Jumat, 27 Oktober 2017

Silabus IPA Kelas 4 (K-13)

SILABUS (KURIKULUM 2013)
Nama sekolah              :
Mata pelajaran             : IPA
Kelas/semester            : IV (empat) / I (satu)
Tema/subtema             : 1. Indahnya Kebersamaan / 3. Bersyukur Atas Keberagaman
Pembelajaran ke          : 1
Alokasi waktu             : 2 X 35
Kompetensi Inti          :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.






KD
Indikator
Materi
Kegiatan belajar mengajar / pengalaman belajar
Penilaian (teknik, bentuk, instrumen)
Alat / bahan / media
Sumber
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi
dan keterkaitannya dengan
indera pendengaran.

4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/atau
percobaan tentang sifatsifat
bunyi.
3.6.5 Menjelaskan sifat-sifat
bunyi memantul dan menyerap.




4.6.5 Membuat peta pikiran
tentang sifat bunyi
memantul dan menyerap.

Sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap.
1. Guru menginformasikan kembali materi yang sebelumnya mengenai sifat bunyi yakni sifat bunyi merambat.

2. Guru menginformasikan materi berikutnya yakni sifat bunyi memantul dan menyerap melalui kegiatan tanya jawab.

3. Guru membagi siswa ke dalam kelompok belajar yang terdiri dari 4-5 siswa.

1.      4. Guru memberikan tugas kepada kelompok belajar yakni melakukan percobaan pemantulan dan penyerapan bunyi.




2.      5. Guru menginformasikan cara melakukan percobaan pemantulan dan penyerapan bunyi menggunakan arloji yang berdetak, tabung kertas, dan beberapa buku.

3.      6. Guru membimbing siswa untuk berdiskusi melakukan percobaan pemantulan dan penyerapan bunyi menggunakan arloji yang berdetak, tabung kertas, piring kaca, piring plastik, kaleng, dan gabus.

4.      7. Guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

5.      8. Guru mengajak siswa menyimpulkan hasil percobaan pemantulan dan penyerapan bunyi yang sudah dipresentasikan.


6.      9. Guru memberikan kuis berupa pertanyann dan memberikan reward kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar.

10. Guru memberikan
Lembar evaluasi kepada siswa.

11. Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi pelajaran.

Teknik
Bentuk
Instrumen
Arloji yang berdetak

Tabung kertas

Beberapa buku

Piring kaca

Piring
plastik

Kaleng

Gabus

Buku siswa
Tes tulis






Tes tulis
Uraian
panjang






Uraian
panjang
Lembar Evaluasi






Lembar Evaluasi










1 komentar:

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...