Jumat, 27 Oktober 2017

Hasil Analisis Materi IPA Kelas 4 (KTSP)

ANALISIS KTSP
Kelas
Mata pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan
Materi
Media
Model
4
IPA
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
 Kognitif

Proses :

1. Menjelaskan
jenis-jenis akar

2. Menjelaskan fungsi akar

3. Menjelaskan bagian-bagian akar beserta fungsinya
















Produk :
1. Mengelompok
kan tumbuhan berdasarkan jenis akar




Psikomotor

1. Mengamati akar pada tumbuhan kangkung, kacang, padi, dan cabai


2. Menuliskan struktur akar pada tumbuhan







Afektif

Karakter : Jujur, tanggung jawab, dan kerjasama












Keterampilan soial : Bertanya, menyumbang
kan ide, dan menjadi pendengar yang baik

Kognitif

Proses :

1. Diberikan contoh akar tumbuhan, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis akar dengan tepat.

2. Diberikan ilustrasi, siswa dapat menjelaskan fungsi akar minimal 3 fungsi dengan tepat.

3. Diberikan contoh akar tumbuhan, siswa dapat menjelaskan bagian-bagian akar beserta fungsinya dengan tepat.

Produk :
1. Diberikan contoh akar tumbuhan, siswa dapat mengelompokkan
tumbuhan berdasarkan jenis akar dengan tepat.

Psikomotor

1. Diberikan akar tumbuhan kangkung, kacang hijau, padi, dan cabai siswa dapat mengamati akar pada tumbuhan

2. Diberikan soal, siswa dapat menuliskan struktur akar dan fungsinya pada tumbuhan




Afektif

Karakter :

Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab, dan bekerjasama.


Keterampilan sosial :
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide, bekerjasama dan menjadi pendengar yang baik

Struktur akar dan fungsinya.
MEDIA
1: Tumbuhan berakar tunggang (kangkungatau kacang hijau) dan serabut (padi atau cabai)

Alasan :
Karena tumbuhan berakar tunggang (kangkung dan kacang hijau) dan tumbuhan berakar serabut (padi dan cabai) mudah untuk disediakan/didapat
kan. Selain itu,   bisa dikatakan merupa
kan media  konkrit yang dapat ditemukan siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Sehingga, proses dan hasil pembelaja
ran diharap
kan dapat bermakna untuk siswa.





MEDIA 2 :

Mind mapping dan gambar akar

Alasan :
Karena media mind mapping dan gambar
dapat memusat kan perhatian siswa sehingga siswa dapat mengingat materi pembelajaran dengan lebih baik.
Kooperatif tipe TPS

Alasan :
Karena memberi murid waktu lebih banyak untuk berpikir sendri, menjawab, dan saling membantu satu sama lain sehingga dapat melatih dan meningkat
kan keaktifan murid dalam proses pembelaja
ran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...