Tugas Pendidikan IPS
“Dimensi Pengetahuan Dalam IPS”
Dosen Pengampu : Ganesh Gunansyah, M.Pd
Disusun Oleh :
Nisful Laila (14010644045)
Nikmatus Sholichah (14010644046)
Aisyidhah Rahma (14010644060)
Deviana Putri Arisandy (14010644068)
Nisrohah Neni Riyanti (14010644069)
Sischa Yunita (14010644072)
Rosida Priska (14010644080)
Noni Vierna Damayanti (14010644081)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015
DIMENSI-DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN IPSTerdapat 3 dimensi dalam pembelajaran IPS, yaitu :1. Dimensi Pengetahuan2. Dimensi Keterampilan3. Dimensi Nilai dan Sikap
Berikut penjelasan secara singkat mengenai dimensi pengetahuan dalam IPS :
Dimensi Pengetahuan dalam IPS
Dimensi pengetahuan dibagi menjadi 3, yaitu :1. FAKTAFakta adalah sesuatu hal yang telah diketahui atau telah terjadi benar, ada. Fakta yaitu sesuatu yang dipercaya atau dituntut bahwa sesuatu itu benar. Jadi, fakta merupakan sesuatu yang benar terjadi dan merupakan kenyataan realitas yang ril, benar dan juga merupakan kejadian nyata.Fakta merupakan pernyataan pasif dan rumusannya sederhana. Fakta juga data aktual. Contoh : Jakarta adalah ibukota Indonesia.2. KONSEPKonsep adalah suatu istilah pengungkapan abstrak yang digunakan untuk tujuan mengklasifikasikan satu kelompok dari suatu (benda), gagasan, atau peristiwa.*Kriteria Penanaman Konsep*Pemahaman suatu konsep tidak terlepas dari pengalaman dan latarbelakang budaya yang dimiliki seseorang. Dengan demikian, untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang berbagai konsep.*Konsep-Konsep dalam IPS*1. Konsep-konsep ilmu sejarah seperti pahlawan, perang, kerajaan, dan lain-lain.2. Konsep-konsep ilmu ekonomi seperti pasar, uang, konsumen, dan lain-lain.3. Konsep-konsep ilmu geografi seperti alam, kependudukan, daerah, dan lain-lain.4. Konsep-konsep ilmu antropologi seperti kesenian, upacara, adat, dan lain-lain.5. Konsep-konsep ilmu sosiologi seperti norma, nilai, masyarakat, dan lain-lain.*Langkah-langkah dalam Mengajarkan Konsep*1) Misal mengajarkan konsep tentang *Pulau*.2) Menunjukkan kepada siswa gambar pulau lengkap dengan suasana pantainya yang dikelilingi laut.3) Siswa akan membentuk mental map atau gambaran mentalnya tentang pulau.4) Proses pembentukan konsepnya melalui menyebutkan contoh dan non-contoh tentang pulau.3. GENERALISASIGeneralisasi merupakan abstraksi dan terikat konsep dan proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fenomena dalam IPS. Generalisasi yaitu hubungan antara dua atau lebih konsep. Misalkan hubungan antara konsep uang, kebutuhan, dan keinginan. Generalisasinya sebagai berikut :Uang, kebutuhan, keinginan : Setiap kebutuhan dan keinginan memerlukan uang.KETERKAITAN ANTARA FAKTA, KONSEP, DAN GENERALISASI
Berikut adalah contoh dari keterkaitan antara fakta, konsep, dan generalisasi :
SOAL :
1. Carilah topik dalam pembelajaran IPS!2. Dari topik tersebut masing-masing tentukan 3 fakta, 3 konsep, dan 3 generalisasi!
JAWAB :
Topik : Gotong Royong
Fakta :1. Kebersamaan (Kerja bakti di desa)2. Persaudaraan (Mengadakan program bangun desa)3. Tolong Menolong (Antarwarga masyarakat)
Konsep :1. Kerjasama sosial2. Organisasi sosial3. Desa kota
Generalisasi :1. Untuk membentuk suatu kerjasama yang baik dibutuhkan kebersamaan dan rasa persaudaraan.2. Gotong royong membutuhkan partisipasi antaranggota masyarakat.3. Untuk membentuk suatu organisasi sosial, baik di desa maupun di kota yang bertujuan untuk membentuk kerjasama sosial yang baik dibutuhkan adanya rasa persaudaraan, kebersamaan, dan saling tolong menolong.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar