Sabtu, 23 April 2016

Laporan Hasil Analisis Buku Guru dan Buku Siswa SD Kelas 1 Kurikulum 2013

Laporan Hasil Analisis Buku Guru dan Buku Siswa SD Kelas 1 Kurikulum 2013
Dosen pengampu : Dra. Endang Darmawati, M.Si
J:\Rairapedia\unesa-biru_1.jpg
Disusun oleh :
Nova Dwi Nur Fauziah    12010644208
Julaika                14010644043
Ucha Ayu Junia        14010644044
Nisful Laila             14010644045
Nikmatus Solichah        14010644046
Rafi Adzimul Haya        14010644048
Restie Kartika Maharani    14010644049
Amelia Rosanita Dewi        14010644050
Fiana Puspa Nursenda     14010644051
Rima Anggraini        14010644052
Rizki Setyowiyanti        14010644053
Lusyi Dwi Oktafianti        14010644054
Puput Agustina        14010644055
B 2014

Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
2016
Hasil Analisis Buku Guru dan Buku Siswa SD Kelas 1 Kurikulum 2013

Hasil Analisis Indikator :
  • Tema 1 Diriku
  • Subtema 1 Aku dan Teman Baru
  • Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar
Indikator pada Buku
Indikator Hasil Analisis
Pembelajaran 1

3.4. Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
• Mengidentifikasi cara cara
memperkenalkan diri.

• Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap.

• Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan.

• Menyebutkan nama temannya.

Memperkenalkan diri melalui kegiatan bernyanyi.

Memperkenalkan diri melalui kartu nama.
Memperkenalkan diri melalui kegiatan bernyanyi.

Memperkenalkan diri melalui kartu nama.



Pembelajaran 2

3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.

4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.

4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
• Mengidentifikasi ucapan terimakasih.

• Mempraktikkan cara menyampaikan
terima kasih.

• Mengidentifikasi nama  teman.

• Menyebutkan identitas teman.

Memperkenalkan teman satu ke teman lainnya dengan menyebutkan nama lengkapnya.

Memperkenalkan teman satu ke teman lainnya dengan menyebutkan nama panggilannya.
Memperkenalkan teman satu ke teman lainnya dengan menyebutkan nama lengkapnya.

Memperkenalkan teman satu ke teman lainnya dengan menyebutkan nama panggilannya.



Pembelajaran 3

3.1 Mengenal teks deskriptif tentang
anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.

4.1 Mengamati dan menirukan teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
• Mengidentifikasi benda-benda disekitar.

• Mendeskripsikan benda-benda secara lisan.

Menceritakan benda-benda disekitar yang disukai.
Menceritakan benda-benda disekitar yang disukai.



Pembelajaran 4

3.1 Mengenal teks deskriptif tentang
anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.

3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.

4.1 Mengamati dan menirukan
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud
dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
Penyajian
• Menyebutkan urutan huruf melalui nyanyian “a-b-c”.

• Mengurutkan huruf a-b-c-d-e-f dengan urutan yang benar.

• Menulis di udara, pasir, dan
Punggung.

• Mengenal huruf vokal a-i-u-e-o.

• Menebalkan garis sesuai petunjuk.

Menulis huruf dengan posisi duduk dan cara menggunakan pensil yang baik dan benar.

Menebalkan tulisan nama teman sesuai petunjuk.

Menulis nama sendiri di kertas karton.
Menulis huruf dengan posisi duduk dan cara menggunakan pensil yang baik dan benar.

Menebalkan tulisan nama teman sesuai petunjuk.

Menulis nama sendiri di kertas karton.



Pembelajaran 5

3.1 Mengenal teks deskriptif tentang
anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.

4.1 Mengamati dan menirukan teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Menebalkan angka 1-5 sesuai dengan benda.

Menyebutkan angka 1-5 dari urutan terkecil.

Menyebutkan angka 1-5 dari urutan terbesar.
Menyebutkan angka 1-5 dari urutan terkecil.

Menyebutkan angka 1-5 dari urutan terbesar.



Pembelajaran 6

3.4. Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.

4.4. Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu
penyajian
• Menceritakan hasil gambar yang dibuatnya di depan kelas.

• Menyampaikan hasil pengamatan sesuai bentuk benda.

Menulis hasil pengamatan bentuk-bentuk benda disekitar.

Menulis hasil pengamatan bentuk-bentuk benda disekitar.

Hasil Analisis Tujuan Pembelajaran :
  • Tema 1 Diriku
  • Subtema 1 Aku dan Teman Baru
  • Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajaran pada Buku
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
Pembelajaran 1

1. Melalui permainan lempar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.

2. Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.

3. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.

4. Melalui kegiatan bernyanyi, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.

5. Melalui kegiatan membuat kartu nama, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
Melalui kegiatan bernyanyi, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.

Melalui kegiatan membuat kartu nama, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.


Pembelajaran 2

1. Setelah mengikuti permainan, siswa dapat mengenal konsep bilangan 1-5 dengan tepat.

2. Dengan melakukan permainan siswa dapat mengenal lambang bilangan dengan benar.

3. Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi nama teman baru dengan tepat.

4. Setelah mengidentifikasi, siswa dapat menyebutkan kembali nama temannya dengan benar.

5. Dengan melakukan permainan, siswa dapat memperkenalkan teman satu ke teman lainnya dengan menyebutkan nama lengkapnya secara benar.

6. Dengan melakukan permainan, siswa dapat memperkenalkan teman satu ke teman lainnya dengan menyebutkan nama panggilannya secara benar.
Dengan melakukan permainan, siswa dapat memperkenalkan teman satu ke teman lainnya dengan menyebutkan nama lengkapnya secara benar.

Dengan melakukan permainan, siswa dapat memperkenalkan teman satu ke teman lainnya dengan menyebutkan nama panggilannya secara benar.


Pembelajaran 3

1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menghitung banyak benda 1-5 dengan benar.

2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih banyak dengan tepat.

3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan lebih banyak dan lebih sedikit dengan tepat.

4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidetifikasi bentuk persegi dengan tepat.

5. Setelah mengamati contoh siswa dapat mengidentifikasi bentuk persegi panjang dengan tepat.

6. Setelah mengidentifikasi, siswa dapat membuat gambar baru dari bentuk persegi dan persegi panjang.

7. Dengan kegiatan menggambar siswa dapat menceritakan gambar yang dibuatnya dengan menggunakan bahasa
sendiri.

8. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan benda-benda disekitar yang disukai.
Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan benda-benda disekitar yang disukai.


Pembelajaran 4

1. Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “a-b-c” dengan benar.

2. Setelah bernyanyi dan bermain, siswa dapat menyusun huruf dengan urutan yang benar.

3. Dengan melihat contoh, siswa dapat menyusun nama mereka dari kartu-kartu huruf dengan tepat.

4. Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk garis lurus dengan benar.

5. Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk garis zigzag dengan
benar.

6. Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk garis lengkung dengan benar.

7. Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat mempraktikkan posisi duduk yang benar pada saat menulis dengan tepat.

8. Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat mempraktikkan cara memegang pensil yang benar pada saat menulis dengan tepat.

9. Setelah mempraktikkan sikap tubuh dan cara memegang pensil yang benar pada saat menulis siswa dapat menebalkan garis dengan benar.

10. Setelah mempraktikkan sikap tubuh dan cara memegang pensil yang benar pada saat menulis siswa dapat menebalkan tulisan nama teman dengan benar.

11. Dengan melihat contoh, siswa dapat menulis nama sendiri di kertas karton.
Setelah mempraktikkan sikap tubuh dan cara memegang pensil yang benar pada saat menulis siswa dapat menebalkan tulisan nama teman dengan benar.

Dengan melihat contoh, siswa dapat menulis nama sendiri di kertas karton.


Pembelajaran 5

1. Dengan mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan lari dengan benar.

2. Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan
lari berpasangan sambil berpegangan
tangan dengan benar.

3. Dengan permainan kartu angka, siswa dapat mengurutkan bilangan 1–5 dengan benar.

4. Dengan permainan kartu angka, siswa dapat menyebutkan angka 1-5 dari urutan terkecil dengan benar.

5. Dengan permainan kartu angka, siswa dapat menyebutkan angka 1-5 dari urutan terbesar dengan benar.
Dengan permainan kartu angka, siswa dapat menyebutkan angka 1-5 dari urutan terkecil dengan benar.

Dengan permainan kartu angka, siswa dapat menyebutkan angka 1-5 dari urutan terbesar dengan benar.


Pembelajaran 6

1. Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda berbentuk lingkaran dengan benar.

2. Setelah mengidentifikasi bentuk lingkaran siswa dapat menggambar bentuk lingkaran dengan benar.

3. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat membuat gambar eskpresi dari bentuk-bentuk segi empat dan lingkaran.

4. Setelah menggambar, siswa dapat menceritakan hasil gambar yang dibuat dengan lancar.

5. Setelah kegiatan mengamati, siswa dapat menulis hasil pengamatan bentuk-bentuk benda disekitar.
Setelah kegiatan mengamati, siswa dapat menulis hasil pengamatan bentuk-bentuk benda disekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...