ANALISIS KTSP
Kelas
|
Mata
pelajaran
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Tujuan
|
Materi
|
Media
|
Model
|
4
|
IPA
|
2.
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
|
2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
|
Kognitif
Proses :
1. Menjelaskan
jenis-jenis akar
2. Menjelaskan fungsi akar
3. Menjelaskan
bagian-bagian akar beserta fungsinya
Produk :
1. Mengelompok
kan tumbuhan berdasarkan jenis akar
Psikomotor
1. Mengamati akar pada
tumbuhan kangkung, kacang, padi, dan cabai
2. Menuliskan struktur akar pada tumbuhan
Afektif
Karakter : Jujur, tanggung jawab, dan kerjasama
Keterampilan soial : Bertanya, menyumbang
kan ide, dan menjadi pendengar yang baik
|
Kognitif
Proses :
1. Diberikan contoh akar tumbuhan, siswa dapat
menjelaskan jenis-jenis akar dengan tepat.
2. Diberikan ilustrasi, siswa dapat menjelaskan
fungsi akar minimal 3 fungsi dengan tepat.
3. Diberikan contoh akar tumbuhan, siswa dapat
menjelaskan bagian-bagian akar beserta fungsinya dengan tepat.
Produk :
1. Diberikan contoh akar tumbuhan, siswa dapat
mengelompokkan
tumbuhan berdasarkan jenis akar dengan tepat.
Psikomotor
1. Diberikan akar tumbuhan kangkung, kacang
hijau, padi, dan cabai siswa dapat mengamati akar pada tumbuhan
2. Diberikan soal, siswa dapat menuliskan
struktur akar dan fungsinya pada tumbuhan
Afektif
Karakter :
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat
pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan
karakter kejujuran, tanggung jawab, dan bekerjasama.
Keterampilan sosial :
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat
pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan
keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide, bekerjasama dan menjadi
pendengar yang baik
|
Struktur
akar dan fungsinya.
|
MEDIA
1:
Tumbuhan berakar tunggang
(kangkungatau kacang hijau) dan serabut (padi atau cabai)
Alasan :
Karena tumbuhan berakar tunggang (kangkung
dan kacang hijau) dan tumbuhan berakar serabut (padi dan cabai) mudah untuk
disediakan/didapat
kan. Selain itu, bisa dikatakan merupa
kan media
konkrit yang dapat ditemukan siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Sehingga, proses dan hasil pembelaja
ran diharap
kan dapat bermakna untuk siswa.
MEDIA
2 :
Mind
mapping dan gambar akar
Alasan :
Karena media mind mapping dan gambar
dapat memusat kan perhatian siswa sehingga
siswa dapat mengingat materi pembelajaran dengan lebih baik.
|
Kooperatif
tipe TPS
Alasan
:
Karena
memberi murid waktu lebih banyak untuk berpikir sendri, menjawab, dan saling
membantu satu sama lain sehingga dapat melatih dan meningkat
kan
keaktifan murid dalam proses pembelaja
ran.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar