RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
KELOMPOK BERMAIN AL KAMAL DESA DUKUHSARI
Semester/Minggu ke/Hari ke : I / 2 / 1
Hari /tgl : Senin / 22 Juli 2019
Kelompok usia : 3-4 Tahun
Tema/sub tema : Diriku /Identitas Diri (Nama)
KD :
1.1,
1.2, 2.5, 2.6, 3.7, 4.7
Materi :
-
Berdiskusi
tentang ciptaan Tuhan
-
Menunjukkan sikap
saling menyayangi antarteman sekelas
-
Menunjukkan sikap
percaya diri
-
Menunjukkan sikap
disiplin
-
Menyebutkan
identitas diri sendiri
-
Menyebutkan
identitas teman sekelas
-
Membuat garis
lengkung tak beraturan
Kegiatan main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
-
Anak
-
Teman sekelas
-
Pensil
-
Kertas Buram
-
Krayon
Karakter : Percaya diri, Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan :
- Guru membimbing siswa untuk berbaris di luar kelas
- Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Lonceng Berbunyi” untuk persiapan masuk ke kelas
- Guru menyanyikan lagu “Naik Kereta Api” untuk mengajak siswa masuk ke dalam kelas
- Guru membimbing siswa untuk membentuk lingkaran dengan bergandengan tangan bersama teman-teman sekelas
- Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Lingkaran Kecil Lingkaran Besar” untuk mengkondisikan siswa
2. Guru mengucapkan salam
3. Guru menanyakan kabar siswa hari ini
4. Guru mengajak siswa mengenal teman sekelas melalui lagu “Selamat Pagi”
5. Berdoa bersama sebelum belajar
6. Membaca
surat Al Ikhlas
7. Melakukan ice breaking (macam-macam
tepuk)
8. Membaca
Pancasila
9.
Menyanyikan lagu “Rajin ke sekolah”
10.
Membaca buku tilawati (mengaji)
B. INTI
- Kalau kau suka hati panggil Ilham
(nama siswa di kelas)
- Kalau kau suka hati panggil Fairus
(nama siswa di kelas)
- Kalau kau suka hati, mari kita
lakukan, kalau kau suka hati panggil Keisha
(nama
siswa di kelas)
2. Guru mengajukan
pertanyaan :
- Apa nama
benda ini? (menunjukkan pensil)
- Siapa yang
mau mendapat pensil baru?
- Siapa yang
mau membantu Bunda menggambar tali yang banyak?
3. Siswa menjawab
pertanyaan.
4. Guru membagikan pensil
dan kertas buram kepada masing-masing siswa.
5. Guru mengajarkan cara memegang pensil yang benar.
6. Guru
memberikan contoh cara menggambar tali yang banyak (garis lengkung tidak
beraturan) di papan tulis.
7. Guru
menunjuk 1-2 siswa untuk mencoba.
8. Guru
membimbing siswa untuk menggambar tali yang banyak (garis lengkung tidak
beraturan) menggunakan pensil,
9. Guru
membimbing siswa untuk menggambar tali yang banyak (garis lengkung tidak
beraturan) menggunakan krayon.
10. Guru
memberikan apresiasi (menambahkan gambar bintang pada pohon prestasi anak di
kelas)
C.RECALLING:
1. Guru membimbingsiswauntuk merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Guru membimbing siswa untuk mencuci tangan
3. Guru mengajak siswa berdoa bersama sebelum makan
4. Siswa melakukan kegiatan makan siang bersama
5. Guru mengajak siswa berdoa bersama setelah makan
6. Siswa beristirahat dan bermain di luar kelas
7. Guru mengawasi siswa bermain di luar kelas
D. PENUTUP
1. Guru membimbing siswa untuk masuk ke dalam kelas
2. Guru menanyakan
perasaan siswa selama hari ini
3. Guru menanyakan kegiatan yang sudah dilakukan hari ini
4. Guru menginformasikan
kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
a. Percaya diri
b. Disiplin
2. Pengetahuan dan ketrampilan
a. Menyebutkan
identitas diri dan teman
b. Membuat garis
lengkung tidak beraturan
Mengetahui,
Kepala KB
Al Kamal Guru
KB Al Kamal
Dukuhsari Dukuhsari
( Nisful Laila, S.Pd )
( Atik Nurfidah )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar