Tugas Pendidikan IPS
“DIMENSI KETERAMPILAN IPS”
Dosen Pengampu : Ganes Gunansyah M.Pd
Disusun Oleh :
Nisful Laila
Nikmatus Solichah
Aisydhah Rahma
Sischa Yunita
Nisrohah Neni Riyanti
Rosida Priska
Deviana Putri Ari Sandy
Noni Vierna
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015
DIMENSI KETERAMPILAN IPS
1. Keterampilan Meneliti
-
Mengidentifikasi
dan mengungkapkan masalah atau isu
-
Mengumpulkan
dan mengolah data
-
Menafsirkan
data
-
Menganalisis
data
-
Menilai
bukti-bukti yang ditemukan
-
Menerapkan
hasil temuan dan konteks yang berbeda
-
Menyimpulkan
-
Membuat
pertimbangan nilai
2. Keterampilan Berpikir
-
Mengkaji
dan menilai data
-
Merencanakan
-
Merumuskan
faktor sebab dan akibat
-
Memprediksi
hasil dari sesuatu kegiatan atau peristiwa
-
Menyarankan
apa yang akan dirimbulkan dari suatu peristiwa atau perbuatan
-
Curah
pendapat
3. Keterampilan Partisipasi Sosial
-
Mengidentifikasi
akibat dari perbuatan dan pengaruh ucapan terhadap orang lain
-
Menunjukkan
rasa hormat dan perhatian kepada orang lain
-
Berbuat
efektif sebagai anggota kelompok
-
Mengambil
berbagai peran kelompok
-
Menerima
kritik dan saran
-
Menyesuaikan
kemampuan dengan tugas yang harus diselesaikan
4. Keterampilan Komunikasi
-
Keterampilan
komunikasi dapat dilakukan melalui tulisan, lisan, film, drama, seni,
pertunjukkan, foto, dan peta.
CONTOH MODEL PEMBELAJARAN IPS
1. Diskusi
-
Berbagi
pengetahuan dan pengalaman
-
Membantu
siswa memahami informasi
2. Penyelidikan Terbimbing
-
Memberi
topik
-
Mengumpulkan
informasi
-
Menganalisis
informasi
-
Menyajikan
sebuah laporan
3. Problem Solving
-
Identifikasi
masalah
-
Survei
masalah
-
Definisi
masalah
-
Fokus
masalah
-
Analisis
faktor masalah
-
Pemecahan
masalah
CONTOH DIMENSI KETERAMPILAN IPS
Berikut adalah kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran
menggunakan kurikulum 2013 :
1. Berdoa bersama dipimpin oleh salah satu siswa.2. Guru bertanya dan menyapa siswa.3. Guru menyiapkan dan mengawali pembelajaran.4. Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi untuk memancing pengetahuan siswa.5. Guru bertanya tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan materi.6. Mempraktikan permainan yang berkaitan dengan materi.7. Siswa diberi kesempatan memilih anggota kelompom atau mengatur pembentukan kelompok.8. Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat strategi permainan (diskusi mengatur strategi permainan).9. Guru menanamkan sikap baik selama kegiatan permainan berlangsung.10. Guru memberikan kesempatan bicara untuk setiap anak.11. Siswa melakukan pengamatan.12. Siswa menyimpulkan hasil pengamatan.13. Diskusi kelompok (setiap anak memberikan pendapat).14. Setiap kelompok melakukan presentasi di depan kelas.15. Siswa yang menjadi pendengar mengajukan pertanyaan kepada pemberi presentasi.16. Diskusi berpasangan17. Guru memancing rasa ingin tahu siswa.18. Guru mengawasi dan berkeliling untuk memberi motivasi.19. Guru memperkenalkan alat yang berkaitan dengan materi pembelajaran.20. Siswa saling bertanya, menyampaikan pendapat, dan menarik kesimpulan.21. Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.22. Berdoa bersama.23. Siswa membuat cerita dan gambar untuk penyelesaian masalah.24. Guru melakukan penilaian hasil kerja siswa.
Berikut
adalah contoh dimensi IPS berdasar kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran
menggunakan kurikulum 2013 :
1. Keterampilan Meneliti :
-
Siswa
melakukan pengamatan.
-
Siswa
menyimpulkan hasil pengamatan.
-
Guru
menyimpulkan hasil pembelajaran.
2. Keterampilan Berpikir
-
Guru
memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi untuk memancing pengetahuan
siswa.
-
Guru
bertanya tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan materi.
-
Siswa
diberi kesempatan memilih anggota kelompom atau mengatur pembentukan kelompok.
-
Guru
memberi tugas kepada siswa untuk membuat strategi permainan (diskusi mengatur
strategi permainan).
-
Siswa
yang menjadi pendengar mengajukan pertanyaan kepada pemberi presentasi.
-
Diskusi
berpasangan
-
Guru memancing rasa ingin tahu siswa.
-
Siswa
membuat cerita dan gambar untuk penyelesaian masalah.
-
Guru melakukan penilaian hasil kerja siswa.
3. Keterampilan Partisipasi Sosial
-
Berdoa
bersama dipimpin oleh salah satu siswa.
-
Mempraktikan
permainan yang berkaitan dengan materi.
-
Diskusi
kelompok (setiap anak memberikan pendapat).
-
Guru
mengawasi dan berkeliling untuk memberi motivasi.
4. Keterampilan Komunikasi
-
Guru
bertanya dan menyapa siswa.
-
Diskusi
kelompok (setiap anak memberikan pendapat).
-
Guru
memperkenalkan alat yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar