Sabtu, 21 November 2015

Parafrase Drama Menjadi Bentuk Prosa



Parafrase Drama Menjadi Bentuk Prosa

*DRAMA*

BERLIBUR KE TAMAN SAFARI
Karya : Nisful Laila*

Ririn baru sampai di kelas. Dia melihat Ryo dan Hime sedang mengobrol. Merasa penasaran, setelah meletakkan ransel di tempat duduknya, Ririn menghampiri kedua teman sekelasnya itu.

Ririn    : (mengambil satu kursi untuk duduk berhadapan dengan Hime) Selamat pagi Ryo.. Hime..
Hime   : Selamat pagi juga, Rin.
Ryo     : Tumben berangkat pagi? (Ryo meledek Ririn dengan nada bercanda).
Ririn    : Ya sudah, aku pulang dulu. Nanti aku ke sekolah lagi biar aku gak berangkat pagi.
Ryo     : Hahaha.. janganlah.. aku Cuma bercanda.
Ririn    : Iya.. Iya.. kalian sedang ngomongin apa sih? Kelihatannya seru.
Hime   : Ryo ingin bercerita tentang liburan ke taman safari bersama Ibu dan Ayahnya.
Ririn    : Taman safari? Aku juga mau dengar ceritanya dong. Ayo cerita. (Ririn menarik kecil tangan Ryo. Dia tidak sabar mendengar cerita Ryo)
Ryo     : Iya, aku ke taman safari bersama Ibu dan Ayah saat liburan sekolah kemarin. Di sana, aku melihat gajah. Gajahnya besar sekali dan punya anak satu. Hehehe.. Lalu, ada juga harimau. Ada jerapah dan banyak hewan lainnya. Itu liburan ke taman safariku yang pertama dan aku senang sekali.
Hime   : Liburan nanti aku mau ajak Ayah sama Bunda ke sana ah.. aku kan juga mau lihat gajah dan jerapah.
Ririn    : Iya bener tuh. Aku juga mau ajak Papa sama Mama, kakak juga.

Bel masuk pun berbunyi. Lalu, datanglah Bu Guru. Ririn kembali ke tempat duduknya dan pelajaran pun segera dimulai.



*Penulis adalah mahasiswa dari PGSD FIP UNESA angkatan 2014



*PARAFRASE*

Parafrase Drama “BERLIBUR KE TAMAN SAFARI”
Oleh : Nisful Laila*

Ririn baru sampai di kelas. Hari ini, dia datang lebih awal. Dia melihat Ryo dan Hime sedang mengobrol. Merasa penasaran, setelah meletakkan ransel di tempat duduknya, Ririn menghampiri kedua teman sekelasnya itu.

Ternyata, Ryo sedang bercerita kepada Hime tentang pengalamannya saat berlibur ke taman safari bersama Ibu dan Ayahnya. Di taman safari, Ryo merasa sangat senang karena bisa melihat gajah, harimau, jerapah, dan banyak hewan lainnya. Mendengar cerita Ryou, Ririn dan Hime jadi ingin pergi ke taman safari saat libur sekolah nanti. Mereka pun memutuskan untuk pergi berlibur ke sana nanti. Ririn ingin mengajak Papa, Mama, dan kakaknya. Begitu juga dengan Hime.

Tidak lama kemudian, bel masuk pun berbunyi. Lalu, datanglah Bu Guru yang akan mengajar Bahasa Indonesia hari ini. Ririn kembali ke tempat duduknya dan pelajaran pun segera dimulai.



*Penulis adalah mahasiswa dari PGSD FIP UNESA angkatan 2014

4 komentar:

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...