Minggu, 09 April 2017

TUGAS METODOLOGI PENELITIAN UNESA '14 : Disproportionate Stratified Random Sampling



Probability Sampling
Adalah teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Teknik ini salah satunya meliputi Disproportionate Stratified Random Sampling.

Disproportionate Stratified Random Sampling digunakan untuk menentukan jumlah sampel, bila populasi serstrata tetapi kurang proporsional.

Contoh permasalahan :
Pegawai dari unit kerja tertentu mempunyai 3 orang lulusan S3, 4 orang lulusan S2, 90 orang lulusan S1, 800 orang lulusan SMU, 700 orang lulusan SMP,

Penyelesaian permasalahan :
3 orang lulusan S3 dan 4 orang lulusan S2 diambil semuanya sebagai sampel karena 2 kelompok tersebut terlalu kecil jumlahnya bila dibandingkan dengan kelompok lulusan S1, SMU, dan SMP.

Sumber :
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta















Penarikan contoh acak berstrata disproporsional pada dasarnya sama dengan penarikan contoh acak berstrata, hanya saja pada ancangan disproporsional strata yang ada pada populasi tidak sepenuhnya direfleksikan pada contoh yang akan ditarik. Proposi yang ada pada contoh tergantung sepenuhnya pada keputusan peneliti beserta tujuan penelitian.

Misalnya peneliti ingin mengetahui tanggapan pustakawan yang bekerja di sektor swasta tentang tunjangan fungsional dengan status gaji pustakawan berbeda-beda. Peneliti menentukan status ekonomi masing-masing pustakawan swasta berdasarkan segala gaji :
Rp. 300.000,00 atau kurang per bulan masuk strata rendah
Rp. 301.000,00 – Rp. 499.000,00 masuk strata menengah rendah
Rp. 501.000,00 – Rp. 999.000,00 masuk strata menengah
Rp. 1.000.000,00 – Rp. 2.000.000,00 masuk strata menengah tinggi
RP. 2.001.000,00 ke atas masuk strata tinggi

Kemudian komposisi pustakawan swasta tersebut dimasukkan ke dalam strata (Tabel 6-5)

Tabel 6-5, Komposisi gaji pustakawan swasta
Penghasilan per bulan
Komposisi jumlah pustakawan
Komposisi
Tinggi
30
0,03
Menengah tinggi
70
0,07
Menengah
400
0,40
Menengah rendah
300
0,30
Rendah
200
0,20
Total
1.000
1.00

Hasil komposisi populasi sebagai tampak pada tabel 6-6 berikut.






Tabel 6-6. Hasil komposisi populasi
Penghasilan per bulan
Perbandingan tiap strata
Tinggi
3
Menengah tinggi
7
Menengah
40
Menengah rendah
30
Rendah
20
Total
1.00 (N)

Jika peneliti ingin mengetahui pendapat pustakawan mengenai tunjangan fungsional khusus pustakawan yang masuk berpenghasilan rendah, dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah proporsi pustakawan berpenghasilan tinggi dan mengambil tambahan pada pustakawan berpenghasilan rendah. Komposisi contoh berubah sebagai berikut :

Tabel 6-7. Komposisi contoh berstrata disproporsinal
Penghasilan per bulan
Perbandingan tiap strata
Tinggi
2
Menengah tinggi
5
Menengah
30
Menengah rendah
30
Rendah
33
Total
1.00

Dari komposisi pada Tabel 6-7 kemudian peneliti mengambil contoh, dapat berdasarkan pengambilan secara acak dari lotere atau pun dari tabel bilangan acak. Peneliti akan melihat bahwa jumlah contoh pustakawan berpenghasilan rendah yang dijadikan contoh (jumlahnya 33) lebih tinggi daripada jumlah menurut komposisi yang proporsional (seharusnya 20). Inilah yang disebut penarikan contoh secara acak berstrata namun tidak proporsional dengan komposisi yang ada. Hal ini dilakukan karena peneliti ingin menekankan pendapat strata tertentu mengenai sebuah masalah.



Contoh permasalahan :
Populasi dokumentalis di penjara (vendor) informasi terdiri dari 100 lulusan SLTA, 50 lulusan Diploma 2, 9 lulusan Sarjana, 2 lulusan Magister, dan 1 lulusan Doktor.

Penyelesaian permasalahan :
Dalam permasalahan tersebut, lulusan Magister dan Doktor diambil semuanya sebagai sampel karena 2 kelompok tersebut terlalu kecil jumlahnya bila dibandingkan dengan yang berijazah SLTA dan Diploma 2.

Sumber :
Sulistyo dan Basuki. 2010. Metode Penelitian. Jakarta : Penaku
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...