Program Pengembangan Pembelajaran
“Lampiran 1 : Kisi-kisi Penilaian”
Dosen Pengajar : Drs. Supriyono M.Pd
Disusun Oleh : Nisful Laila (14010644045 / B-2014)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2016
Lampiran 1
Kisi-kisi Penilaian
KI
|
KD
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Jenis
Penilaian
|
Kategori
Sikap
|
Instrumen
|
Bahasa Indonesia
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)
4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
|
3.7.1 Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
3.7.2 Menyebutkan kosakata tentang kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
3.7.3 Membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari
4.7.1 Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam
4.7.2 Mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
4.7.3 Melengkapi kosakata yang hilang dari kalimat sederhana terkait kegiatan pagi hari
|
Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosakata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.
Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.
Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan kosakata terkait kegiatan pagi hari.
Dengan mengikuti contoh guru, siswa dapat membaca kosakata terkait kegiatan pagi hari.
Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah.
Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat melengkapi kosakata yang hilang dalam sebuah kalimat sederhana.
|
Pengamatan guru
|
A1
A1
A1
A1
A1
A1
|
Apa saja kegiatan di pagi hari yang biasa kamu lakukan di rumah dan di sekolah?
Tuliskan kegiatan pagi hari yang biasa kamu lakukan?
Apa saja yang termasuk kegiatan pagi hari di rumah? Apa saja yang termasuk kegiatan pagi hari di sekolah?
Apa kata yang cocok untuk melengkapi kalimat berikut ini?
| |
PPKn
3.1 Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Melakukan kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
3.1.1 Menyebutkan rumusan bunyi sila-sila Pancasila
3.1.2 Menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila
4.1.1 Melafalkan bunyi sila-sila dalam Pancasila
4.1.2 Menghafal bunyi sila-sila Pancasila
4.1.3 Menuliskan kalimat sederhana berisi kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
|
Melalui penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi bunyi sila-sila Pancasila.
Melalui penjelasan guru, siswa mampu menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila.
Dengan mengikuti petunjuk (contoh) guru, siswa mampu melafalkan bunyi sila-sila Pancasila dengan tepat.
Dengan melafalkan bunyi sila-sila Pancasila secara bersama-sama, siswa mampu menghafal bunyi sila-sila Pancasila.
Melalui contoh dari guru, siswa mampu menuliskan kalimat sederhana berisi kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
|
Pengamatan guru
|
A1
A1
A1
A1
A1
|
Apa saja bunyi sila-sila Pancasila?
Apa simbol yang cocok untuk setiap sila Pancasila?
Sebutkan bunyi sila-sila Pancasila?
Apa saja kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila?
| |
SBdP
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
|
3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu
3.2.2 Menunjukkan panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”
4.2.1 Memeragakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu
4.2.2 Menemukan panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”
|
Dengan menyimak lagu dan peragaan guru, siswa mampu membedakan panjang pendek bunyi dengan tepat.
Melalui kegiatan menyanyikan lagu “Bangun Tidur” secara bersama-sama, siswa mampu menunjukkan panjang pendek bunyi dari lagu tersebut.
Dengan mengikuti petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi dengan suara atau dengan alat bantu seperti peluit, marakas, dan sejenisnya.
Dengan menyimak lagu “Bangun Tidur” bersama, siswa mampu menemukan panjang pendek bunyi dari lagu tersebut.
|
Pengamatan guru
|
Bagaimana panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”?
Bagaimana bunyi lagu “Bangun Tidur”?
Apa saja bagian yang dinyanyikan dengan nada panjang dan pendekdari lagu “Bangun Tidur”?
|
Kisi-kisi Pengetahuan
KI
|
KD
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Jenis
Penilaian
|
Dimensi
Proses
Kognitif
|
No. Soal
|
Instrumen
|
Skor
|
Kunci
Jawaban
|
Bahasa Indonesia
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)
4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
|
3.7.1 Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
3.7.2 Menyebutkan kosakata tentang kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
3.7.3 Membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari
4.7.1 Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam
4.7.2 Mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
4.7.3 Melengkapi kosakata yang hilang dari kalimat sederhana terkait kegiatan pagi hari
|
Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosakata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.
Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.
Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan kosakata terkait kegiatan pagi hari.
Dengan mengikuti contoh guru, siswa dapat membaca kosakata terkait kegiatan pagi hari.
Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah.
Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat melengkapi kosakata yang hilang dalam sebuah kalimat sederhana.
|
Tes Tulis
|
C1
C1
C1
C1
C2
C3
|
Apa saja kegiatan di pagi hari yang biasa kamu lakukan di rumah dan di sekolah?
Tuliskan kegiatan pagi hari yang biasa kamu lakukan?
Apa saja yang termasuk kegiatan pagi hari di rumah? Apa saja yang termasuk kegiatan pagi hari di sekolah?
Apa kata yang cocok untuk melengkapi kalimat berikut ini?
| ||||
PPKn
3.1 Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Melakukan kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
3.1.1 Menyebutkan rumusan bunyi sila-sila Pancasila
3.1.2 Menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila
4.1.1 Melafalkan bunyi sila-sila dalam Pancasila
4.1.2 Menghafal bunyi sila-sila Pancasila
4.1.3 Menuliskan kalimat sederhana berisi kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
|
Melalui penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi bunyi sila-sila Pancasila.
Melalui penjelasan guru, siswa mampu menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila.
Dengan mengikuti petunjuk (contoh) guru, siswa mampu melafalkan bunyi sila-sila Pancasila dengan tepat.
Dengan melafalkan bunyi sila-sila Pancasila secara bersama-sama, siswa mampu menghafal bunyi sila-sila Pancasila.
Melalui contoh dari guru, siswa mampu menuliskan kalimat sederhana berisi kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
|
Tes Tulis
|
C1
C1
C1
C1
C1
|
Apa saja bunyi sila-sila Pancasila?
Apa simbol yang cocok untuk setiap sila Pancasila?
Sebutkan bunyi sila-sila Pancasila?
Apa saja kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila?
| ||||
SBdP
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
|
3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu
3.2.2 Menunjukkan panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”
4.2.1 Memeragakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu
4.2.2 Menemukan panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”
|
Dengan menyimak lagu dan peragaan guru, siswa mampu membedakan panjang pendek bunyi dengan tepat.
Melalui kegiatan menyanyikan lagu “Bangun Tidur” secara bersama-sama, siswa mampu menunjukkan panjang pendek bunyi dari lagu tersebut.
Dengan mengikuti petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi dengan suara atau dengan alat bantu seperti peluit, marakas, dan sejenisnya.
Dengan menyimak lagu “Bangun Tidur” bersama, siswa mampu menemukan panjang pendek bunyi dari lagu tersebut.
|
Tes Tulis
|
C2
C1
C3
C3
|
Bagaimana panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”?
Bagaimana bunyi lagu “Bangun Tidur”?
Apa saja bagian yang dinyanyikan dengan nada panjang dan pendekdari lagu “Bangun Tidur”?
|
Kisi-kisi Keterampilan
KI
|
KD
|
Indikator
|
Jenis
Penilaian
|
Kategori
Keterampilan
|
Instrumen
|
Bahasa Indonesia
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu)
4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar
|
3.7.1 Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
3.7.2 Menyebutkan kosakata tentang kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
3.7.3 Membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari
4.7.1 Menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa alam
4.7.2 Mengkategorikan antara kosakata kegiatan pagi hari di rumah dan di sekolah
4.7.3 Melengkapi kosakata yang hilang dari kalimat sederhana terkait kegiatan pagi hari
|
Unjuk diri
|
P1
P1
P1
P1
P1
P1
|
Apa saja kegiatan di pagi hari yang biasa kamu lakukan di rumah dan di sekolah?
Tuliskan kegiatan pagi hari yang biasa kamu lakukan?
Apa saja yang termasuk kegiatan pagi hari di rumah? Apa saja yang termasuk kegiatan pagi hari di sekolah?
Apa kata yang cocok untuk melengkapi kalimat berikut ini?
| |
PPKn
3.1 Memahami simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1 Melakukan kegiatan yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
3.1.1 Menyebutkan rumusan bunyi sila-sila Pancasila
3.1.2 Menunjukkan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila
4.1.1 Melafalkan bunyi sila-sila dalam Pancasila
4.1.2 Menghafal bunyi sila-sila Pancasila
4.1.3 Menuliskan kalimat sederhana berisi kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
|
Unjuk diri
|
P1
P1
P1
P1
P1
|
Apa saja bunyi sila-sila Pancasila?
Apa simbol yang cocok untuk setiap sila Pancasila?
Sebutkan bunyi sila-sila Pancasila?
Apa saja kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila?
| |
SBdP
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
|
3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu
3.2.2 Menunjukkan panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”
4.2.1 Memeragakan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu
4.2.2 Menemukan panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”
|
Unjuk diri
|
P1
P1
P1
P1
|
Bagaimana panjang pendek bunyi dari lagu “Bangun Tidur”?
Bagaimana bunyi lagu “Bangun Tidur”?
Apa saja bagian yang dinyanyikan dengan nada panjang dan pendekdari lagu “Bangun Tidur”?
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar