SILABUS (KURIKULUM 2013)
Nama sekolah :
Mata pelajaran : IPA
Kelas/semester : IV (empat) / I (satu)
Tema/subtema : 1. Indahnya Kebersamaan / 3. Bersyukur Atas
Keberagaman
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 2 X 35
Kompetensi Inti :
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KD
|
Indikator
|
Materi
|
Kegiatan
belajar mengajar / pengalaman belajar
|
Penilaian
(teknik, bentuk, instrumen)
|
Alat / bahan /
media
|
Sumber
|
||
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi
dan keterkaitannya dengan
indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/atau
percobaan tentang sifatsifat
bunyi.
|
3.6.5 Menjelaskan sifat-sifat
bunyi memantul dan menyerap.
4.6.5 Membuat peta pikiran
tentang sifat bunyi
memantul dan menyerap.
|
Sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap.
|
1. Guru menginformasikan kembali materi yang sebelumnya mengenai
sifat bunyi yakni sifat bunyi merambat.
2. Guru menginformasikan materi berikutnya yakni sifat bunyi
memantul dan menyerap melalui kegiatan tanya jawab.
3. Guru membagi siswa ke dalam kelompok belajar yang terdiri dari
4-5 siswa.
1.
4. Guru memberikan tugas kepada kelompok belajar yakni melakukan percobaan
pemantulan dan penyerapan bunyi.
2.
5. Guru menginformasikan cara melakukan percobaan pemantulan dan
penyerapan bunyi menggunakan arloji yang berdetak, tabung kertas, dan
beberapa buku.
3.
6. Guru membimbing siswa untuk berdiskusi melakukan percobaan pemantulan
dan penyerapan bunyi menggunakan arloji yang berdetak, tabung kertas, piring
kaca, piring plastik, kaleng, dan gabus.
4. 7. Guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan
kelas.
5. 8. Guru mengajak siswa
menyimpulkan hasil percobaan pemantulan dan penyerapan bunyi yang sudah
dipresentasikan.
6. 9. Guru memberikan kuis berupa pertanyann dan memberikan reward kepada siswa yang bisa menjawab
pertanyaan dengan benar.
10. Guru memberikan
Lembar evaluasi kepada
siswa.
11. Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi
pelajaran.
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
Arloji
yang berdetak
Tabung
kertas
Beberapa
buku
Piring
kaca
Piring
plastik
Kaleng
Gabus
|
Buku siswa
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
panjang
Uraian
panjang
|
Lembar Evaluasi
Lembar Evaluasi
|
izin copy....
BalasHapus