Sabtu, 02 April 2016

Keterampilan Berbahasa



Keterampilan Berbahasa

Penting bagi setiap orang untuk menguasai keterampilan berbahasa karena tanpa keterampilan berbahasa kita akan kesulitan dalam berkomunikasi untuk memahami maksud dari orang lain.

Jika kita tidak memiliki keterampilan berbahasa maka kita juga akan kesulitan dalam menyampaikan pikiran, perasaan, dan pemahaman kita kepada orang lain.

Keterampilan berbahasa ada empat macam, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis.

1.      Keterampilan Menyimak
Menyimak adalah keterampilan yang paling awal dilakukan oleh manusia. Bentuk kegiatan dari menyimak yaitu mendengarkan pemahaman orang lain mengenai suatu informasi. Cara meningkatkan keterampilan menyimak, yaitu :
-          Membiasakan diri untuk mendengarkan atau menyimak
-          Menentukan tujuan yang ingin dicapai dari menyimak
-          Mengetahui informasi yang ingin diperoleh dari menyimak

2.      Keterampilan Berbicara
Berbicara yaitu mengungkapkan atau menyampaikan secara lisan pemahaman yang dimiliki tentang suatu informasi. Cara meningkatkan keterampilan berbicara, yaitu :
-          Melakukan kegiatan yang menuntut untuk bicara seperti bercerita, berdialog, berpidato, dan berdiskusi.

3.      Keterampilan Membaca
Membaca merupakan kemampuan memahami tulisan atau informasi dalam bentuk huruf, kata, kalimat, angka, ungkapan, frasa, dan wacana. Cara meningkatkan keterampilan membaca, yaitu :
-          Berlatih membaca secara bebas atau sering melakukan kegiatan membaca.

4.      Keterampilan Menulis
Menulis ialah kemampuan mengungkapkan pemahaman yang dimiliki mengenai suatu informasi dalam bentuk huruf, kata, kalimat, angka, ungkapan, frasa, dan wacana. Cara meningkatkan keterampilan menulis, yaitu :
-          Melakukan kegiatan membaca. Semakin banyak kita membaca semakin banyak informasi atau pengetahuan yang kita peroleh. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis.
-          Berlatih menulis. Jika kita terbiasa menulis maka akan meningkatkan kemampuan menulis kita.
-          Menerima kritik, saran, dan komentar atas tulisan yang kita buat akan memperbaiki tulisan tersebut. Sehingga bisa meningkatkan kemampuan menulis kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...