Sabtu, 23 April 2016

Laporan Hasil Analisis Buku Guru dan Buku Siswa SD Kelas 2 Kurikulum 2013

Kelas 2 Sekolah Dasar
Tema 1 Hidup Rukun
Subtema 1 Hidup Rukun di Rumah
Pemetaan Kompetensi Dasar

PEMBELAJARAN  1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
KD
Indikator pada buku
Indikator hasil analisis
3.3  Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

4.3  Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

3.5  Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

4.5  Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.

3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan
karakter yang dimiliki.

3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam
kemajemukan keluarga.

4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.

4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga

  • Menyajikan teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dengan bahasa indonesia lisan yang dapat dibantu dengan bahasa daerah untuk membantu siswa.
  • Mempraktikan didepan kelas hidup rukun dengan keluarga dan  teman dengan cara bermain peran dibantu oleh guru.
  • Menyajikan teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dengan bahasa indonesia lisan yang dapat dibantu dengan bahasa daerah untuk membantu siswa.
  • Mempraktikan didepan kelas hidup rukun dengan keluarga dan teman dengan cara bermain peran dibantu oleh guru.



Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran pada buku
Tujuan pembelajaran hasil analisis
  1. Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
  2. Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
  3. Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.
  1. Dengan membaca, siswa mampu menyajikan teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dengan bahasa indonesia lisan yang dapat dibantu dengan bahasa daerah untuk membantu siswa.
  2. Dengan bermain peran, siswa mampu mempraktikan didepan kelas  hidup rukun dalamkeluarga dan teman dengan bantuan guru.









PEMBELAJARAN    : 2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
KD
INDIKATOR PADA BUKU
INDIKATOR HASIL ANALISIS
B.INDONESIA

3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.3.3 Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga.
  • Siswa mengamati gambar danmembaca teks tentang kegiatan dalam keluarga.
3.3.4 Mencatat peran masing masing anggota keluarga.

  • Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan hari ini

4.3.2 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.

4.3.3 Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.
  • Siswa mengamati gambar danmembaca teks tentang kegiatan dalam keluarga.
  • Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan hari ini







Tujuan Pembelajaran
TUJUAN PEMBELAJARAN PADA BUKU
    TUJUAN PEMBELAJARAN HASIL ANALISIS

  1. Dengan kegiatan bertanya dan mengamati contoh cerita tentang kegemaran, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi dengan bahasa santun dan percaya diri.
  2. Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
  3. Setelah membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
  4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis buku harian tentang  kegiatan hari ini dengan teliti.
  5. Dengan menggunakan teks buku harian yang telah ditulis, siswa dapat membaca teks buku harian kegiatan keluarga dengan teliti dan percaya diri.
  6. Dengan menjawab pertanyaan dan mengamati contoh membuat kesimpulan teks buku harian, siswa dapat menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis dengan teliti.
  • Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.

  • Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis buku harian tentang  kegiatan hari ini dengan teliti.




PEMBELAJARAN    : 3
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
KD
INDIKATOR PADA BUKU
INDIKATOR HASIL ANALISIS
3.5  Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
 
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.5.2 Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.

4.5.1 Membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

  • Membaca sebuah syair dengan intonasi seperti membaca puisi

  • Membuat sebuah cerita menggunakan bahasa yang santun dari sebuah syair.

  • Menuliskan permintaan maaf yang baik kepada orang tua, guru, dan teman.

  • Membaca sebuah syair dengan intonasi seperti membaca puisi

  • Membuat sebuah cerita menggunakan bahasa yang santun dari sebuah syair.

  • Menuliskan permintaan maaf yang baik kepada orang tua, guru, dan teman.


Tujuan Pembelajaran
TUJUAN PEMBELAJARAN PADA BUKU
    TUJUAN PEMBELAJARAN HASIL ANALISIS
  1. Dengan menggunakan teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa dapat  membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan  santun dan percaya diri.

  1. Dengan membaca teks percakapan “Buku Kakak Sobek”,  siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.

  1. Dengan beberapa contoh sikap yang dikemukakan guru,  siswa dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan  tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  • Dengan menggunakan sebuah syair, siswa dapat membaca sebuah syair dengan intonasi seperti membaca puisi.

  • Dengan membaca sebuah syair, siswa dapat membuat sebuah cerita menggunakan bahasa yang santun dari sebuah syair.

  • Dengan membaca teks permintaan maaf, siswa dapat menuliskan permintaan maaf yang baik kepada orang tua, guru, dan teman.


PEMBELAJARAN    : 4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
KD
INDIKATOR PADA BUKU
INDIKATOR HASIL ANALISIS
3.1 mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalammembuat karya seni rupa
4.3 menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media
3.2 mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga , pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
4.8 memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga
3.1.1 Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.3.1 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.2.3 Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

  • Mengidentifikasi teknik-teknik dalam membuat karya seni rupa.
  • Mengidentifikasi teknik-teknik dalam membuat karya seni rupa.
Tujuan Pembelajaran
TUJUAN PEMBELAJARAN PADA BUKU
    TUJUAN PEMBELAJARAN HASIL ANALISIS
  1. Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
  2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga menggunakan alat musik ritmis dengan percaya diri.
  3. Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahanbahan dalam membuat karya seni rupa dengan teliti.
  4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar dengan percaya diri.
  1. Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi teknik dalam pembuatan seni rupa dengan teliti dan tepat.


PEMBELAJARAN    : 5
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
KD
INDIKATOR PADA BUKU
INDIKATOR HASIL ANALISIS
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
penyajian.
3.5.1 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.1 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
3.5.2 Memahami makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dijelaskan.
4.5.2 Menulis teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia.




Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran pada Buku
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
  1. Dengan mengamati gambar tentang berbagai gerakan aktivitas jasmani, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentukpermainan sederhana dengan teliti.
  2. Dengan “Permainan Sutradara”, siswa dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan percaya diri.
  3. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  4. Dengan membaca teks percakapan dan tanya jawab,siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
  5. Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
  6. Dengan penugasan dan diskusi, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
  7. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
  1. Dengan memahami makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dijelaskan, siswa dapat mengerjakan soal dengan tepat.
  2. Dengan menulis teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia, siswa dapat melatih keterampilan menulisnya.


Pembelajaran 6
KD
INDIKATOR PADA BUKU
INDIKATOR HASIL ANALISIS
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
penyajian.

  • Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
  • Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
  • Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
  • Memahami makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dijelaskan.
  • Menulis teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajaran :
Tujuan Pembelajaran pada Buku
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
  1. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  2. Dengan membaca teks percakapan dan tanya jawab,siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
  3. Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
  4. Dengan penugasan dan diskusi, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
  5. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
1. Dengan memahami makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dijelaskan, siswa dapat mengerjakan soal dengan tepat.
2. Dengan menulis teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia, siswa dapat melatih keterampilan menulisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...