Kamis, 16 Maret 2017

Tugas PPP : Silabus Kelas / Semester : I (Satu) / I (Satu) Tema : 3 Sub tema : 1 Kegiatan Pagi Hari

Program Pengembangan Pembelajaran
“SILABUS”



Dosen Pengajar : Drs. Supriyono M.Pd






Disusun Oleh : Nisful Laila (14010644045 / B-2014)


UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2016



SILABUS
Kelas / Semester    : I (Satu) / I (Satu)
Tema            : 3
Sub tema         : 1 Kegiatan Pagi Hari

Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
SBdP
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu








Bahasa Indonesia
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)
4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar











PPKn
3.1 Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Melakukan kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
SBdp
3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu
3.2.2 Menunjukkan panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”
4.2.1 Memeragakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu
4.2.2 Menemukan panjang pendek bunyi dari lagu

Bahasa Indonesia
3.7.1 Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
3.7.2 Menyebutkan kosakata tentang kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
3.7.3 Membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari
4.7.1 Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam
4.7.2 Mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
4.7.3 Melengkapi kosakata yang hilang dari kalimat sederhana terkait kegiatan pagi hari

PPKn
3.1.1 Menyebutkan rumusan bunyi sila-sila Pancasila
3.1.2 Menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila
4.1.1 Melafalkan bunyi sila-sila dalam Pancasila
4.1.2 Menghafal bunyi sila-sila Pancasila
4.1.3 Menuliskan kalimat sederhana berisi kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  1. Guru menanyakan kegiatan pagi hari yang biasa dilakukan siswa.
  2. Siswa menjawab pertanyaan guru hingga salah satu jawaban siswa adalah bangun tidur.
  3. Salah satu siswa diminta memimpin di depan kelas menyanyikan lagu “Bangun Tidur” dan siswa bernyanyi bersama-sama.
  4. Siswa mengamati kegiatan pagi hari yang ada dalam lagu “Bangun Tidur”.

  1. Siswa menyebutkan kegiatan pagi hari dalam lagu “Bangun Tidur” dan guru menuliskan di papan tulis.
  2. Siswa diajak mengamati kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah yang ada dalam gambar.
  3. Siswa menyebutkan kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah berdasarkan gambar.
  4. Siswa menuliskan  kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah berdasarkan gambar.
  5. Siswa membaca daftar kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah yang ada secara bersama-sama.
  6. Siswa membedakan antara kegiatan pagi hari di rumah dan kegiatan pagi hari di sekolah.
  7. Siswa diajak mendiskusikan kegiatan pagi hari di sekolah salah satunya yakni upacara dan dalam upacara terdapat kegiatan membaca teks Pancasila.
  8. Siswa melafalkan bunyi sila-sila Pancasila.
  9. Guru menjelaskan simbol-simbol yang tepat untuk setiap sila Pancasila melalui poster teks Pancasila.
  10. Siswa melakukan permainan menyusun kata-kata menjadi bunyi sila-sila Pancasila beserta simbol.
  11. Siswa melafalkan bunyi sila-sila Pancasila secara bersama-sama.

Penilaian :
70 Menit
-Gambar-gambar kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
- Poster teks Pancasila
- Teks lagu “Bangun Tidur”
- Buku guru
- Buku siswa
- Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...