RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ……………………
Kelas / Semester : 1 / 2
Tema 8 : Peristiwa Alam
Sub Tema 2 : Musim Kemarau
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu :
- KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Matematika
3.7 Menentukan pola dari barisan bangun datar sederhana menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.
3.7.1 Mengidentifikasi pola variasi bangun datar yang membentuk pola berulang.
3.7.2 Menentukan pola dari barisan bangun datar yang membentuk pola
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang.
4.4.1 Mengidentifikasi pola variasi bangun datar yang membentuk pola berulang.
4.4.2 Melanjutkan pola dari barisan bangun datar sederhana.
4.4.3 Membuat pola dari bangun datar.
- TUJUAN
- Dengan mengamati pola, siswa dapat mengidentifikasi pola variasi bangun datar yang membentuk pola berulang.
- Dengan menirukan contoh dari guru, siswa dapat menyusun variasi bangun datar sehingga membentuk pola yang berulang dengan tepat.
- Dengan menggunting dan merancang pola, siswa dapat membuat kreasi melalui pola bangun datar berulang dengan tepat.
MATERI
Pola variasi bangun datar yang membentuk pola berulang.
- PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
- SUMBER DAN MEDIA
1. Buku siswa
2. Kartu berisi gambar bangun datar
3. Gunting
4. Lem
5. Kertas kardus bekas/karton
6. Tali
7. Pola bangun datar (terlampir)
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
| |
Inti
|
Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai jenis-jenis bangun datar.
Siswa mendapatkan penjelasan guru tentang pola bangun datar (Persegi, Segitiga, dan Lingkaran) berulang,
misalnya:
Siswa diminta untuk melanjutkan pola tersebut.
(Jawaban :
Guru membagi siswa ke dalam kelompok belajar. Siswa membuat suatu kreasi dengan pola bangun datar yang ada, yaitu tirai.
Siswa dibagikan kartu yang berisi gambar bangun datar. Secara berkelompok, siswa membuat pola bangun datar.
Setelah selesai merancang, siswa menggunting bangun
datar yang dibutuhkan, dan menempelkannya di atas
kardus bekas/karton.
Susunlah pola yang sudah dibuat dan disambungkan
dengan tali sehingga membentuk pola.
Siswa yang sudah selesai dapat menjelaskan pola bangun
datar yang digunakan pada guru.
| |
Penutup
|
Guru mengajak siswa membuat kesimpulan mengenai pembelajaran.
Salam dan do’a penutup.
|
- PENILAIAN
- ProsedurPenilaian
- Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
- Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis.
- Instrumen Penilaian
- Penilaian Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
- Penilaian Hasil Belajar
- Pilihan ganda.
- Isian singkat.
Mengetahui Surabaya, 03 November 2016
Kepala Sekolah, Guru/Wali Kelas,
……………………………… ……………………………..
NIP. ………………………… NIP…………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar