Selasa, 20 Oktober 2015

DIMENSI KETERAMPILAN IPS



Tugas Pendidikan IPS
“DIMENSI KETERAMPILAN IPS”



Dosen Pengampu : Ganes Gunansyah M.Pd

Disusun Oleh  :
Nisful Laila
Nikmatus Solichah
Aisydhah Rahma
Sischa Yunita
Nisrohah Neni Riyanti
Rosida Priska
Deviana Putri Ari Sandy
Noni Vierna


UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015



DIMENSI KETERAMPILAN IPS

1.      Keterampilan Meneliti

-          Mengidentifikasi dan mengungkapkan masalah atau isu
-          Mengumpulkan dan mengolah data
-          Menafsirkan data
-          Menganalisis data
-          Menilai bukti-bukti yang ditemukan
-          Menerapkan hasil temuan dan konteks yang berbeda
-          Menyimpulkan
-          Membuat pertimbangan nilai


2.      Keterampilan Berpikir

-          Mengkaji dan menilai data
-          Merencanakan
-          Merumuskan faktor sebab dan akibat
-          Memprediksi hasil dari sesuatu kegiatan atau peristiwa
-          Menyarankan apa yang akan dirimbulkan dari suatu peristiwa atau perbuatan
-          Curah pendapat


3.      Keterampilan Partisipasi Sosial

-          Mengidentifikasi akibat dari perbuatan dan pengaruh ucapan terhadap orang lain
-          Menunjukkan rasa hormat dan perhatian kepada orang lain
-          Berbuat efektif sebagai anggota kelompok
-          Mengambil berbagai peran kelompok
-          Menerima kritik dan saran
-          Menyesuaikan kemampuan dengan tugas yang harus diselesaikan


4.      Keterampilan Komunikasi

-          Keterampilan komunikasi dapat dilakukan melalui tulisan, lisan, film, drama, seni, pertunjukkan, foto, dan peta.


CONTOH MODEL PEMBELAJARAN IPS


1.      Diskusi

-          Berbagi pengetahuan dan pengalaman
-          Membantu siswa memahami informasi


2.      Penyelidikan Terbimbing

-          Memberi topik
-          Mengumpulkan informasi
-          Menganalisis informasi
-          Menyajikan sebuah laporan


3.      Problem Solving

-          Identifikasi masalah
-          Survei masalah
-          Definisi masalah
-          Fokus masalah
-          Analisis faktor masalah
-          Pemecahan masalah

CONTOH DIMENSI KETERAMPILAN IPS

Berikut adalah kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 :

1.      Berdoa bersama dipimpin oleh salah satu siswa.
2.      Guru bertanya dan menyapa siswa.
3.      Guru menyiapkan dan mengawali pembelajaran.
4.      Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi untuk memancing pengetahuan siswa.
5.      Guru bertanya tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan materi.
6.      Mempraktikan permainan yang berkaitan dengan materi.
7.      Siswa diberi kesempatan memilih anggota kelompom atau mengatur pembentukan kelompok.
8.      Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat strategi permainan (diskusi mengatur strategi permainan).
9.      Guru menanamkan sikap baik selama kegiatan permainan berlangsung.
10.   Guru memberikan kesempatan bicara untuk setiap anak.
11.   Siswa melakukan pengamatan.
12.   Siswa menyimpulkan hasil pengamatan.
13.   Diskusi kelompok (setiap anak memberikan pendapat).
14.   Setiap kelompok melakukan presentasi di depan kelas.
15.   Siswa yang menjadi pendengar mengajukan pertanyaan kepada pemberi presentasi.
16.   Diskusi berpasangan
17.   Guru memancing rasa ingin tahu siswa.
18.   Guru mengawasi dan berkeliling untuk memberi motivasi.
19.   Guru memperkenalkan alat yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
20.   Siswa saling bertanya, menyampaikan pendapat, dan menarik kesimpulan.
21.   Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
22.   Berdoa bersama.
23.   Siswa membuat cerita dan gambar untuk penyelesaian masalah.
24.    Guru melakukan penilaian hasil kerja siswa.

Berikut adalah contoh dimensi IPS berdasar kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 :

1.      Keterampilan Meneliti :

-          Siswa melakukan pengamatan.
-          Siswa menyimpulkan hasil pengamatan.
-          Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.


2.      Keterampilan Berpikir

-          Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi untuk memancing pengetahuan siswa.
-          Guru bertanya tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan materi.
-          Siswa diberi kesempatan memilih anggota kelompom atau mengatur pembentukan kelompok.
-          Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat strategi permainan (diskusi mengatur strategi permainan).
-          Siswa yang menjadi pendengar mengajukan pertanyaan kepada pemberi presentasi.
-          Diskusi berpasangan
-           Guru memancing rasa ingin tahu siswa.
-          Siswa membuat cerita dan gambar untuk penyelesaian masalah.
-            Guru melakukan penilaian hasil kerja siswa.


3.      Keterampilan Partisipasi Sosial

-          Berdoa bersama dipimpin oleh salah satu siswa.
-          Mempraktikan permainan yang berkaitan dengan materi.
-          Diskusi kelompok (setiap anak memberikan pendapat).
-          Guru mengawasi dan berkeliling untuk memberi motivasi.


4.      Keterampilan Komunikasi

-          Guru bertanya dan menyapa siswa.
-          Diskusi kelompok (setiap anak memberikan pendapat).
-          Guru memperkenalkan alat yang berkaitan dengan materi pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...