Program Pengembangan Pembelajaran
“RPP”
Dosen Pengajar : Drs. Supriyono M.Pd
Disusun Oleh : Nisful Laila (14010644045 / B-2014)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN Dukuhsari 1 Jabon - Sidoarjo
Kelas / Semester : I (Satu) / I (Satu)
Tema : 3
Sub tema : 1 Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran : 1
- Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)
4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
PPKn
3.1 Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Melakukan kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
SBdP
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
C. Indikator
Bahasa Indonesia
3.7.1 Menyebutkan kosakata tentang kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
3.7.2 Membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari
4.7.1 Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam
4.7.2 Mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
PPkn
3.1.1 Menyebutkan rumusan bunyi sila-sila Pancasila
3.1.2 Menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila
4.1.1 Melafalkan bunyi sila-sila dalam Pancasila
4.1.2 Menghafal bunyi sila-sila Pancasila
SBdp
3.2.1 Menghafalkan lirik lagu “Bangun Tidur”
3.2.2 Menyanyikan lagu “Bangun Tidur” dengan tepat
- Tujuan Pembelajaran
- Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan kosakata terkait kegiatan pagi hari.
- Dengan mengikuti contoh guru, siswa dapat membaca kosakata terkait kegiatan pagi hari.
- Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah.
- Melalui penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi bunyi sila-sila Pancasila.
- Melalui penjelasan guru, siswa mampu menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila.
- Dengan mengikuti petunjuk (contoh) guru, siswa mampu melafalkan bunyi sila-sila Pancasila dengan tepat.
- Dengan melafalkan bunyi sila-sila Pancasila secara bersama-sama, siswa mampu menghafal bunyi sila-sila Pancasila.
- Materi Ajar
SBdP
Lagu “Bangun Tidur”
Bahasa Indonesia
Kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
PPKn
Bunyi sila-sila Pancasila
- Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran : CTL (Contekstual Teaching Learning)
Model Pembelajaran : MPL (Model Pembelajaran Langsung)
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, Penugasan, Diskusi
- Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan Awal
| |
Inti
|
Kegiatan Inti
| |
Penutup
|
Kegiatan Penutup
|
- Penilaian Proses dan Hasil Belajar
- Prosedur Penilaian
- Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
- Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis (terlampir)
- Media, Alat/ bahan, dan Sumber Belajar
- Media
- Gambar-gambar kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
- Poster teks Pancasila
- Teks lagu “Bangun Tidur”
- Alat/ Bahan
- Alat tulis
- Papan tulis
- Sumber Belajar
- Buku guru
- Buku siswa
- Internet
Sidoarjo, 06 Maret 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru,
PUJIONO, S.Pd NISFUL LAILA, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar