Minggu, 09 April 2017

TUGAS METODOLOGI PENELITIAN UNESA '14 : Analisis jurnal pendidikan Indonesia dan jurnal internasional



Judul jurnal :
Peningkatan kemampuan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Banggai Melalui Metode Diskusi Kelompok.

Permasalahan :
Kemampuan keterampilan berbahasa siswa kelas V SDN Sampaka yang masih kurang, khususnya keterampilan berbicara.

Solusi :

·         Menerapkan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan keterampilan berbicara.

Pengajaran kooperatif kelompok kecil memajukan pencapaian bahasa yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengajaran langsung bimbingan guru karena digunakannya pendekatan komunikatif. Sehingga metode diskusi kelompok akan lebih efektif untuk melatih keterampilan berbahasa, khususnya keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Sampaka. Dengan melibatkan keaktifan siswa melalui kegiatan belajar dalam diskusi kelompok seperti : 1) siswa mengerjakan LKS, 2) siswa berdiskusi dengan kelompok, dan 3) siswa mempresentsekan hasil diskusi kelompok. Maka menerapkan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Sampaka.


Judul jurnal :
Evaluation of a Moral and Character Education Group for Primary School Students.

Permasalahan :
Kebutuhan akan pendidikan karakter dan moral untuk murid-murid Sekolah Dasar di China, Hongkong.

Solusi :

·         Memberikan pendidikan karakter dan moral melalui kegiatan belajar dan permainan di sekolah.

China-Hongkong menghadapi budaya karakter dan moral yang rumit. Akhirnya, hal tersebut berpengaruh pada karakter dan moral anak-anak usia Sekolah Dasar di China. Sehingga Sekolah Dasar dapat menjadi tempat yang cocok untuk mengajarkan anak-anak tentang karakter dan moral yang baik. Dengan memberikan pendidikan karakter dan moral pada anak-anak di Sekolah Dasar China tersebut melalui pembentukan kelompok belajar dan bermain. Mengajak anak-anak melakukan berbagai kegiatan belajar dan permainan yang mengandung nilai-nilai moral yang positif secara berkelompok. Seperti nilai mengapreasi, berbuat kebaikan, rasa syukur, dan saling menghormati. Maka pendidikan karakter dan moral akan lebih mudah diterima oleh anak-anak karena kelompok belajar dan permainan akan lebih menarik minat siswa untuk belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...