Sabtu, 05 Oktober 2019

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Identitas Diri Minggu Ke-3 Hari Ke-2

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
KELOMPOK BERMAIN AL KAMAL DESA DUKUHSARI
 


Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 3 / 2
Hari /tgl                           :   Selasa / 30Juli 2019
Kelompok usia                :   3-4 Tahun
Tema/sub tema                :   Diriku /Identitas Diri (Nama)
KD                                  :  1.1, 1.2, 2.5, 2.7, 3.7,  4.7
Materi                              :
-          Berdiskusi tentang ciptaan Tuhan
-          Menunjukkan sikap saling menyayangi antarteman sekelas
-          Menunjukkan sikap percaya diri
-          Menunjukkan sikap disiplin
-          Mengenal jenis kelamin diri sendiri dan teman sekelas
-          Mengelompokkan gambar anak menurut jenis kelamin
-          Menebalkan garis miring sejumlah teman/anaklaki-laki dan teman/anakperempuan di kelas
Kegiatan main                 :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :
-          Anak
-          Teman sekelas
-          Gambar putus-putus dari garis miring
-          Potongan ambar anak laki-laki dan anak perempuan
Karakter                          :  Percayadiri, Disiplin

Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan :
- Guru membimbing siswa untuk berbaris di luar kelas
- Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Lonceng Berbunyi” untuk persiapan masuk ke kelas
- Guru menyanyikan lagu “Naik Kereta Api” untuk mengajak siswa masuk ke dalam kelas
- Guru membimbing siswa untuk membentuk lingkaran dengan bergandengan tangan bersama teman-teman sekelas
- Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Lingkaran Kecil Lingkaran Besar” untuk mengkondisikan siswa
2. Guru mengucapkan salam
3. Guru menanyakan kabar siswa hari ini
4. Guru mengajak siswa mengenal teman sekelas melalui lagu “Selamat Pagi”
5. Berdoa bersama sebelum belajar
6. Membaca surat Al Ikhlas
7. Melakukan ice breaking (macam-macam tepuk)
8. Membaca Pancasila
9. Menyanyikan lagu “Rajin ke sekolah”
10. Membaca buku tilawati (mengaji)
B. INTI
1.Guru menjelaskan kembali perbedaan anak perempuan dan anak laki-laki melalui potongan gambar.
2. Guru mengajukan pertanyaan :
            - Siapa yang anak laki-laki di kelas? Angkat tangan.
            - Siapa yang anak perempuan di kelas? Angkat tangan.
3. Guru mengajak siswa untuk menghitung jumlah teman/anak laki-laki di kelas.
4. Guru mengajak siswa untuk menghitung jumlah teman/anak perempuan di kelas.
5. Guru membagikan buku untuk belajar mengelompokkan gambar anak berdasarkan jenis kelamin.
6. Guru membimbing siswa mengerjakan tugas dalam buku yang telah dibagikan.
7. Guru mengajukan pertanyaan :
            - Apa warna lingkaran (dalam buku) ini?
8. Siswa menjawab pertanyaan guru. (Lingkaran Merah)
9. Guru menjelaskan bahwa potongan gambar anak laki-laki harus ditempel dalam lingkaran berwarna merah.
10. Guru membimbing siswa untuk menempelkan potongan gambar anak laki-laki.
11. Guru mengajukan pertanyaan :
            - Apa warna lingkaran (dalam buku) ini?
12. Siswa menjawab pertanyaan guru. (Lingkaran Kuning)
13. Guru menjelaskan bahwa potongan gambar anak perempuan harus ditempel dalam lingkaran berwarna kuning.
14. Guru membimbing siswa untuk menempelkan potongan gambar anak perempuan.
15. Guru menyampaikan bahwa berikutnya siswa akan belajar menebalkan garis miring pada bagian bawah lingkaran.
16. Guru menyampaikan cara menebalkan garis miring.
17. Guru membimbing siswa untuk menebalkan garis miring.
18. Guru memberikan apreasi bagi siswa yang dapat menebalkan garis miring sejumlah teman laki-laki dan teman perempuan di kelas

C.RECALLING:
1.      Guru membimbingsiswauntuk merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.      Guru membimbing siswa untuk mencuci tangan
3.      Guru mengajak siswa berdoa bersama sebelum makan
4.      Siswa melakukan kegiatan makan siang bersama
5.      Guru mengajak siswa berdoa bersama setelah makan
6.      Siswa beristirahat dan bermain di luar kelas
7.      Guru mengawasi siswa bermain di luar kelas

D. PENUTUP
1.      Guru membimbing siswa untuk masuk ke dalam kelas
2.      Guru menanyakan perasaan siswa selama hari ini
3.      Guru menanyakan kegiatan yang sudah dilakukan hari ini
4.      Guru menginformasikan kegiatan untuk besok
5.      Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
      1.   Sikap
a.       Percaya diri
b.      Disiplin
2.      Pengetahuan dan   ketrampilan
a. Membedakan jenis kelamin
b. Menebalkan garis miring





Mengetahui,
Kepala KB Al Kamal                                                                      Guru KB Al Kamal
Dukuhsari                                                                                        Dukuhsari

                             




        ( Nisful Laila, S.Pd )                                                                        ( AtikNurfidah )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...