Kelas 2 Sekolah Dasar
Tema 1 Hidup Rukun
Subtema 1 Hidup Rukun di Rumah
Pemetaan Kompetensi Dasar
PEMBELAJARAN 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
KD
|
Indikator pada buku
|
Indikator hasil analisis
|
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
|
3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan
karakter yang dimiliki.
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam
kemajemukan keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
|
|
Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran pada buku
|
Tujuan pembelajaran hasil analisis
|
|
|
PEMBELAJARAN : 2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
KD
|
INDIKATOR PADA BUKU
|
INDIKATOR HASIL ANALISIS
|
B.INDONESIA
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
3.3.3 Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga.
3.3.4 Mencatat peran masing masing anggota keluarga.
4.3.2 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.3.3 Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.
|
|
Tujuan Pembelajaran
TUJUAN PEMBELAJARAN PADA BUKU
|
TUJUAN PEMBELAJARAN HASIL ANALISIS
|
|
|
PEMBELAJARAN : 3
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
KD
|
INDIKATOR PADA BUKU
|
INDIKATOR HASIL ANALISIS
|
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.5.2 Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
|
|
Tujuan Pembelajaran
TUJUAN PEMBELAJARAN PADA BUKU
|
TUJUAN PEMBELAJARAN HASIL ANALISIS
|
|
|
PEMBELAJARAN : 4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
KD
|
INDIKATOR PADA BUKU
|
INDIKATOR HASIL ANALISIS
|
3.1 mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalammembuat karya seni rupa
4.3 menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media
3.2 mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga , pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
4.8 memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga
|
3.1.1 Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.3.1 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.2.3 Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
|
|
Tujuan Pembelajaran
TUJUAN PEMBELAJARAN PADA BUKU
|
TUJUAN PEMBELAJARAN HASIL ANALISIS
|
|
|
PEMBELAJARAN : 5
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
KD
|
INDIKATOR PADA BUKU
|
INDIKATOR HASIL ANALISIS
|
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
penyajian.
|
3.5.1 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.1 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
|
3.5.2 Memahami makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dijelaskan.
4.5.2 Menulis teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia.
|
Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran pada Buku
|
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
|
|
|
Pembelajaran 6
KD
|
INDIKATOR PADA BUKU
|
INDIKATOR HASIL ANALISIS
|
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu
penyajian.
|
|
|
Tujuan Pembelajaran :
Tujuan Pembelajaran pada Buku
|
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
|
|
1. Dengan memahami makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dijelaskan, siswa dapat mengerjakan soal dengan tepat.
2. Dengan menulis teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia, siswa dapat melatih keterampilan menulisnya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar