Kamis, 10 Desember 2015

Skenario Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar



Skenario Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar



Disusun Oleh  :
Nisful Laila
B-2014 / 14010644045









UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015






Skenario Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar
“Kelas II Semester I”

1.      TEMA : Gotong Royong


2.      KOMPETENSI DASAR : Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
MATERI : Menceritakan bahwa manusia saling membutuhkan.
Materi esensial : Mengetahui pentingnya hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong antarmanusia.
Materi : Menceritakan bahwa manusia saling membutuhkan.


3.      GAGASAN PEMBELAJARAN :
1)      Memahami pentingnya tolong menolong dan saling membutuhkan antarmanusia.
2)      Membaca dengan seksama teks cerita tentang manusia saling membutuhkan.
3)      Membuat karya tulis tentang manusia saling membutuhkan berdasarkan pengalaman pribadi.
4)      Mempresentasikan hasil kerja di depan kelas secara bergantian.


4.      MEDIA SARANA :
Teks cerita dan gambar yang menunjukkan peristiwa pentingnya tolong menolong dan saling membutuhkan antarmanusia.


5.      KEGIATAN INTI :
·         Guru menjelaskan tentang pentingnya tolong menolong dan saling membutuhkan antarmanusia.
·         Guru memberikan contoh peristiwa yang menunjukkan bahwa manusia saling membutuhkan melalui teks cerita dan gambar.
·         Siswa membaca dengan seksama teks cerita yang berisi tentang manusia saling membutuhkan.
·         Siswa secara individu membuat karya tulis sederhana tentang manusia saling membutuhkan berdasarkan pengalaman pribadi.
·         Siswa secara bergantian mempresentasikan hasil kerja masing-masing di depan kelas dan siswa lainnya mendengarkan presentasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4

Tidak ada "RPPH Kelompok Bermain Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuhku Minggu Ke-4 Hari Ke-4" dikarenakan KB tempat saya mengajar l...