RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
KELOMPOK BERMAIN AL KAMAL DESA DUKUHSARI
Semester/Minggu ke/Hari ke : I / 3 / 2
Hari /tgl : Selasa / 30Juli 2019
Kelompok usia : 3-4 Tahun
Tema/sub tema : Diriku /Identitas Diri (Nama)
KD :
1.1,
1.2, 2.5, 2.7, 3.7, 4.7
Materi :
-
Berdiskusi
tentang ciptaan Tuhan
-
Menunjukkan sikap
saling menyayangi antarteman sekelas
-
Menunjukkan sikap
percaya diri
-
Menunjukkan sikap
disiplin
-
Mengenal jenis
kelamin diri sendiri dan teman sekelas
-
Mengelompokkan
gambar anak menurut jenis kelamin
-
Menebalkan garis
miring sejumlah teman/anaklaki-laki dan teman/anakperempuan di kelas
Kegiatan main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
-
Anak
-
Teman sekelas
-
Gambar
putus-putus dari garis miring
-
Potongan ambar anak
laki-laki dan anak perempuan
Karakter : Percayadiri, Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan :
- Guru membimbing siswa untuk berbaris di luar kelas
- Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Lonceng Berbunyi” untuk persiapan masuk ke kelas
- Guru menyanyikan lagu “Naik Kereta Api” untuk mengajak siswa masuk ke dalam kelas
- Guru membimbing siswa untuk membentuk lingkaran dengan bergandengan tangan bersama teman-teman sekelas
- Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Lingkaran Kecil Lingkaran Besar” untuk mengkondisikan siswa
2. Guru mengucapkan salam
3. Guru menanyakan kabar siswa hari ini
4. Guru mengajak siswa mengenal teman sekelas melalui lagu “Selamat Pagi”
5. Berdoa bersama sebelum belajar
6. Membaca
surat Al Ikhlas
7. Melakukan ice breaking (macam-macam
tepuk)
8. Membaca
Pancasila
9.
Menyanyikan lagu “Rajin ke sekolah”
10.
Membaca buku tilawati (mengaji)
B. INTI
1.Guru
menjelaskan kembali perbedaan anak perempuan dan anak laki-laki melalui
potongan gambar.
2. Guru mengajukan
pertanyaan :
- Siapa yang anak laki-laki di
kelas? Angkat tangan.
- Siapa yang anak perempuan di
kelas? Angkat tangan.
3. Guru
mengajak siswa untuk menghitung jumlah teman/anak laki-laki di kelas.
4. Guru
mengajak siswa untuk menghitung jumlah teman/anak perempuan di kelas.
5. Guru
membagikan buku untuk belajar mengelompokkan gambar anak berdasarkan jenis
kelamin.
6. Guru
membimbing siswa mengerjakan tugas dalam buku yang telah dibagikan.
7. Guru
mengajukan pertanyaan :
- Apa warna lingkaran (dalam buku)
ini?
8. Siswa
menjawab pertanyaan guru. (Lingkaran Merah)
9. Guru
menjelaskan bahwa potongan gambar anak laki-laki harus ditempel dalam lingkaran
berwarna merah.
10. Guru
membimbing siswa untuk menempelkan potongan gambar anak laki-laki.
11. Guru
mengajukan pertanyaan :
- Apa warna lingkaran (dalam buku)
ini?
12. Siswa
menjawab pertanyaan guru. (Lingkaran Kuning)
13. Guru
menjelaskan bahwa potongan gambar anak perempuan harus ditempel dalam lingkaran
berwarna kuning.
14. Guru
membimbing siswa untuk menempelkan potongan gambar anak perempuan.
15. Guru
menyampaikan bahwa berikutnya siswa akan belajar menebalkan garis miring pada
bagian bawah lingkaran.
16. Guru
menyampaikan cara menebalkan garis miring.
17. Guru
membimbing siswa untuk menebalkan garis miring.
18. Guru
memberikan apreasi bagi siswa yang dapat menebalkan garis miring sejumlah teman
laki-laki dan teman perempuan di kelas
C.RECALLING:
1. Guru membimbingsiswauntuk merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Guru membimbing siswa untuk mencuci tangan
3. Guru mengajak siswa berdoa bersama sebelum makan
4. Siswa melakukan kegiatan makan siang bersama
5. Guru mengajak siswa berdoa bersama setelah makan
6. Siswa beristirahat dan bermain di luar kelas
7. Guru mengawasi siswa bermain di luar kelas
D. PENUTUP
1. Guru membimbing siswa untuk masuk ke dalam kelas
2. Guru menanyakan
perasaan siswa selama hari ini
3. Guru menanyakan kegiatan yang sudah dilakukan hari ini
4. Guru menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
a. Percaya diri
b. Disiplin
2. Pengetahuan dan ketrampilan
a. Membedakan jenis kelamin
Mengetahui,
Kepala KB
Al Kamal Guru
KB Al Kamal
Dukuhsari Dukuhsari
( Nisful Laila, S.Pd )
( AtikNurfidah )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar