Kamis, 16 Maret 2017

Tugas PPP : RPP Kelas / Semester : I (Satu) / I (Satu) Tema : 3 Sub tema : 1 Kegiatan Pagi Hari Pembelajaran : 1

Program Pengembangan Pembelajaran
“RPP”



Dosen Pengajar : Drs. Supriyono M.Pd






Disusun Oleh : Nisful Laila (14010644045 / B-2014)


UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan        : SDN Dukuhsari 1 Jabon - Sidoarjo
Kelas / Semester            : I (Satu) / I (Satu)
Tema            : 3
Sub tema             : 1 Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran            : 1



  1. Kompetensi Inti
KI 1    :     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2    :     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
KI 3    :     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan  kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4     :     Menyajikan pengetahuan faktual dalam  bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam  gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

  1. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)
4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
PPKn
3.1 Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Melakukan kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

SBdP
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu

C.   Indikator

Bahasa Indonesia
3.7.1 Menyebutkan kosakata tentang kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
3.7.2 Membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari
4.7.1 Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam
4.7.2 Mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
PPkn
3.1.1 Menyebutkan rumusan bunyi sila-sila Pancasila
3.1.2 Menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila
4.1.1 Melafalkan bunyi sila-sila dalam Pancasila
4.1.2 Menghafal bunyi sila-sila Pancasila
SBdp
3.2.1 Menghafalkan lirik lagu “Bangun Tidur”
3.2.2 Menyanyikan lagu “Bangun Tidur” dengan tepat

  1. Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan kosakata terkait kegiatan pagi hari.
  2. Dengan mengikuti contoh guru, siswa dapat membaca kosakata terkait kegiatan pagi hari.
  3. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah.
  4. Melalui penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi bunyi sila-sila Pancasila.
  5. Melalui penjelasan guru, siswa mampu menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila.
  6. Dengan mengikuti petunjuk (contoh) guru, siswa mampu melafalkan bunyi sila-sila Pancasila dengan tepat.
  7. Dengan melafalkan bunyi sila-sila Pancasila secara bersama-sama, siswa mampu menghafal bunyi sila-sila Pancasila.
  1. Materi Ajar
SBdP
    Lagu “Bangun Tidur”
Bahasa Indonesia
Kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
PPKn
Bunyi sila-sila Pancasila

  1. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran    : CTL (Contekstual Teaching Learning)
Model Pembelajaran        : MPL (Model Pembelajaran Langsung)
Metode Pembelajaran        : Ceramah, Tanya jawab, Penugasan, Diskusi

  1. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Kegiatan Awal
  1. Kegiatan pembelajaran diawali dengan salam dan menanyakan kabar siswa
  2. Mengajak siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing untuk mengawali kegiatan pembelajaran
  3. Presensi kehadiran siswa
  4. Guru menginformasikan materi yang akan dibelajarkan yaitu tentang kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah, bunyi sila-sila Pancasila, dan lagu “Bangun Tidur”
  5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

Inti
Kegiatan Inti
  1. Guru menanyakan kegiatan pagi hari yang biasa dilakukan siswa.
  2. Siswa menjawab pertanyaan guru hingga salah satu jawaban siswa adalah bangun tidur.
  3. Salah satu siswa diminta memimpin di depan kelas menyanyikan lagu “Bangun Tidur” dan siswa bernyanyi bersama-sama.
  4. Siswa mengamati kegiatan pagi hari yang ada dalam lagu “Bangun Tidur”.
  5. Siswa menyebutkan kegiatan pagi hari dalam lagu “Bangun Tidur” dan guru menuliskan di papan tulis.
  6. Siswa diajak mengamati kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah yang ada dalam gambar.
  7. Siswa menyebutkan kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah berdasarkan gambar.
  8. Siswa menuliskan  kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah berdasarkan gambar.
  9. Siswa membaca daftar kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah yang ada secara bersama-sama.
  10. Siswa membedakan antara kegiatan pagi hari di rumah dan kegiatan pagi hari di sekolah.
  11. Siswa diajak mendiskusikan kegiatan pagi hari di sekolah salah satunya yakni upacara dan dalam upacara terdapat kegiatan membaca teks Pancasila.
  12. Siswa melafalkan bunyi sila-sila Pancasila.
  13. Siswa melakukan permainan menyusun kata-kata menjadi bunyi sila-sila Pancasila.
  14. Guru menjelaskan simbol-simbol yang tepat untuk setiap sila Pancasila melalui permainan menyusun kata-kata.
  15. Siswa melafalkan bunyi sila-sila Pancasila secara bersama-sama.





Penutup
Kegiatan Penutup
  1. Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
  2. Siswa mengerjakan LKPD secara kelompok.
  3. Pembelajaran selesai diakhiri dengan berdo’a.




  1. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

  1. Prosedur Penilaian
  1. Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
  1. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis (terlampir)

  1. Media, Alat/ bahan, dan Sumber Belajar
  1. Media
  1. Gambar-gambar kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
  2. Poster teks Pancasila
  3. Teks lagu “Bangun Tidur”
  1. Alat/ Bahan
  1. Alat tulis
  2. Papan tulis
  1. Sumber Belajar
  1. Buku guru
  2. Buku siswa
  3. Internet                                                              


Sidoarjo, 06 Maret 2017         


Mengetahui,                             

Kepala Sekolah,                            Guru,



PUJIONO, S.Pd                            NISFUL LAILA, S.Pd                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...