RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
KELOMPOK BERMAIN AL KAMAL DESA DUKUHSARI
Semester/Minggu ke/Hari ke : I / 4 / 1
Hari /tgl : Senin / 05 Agustus 2019
Kelompok usia : 3-4 Tahun
Tema/sub tema : Diriku /Anggota Tubuh
KD :
1.1,
1.2, 2.5, 2.6, 3.3, 3.4, 3.4 4.4
Materi :
-
Berdiskusi
tentang ciptaan Tuhan
-
Menunjukkan sikap
saling menyayangi antarteman sekelas
-
Menunjukkan sikap
percaya diri
-
Menunjukkan sikap
disiplin
-
Menyebutkan
jumlah mata dan fungsinya
-
Menempel gambar
potongan mata dengan ukuran berbeda
-
Menyanyikan lagu
“Dua Mata Saya”
Kegiatan main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
-
Anak
-
Teman sekelas
-
Potongan gambar
mata dengan dua ukuran berbeda
-
Lem
-
Kertas HVS
Karakter : Percaya diri, Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan :
- Guru membimbing siswa untuk berbaris di luar kelas
- Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Lonceng Berbunyi” untuk persiapan masuk ke kelas
- Guru menyanyikan lagu “Naik Kereta Api” untuk mengajak siswa masuk ke dalam kelas
- Guru membimbing siswa untuk membentuk lingkaran dengan bergandengan tangan bersama teman-teman sekelas
- Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Lingkaran Kecil Lingkaran Besar” untuk mengkondisikan siswa
2. Guru mengucapkan salam
3. Guru menanyakan kabar siswa hari ini
4. Guru mengajak siswa mengenal teman sekelas melalui lagu “Selamat Pagi”
5. Berdoa bersama sebelum belajar
6. Membaca
surat Al Ikhlas
7. Melakukan ice breaking (macam-macam
tepuk)
8. Membaca
Pancasila
9.
Menyanyikan lagu “Rajin ke sekolah”
10.
Membaca buku tilawati (mengaji)
B. INTI
1. Menyanyikan
lagu “Dua Mata Saya”
2. Guru
mengajukan pertanyaan :
- Dimana letak mata?
- Berapa jumlah mata?
- Apa fungsi mata?
3. Siswa
menjawab pertanyaan.
4. Guru
menambahkan penjelasan tentang fungsi mata.
5. Guru
menunjukan gambar potongan mata berbeda ukuran.
6. Guru
menjelaskan perbedaan ukuran gambar potongan mata tersebut.
7. Guru
membagikan kertas HVS dan Lem untuk latihan menempel gambar potongan mata.
8. Guru
menjelaskan cara menempel gambar potongan mata :
- Mata kecil ditempel pada kotak 1.
- Mata besar ditempel pada kotak 2.
9. Guru
membimbing siswa menempel gambar potongan mata.
10. Guru
membimbing siswa untuk menghitung jumlah gambar mata ukuran kecil.
11. Guru
membimbing siswa untuk menghitung jumlah gambar mata ukuran besar.
12. Guru
memberikan apreasi kepada siswa.
C.RECALLING:
1. Guru membimbingsiswauntuk merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Guru membimbing siswa untuk mencuci tangan
3. Guru mengajak siswa berdoa bersama sebelum makan
4. Siswa melakukan kegiatan makan siang bersama
5. Guru mengajak siswa berdoa bersama setelah makan
6. Siswa beristirahat dan bermain di luar kelas
7. Guru mengawasi siswa bermain di luar kelas
D. PENUTUP
1. Guru membimbing siswa untuk masuk ke dalam kelas
2. Guru menanyakan
perasaan siswa selama hari ini
3. Guru menanyakan kegiatan yang sudah dilakukan hari ini
4. Guru menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
a. Percaya diri
b. Saling menyayangi
2. Pengetahuan dan ketrampilan
a. Mengenal mata dan fungsinya
c. Menempelkan potongan gambar mata
Mengetahui,
Kepala KB
Al Kamal Guru
KB Al Kamal
Dukuhsari Dukuhsari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar