KELOMPOK BERMAIN AL KAMAL DESA DUKUHSARI
Semester/Minggu ke/Hari ke : I / 3 / 3
Hari /tgl : Rabu / 31 Juli 2019
Kelompok usia : 3-4 Tahun
Tema/sub tema : Diriku /Identitas Diri (Nama)
KD :
1.1,
1.2, 2.5, 2.7, 3.7, 4.7
Materi :
-
Berdiskusi
tentang ciptaan Tuhan
-
Menunjukkan sikap
saling menyayangi antarteman sekelas
-
Menunjukkan sikap
percaya diri
-
Menunjukkan sikap
disiplin
-
Memperkenalkan identitas diri sendiri
-
Mengenal nama/identitas teman-teman sekelas
-
Mewarnai gambar
anak laki-laki
Kegiatan main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
-
Anak
-
Teman sekelas
-
Gambar
anaklaki-laki
-
Krayon
Karakter : Percaya diri, Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan :
- Guru membimbing siswa untuk berbaris di luar kelas
- Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Lonceng Berbunyi” untuk persiapan masuk ke kelas
- Guru menyanyikan lagu “Naik Kereta Api” untuk mengajak siswa masuk ke dalam kelas
- Guru membimbing siswa untuk membentuk lingkaran dengan bergandengan tangan bersama teman-teman sekelas
- Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Lingkaran Kecil Lingkaran Besar” untuk mengkondisikan siswa
2. Guru mengucapkan salam
3. Guru menanyakan kabar siswa hari ini
4. Guru mengajak siswa mengenal teman sekelas melalui lagu “Selamat Pagi”
5. Berdoa bersama sebelum belajar
6. Membaca
surat Al Ikhlas
7. Melakukan ice breaking (macam-macam
tepuk)
8. Membaca
Pancasila
9.
Menyanyikan lagu “Rajin ke sekolah”
10.
Membaca buku tilawati (mengaji)
B. INTI
1. Guru
menyampaikan bahwa hari ini siswa akan belajar cara memperkenalkan identitas
diri.
2. Guru
menunjukkan cara memperkenalkan identitas diri menggunakan media gambar anak
laki-laki dan anak perempuan.
3. Guru
menyebutkan nama, ciri-ciri, jenis kelamin, dan alamat anak pada gambar.
4. Guru
membimbing masing-masing siswa (1-4 siswa) untuk memperkenalkan identitas diri
secarabergantian.
5. Guru
memberikan apreasi kepada siswa.
6. Guru
mengajukan beberapa pertanyaan tentang identitas diri teman sekelas.
- Siapa nama temanmu yang ini?
- Apakah dia anak laki-laki atau
anak perempuan?
- Dimana rumah temanmu ini?
7. Siswa
menjawab pertanyaan.
8. Guru
menunjukkan gambar anak laki-laki.
9. Guru
mengajukan pertanyaan :
- Siapa yang mau membantu Bunda mewarnai
gambar anak laki-laki ini?
10. Siswa
menjawab pertanyaan.
11. Guru
membagikan gambar anak laki-laki dan krayon.
12. Guru
membimbing siswa mewarnai.
13. Guru
memberikan apresiasi.
C.RECALLING:
1. Guru membimbingsiswauntuk merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Guru membimbing siswa untuk mencuci tangan
3. Guru mengajak siswa berdoa bersama sebelum makan
4. Siswa melakukan kegiatan makan siang bersama
5. Guru mengajak siswa berdoa bersama setelah makan
6. Siswa beristirahat dan bermain di luar kelas
7. Guru mengawasi siswa bermain di luar kelas
D. PENUTUP
1. Guru membimbing siswa untuk masuk ke dalam kelas
2. Guru menanyakan
perasaan siswa selama hari ini
3. Guru menanyakan kegiatan yang sudah dilakukan hari ini
4. Guru menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
a. Percayadiri
b. Disiplin
2. Pengetahuan dan ketrampilan
a. Memperkenalkan identitas diri
b. Mewarnai gambar anak laki laki
Mengetahui,
Kepala KB
Al Kamal Guru
KB Al Kamal
Dukuhsari Dukuhsari
( Nisful Laila, S.Pd )
( Atik Nurfidah )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar