SILABUS (KTSP)
Nama sekolah :
Mata pelajaran : IPA
Kelas/semester : IV (empat) / I (satu)
Alokasi waktu : 2 X 35
Standar Kompetensi :
·
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan
fungsinya.
KD
|
Indikator
|
Materi
|
Kegiatan
belajar mengajar / pengalaman belajar
|
Penilaian
(teknik, bentuk, instrumen)
|
Alat / bahan /
media
|
Sumber
|
||
2.1 Menjelas
kan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
|
Kognitif
Produk :
1. Menjelaskan
jenis-jenis akar
2. Menjelaskan fungsi akar
3. Menjelaskan
bagian-bagian akar beserta fungsinya
Proses :
1. Mengelompok
kan tumbuhan berdasarkan jenis akar
Psikomotor
1. Mengamati akar pada
tumbuhan kangkung, kacang, padi, dan cabai
2. Menuliskan struktur akar pada tumbuhan
Afektif
Karakter : Jujur, tanggung jawab, dan kerjasama
Keterampilan soial : Bertanya, menyumbang
kan ide, dan menjadi pendengar yang baik
|
Struktur akar dan fungsinya
|
1. Guru menyampaikan tujuan dan materi yang akan dipelajari yakni
: jenis-jenis dan fungsi akar, bagian-bagian akar dan fungsinya, serta
mengelompokkan tumbuhan berdasarkan jenis akarnya.
2. Guru menyajikan informasi kepada siswa menggunakan tumbuhan
berakar tunggang (kangkung dan kacang hijau) dan tumbuhan berakar serabut
(padi dan cabai).
3. Guru membagi siswa ke dalam kelompok belajar berpasangan dan
memberikan tugas dalam bentuk LKPD.
4. Guru membimbing
kelompok-kelompok belajar pada saat siswa mengerjakan tugas mereka.
5. Guru mengevaluasi hasil belajar tentang
materi yang telah dipelajari melalui kegiatan mempersentasikan hasil kerja.
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
Tumbuhan berakar tunggang (kangkung dan kacang hijau) dan
serabut (padi dan cabai).
|
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
singkat
Uraian
singkat
|
LKDP
LKPD
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar