kos yang memesan yakni sebanyak 3 orang.
BAB IV
PENJUALAN DAN PEMBAHASAN

  1. Penjualan I
Pada penjualan I, kami memproduksi es mie bubbles sebanyak 10 gelas dan berhasil menjual sebanyak 10 gelas. Dari penjualan tersebut, kami memperoleh keuntungan sebanyak Rp. 9.000. Kendala yang kami hadapi adalah cuaca yang tidak menentu yakni kadang panas lalu tiba-tiba hujan. Menurut kami, calon pembeli mungkin tidak ingin membeli es karena hawa dingin ketika hujan. Namun, ketika kami mulai berjualan pada pukul 12.00, cuaca berubah menjadi sedikit panas sehingga kami berhasil menjual 10 gelas es mie bubbles. Selain itu, kami berhasil menjual 10 gelas dikarenakan kami bertemu dengan sekelompok mahasiswa yang kebetulan sedang memerlukan minum.
  1. Penjualan II
Pada penjualan II, kami hanya memproduksi es mie bubbles sebanyak 10 gelas kembali dan terjual sebanyak 10 gelas. Dari penjualan II ini, kami memperoleh keuntungan sebanyak Rp. 11.000 dikarenakan pada penjualan ini kami tidak perlu membeli sedotan. Kami membeli sedotan 1 bungkus yang bisa digunakan untuk berjualan 2 kali. Kendala yang dihadapi hampir sama dengan kendala pada penjualan I. Namun, kami bertemu dengan beberapa teman dekat yang mau membeli. Sehingga, kami dapat menjual 10 gelas es mie bubbles.
  1. Penjualan III
Pada penjualan III, yakni penjualan di acara bazar kewirausahaan PGSD, kami memproduksi es mie bubbles sebanyak 30 gelas dan terjual sebanyak 25 gelas. Dari penjualan II ini, kami memperoleh keuntungan sebanyak Rp. 20.000. Menurut kami, penjualan tersebut lumayan banyak dikarenakan tidak begitu banyak stan yang juga menjual produk minuman. Bahkan, ada seorang pembeli yang sampai membeli sebanyak 2 kali produk kami. Selain itu, ada juga Ibu dosen yang ikut berpartisipasi mengunjungi bazar dan membeli produk di stan kami. Untuk kendala, menurut kami hanya satu atau dua stan yang juga menjual produk minuman yang menjadi kendala karena merupakan saingan dalam berjualan.
  1. Penjualan IV
Pada penjualan IV, kami memproduksi es mie bubbles sebanyak 10 gelas dan berhasil menjual sebanyak 10 gelas. Terjual 7 gelas ketika di kelas B-2014 dan 3 gelas yang dibeli oleh teman kos. Dari penjualan tersebut, kami memperoleh keuntungan sebanyak Rp. 9.000. Menurut kami, hampir tidak ada kendala dikarenakan ada beberapa teman kelas yang tidak sempat membeli produk kami dan tertarik untuk membeli. Sehingga, kami bisa menjual habis 10 gelas.



BAB  V
PENUTUP

  1. Kesimpulan
Dalam tugas untuk memenuhi matakuliah kewirausahaan ini, kami mencoba melakukan sebuah usaha sederhana untuk mendapatkan pembelajaran menjadi seorang wirausahawan. Usaha yang kami jalankan merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi kami untukmasa yang akan datang. Saat ini usaha yang kami jalankan adalah mencoba menawarkan produk minuman yakni es mie bubbles.

  1. Saran
Bagi mahasiswa, dengan dilaksanakannya kegiatan  kewirausahaan ini tentu diharapkan dapat menjadi bagian dalam upaya menangani masalah pengangguran lulusan perguruan tinggi. Untuk itu perlu dikembangkan kewirausahaan bagi para remaja dan pemuda. Perluya kegiatan kewirausahaan agar para generasi muda khususnya mahasiswa dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan dengan melihat potensi yang ada sehingga dapat membuat inovasi baru dalam hal usaha guna menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

LAMPIRAN
Biodata Anggota Kelompok


  1. Ketua kelompok
Nama : NisfulLaila
TTL : Sidoarjo, 13 September 1996
Alamat : Lidah Wetan gang III Lakarsantri, Surabaya.
Hobi : Membaca



  1. Anggota kelompok
Nama : Rima Anggraini
TTL : Tuban, 29 Oktober 1995
Alamat : Jalan. Manukan Loka V, blok 8a/26 Surabaya.
Hobi : Menyanyi


  1. Anggota kelompok
Nama : Lusyi Dwi Oktafiati
TTL : Pamekasan, 31 Oktober 1995
Alamat : Jalan. Jalmak No 37 Pamekasan
Hobi : Memasak


  1. Anggota kelompok
Nama : Lilik Minarsih
TTL : Gresik, 17 Maret 1996
Alamat : Desa Hendrosari, Kecamatan Menganti, Gresik.
Hobi : Membaca

DOKUMENTASI



Gambar 1.1 Kegiatan Penjualan ke-I



Gambar 1.2 Kegiatan Penjualan ke-II



Gambar 1.3 Kegiatan Penjualan ke-III


K:\IMG20171121084922.jpg
Gambar 1.4 Kegiatan Penjualan ke-IV


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...