Perangkat Pembelajaran PKn di Sekolah DasarDosen Pengampu : Drs. Jandut Gergorious, M.PdDisusun Oleh :Nisful Laila (14010644045)UNIVERSITAS NEGERI SURABAYAFAKULTAS ILMU PENDIDIKANPENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR2015Lembar Kegiatan SiswaMata pelajaran : PKnKelas/Semester : II/IStandar Kompetensi : Membiasakan hidup bergotong royongKompetensi Dasar : Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolongmenolongIndikator 2 : Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosialManusia adalah Makhluk SosialManusia disebut Makhluk Sosial?Manusia disebut sebagai makhluk sosial. Mengapa Manusia disebut Makhluk Sosial? Jawabannya adalah karena manusia pada dasarnya tidak dapat hidup sendiri. Manusia saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya.Sifat dasar manusia yang saling membutuhkan tersebut terjadi melalui interaksi sosial. Interaksi sosial adalah hubungan manusia satu dengan lainnya karena adanya kebutuhan atau kepentingan yang sama.Dalam kehidupannya di masyarakat, manusia selalu berinteraksi.Proses interaksi sosial manusia menuntut manusia bertanggungjawab terhadap lingkungannya. Tanggung jawab manusia terhadap lingkungannya salah satunya adalah dengan pengendalian diri dan perilakunya.EvaluasiMata pelajaran : PKnKelas/Semester : II/IStandar Kompetensi : Membiasakan hidup bergotong royongKompetensi Dasar : Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolongmenolongIndikator 2 : Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosialPetunjuk Umum :1. Berdoalah sebelum mengerjakan soal2. Tulislah nama dan nomor absen3. Kerjakan soal-soal dibawah iniNAMA :NO. ABSEN :Bacalah dengan seksama cerita pendek berikut ini. Lalu, jawablah pertanyaan-pertaanyaan berdasarkan cerita pendek.Kisah Keluarga JariKeluarga jari terdiri dari lima anggota keluarga. Ada ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking. Mereka hidup rukun dan saling tolong menolong. Tapi, suatu hari, jari kelingking merasa sedih dan bertanya pada ibu jari. “Ibu jari.. kenapa aku menjadi yang paling pendek. Tidak setinggi jari tengah atau jari lainnya.”Lalu, datanglah jari tengah..“Memangnya kenapa? Ibu jari juga pendek. Karena aku tinggi, aku jadi kesulitan mengambil benda yang ada di kolong jika kamu tidak membantu aku.”“Jadi kamu pernah merasa terganggu karena tubuhmu yang tinggi?”“Iya kadang-kadang. Aku akan lebih mudah mengambil benda di kolong jika tubuhku sependek tubuhmu.”Mendengar penjelasan jari tengah, jari kelingking jadi sadar kalau Tuhan menciptakan setiap jari dengan kelebihannya masing-masing. Jari diciptakan berbeda-beda agar bisa saling membantu. Coba bayangkan, jika semua jari adalah jari tengah. Pasti tidak ada saling membantu. Tidak ada saling membutuhkan.Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!1. Berapa jumlah keluarga jari? Sebutkan!2. Mengapa jari kelingking merasa sedih?3. Mengapa jari tengah ingin mempunyai tubuh sependek tubuh jari kelingking?4. Mengapa jari diciptakan berbeda-beda?5. Apa yang kamu pelajari dari kisah keluarga jari?Lembar Kunci JawabanMata pelajaran : PKnKelas/Semester : II/IStandar Kompetensi : Membiasakan hidup bergotong royongKompetensi Dasar : Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolongmenolongIndikator 2 : Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosialJawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!1. Berapa jumlah keluarga jari? Sebutkan!Ada 5. Ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking.2. Mengapa jari kelingking merasa sedih?Karena tubuhnya pendek.3. Mengapa jari tengah ingin mempunyai tubuh sependek tubuh jari kelingking?Karena jari tengah kesulitan mengambil benda di kolong.4. Mengapa jari diciptakan berbeda-beda?Agar bisa saling membantu.5. Apa yang kamu pelajari dari kisah keluarga jari?- Setiap makhluk ciptaan Tuhan mempunyai kelebihan masing-masing.- Kita tidak boleh iri pada kelebihan orang lain.- Hidup itu saling membutuhkan dan harus saling membantu.
Rabu, 02 Desember 2015
Lembar Kegiatan Siswa : PKn Kelas II Semester I "Indikator 2"
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4
Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...
-
Parafrase Drama Menjadi Bentuk Prosa *DRAMA* BERLIBUR KE TAMAN SAFARI Karya : Nisful Laila* Ririn baru sampai di kelas. D...
-
LAPORAN STUDY WISATA Ke Jawa Timur Park1 Disusun oleh : 1. Setyaji Laksono (29) 2. Sofi Mauli...
-
Lampiran 2 Lembar Kerja Peserta Didik 01 “Nama Anggota Tubuh” Tujuan Siswa mampu membaca nama-nama anggota tubuh. Siswa ma...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar