RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KTSP
SEKOLAH
:SDN SUMUR
WELUT III / 440 SURABAYA
KELAS/SEMESTER : IV/I
ALOKASI
WAKTU : 2 X 35
menit
A. STANDAR
KOMPETENSI (SK) :
2.
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD)
2.1 Menjelaskan
hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
C. INDIKATOR
Kognitif
Proses :
1. Menjelaskan jenis-jenis akar
2. Menjelaskan fungsi akar
3. Menjelaskan bagian-bagian akar beserta fungsinya
Produk :
1. Mengelompokkan tumbuhan berdasarkan jenis akar
Psikomotor
1. Mengamati akar pada tumbuhan kangkung, kacang,
padi, dan cabai
2. Menuliskan struktur
akar pada tumbuhan
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
Proses :
1. Diberikan contoh akar
tumbuhan, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis akar dengan tepat.
2. Diberikan ilustrasi,
siswa dapat menjelaskan fungsi akar minimal 3 fungsi dengan tepat.
3. Diberikan contoh akar
tumbuhan, siswa dapat menjelaskan bagian-bagian akar beserta fungsinya dengan tepat.
Produk :
1. Diberikan contoh akar
tumbuhan, siswa dapat mengelompokkan tumbuhan berdasarkan jenis akar dengan tepat.
Psikomotor
1. Diberikan akar tumbuhan
kangkung, kacang hijau, padi, dan cabai siswa dapat mengamati akar pada
tumbuhan
2. Diberikan soal, siswa
dapat menuliskan struktur akar dan fungsinya pada tumbuhan
E.
MATERI
Struktur akar
tumbuhan dengan fungsinya
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
-
Model : Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS
-
Metode : Ceramah, tanya
jawab, diskusi, penugasan
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
AWAL
|
1. Guru memberikan salam dan menanyakan kabar semua siswa.
2. Guru mengajak siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing.
3. Guru mengecek siswa melalui absensi dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
4.
Guru mengajak
siswa melakukan ice breaking “Ini Mata”.
5.
Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari yaitu sifat-sifat bunyi memantul
dan menyerap.
6.
Guru
menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran
tersebut dan memotivasi siwa belajar
|
5
menit
|
INTI
|
7.
Guru
menyajikan informasi kepada siswa menggunakan tumbuhan berakar tunggang
(kangkung dan kacang hijau) dan tumbuhan berakar serabut (padi dan cabai).
8. Guru membagi siswa ke dalam
kelompok belajar berpasangan dan memberikan tugas dalam bentuk LKPD.
9. Guru membimbing
kelompok-kelompok belajar pada saat siswa mengerjakan tugas mereka.
10. Guru mengevaluasi
hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari melalui kegiatan
mempersentasikan hasil kerja.
|
50
menit
|
AKHIR
|
11.
Guru membagikan
lembar evaluasi.
12.
Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi pelajaran.
13.
Guru mengajak
siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.
14.
Guru
memberikan salam.
|
15
menit
|
H.
PENILAIAN
1.
TeknikPenilaian
a.
Penilaian Sikap (Afektif)
Penilaian
yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung melalui pengamatan guru (terlampir).
b.
Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar, dengan bentuk soal evaluasi berupa tes
tertulis (terlampir).
c.
Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Penilaian
keterampilan menggunakan lembar kerja peserta didik dengan rubrik penilaian.
2.
Instrumen
a. Lembar
Evaluasi :
terlampir
b. LKPD :
terlampir
c. Lembar
Pengamatan Sikap :
terlampir
d. Lembar
Pengamatan Keterampilan : terlampir
3.
Pembelajaran
Remidial dan Pengayaan
a. Jika
pada soal evaluasi siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM yaitu 70, maka siswa
dinyatakan belum tuntas dan diberikan remidial. Siswa yang remidial diberikan
tambahan jam belajar di luar jam sekolah untuk mengulang materi yang belum
dipahami. Kemudian siswa diberikan soal kembali untuk mengukur kemampuannya.
b. Sedangkan
siswa yang sudah mencapai KKM pada soal evaluasi, maka siswa diberikan
soal-soal pengayaan untuk memperdalam materi.
I.
MEDIA/ALAT/BAHAN
DAN SUMBER BELAJAR
1. MEDIA/ALAT/BAHAN : Tumbuhan berakar tunggang (kangkung dan kacang hijau)
dan serabut (padi dan cabai).
2. SUMBER BELAJAR
Kementerian
pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku
Guru SD/MI Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan.
Kementerian
pendidikan dan kebudayaan RI. 2017. Buku
Siswa SD/MI SD/MI Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar