Skenario Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar
Disusun Oleh :
Nisful Laila
B-2014 / 14010644045
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015
Skenario Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar
“Kelas II Semester I”
1.
TEMA
: Gotong Royong
2.
KOMPETENSI
DASAR : Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan
tolong menolong.
MATERI
: Menceritakan bahwa manusia saling
membutuhkan.
Materi
esensial : Mengetahui
pentingnya hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong antarmanusia.
Materi
: Menceritakan bahwa manusia saling
membutuhkan.
3.
GAGASAN
PEMBELAJARAN :
1)
Memahami
pentingnya tolong menolong dan saling membutuhkan antarmanusia.
2)
Membaca
dengan seksama teks cerita tentang manusia saling membutuhkan.
3)
Membuat
karya tulis tentang manusia saling membutuhkan berdasarkan pengalaman pribadi.
4)
Mempresentasikan
hasil kerja di depan kelas secara bergantian.
4.
MEDIA
SARANA :
Teks
cerita dan gambar yang menunjukkan peristiwa pentingnya tolong menolong dan
saling membutuhkan antarmanusia.
5.
KEGIATAN
INTI :
·
Guru
menjelaskan tentang pentingnya tolong menolong dan saling membutuhkan
antarmanusia.
·
Guru
memberikan contoh peristiwa yang menunjukkan bahwa manusia saling membutuhkan
melalui teks cerita dan gambar.
·
Siswa
membaca dengan seksama teks cerita yang berisi tentang manusia saling
membutuhkan.
·
Siswa
secara individu membuat karya tulis sederhana tentang manusia saling
membutuhkan berdasarkan pengalaman pribadi.
·
Siswa
secara bergantian mempresentasikan hasil kerja masing-masing di depan kelas dan
siswa lainnya mendengarkan presentasi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar