ANALISIS KURIKULUM 2013
Kelas/
Tema/
Subtema
|
Pembelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Tujuan
|
Materi
|
Media
|
Model
|
4/1/3
|
1
|
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi
dan keterkaitannya dengan
indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/atau
percobaan tentang sifatsifat
bunyi.
|
Pengetahuan :
3.6.5 Menjelaskan sifat-sifat
bunyi memantul dan menyerap.
Keterampilan :
4.6.5 Membuat peta pikiran
tentang sifat bunyi
memantul dan menyerap.
Sikap :
Peduli dan santun
|
Pengetahuan :
1. Dengan percobaan, siswa mampu
menjelaskan sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap dengan tepat.
Keterampilan :
2. Setelah percobaan, siswa mampu membuat
peta pikiran tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan lengkap.
Sikap :
Terlibat dalam
proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai
membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter peduli dan santun.
|
Sifat-sifat
bunyi memantul dan menyerap.
|
MEDIA
1 :
Arloji
yang berdetak
Tabung
kertas
Beberapa
buku
Piring
kaca
Piring
plastik
Kaleng
Gabus
Alasan :
Karena media-media tersebut mudah untuk
disediakan dan merupakan benda-benda yang dapat ditemukan siswa dalam
kehidupan sehari-hari.
Sehingga, proses dan hasil pembelaja
ran diharapkan dapat bermakna untuk siswa.
MEDIA 2 :
1.
2. Tabung
karton 2 buah,
3.
panjang tabung kurang
lebih 1 meter dan berdiameter 5 cm
2.
Lempeng kaca atau plat
besi
3.
Karton
Kain
Alasan :
Karena benda-benda tersebut juga dapat
membukti
kan adanya sifat bunyi memantul dan
menyerap. Meskipun, mungkin sedikit sulit untuk penyediaannya.
|
Kooperatif
tipe STAD
Alasan
:
Karena
tipe STAD merupakan suatu bentuk pembelajaran kooperatif yang sederhana
sehingga cocok digunakan dalam pembelajaran yang berfokus pada penggunaan
kelompok kecil untuk bekerjasama dalam kegiatan
percobaan
dan pengamatan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar